Koran Jakarta | April 22 2018
No Comments

Menteri ESDM Isi Kuliah Umum di Unair

Menteri ESDM Isi Kuliah Umum di Unair

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga Surabaya mengadakan kuliah umum oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, dengan tema “Energi Berkeadilan untuk Kesejahteraan Rakyat, Pertumbuhan Ekonomi, dan Investasi Berkelanjutan” di A Aula Supoyo FEB Unair, Surabaya, Kamis (12/4).

Pada kesempatan itu, Jonan menerangkan program kerja dan mengenai kontribusi ESDM. “Sekarang sektor ESDM menempati urutan terbesar nomor 3 setelah Kementerian Kesejahteraan Umum dan Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan. Total kontribusi sektor ESDM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 11,77 persen,” ungkapnya.

Terkait program kementerian, Jonan menambahkan adanya program Energi Terbarukan, Lampu Tenaga Surya Hemat Energi, dan Meningkatkan Rasio Elektrifikasi agar listrik bisa sepenuhnya merata di Indonesia. Di samping itu, ada program energi berkeadilan yaitu Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga dan Konverter Kit BBM ke LPG.

“Daerah yang masih rendah mengenai elektrifikasi ialah Nusa Tenggara Barat dan Papua, dan kita saat ini sedang mengejar terus agar daerah tersebut dapat setara dengan daerah yang lain. Program BBM Satu Harga itu, ditujukan agar harga BBM di semua daerah sama, sedangkan Konverter Kit BBM dapat mengurangi biaya operasional nelayan sekitar 30 sampai 50 ribu rupiah perhari hari,” tandasnya. SB/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment