Koran Jakarta | September 19 2019
No Comments

Marquez Raja di Sachsenring

Marquez Raja di Sachsenring

Foto : AFP/ TOBIAS SCHWARZ
A   A   A   Pengaturan Font

SACHSENRING – Pembalap Resol Honda, Marc Marquez, menahbiskan sebagai raja di Sirkuit Sachsenring seusai menjuarai GP Jerman, Minggu (7/7). Kemenangan ini merupakan yang ke-10 kalinya bagi Marquez di Sachsenring.

Pembalap berjuluk Baby Alien itu menjadi yang tercepat dengan 41 menit 08,276 detik, unggul atas pembalap Monster Yamaha Energy, Maverick Vinales 4.587 detik dan pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow.

Marquez memulai balapan dengan sempurna, disusul Vinales, Jack Miller, dan Alex Rins di tikungan pertama. Fabio Quartararo yang start dari posisi kedua langsung turun ke posisi enam. Nasib sial dialami rookie asal Prancis itu setelah mengalami kecelakaan di tikungan tiga lap kedua.

Vinales berusaha menekan Marquez di tiga lap awal. Namun, pebalap Yamaha itu justru disalip Rins di lap keempat memasuki tikungan ke-12. Memasuki lap kelima, Marquez sudah unggul 0,7 detik atas Rins.

Marquez kemudian membuat balapan MotoGP Jerman 2019 menjadi tidak menarik setelah unggul lebih dari 2 detik atas Rins memasuki lap ke-10. Persaingan lebih ketat terjadi pada perebutan posisi ketiga antara Vinales dan Cal Crutchlow.

Keunggulan besar Marquez di depan semakin bertambah memasuki lap ke-14. Juara bertahan MotoGP Jerman sejak 2013 itu sudah unggul lebih dari 3 detik atas Rins. Rins juga berhasil menjauh dari Vinales hingga lebih dari 1 detik.

Pada barisan kedua yang memperebutkan posisi kelima terjadi antara Danilo Petrucci, Andrea Dovizioso, Jack Miller, Franco Morbidelli, Valentino Rossi, dan Joan Mir. Drama baru terjadi pada lap ke-18 setelah Rins mengalami kecelakaan di tikungan 11. Rins kehilangan kendali di tikungan 11 dan gagal finis untuk kali kedua beruntun setelah pada MotoGP Belanda pekan lalu terjatuh saat memimpin balapan.

Kecelakaan yang dialami Rins membuat Marquez unggul lebih dari 5 detik atas Vinales. Marquez terus mempertahankan konsistensi hingga lima lap tersisa dan unggul 6,2 detik atas Vinales.

Marquez menyentuh garis finis, menang atas Vinales dan Crutchlow. Duo Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso, finis keempat dan kelima, diikuti penunggang Ducati lainnya, Jack Miller. Joan Mir, Valentino Rossi, Franco Morbidelli, dan Stefan Bradl melengkapi 10 besar.

Kemenangan ini membuat Marquez semakin kokoh di puncak klasemen sementara pembalap dengan mengumpulkan 185 poin, unggul 58 poin dari pesaing terdekatnya, Dovizioso.

Sementara itu, Alex Marquez (EG 0,0 Marc VDS) meraih kemenangan keempatnya musim ini pada Moto2 usai menjuarai GP Jerman di Sirkuit Sachsenrin, Minggu.

Pebalap asal Spanyol itu finis 1,208 detik di depan rival terdekatnya, Bard Binder yang menjadi runner-up untuk Red Bull KTM Ajo. Dengan hasil ini, Marquez memimpin klasemen pebalap dengan 136 poin diikuti Thomas Luthi (Dynavolt Intact GP) pada peringkat dua dengan selisih enam poin. Ant/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment