Koran Jakarta | April 22 2018
No Comments
Kendaraan Baru

Mobil Terlaris di Pasar AS

Mobil Terlaris di Pasar AS

Foto : istimewa
Mazda Kai Concept
A   A   A   Pengaturan Font

Meski tidak sepopular Detroit Auto Show, New York Auto  Show (NYAS) 2018 yang berlangsung pada 30 Maret hingga 8 April 2018, tetap menawarkan pesona. Pada ajang ini beberapa merek memamerkan mobil-mobil terbaru yang cukup popular di pasar Amerika Utara.

Pada NYAS 2018,  Mazda pada memamerkan Mazda Kai Concept, sebuah hatchback yang mengusung desain Kodo-Soul of Motion khas Mazda. Mobil yang terlihat lebih agressif ini diperkirakan akan menjadi generasi baru dari Mazda 3 yang cukup diminati di pasar AS.

Sebagai mobil bercita rasa sport, Kai Concept terlihat pada bagian pegangan pintu (door handle),dual-exhaust dan tailgate-mounted spoiler berukuran kecil. Ada lampu utama yang terlihat sipit. Lalu pada bagian atap terdapat dua panel kaca berukuran besar yang berada di atas jok penumpang.

Agar lebih bertenaga, Mazda Kai Concept menggunakan Skyactiv-X, sebuah konsep generasi baru dari mesin Skyactiv bensin yang menawarkan efisiensi layaknya mesin diesel. Dimensinya diperpanjang 50 mm dari Mazda3 saat ini, untuk mendapatkan desain yang elegan dan juga kelegaan ruang kabin, khususnya untuk penumpang di kursi belakang.

Pada NYAS 2018, Nissan memperkenalkan Nissan Altima terbaru. Desain sedan ini merepresentasikan V-Motion dengan menggabungkan grille berbentuk V dan sepasang lampu depan yang agresif. Pada interior disematkan teknologi layar tablet modern sekitar 8 inci yang dapat diakses melalui perintah suara.

Pada mobil yang di Indonesia dinamai Nissan Teana ini, terdapat layar tablet. Layar ini  bukan sekadar untuk hiburan, namun menjadi panduan pengemudi karena seluruh sistem Altima terbaru terkoneksi di layar tersebut.

Mesin Altima memakai dua jenis yaitu 2.5-liter, 179 daya kuda 2.5 silinder sebagai mesin dasar, dan V6 kapasitas 3.5 liter ditambah empat silinder turbocharge 2.0 liter, sehingga mampu menyemburkan tenaga maksimal 248 hp dan torsi 273 lb-ft.

Tidak hanya itu, Altima memiliki 2.5 liter yang menghasilkan tenaga 188 daya kuda (dibandingkan dengan 2.5 liter sebelumnya 179 hp) dan torsi 180 lb-ft (dibandingkan 177 lb-ft). Nissan juga menyediakan teknologi all-wheel drive (AWD) untuk pertama kalinya pada model Altima.

“Nissan Altima terbaru hadir untuk menggoyang segmen sedan menengah dari sisi desain, kesenangan mengemudi,  teknologi yang canggih dan dengan harga yang kompetitif,” ujar  Wakil Presiden Senior Nissan Amerika Utara  Denis Le Vot, pada laman NissanNews.

Pabrikan terbesar di dunia, Toyota, memperkenalkan RAV4 generasi kelima. Di pasar AS mobil ini tergolong popular dan cukup laris. Bentuk dasar mobil ini tetap dipertahankan dengan sentuhan garis yang tajam dan lampu depan LED yang lebih ramping ketimbang model sebelumnya.

CUV Listrik

Di pasar AS, Toyota RAV4 yang menjadi juara dengan kompetitor Ford Escape dan Honda CR-V, menggunakan mesin V6 berkapasitas 3,5 liter. Selain mesin konvensional SUV ini ditawarkan dalam versi hibrida.

Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, kali ini mememaerkan Kona EV sebuah crossover/SUV dengan tenaga listrik. Kona EV mampu menempuh jarak 250 mil atau setara 402 km dalam sekali pengisian baterai.

Kona EV  yang dibanderol di pasar AS sebesar 19.500 atau sekitar 268 juta rupiah dan akan dipasarkan di AS pada kuartal keempat tahun 2018. California dipilih sebagai negara bagian pertama yang dapat menikmati mobil ini. Pertimbangannya adalah bahwa wilayah ini memiliki infrastruktur mobil listrik sudah maju.

 “Kona merupakan crossover utility vehicle (CUV) kompak yang gaya dan efisien. Mobil ini telah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan yang mengejar gaya hidup aktif dan fokus pada  pada lingkungan yang terjangkau,” ujar Vice President of Product, Corporate, dan Digital Planning Hyundai Motor America Mike O'Brien seperti dikutip oleh Electrek, pekan lalu.

Lebih jauh O’Brien mengatakan Hyundai Kona EV menjadi  standar baru untuk segmen CUV kompak yang digerakkan listrik, dengan fleksibilitas, jangkauan luar biasa, desain yang menarik, konektivitas canggih, dan fitur keselamatan yang tersedia di kelasnya.

Kona memiliki fitur lampu LED siang hari yang berada di atas lampu depan. Garis depan dan belakang yang tegas menambah kesan mobil yang lebih lega dan juga luas. Interior juga dibuat lebih lembut sehingga lebih terkesan sensual.

Selain listrik di pasar AS, Kona yang disejajarkan Honda HR-V tetap ditawarkan dalam versi  mesin konvensional,  1.0 L T-GDI dengan transmisi manual 6 percepatan dengan tenaga 120 PS. Tipe lainnya adalah 1.6 L T-GDI dengan 177 PS , yang dipadukan dengan transmisi dual clutch 7 percepatan dan four-wheel drive. hay/E-6 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment