MPR RI Ajak “Bikers” Tanamkan Nilai Pancasila di MasyarakatKetua | Koran Jakarta
Koran Jakarta | May 30 2020
No Comments

MPR RI Ajak “Bikers” Tanamkan Nilai Pancasila di MasyarakatKetua

MPR RI Ajak “Bikers” Tanamkan Nilai Pancasila di MasyarakatKetua

Foto : istimewa
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPR RI Puan Maharani bersama sejumlah pimpinan MPR RI dan DPR RI serta Jaksa Agung ST Burhanuddin di sela acara Riding Kebangsaan dan Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI di Kompleks MPR Senayan, Jakarta, Minggu (23/2).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Demi membumikan Pancasila sebagai dasar pedoman negara bagi masyarakat Indo-nesia. MPR RI kembali melakukan sosialisasi Empat Pilar. Kali ini me-libatkan Komunitas Motor Besar Indonesia dan Ojek Online seluruh Indonesia. Hal ini menjadi salah satu pendekatan kreatif MPR agar nantinya para anggota komunitas dapat menjadi duta Empat Pilar MPR RI di masyarakat.

“Jadi ini adalah acara sosiali-sasi Empat Pilar dalam format yang berbeda. Kita masuk dalam komunitas bikers yang jumlahnya jutaan dan kita berharap mereka akan menjadi duta-duta kami di te-ngah masyarakat. Untuk acara hari ini adalah acara grand _nal Cerdas Cermat dan Riding Kebangsaan Empat Pilar MPR RI yang diikuti 86 club.

10 Orang dari masing-masing club menjadi peserta cerdas cer-mat,” ujar Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat menghadiri acara Riding Kebangsaan dan Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI di Kompleks MPR Senayan, Jakarta, Minggu (23/2). Lebih lanjut Bambang menjelas-kan, penyelenggaraan Riding Ke-bangsaan Empat Pilar MPR RI ini merupakan implementasi dari tugas konstitusional MPR RI serta pelaksanaan amanat Undang-Un-dang Nomor 17 Tahun 2014. Karena itu hadirnya acara ini senafas de-ngan visi MPR RI yakni sebagai rumah kebangsaan, pengawal ideologi Pancasila dan kedaulatan rakyat.Ia menambahkan Indonesia sebagai bangsa besar dan ma-jemuk menjadi anugerah Tuhan yang wajib dijaga bersama. Meng-ingat, kata dia, persatuan merupa-kan aset terbesar dalam upaya dan ikhtiar bersama untuk men-jaga bangsa dan negara Indonesia mulai dari hari ini sampai di masa yang akan datang. Ditambah lagi dalam kerangka memantapkan persatuan dan kesatuan nasional, seluruh rakyat Indonesia harus memiliki cara pandang yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Bagi pria yang akrab disapa Bamsoet ini, semangat menjaga suluh persatuan akan senantiasa diperjuangkan oleh MPR RI me-lalui kegiatan pemasyarakatan sesuai dengan nilai-nilai Empat Pi-lar MPR RI. Mengingat pentingnya pembangunan karakter bangsa, kata dia, MPR RI senantiasa me-mikirkan dan melaksanakan ino-vasi melalui metode baru dalam pemasyarakatan Empat Pilar MPR RI agar dapat berjalan dengan efektif dan optimal. Hal ini dilan-dasi pemikiran bahwa pembinaan karakter bangsa harus dilakukan secara masif dan optimal, dengan menjangkau seluas-luasnya ke-lompok sasaran. Empat Pilar MPR RI yang ter-diri dari Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai konstitusi ne-gara, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, adalah warisan para pendiri bangsa yang harus dipahami dan diimplementasikan dalam berbagai dimensi strategis kehidupan bermasyarakat, ber-bangsa dan bernegara. Khusus mengenai Pancasila, Bamsoet tegas mengatakan bahwa Pancasila adalah harga mati. Ma-syarakat mestinya sering mendis-kusikan, mengikuti hingga imple-mentasi, makna Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya, ia mendukung dengan metode pemasyarakatan, penataran, dan pengajaran Pancasila kepada selu-ruh komponen bangsa seperti pada masa Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila (P4).

“Terpenting lomba Cerdas Cer-mat Empat Pilar MPR RI ini tidak hanya mencari siapa pemenang semata. Tapi sebagai upaya ber-sama dalam mengembangkan budaya sadar akan nilai kebang-saan, kekuatan bangsa, serta kebanggaan menjadi Indonesia, utamanya bagi para generasi penerus bangsa. Bagi komunitas Bikers, ini punya makna khusus, karena sejatinya ada banyak nilai yang tumbuh dalam komunitas Bikers selaras dengan Empat Pilar MPR RI. Semisal sikap solidaritas, kesetiakawanan, gotong-royong, serta empati dan ikatan sosial persaudaraan yang sangat ken-tal,” tegas Bamsoet.

Dalam kesempatan terse-but turut hadir Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin. Dengan menggunakan topi hitam dan rompi bertuliskan Motor Besar Indonesia, ia mengatakan, begitu mengapresiasi tindakan MPR RI yang menggandeng komunitas motor dan ojek online dalam me-nyosialisasi Empat Pilar MPR RI. Baginya hal ini merupakan bentuk nyata komitmen MPR RI dalam memperkaya metode dan mem-perluas jaringan sosialisasi Empat Pilar MPR RI. “Apresiasi setinggi-tinggi-nya terhadap komitmen MPR RI dalam memperkaya metode dan memperluas jangkauan sosiali-sasi Empat Pilar MPR RI. Semoga kegiatan ini memberikan dampak yang signi_kan terhadap perubah-an karakter bangsa guna memba-ngun semangat nasionalisme dalam Riding Komunitas motor. Serta membangun dan membina persahabatan antar komunitas di seluruh Indonesia,” ujar Ma’ruf.Menurut Ma’ruf, kondisi faktu-al di dalam negeri saat ini tengah dihadapkan dengan beberapa tantangan yang harus dihadapi bersama. Mulai dari kemiskinan, stunting, radikalisme, intole-ransi, terorisme, anti Negara Ke-satuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila bahkan terhadap pemerintah yang sah sekarang. Di sisi lain kemajuan suatu bangsa tak terlepas pembangun-an Sumber Daya Manusia (SDM) unggul sebagai kuncinya. Ia meng-inginkan SDM Indonesia harus sehat, cerdas, berdaya saing dan berakhlak mulia. Sebab dibutuh-kan komitmen kebangsaan yang kuat dalam membangun Indo-nesia maju sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo. Terlebih sejarah perjalanan bangsa telah membuktikan bahwa Pancasila dan NKRI merupakan hasil dari ke-sepakatan agar mencapai tujuan dalam berbangsa dan bernegara.

“Kesepakatan itu potensi ke-kuatan bangsa yang luar biasa, Bhineka Tunggal Ika merupakan komitmen kebangsaan yang ti-dak semua bangsa di dunia me-milikinya. Dalam perspektif Islam, kesepakatan dan konsensus itu disebut sebagai kesepakatan ber-sama. Karena itu Empat Pilar MPR RI adalah kesepakatan nasional kita semua,” tutup Ma’ruf. 􀂄

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment