Koran Jakarta | October 17 2018
No Comments

Len Tambah “Skytrain” untuk Mobilisasi Asian Games

Len Tambah “Skytrain” untuk Mobilisasi Asian Games

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – PT Angkasa Pura II menambah tiga rangkaian kereta atau trainset (6 gerbong) urban transport APMS (Automatic People Mover System) atau Skytrain Bandara International Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Sebelumnya, urban transport itu telah dioperasikan sejak 17 September 2017.

“Penambahan rangkaian skytrain diharapkan dapat membantu mobilisasi penumpang Bandara dan mendorong minat masyarakat menggunakan transportasi massal, terlebih untuk memperlancar mobilisasi penonton dan atlet Asian Games,” ujar Dirut PT Len Industri, Zakky Gamal Yasin di Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/8).

PT Len Industri adalah pelaksana pengadaan dan pengerjaan serta pengoperasian skytrain dalam proyek ini. Enam gerbong kereta telah diangkut dengan 6 truk lowbed dari TPS Marunda dan diposisikan menggunakan crane ke lintasan skytrain Depo Bandara. Sebelumnya kereta telah sampai di Terminal Petikemas Koja Tanjung Priuk pada tanggal 6 Agustus lalu. Kemudian disimpan di TPS Marunda setelah melalui proses stripping. Selanjutnya skytrain akan dicek dan diuji coba oleh tim internal Len dan Woojin Korea, kemudian pengujian diteruskan oleh Kementerian Perhubungan.

Tiga trainset yang beroperasi sekarang berkapasitas 176 penumpang tiap perjalanan. Dengan bertambahnya trainset tersebut, daya angkut penumpang diperkirakan mencapai 352 penumpang dalam sekali perjalanan. Total keseluruhan akan berjumlah 6 trainset, 4 trainset beroperasi 2 trainset standby. Rencananya rute skytrain juga akan diperpanjang lajurnya hingga Terminal 4 di area Soewarna Golf yang saat ini pun masih dalam pembangunan. 

 

tgh/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment