Koran Jakarta | January 20 2019
No Comments

Melaju dengan MPV yang Ramah Keluarga

Melaju dengan MPV yang Ramah Keluarga

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pasar mobil keluarga multifungsi (MPV/ multipurpose vehicle) masih mendominasi penjualan kendaraan roda empat di Indonesia. APM (agen pemegang merek) secara agresif telah merilis modelmodel MPV terbaru untuk memikat para keluarga di Indonesia. Tentu saja, ketika ingin menikmati atau membeli sebuah mobil MPV, para keluarga di Indonesia perlu selektif menentukan pilihan.

Bingung menentukan MPV apa yang akan dibeli? All New Ertiga atau Ertiga baru bisa menjadi pilihan. Mobil ini sudah berubah secara fitur dan tampilan. Pada 2008 ini, Ertiga baru tampil berubah total, mulai dari eksterior, interior, hingga dapur pacu, dan fitur keamanan yang semakin lengkap. Untuk membuktikan ketangguhannya, belum lama ini Koran Jakarta, sempat menjajal kemewahan, keiritan dan ketangguhan Ertiga baru. Yang dicoba adalah varian tertinggi manual.

Dan, wah, performanya melebihi pesaing di kelas L-MPV. Rasa berkendara all new Ertiga masih memberikan kesan yang familiar dengan generasi sebelumnya, dengan peningkatan yang lebih baik. Perpindahan transmisi otomatis 4-percepatan terasa halus. Pengemudi dan penumpang terasa nyaman karena kabin terasa kedap, karakter suspensi yang terasa pas untuk melahap tikungan maupun menghajar lubang.

Melintasi perjalanan Jakarta-Bandung via Puncak (saat berangkat), Ertiga baru mampu bermanuver sesuai dengan ekspektasi. Melahap tanjakan yang dipadu dengan tikungan tajam terasa menyenangkan. Fitur ESP yang hanya tersedia di tipe tertinggi memberikan rasa percaya diri ekstra.

Tak hanya berkendara agresif, Ertiga baru juga dapat melahap kondisi jalanan saat melaju di tol dengan cara berkendara eco driving. Dengan kondisi lalu lintas bebas dari kemacetan dan metode pengukuran full to full, Ertiga baru mencatatkan konsumsi bahan bakar yang lumayan irit, sekitar sebesar 27 km per liter untuk transmisi manual.

Sehingga bisa dinilai handling mobil ini sangat responsif dan radius putarnya juga luas. Ketika menikung tajam dengan dimensi yang lebih panjang, mobil ini masih lincah. Secara tampilan, Ertiga baru terkesan mewah di kelas LMPV. Dimensinya lebih panjang dan lebar dari sebelumnya. Pada bagian depan pabrikan berlogo ‘S’ ini mengubah desain bumper, kap mesin, dan gril, sehingga tampilan lebih kekar. Penerangan utama masih mengadopsi proyektor halogen, belum LED. Tidak seperti lampu belakang dan stoplamp yang sudah LED.

Spionnya sudah elektrik dan dapat buka-tutup secara otomatis. Sebelum masuk ke dalam kabin, kunci hanya perlu dikantongi saja karena sudah smart key, jadi tinggal menekan tombol kecil di handle pintu. Artinya level Ertiga baru ini sudah naik kelas ke level yang lebih canggih. Dari sisi interior, tampilannya lebih mewah berkat aksen kayu yang membentang di panel dasbor, door trim dan setir, meskipun bahan jok masih kain. Sistem hiburannya, head unit layar sentuh yang dapat terintegrasi dengan smartphone.

Karena ini tipe GX, maka konsol tengah terdapat ‘kulkas mini’ yang dapat mendinginkan dua botol minuman sekaligus. Kalau secara tampilan, MID masih monochrome tidak seperti Ignis dan Baleno yang sudah full warna. Karena penasaran langsung coba untuk mendaratkan tubuh ke jok.

Untuk postur badan 170 sentimeter, posisi duduk terasa nyaman, karena jok bisa diatur tinggi-rendahnya, bukan hanya maju-mundur saja. Kemudian pengaturan setir dengan tilt steering dan di setir sudah ada tombol pengatur suara, bluetooth dan penerima telepon. Setir dengan model flat bottom ini juga menghadirkan kesan sporty yang juga memudahkan pengemudi untuk mengolah kemudi saat bermanuver.

Sedangkan untuk jok, konstruksinya terbilang cukup nyaman, meski memang belum menggunakan pelapis kulit. Fitur keselamatannya adalah SRS airbag pada bagian depan untuk melindungi pengemudi dan penumpang yang berada di depan dalam kasus benturan dari depan.

Fitur lainnya adalah pengait kursi anak (ISOFIX), ESP (Electronic Stability Programme), ABS with EBD. Selain itu ada juga immobilizer untuk sistem keamanan. Ya, dengan perubahan yang signifikan, Ertiga baru sudah sangat layak menjadi pilihan menarik para keluarga Indonesia yang ingin memiliki MPV berkelas. Ertiga baru sepertinya dihadirkan untuk menghadapi gempuran pesaing yang cukup fenomenal.

Tak tanggung-tanggung, Ertiga seakan-akan mendapatkan segudang amunisi untuk melawan rivalrivalnya di segmen LMPV. Harga yang dibanderol antara 193 juta rupiah hingga 238,5 juta rupiah (on the road Jakarta). Sebuah tawaran harga yang kompetitif. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment