Koran Jakarta | December 13 2017
No Comments

Lebih Segar, Wajah Baru “Low” SUV

Lebih Segar, Wajah Baru “Low” SUV

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Segmen low sport utility vehicle (SUV) “kedatangan” wajah baru. Munculnya Toyota Rush dan Daihatsu Terios, bakal menjadi pilihan paling seru bagi yang ingin punya SUV dengan harga kompetitif.

Pasar Toyota Rush dan Daihatsu Terios selama ini digerogoti oleh Honda H-RV. Hadirnya Mitsubishi Xpander juga membuat kelimpungan Rush Terios, meski sebenarnya bukan sekelas. Dari Januari hingga Oktober 2017, penjualan HR-V mencapai 28.468 unit. Sementara Xpander sebagai MPV rasa SUV antara September sampai Okotber 2017 pemesanannya mencapai 23.00 unit.

Menghadapi persaingan ini, duet Toyota Rush dan Daihatsu Terios sebentar lagi akan tampil dengan wajah barunya. Meski belum diluncurkan tapi spesifikasi dan tampilan mobil ini sudah tersebar ke umum, apalagi mobil ini pernah tampil pada GIIAS 2017.

Tampilan baru Rush dan Terios membuat mobil ini mirip dengan multi purpose vehicle (MPV) meski tetap terlihat kokoh. Namun kejelasan soal spesifikasi apalagi dan harga akan diumumkan saat peluncuran. “Seperti produk lain, nanti dikasih tahu. Tenang saja,” kata Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto. Rush menggunakan lampu penerangan dengan dilengkapi proyektor HID, daytime running light (DRL), lampu kabut, dan lampu belakang sudah LED. Jika kurang cermat mobil ini bisa dikira Daihatsu Sigra dan Toyota Calya karena ada kemiripan bentuk lampu belakang. Sedangkan pada spion dilengkapi dengan sein LED dan sudah retractable, antena model sirip hiu.

Rush dan Terios akan tampil tanpa konde alias ban serep yang selama ini menempel di buritan mobil. Desain hasil rancangan, Designer Staff C&A Planning and Design Toyota Astra Motor (TAM) Akbar Juniarto, tebukti diterima masyarakat, meski sebenarnya dengan konde di balakang meneguhkan karakter SUV, seperti halnya Ford Ecosport sewaktu masih dengan konde.

Anehnya ban cadangan bukan ditaruh di bawah mobil namun di bagian yang seharusnya menjadi bagasi barang. Dengan ukuran pelek 16 inci untuk tipe G dan 17 inci untuk tipe TRD membuat bodi bagian belakang membentuk bulatan roda, untuk mengkomodasi kelebihan.

Panjang Rush mengalami penambahan, dari 4.420 mm menjadi 4.590 mm, dengan 200 mm. Dengan panjang yang bertambah Rush tetap memiliki bangku baris ketiga. Dengan demikian SUV ini masih mampu mengangkut 7 penumpang.

Perubahan lain adapada mesin. Jika sebelumnya menggunakan mesin mesin Rush menggunakan medin berkode 3SZVE 1.500 cc DOHC 16 Valve VVT-I dengan tenaga 109 daya kuda pada putaran 5.500 rpm dengan torsi 145 Nm pada putaran 4.000 rpm. Mesin baru memakai seri 2NR-VE dengan kapasitas 1.5 liter IL4, 16 katup, DOHC, VVT-i. Kedua mobil kini memiliki fitur keselamatan yang semakin banyak, seperti 6 airbags pada bagian depan untuk penumpang dan pengemudi, airbag samping, dan curtain shield airbag (CSA).

Selain airbag, dia juga memiliki Vehicle Stability Control (VSC) untuk mencegah terjadinya gejala oversteer dan understeer, juga Hill- Start Assist (HSA) yang membantu pengendara ketika berkendara stop and go di jalan menanjak. Selain itu, all new Toyota Rush memiliki seatbelt warning untuk penumpang depan dengan pengingat lampu dan suara. Tak ketinggalan dia juga memiliki Emergency Signal System, Immobilizer, dan kamera belakang.

Untuk kemudahan mengemudi pada varian TRD, Toyota Rush menggunakan bahan dari kulit di lingkar kemudi, shift knob, dan bahan soft touch di instrumen panel, center cluster, door arm rest, juga console box-nya. Sedangkan demi menunjang hiburan Toyota mengaplikasikan panel instrumen baru berbasis layar LCD, kemudian fitur keyless entry dengan Push Start Button. Pada tipe TRD, all new Toyota Rush memiliki fitur Smart Entry.

Di pusat hiburan, tipe G akan mendapat layar berbasis 7 inci dengan dukungan pemutar DVD, Bluetooth, iPod atau iPhone Connect, HDMI, dan Miracast. Sementara pada kasta tertinggi Untuk tiper tertinggi TRD dilengkapi oleh delapan speaker, sedangkan G hanya enam speaker saja.

Meskipun TAM belum mengumumkan harga pastinya harga resminya. Namun diperkirakan harga termurah SUV ini berada pada angka 150 juta rupiah. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment