Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments

Mempersiapkan Karya Menjelang Masa Pensiun

Mempersiapkan Karya Menjelang Masa Pensiun
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Inspirasi Karier Kedua

Penulis : Mamad Samadi & Tim

Penerbit : Elex Media

Cetakan I : 2018

ISBN : 978-602-04-5345-3

Tebal : 292 hal

Pensiun adalah masa yang secara alamiah terjadi pada tiap orang. Bagi sebagian, pensiun ditunggu-tunggu. Namun bagi lainnya, pensiun dianggap masa yang berat. Banyak yang tidak siap menghadapi pensiun. Mereka beranggapan pensiun tanda seseorang sudah tidak berguna, tidak dibutuhkan, dan tidak produktif lagi.

Paradigma seperti ini perlu diluruskan. Selama manusia masih hidup potensi dan karier masih tetap ada, meskipun bentuknya mungkin berbeda dari sebelum pensiun. Itulah yang disebut sebagai karier kedua (hal 5).

Buku Inspirasi Karier Kedua ditulis 10 profesional guna memberi pandangan bahwa pensiun hanyalah berhenti bekerja formal, namun tidak berhenti berkarya. Seseorang yang akan memasuki pensiun baik sesuai waktu ataupun dini, perlu mempersiapkan diri.

Persiapan pensiun tidak hanya materi, namun juga aspek spiritual, psikologis dan fisik. Dalam tiga bab pertama yang berjudul Mengenalku Berarti Mengenal-Mu, Tak Ada yang Tak Berubah dan Mens Sana In Carpore Sano mengupas ketiga aspek tersebut. Dalam masa pensiun, pendekatan diri kepada Sang Pencipta sangat diperlukan. Semakin dekat dengan Tuhan akan tambah mengenal diri.

Dengan demikian, akan lebih mudah mengendalikan emosi. Pada umumnya, pensiunan sensitif, mudah tersinggung, atau terkena post power syndrome. Dampak psikologis seperti itu dapat diatasi dengan mengubah pola pemikiran, tidak ada yang berubah dengan pensiun.

Masa pensiun diartikan sebagai waktu bermalas-malasan, menikmati hidup dengan keluarga, tanpa perlu berkarya harus diubah. Pandangan seperti ini harus diubah. Sebenarnya pensiun hanya status kepegawaian bagi seseorang yang bekerja pada pihak lain atau perusahaan. Seorang pensiun bukan berarti tidak harus beraktivitas lagi (hal 31).

Dalam bab Mens Sana In Carpore Sano, ada tip menjaga kesehatan masa pensiun. Kesehatan sering menjadi permasalahan pada masa pensiun. Dengan mengatur perilaku hidup sehat seperti rutin berolah raga, tidak merokok, menjaga menu gizi seimbang, istirahat cukup, pemeriksaan kesehatan rutin dan tetap menjaga keharmonisan dengan pasangan serta lingkungan, kesehatan akan lebih terjaga.

Dari aspek materi, ada beberapa alternatif pengelolaan keuangan dan peluang membuka usaha pada masa pensiun. Pengelolaan keuangan atau peluang usaha ditulis dari bab empat sampai delapan. Dalam bab Ada Uang Ada Barang, disampaikan langkah-langkah mengelola dana pesangon serta yang perlu dihindari agar uang tidak habis untuk konsumtif.

Asuransi untuk masa pensiun juga diperlukan seperti dalam bab Sedia Payung Sebelum Hujan. Peluang usaha dan memilih investasi yang tepat dibahas dalam bab Investasi Sekarang Menuai Kemudian, Peluang Menanti di Properti dan Ada Nyawa Ada Rezeki.

Pada bagian penutup buku ini, penulis memberikan motivasi kepada para orangtua yang telah memasuki masa pensiun, untuk berani bermimpi, tidak ada kata terlambat untuk meraih mimpi. “Harapan memampukan seseorang bertahan. Memiliki harapan adalah memiliki iman kepada Tuhan yang mampu mengubah mimpi yang tertunda dengan harapan baru” (hal 231).

Buku Inspirasi Karier Kedua bisa jadi bacaan untuk mempersiapkan pensiun. Buku ditulis dengan ukuran huruf yang tidak melelahkan mata bagi para manula, disertai ilustrasi dan langkah-langkah penerapan, sehingga tidak hanya teoritis. 

Diresensi Siti Nuryanti, S1 Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment