Koran Jakarta | May 28 2018
No Comments
Teror Bom - 14 Negara Keluarkan “Travel Advice”

Menteri Diminta Umumkan ke Dunia, Indonesia Aman

Menteri Diminta Umumkan ke Dunia, Indonesia Aman

Foto : ANTARA/Wahyu Putro A
Berikan Pengarahan - Presiden Joko Widodo menyampaikan paparan pendahuluan ketika memimpin Sidang Kabinet di Istana Negara Jakarta, Rabu (16/5).
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Jokowi memerintahkan Kapolri, Panglima TNI, dan Kepala BIN menjaga semangat persaudaraan dan kerukunan di tengah masyarakat.

 

Jakarta - Presiden Joko Widodo memerintahkan seluruh menteri untuk menyampaikan pesan soal situasi keamanan di Indonesia. Ia ingin seluruh kementerian dan lembaga negara menyampaikan pesan bahwa Indonesia tetap aman.

“Narasi ke dunia internasional sangat penting sekali bahwa Indonesia aman dan kita semua fokus untuk bekerja,” kata Kepala Negara saat membuka rapat kabinet di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/5).

Selain itu, Jokowi memerintahkan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian, Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Budi Gunawan untuk mengendalikan keamanan.

Ia meminta ketiganya menjaga semangat persaudaraan dan kerukunan di tengah masyarakat. Sebelumnya, rentetan aksi teror terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Mulanya kericuhan antara petugas dan terpidana terorisme terjadi di rumah tahanan cabang Salemba di Kompleks Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, pada Selasa (8/5).

Kerusuhan itu diduga memicu rentetan tiga bom bunuh diri di tiga gereja berbeda di Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu (13/5). Tidak berselang lama, aksi bom bunuh diri terjadi pula di Rumah Susun Wonocolo, Sidoarjo, pada malam harinya.

Adapun pada Senin (14/5) pagi, giliran kantor Kepolisian Resor Surabaya menjadi sasaran aksi bom bunuh diri. Terakhir pada Rabu (16/5) pagi, Markas Kepolisian Daerah Riau diserang oleh sekelompok terduga teroris. Dalam peristiwa itu, seorang polisi tewas dan empat terduga teroris ditembak mati polisi.

Sangat Normal

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri RI, Abdurrahman Mohammad Fachir, mengatakan sejauh ini sudah ada 14 negara yang mengeluarkan travel advice atau peringatan keamanan untuk warganya yang akan berkunjung ke Indonesia.

Travel Advice itu dirilis setelah serangan teror yang terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air. Namun, Fachir menilai wajar bagi sebuah negara mengeluarkan travel advice.

“Itu bagus. Artinya, di mana saja sangat normal bahwa kejadian di satu negara akan menjadi perhatian negara lain, terutama menyangkut keselamatan warganya,” kata Fachir.

Fachir mengatakan pihaknya sudah mencoba meyakinkan pada negara lain bahwa Indonesia aman meski ada sejumlah aksi teror dalam beberapa waktu terakhir. Fachir mengakui ada pertanyaan dari negara-negara peserta Asian Games mengenai kondisi keamanan di Indonesia.

Indonesia menjamin, ajang olahraga yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 itu akan berlangsung aman. Negara yang telah mengeluarkan travel advice ke Indonesia itu, di antaranya adalah Inggris, Amerika Serikat, Australia, Hong Kong, Selandia Baru, Polandia, Irlandia, Kanada, dan Prancis.

Sedangkan negara anggota ASEAN yang menerbitkan travel advice, yakni Filipina, Singapura, dan Malaysia. Ant/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment