Koran Jakarta | September 20 2018
No Comments

Mendata Aktifitas Harian via Jam Pintar

Mendata Aktifitas Harian via Jam Pintar

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Produsen perangkat sport watch, Garmin menghadirkan model terbaru yaitu Vívoactive 3 sebuah jam tangan pintar dengan aplikasi mencapai 15 buah. Model ini dilengkapi GPS, ElevateTM, untuk bermacam pelacakan aktivitas dan tinkat stres. Selain pelacakan aktivitas Vívoactive 3 sekaligus berfungsi untuk memberikan notifikasi. Dengan mengaktifkan ke Garmin Connect pengggua bisa mengetahui pesan SMS, pesan Whatsapp, e-mail dan FB yang masuk ke ponsel, tanpa membuka ponsel.

Lalu apa keunggulan jam sport yang dibanderol pada harga 5 hingga 5,5 juta rupiah ini? Hasil review menunjukkan Vívoactive 3 memiliki banyak fitur yang sesuai bagi gaya hidup aktif dan sehat. Perangkat ini bisa mengakomodasi bermacam aktivitas olah raga seperti berjalan, berlari, bersepeda, berenang, naik gunung, main golf, dan lainnya. Pengguna bisa melacak aktivitas saat pergi ke kantor misalnya.

Saat Koran Jakarta mencoba berangat kerja jam ini dapat menujukkan jumlah langkah kaki, jumlah tangga naik, jarak yang ditempuh, dan denyut jantung untuk melihat tingkat stres, misalnya 5.730 langkah kaki, 8 anak tangga, 3,6 km, tingkat stress 59. Data aktivitas ini tersimpan di dalam jam hingga bertahun-tahun.

Apala lagi jika telah dikiram ke aplikasi Garmin Connect maka data yang tersimpan menjadi lebih lama. Data dari jam dikirim ke Garmin Connect yang terdapat pada ponsel malui Bluetooth. “Siapa pun yang aktif dan sering bepergian tentu pernah mengalami kebingungan memilih penampilan yang sporty atau formal,” kata Managing Director, Garmin South Asia, Engelhard (Al) Sundoro, di Jakarta baru-baru ini.

Tampilan Vívoactive 3 dirancang untuk menjawab tuntutan pengguna. Kekuatannya bahannya membuat jam pintar yang bisa dipakai sehari-hari bagi mereka yang bergaya hidup aktif dan fashionable. “Jam tangan ini bahkan dirancang untuk stand alone tanpa bergantung pada perangkat lain seperti smartphone,” tambah Al.

Dengan bahan yang kokoh dan gaya, Vívoactive 3 memperlihatkan detail polesan halus stainless steeldan layar resolusi tinggi Garmin ChromaTM yang selalu menyala agar mudah dibaca dalam segala kondisi pencahayaan. Vívoactive 3 juga memperkenalkan Side SwipeTM, kendali. Navihasi menu dan statistik dilakukan dengan mengusap ke atas-bawah dan ke kanan-kiri. Sensitifitas layarnya cukup sensitif, sehingga pengguna tidak terlalu menekan.

Seperti halnya semua wearable Garmin, Vívoactive 3 aman dibawa berenang dan mandi asal tidak untuk menyelam. Baterinya memiliki masa aktif baterai hingga tujuh hari dalam mode jam tangan pintar dan 11 jam dalam mode GPS3.

Dengan fitur Elevate yang mengukur denyut jantung selama 24 jam melalui pergelangan tangan dari Garmin, pengguna dapat mengakses fitur pemantauan kebugaran, termasuk VO2 max dan usia kebugaran, sehingga memberikan data berharga bagi pengguna dalam memantau perubahan kebugaran pribadinya.

Pelacakan stres sepanjang hari juga tersedia di Vívoactive 3 dengan memantau data HRV (heart rate variability). Kemampuan untuk melihat tingkat stres terkini dari pergelangan tangan dan stres dalam jangka waktu lebih panjang di Garmin Connect memungkinkan pelanggan untuk mengidentifikasi polapola yang terjadi untuk menghindari atau menghadapi penyebab stres dengan lebih baik.

Pengatur waktu relaksasi “Four-Fold Breath” semakin membantu pengguna menyeimbangkan stres dan waktu istirahat. Melalui Garmin Connect, pengguna bisa melihat hasil aktivitas latihan beban, tingkat stres, dan pola tidur pribadinya yang ditampilkan melalui grafik terperinci. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment