Koran Jakarta | August 26 2019
No Comments

Menanti Mobil Baru di GIIAS 2019

Menanti Mobil Baru di GIIAS 2019

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Mobil-mobil konsep bisa menjadi gambaran tentang kendaraan yang akan diluncurkan ke pasar di masa depan.

Ajang GIIAS 2019 akan kembali bakal memanjakan pecinta otomotif nasional. Pada iven ini akan hadir mobil baru, mobil konsep, dan mobil yang akan melakukan debutnya di dunia untuk pertama kali. Ya, pameran otomotif terbesar di tanah air, Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) akan kembali diadakan antara 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD Tengerang. Beberapa APM akan mena mpilkan sekitar 20 mobil baru. Baik yang sudah diperkenalkan ke media, maupun yang masih dirahasikan.

Bahkan GIIAS 2019 akan menampilkan mobil yang baru pertama diperkenalkan di dunia di samping mobil-mobil konsep. Mobil-mobil konsep bisa menjadi gambaran tentang kendaraan yang akan diluncurkan ke pasar di masa depan.

“Sampai kemarin gabungan dari world premiere dan Indonesia premiere angkanya di atas 20. Kami harap mendekati (dimulainya GIIAS) ada beberapa peluncuran lagi,” ungkap Project Director GIIAS 2019 Seven Event, Agus Riyadi di Jakarta.

GIIAS 2019, akan menampilkan bermacam merek, sepetti Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Jeep, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Wuling.

Hasil gambar untuk DFSK Glory 580

Tidak mau ketinggalan pada mobil komersial akan tampil merek DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, dan juga perusahaan karoseroi seperti Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

Seperti telah diulas oleh media, Renault akan menghadirkan jenis MPV Triber, yang menjadi pesaing mobil LCGC. Mobil mesin Renault Clio dengan kapasitas 1.000 cc, tiga silinder, akan menjadi penantang bagi lawan-lawannya dengan mesin 1.200 cc seperti Daihatsu Sigra, Toyota Calya dam Datsun Go+. Pada ajang GIIAS harga Triber akan diumumkan. Dijelaskan dengan spesifikasi dan harga yang kemungkinan besar bakal diumumkan di GIIAS 2019, Renault Triber bisa bersaing di segmen yang gemuk di pasar otomotif dalam negeri. “Triber bisa diterima di segmen, mulai dari LCGC lima seater, LCGC tujuh seater, LMPV, dan juga hatchback,” ujar COO MRI Davy J. Tuilan, di Bintaro Tangerang barubaru ini.

Sedangkan Toyota akan menghadirkan mobil unggulan Toyota Supra. Mobil dengan banderol harga 2-3 miliar rupiah ini diperkirakan akan menyedot perhatian konsumen, karena mobil sport dua pintu memiliki desain yang kuat.

Gambar terkait

Mitsubishi tidak mau ketinggalan. Kali PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) alam menghadirkan Mitsubishi Eclipse Cross setelah diperkenalkan kepada media pada Selasa (9/7). Mobil yang meraih gelar Car of The Year 2019 di Jepang tersebut, menggunakan mesin 1.5 liter turbo. Mobil ini akan bersaing dengan Toyota CH-R dan Mazda CX-3.

Mobil ini memiliki dua pesaing berat yaitu Toyota CH-R dan Mazda CX-3. CH-R dibanderol paling antara 492 juta - 493 juta rupiah, dan CX-3 akan berada pada harga 407,2 juta - 456,7 juta rupiah.

Mazda tampaknya tidak mau ketinggalan. Kali ini pebrikan Jepang ini akan mengenalkan Mazda 3 ke publik setelah mengenalkannya ke media. Mobil dengan dua varian bodi yaitu sedan dan hatchback oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) diyakini menawarkan desain dan fitur yang diminati konsumen.

“Mazda3 memiliki desain dan fitur jauh lebih bagus dari yang lama makanya kami berani bawa versi sedannya. Kami yakin dengan desain dan fitur, mobil ini akan memiliki pasar di Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia, Roy Arman Arfandy.

Mobil yang memiliki karakter unik Mini akan menghadirkan edisi terbatas tepat pada perayaan Mini yang ke-60 tahun. Mini 60 Years Edition merupakan sebuah penghormatan pada semangat dan jiwa sporty brand dengan fitur desain dan material berkualitas tinggi, serta Lifestyle Collection.

“Enam dekade setelah peluncuran kendaraan kompak asal Inggris yang revolusioner, tahun ini MINI merayakan 60 tahun di Indonesia dengan meluncurkan model dengan desain eksklusif,” ujar Head of Mini Asia, Kidd Yam, dalam keterangan rilis barubaru ini.

Nissan Motor Indonesia akan menghadirkan mobil yang disebut ikonik tanpa menyebutkan nama. Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, mengatakan mobil-mobil ikonik Nissan diharapkan akan menjadi bintang selama GIIAS tahun ini.

Bisa jadi Nissan akan memamerkan Nissan Skyline GT-R. Mobil ini merupakan kendaraan sport berkinerja tinggi yang meluncur petama kali pada 2007. “Kami juga akan membawa jajaran lengkap model-model Nissan dan Datsun, termasuk mobil-mobil ikonik kami,” ujar dia melalui siaran pers baru-baru ini.

Yang patut ditunggu DFSK akan meluncurkan SUV listrik. Dipastikan PT Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia) akan membawa mobil ramah lingkungan ini dengan tenaga murni dari listrik.

Menurut General Marketing Manager DFSK, Permata Islam, mengatakan kemunculan mobil listrik dari DFSK nanti sebagai wujud dukungan DFSK dalam mengurangi emisi gas buang. “Sebenarnya kami juga menunggu regulasi dari pemerintah, kalau nanti sudah keluar, tidak menutup kemungkinan produk ini dipasarkan di Indonesia,” jelasnya. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment