Koran Jakarta | September 16 2019
No Comments
Kota Lunpia

Menjelajah Peninggalan Budaya di Kota Semarang

Menjelajah Peninggalan Budaya di Kota Semarang

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Menikmati pesona Kota Semarang, sama halnya menjelajah sejumlah peninggalan budaya yang pernah berjaya di Kota Lunpia tersebut.

Selain memiliki sejarah dan sejumlah bangunan tua yang memikat, pengunjung Kota Semarang juga dekat dengan pusat oleh-oleh. Semarang dan Yogyakarta tak jarang memiliki kesamaan dalam hal kuliner. Hal ini disebabkan kedekatan wilayah dan karakter, tetapi pada dasarnya Semarang punya oleh-oleh yang khas dan tidak ditemukan di Yog­yakarta.

Bandeng presto misalnya. Makanan yang satu ini termasuk populer di Kota Semarang. Ber­bahan dasar ikan bandeng yang dimasak dalam panci khusus ber­suhu tinggi, sehingga daging dan duri dalam ikan bandeng menjadi lunak dan lezat, karena dibumbui bawang putih, kunyit dan garam.

Oleh-oleh bandeng presto ini dapat ditemui di sentra penjualan bandeng presto yang banyak terse­bar di sepanjang Jalan Pandanaran.

Kemudian Lunpia. Makanan berbahan dasar tepung terigu dan rebung ini telah menjadi ciri khas kuliner Kota Semarang. Makanan ini dapat Anda nikmati dengan digoreng atau jika Anda ingin membawanya pulang, lunpia bisa dipesan tanpa digoreng. Lunpia tersedia dengan dua macam var­ian isi, yaitu isi daging ayam atau sapi. Keduanya dicampur dengan rebung. hay/R-1

“Itinerary” Sehari Keliling Kota

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan one day trip, simak itinerary terbaik di Semarang berikut ini.

Sam Poo Kong

Hasil gambar untuk Sam Poo Kong

Sam Poo Kong atau yang juga dikenal dengan nama Kelen­teng Gedung Batu menawarkan suasana layaknya berada di kuil Tiongkok. Konon, dulunya kuil ini merupakan tempat singgah Laksamana Cheng Ho. Tak heran jika di dalam dan di luar bangunan Sam Poo Kong terdapat sejumlah patung Laksamana Cheng Ho berukuran jumbo.

Di tempat ini Anda dapat menikmati keindahan arsitektur sembari menambah pengetahuan mengenai sejarah, khususnya kisah tentang Laksamana Cheng Ho. Destinasi wisata yang berja­rak dekat dengan Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani ini terletak di Jalan Simongan Nomor 129, Bong­sari, Semarang, Jawa Tengah.

Tugu Muda Semarang

Hasil gambar untuk Tugu Muda Semarang

Dari Sam Poo Kong, tempat terdekat yang dapat Anda jangkau adalah Tugu Muda Semarang. Meskipun hanya sebuah tugu, Tugu Muda Semarang meru­pakan simbol untuk mengenang pertempuran selama lima hari di Semarang. Tugu ini memiliki lima relief, yakni Hongerodeem, Per­tempuran, Penyerangan, Korban, dan Kemenangan. Kelima relief ini menggambarkan kehidupan dan penderitaan rakyat serta kebera­nian untuk melawan penjajah yang berbuah kemenangan.

Vihara Buddhagaya Watugong

Hasil gambar untuk Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara yang dibangun pada tahun 1955 ini terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Pudakpa­yung, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. Di tempat ini, Anda akan disambut oleh Watugong, yakni sebuah batu alam berbentuk gong. Dengan perpaduan antara budaya Tiongkok dan Thailand, desain arsitektur vihara ini sangat menarik. Di dalam vihara ter­dapat patung Dewi Kawn Im dengan tinggi mencapai sekitar lima meter. Sementara di bagian luar terdapat sejumlah spot foto instagrammable dan pohon Bodhi yang telah ada sejak bangunan ini didirikan.

Lawang Sewu

Gambar terkait

Siapa tak kenal Lawang Sewu? Ikon Kota Semarang ini wajib Anda kunjungi, terutama bagi Anda pencinta wisata sejarah. Di tempat ini Anda akan mempelajari banyak pengetahuan baru. Desain arsitektur Lawang Sewu sangat menawan. Asyiknya, di sini Anda dapat berfoto di sejumlah spot favorit wisatawan.

Kota Lama Semarang

Jika Anda ingin menikmati sua­sana Semarang tempo dulu, maka datanglah ke Kota Lama Semarang. Di tempat ini Anda dapat bernos­talgia sembari menikmati suasana kuno. Kegiatan yang biasa dilaku­kan di tempat ini adalah berfoto dan menyantap camilan atau se­cangkir kopi di kedai yang letaknya dekat dari Gereja Blenduk.

Kota Lama merupakan citra visual yang menyajikan kemega­han arsitektur Eropa di masa lalu. Banyak berdiri bangunan kuno nan eksotis dan megah pening­galan Belanda, yang menyimpan segudang cerita tak terlupakan.

Salah satu bangunan di Kota Lama yang menarik adalah Gereja Blenduk. Bangunan yang sudah berusia lebih dari dua setengah abad itu memiliki nama asli Ned­erlandsch Indische Kerk dan masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga kini.

Gereja Blenduk dibangun pada 1753 dan berbeda dari bangu­nan lain di Kota Lama yang pada umumnya memagari jalan dan tidak menonjolkan bentuk, gedung yang bergaya Neo-Klasik ini justru tampil kontras.

Selain Gereja Blenduk, ada Ge­dung Marabunta yang menyimpan segudang cerita. Gedung dengan ornamen semut raksasa di atapnya itu merupakan gedung yang dipakai perkumpulan/komunitas –ketika itu- untuk mementaskan karya seni drama.

Pada 1854 di tempat ini pernah dilangsungkan sebuah pertun­jukan drama yang menceritakan seorang spionase wanita cantik bernama Matahari. Awal ke­merdekaan, setelah tidak dipakai sebagai gedung pertunjukan, gedung ini ditempati Yayasan Empat Lima. Yayasan ini kemudian berganti nama menjadi Yayasan Kodam. Di sekitar gedung tersebut, ada Pabrik Rokok Praoe Lajar yang bangunannya sangat terawat den­gan nuansa merah putih. Ada juga Stasiun Tawang dengan gaya arsi­tektur indis yang masih dioperasi­kan hingga sekarang. Di depannya terdapat Polder Air Tawang yang berfungsi sebagai pusat pengen­dali banjir dan penampungan air sebelum dialirkan ke laut. Ban­gunan-bangunan lain antara lain Gedung Marba, Kantor Pos Pusat, Samudera Indonesia, Djakarta Lloyd dan Titik Nol KM Semarang.

Itulah itinerary terbaik di Semarang yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan. Jika Anda berada di luar kota, booking tiket pesawat ke Semarang lebih dulu. Gunakan aplikasi atau website Airy, nikmati kemudahan cek harga tiket pesawat Lion Air dan pemesanan tiket praktis tanpa repot. Tak perlu takut melakukan transaksi online, sebab Airy menjamin seluruh transaksi aman, bebas dari penipuan.

Demi kenyamanan Anda, Airy memberikan fasilitas terbaik berupa ganti jadwal penerbangan, pengembalian dana, dan pembayaran melalui sejumlah metode, yakni kartu kredit, transfer via bank, dan bayar langsung di gerai Indomaret. Bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan bisnis, Airy menawarkan layanan perjalanan bisnis dengan harga dan fasilitas menarik. Apa lagi yang Anda tunggu? Ayo, liburan bersama Airy!

 hay/R-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment