Kuota Mahasiswa Penerima Bidikmisi Akan Ditambah | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 27 2020
No Comments

Kuota Mahasiswa Penerima Bidikmisi Akan Ditambah

Kuota Mahasiswa Penerima Bidikmisi Akan Ditambah

Foto : ISTIMEWA
Menristekdikti, Mohamad Nasir.
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berencana me­nambah kouta mahasiswa penerima bidikmisi pada tahun ini.

“Kami akan menaikkan kuota bidik misi dari 80 menjadi 90 ribu orang pada tahun ini dan dinaikkan lagi menjadi 130 ribu di tahun depan,” kata Menristekdikti, Mohamad Nasir usai penganugera­han gelar kehormatan doktor honoris causa untuk Prof Dr Sri Tahir di Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/3).

Selain kuota bidikmisi, Nasir mengatakan pihaknya juga akan mengajukan kenaikan uang saku untuk mahasiswa bidikmisi ke Presiden Joko Widodo. “Uang saku saat ini 650 ribu rupiah akan diajukan ke Presiden untuk dinaikkan. Saya maunya naik menjadi 750 ribu rupiah. Tapi kami tetap berdasar pada anggaran yang tersedia,” kata dia.

Nasir mengatakan, uang saku itu nantinya bisa disalur­kan ke jalur mana saja entah itu Seleksi Nasional Masuk Per­guruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan juga Jalur Mandiri.

“Semua harus bisa disalurkan. Di jalur SNMPTN bisa, SBMPTN bisa. Tak ada ketentuan khusus, yang penting bisa diterima di perguruan tinggi negeri,” katanya.

Sementara itu, Rektor Unair, M Nasih menyambut baik kenaikan uang saku untuk mahasiswa tidak mampu itu. Menurutnya, uang saku senilai 600 ribu rupiah tidak akan mencukupi kebutuhan. “Uang segitu cukup buat apa? Bah­kan di Unair, sebelum ada informasi itu, uang hidup maha­siswa bidikmisi akan ditambah menjadi 1 juta rupiah,” kata dia. SB/E-3

 

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment