Koran Jakarta | December 16 2018
No Comments

Mempertahankan Kualitas Pekerjaan

Mempertahankan Kualitas Pekerjaan
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, akhir-akhir ini semakin banyak perusahaan yg mem-PHK karyawannya. Di perusahaan tempat saya bekerja pun berencana melakukan perampingan. Bagaimana agar kita tetap tenang dan dapat meningkatkan kualitas kerja kita di saat seperti ini?

Jawaban:

Krisis ekonomi yang masih bergejolak hingga hari ini, tak jarang mengusik keamanan dan kenyamaman kita dalam bekerja. Bagaimana tidak? Belakangan ini nyaris setiap hari kita disuguhi berita-berita tak sedap tentang dunia kerja. Berita tentang PHK yang dilakukan sejumlah perusahaan besar sedikit banyak mempengaruhi ketenangangan Anda dalam bekerja.

Anda pasti gelisah juga setelah membaca berita tersebut. Tapi tentu saja larut dalam perasaan gelisah tidak akan menyelesaikan masalah. Malah, bisa-bisa Anda terkena depresi berat karena terus menerus dilanda kegelisahan. Akibatnya kualitas kerja pun akan menurun hingga akhirnya hilang sama sekali. Nah agar kualitas kerja Anda tetap terjaga di tengah kondisi yang tidak menyenangkan, Anda perlu melakukan langkah-langkah di bawah ini:

Ciptakan visi

Jangan pernah tidak memiliki visi dalam hidup ini. Sebab visi adalah areal dimana Anda akan berkiprah dan menunjukkan siapa sesungguhnya diri Anda. Menyusun visi sama halnya dengan menggariskan areal bermain (playing field) bagi masa depan Anda. Mulailah dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana. Apa yang sesungguhnya ingin Anda capai? Pertanyaan ini mungkin bisa membantu Anda menyusun visi yang baru.

Jauhi keinginan bersenangsenang

Bersenang-senang adalah virus yang paling destruktif. Mungkin sebagian dari krisis yang kita alami saat ini, berawal dari pengendalian yang buruk atas keinginan bersenang-senang yang tidak proporsional.

Menjauhi keinginan bersenang-senang adalah tantangan terberat. Sebab ini menyangkut perubahan gaya hidup, bahkan perilaku sehari-hari. Nah mulai saat ini, buatlah batasan yang jelas antara kesenangan yang dapat ditolerir dan kesenangan yang tidak proporsional.

Kembangkan tujuan Anda

Jangan terbelenggu oleh satu tujuan. Anda harus tertantang untuk mengeluarkan kekuatan yang sebenarnya. Ingat, yang membuat motivasi Anda bangkit sebetulnya adalah penyusunan target yang spesifik, jelas, dan fokus. Setelah itu Anda dapat menciptakan tantangan yang membuat Anda mengeluarkan kemampuan terbaik.

Jangan berhenti bertanya

Bertanya adalah proses dialektis menuju pematangan diri. Dalam melakukan pekerjaan, mencari pekerjaan, atau melakukan apa pun, Anda perlu bertanya. Kalau Anda membutuhkan perluasan cakrawala, meminta pendapat dan bertanya pada orang lain adalah langkah yang bijak. Daripada Anda diam tapi memendam ketidaktahuan jauh lebih baik jika Anda bertanya dan memperoleh jawaban.

Jangan pernah puas

Konon, orang-orang yang sukses adalah mereka yang tidak pernah puas dengan apa yang telah diperolehnya. Mereka selalu melakukan yang terbaik dari hal baik yang sudah ia lakukan. Sehingga mereka terus terpacu untuk menghasilkan karya yang mendekati sempurna. Hal ini merupakan kunci kekuatan bagi orang-orang yang selalu berhasil. Mereka akan melakukan apapun untuk mencapai keinginan dan mengatasi persoalan.

Dengan melakukan hal tersebut di atas, kualitas kerja Anda akan tetap terjaga, sekalipun dalam kondisi yang menggelisahkan. Paling tidak, Anda tetap memiliki gairah dan semangat untuk melakukan yang terbaik. Nah bagaimana dengan Anda? Tidak ada salahnya Anda coba langkah di atas. Sukses untuk Anda…!

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment