Koran Jakarta | June 27 2019
No Comments
VARIA

Mahasiswa Unair Ciptakan Lipstik Herbal

Mahasiswa Unair Ciptakan Lipstik Herbal

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA – Tim mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berhasil menciptakan lipstik berbentuk kartu (Lipcard) dari ekstrak buah bit, yang diberi nama “Funtastis Lipcard”. Inovasi ha­sil kolaborasi dari Eka Putri Armadani, Nurul Istikhomah, Erlyn Narishki, dan Salsa Bila Novita Sari itu mengandung ekstrak buah bit yang berfungsi menjadi zat warna untuk pewarna bibir.

Menurut ketua tim, Eka Putri Armadani, pada buah bit terdapat betasianin yang merupakan pigmen merah bit yang tersusun oleh dua senyawa pigmen yaitu betasia­nin berwarna ungu kemerahan dan betaxanthin berwarna kekuningan.

“Betasianin bersifat larut air, kaya akan nitrogen dan menghasilkan warna kemerahan sehingga potensial di­jadikan sebagai pewarna alami,” kata dia di Surabaya, Rabu (12/6).

Eka menambahkan, Funtastis Lipcard merupakan salah satu proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berhasil mewakili Unair sebagai PKM yang didanai Kem­ristek Dikti (Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi) di bidang Kewirausahaan. Lipcard merupakan tero­bosan terbaru dalam dunia kosmetik dan juga mudah da­lam penggunaannya, terbuat dari bahan-bahan alami, serta tidak mengandung pengawet.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment