Koran Jakarta | October 22 2017
No Comments

MPV Tangguh dengan Karakter SUV

MPV Tangguh dengan Karakter SUV

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Mobil dengan kombinasi karakter antara MPV dan SUV memiliki karakter multifungsi dan tangguh. Kombonasi ini cocok bagi konsumen membutuhkan mobil serba guna yang bisa melibas medan off road.

Salah satu hal menarik dari konsumen Indonesia adalah kendaraan keluarga serba guna (multi purpose vehicle). Pada Tokyo Motor Show (TMS) 2017 pabrikan yang telah menyatakan akan memamerkan konsep mobil jenis tersebut adalah Toyota dan Mitsubishi.

Hadirnya MPV (multi purpose vehicle) pada ajang TMS yang berlangsung antara 25 Oktober - 5 Novemver 2017 menjadi harapan masyarakat Indonesia. Biasanya MPV yang dipamerakan beberapa waktu kemudian dipasarkan di Indonesia.

Toyota bakal menampilkan MPV konsep dengan nama TJ Cruiser. Mirip dengan Mitsubishi Delica yang sayangnya kurang mendapat sambutan hangat di Indonesia, TJ Cruiser ini menggabungkan fungsionalitas MPV dan ketanggunan sport utility vehicle(SUV).

"T" pada Tj Cruiser merupakan singkatan dari Toolbox yang mengacu pada bagaimana mobil ini dapat digunakan sebagai kotak peralatan. Sementara "j" merupakan singkatan joy yang menandakan kegembiraan mengendarai kendaraan ke berbagai tempat.

Nama "Cruiser’ secara turun temurun dipakai bagi lini SUV Toyota. Nama Tj dipakai sebagai presentasi ketangguhan dan kekuatan kendaraan, seperti yang ada pada mobil FJ Cruiser yang tangguh melibas medan non aspal bahkan hingga medan berlumpur sekalipun.

Dimensi Tj Cruiser memiliki panjang 4.300 milimeter, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.620 mm. Sumbu rodanya ckup panjang yakni mencapai 2.750 mm atau 170 mm lebih panjang dari MPV untuk pasar komersial Hiace.

Dengan dimensi demikian besar Tj Criser menjanjikan ruang kabin besar dengan disain kotak. Dengan desain pintu gerser, membuat mobil ini mudah untuk dibuka di lahan sempit disamping mempermudah penumpang keluar masuk.

“Bangku mobil ini dapat dilipat hingga posisi datar, untuk memudahkan dalam membawa peralatan dan perlengkapan outdoor seperti papan selancara dan sepeda,” tulis Newsroom Toyota Jumar (6/10).

Karakter SUV bisa dilihat dari jarak sasis dengan tanah (ground clearance) yang tinggi serta penanpilan seperti kendaraan offroad. Ditunjang dengan roda dengan ukuran pelek 20 inci membuat komposisi mobil ini begitu pas, sebagai perpaduan MPV dan SUV.

Untuk menunjang stabilitas  TJ Cruiser ini menggunakan suspensi dan kaki-kai super  kokoh. Apalagi mobil ini bakal menggunakan penggerak empat roda, untuk mendukung kehandalan di segala medan, dengan cengkraman yang kuat ke tanah.

Sebagai kendaraan konsep Toyota belum menampilkan spesifikasi teknis secara lengkap. Bocorannya mobil ini bakal memanfaatkanplatform baru Toyota New Global Architecture (TNGA). Mobil ini memakai mesin hibrida berkapasitas  2,0 liter. 

Sementara itu Mitsubishi masih mengembangkan kombinasi karakter MPV dan SUV, Delica meski di Indonesia penjualannya kurang menggembirakan. Pada TMS 2017, Mitsubishi menurut rencan akan menampilkan generasi keenam Delica.

Delica baru tetap mengedapankan karakter antara MPV dan SUV. Bedanya mobilini mengalami perombakan tampilan terutama pada bagian depan. Dari bocoran foto yang diperoleh Auto Industriya.com mobil ini memiliki moncong lebih mancung  mirip Mitsubishi Xpander, ketimbang Delica lama yang cenderung pesek.

Delica menggunakan platform yang sama dengan SUV Mitsubishi Outlander. Jika di Indonesia  mobil ini ditawarkan dengan penggerak roda depan namun kali ini tidak ada tawaran penggerak roda depan, melainkan dengan sistem penggerak S-AWC (super all wheel control).

Mesinnya menggunakan jenis diesel dengan tambahan turbocharged berkapasitas 2,2 liter. Tenaganya mencapai  170 ps, dengan daya puntir puncak mencapai  392,27 Nm. Di Indonesia saat ini mesin Delica memakai jenis 4J11 berkapasitas 1998 cc dengan tenaga 150 ps dan torsi 191 Nm. Tenaga disalurkan ke transmisi INVECS-III 6-speed CVT.

Di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menawakan dua tipe Delica. Mitsubishi Delica Stadard dijual 436 juta rupiah dan Delica Royal dijual 457 juta rupiah. Delica Royal diluncurkan pada Maret 2015, tidak sampai setahun dari peluncuran pertama pada Oktober 2014.  hay/E-6 

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment