Koran Jakarta | September 20 2018
No Comments
Menteri PAN-RB, Komjen Pol Syafruddin tentang Target sebagai Menteri Baru

Kualitas Manusia Indonesia Meningkat

Kualitas Manusia Indonesia Meningkat

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font
Setelah dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Komjen Pol Syafruddin menjadi Inspektur Upacara pada Hari Kemerdekaan ke-73 RI, di kantor Kementerian PAN-RB, Jumat (17/8) pagi.

 

Dalam upacara yang dihadiri seluruh pejabat eselon I, II, III, IV, dan seluruh staf Kementerian PAN-RB, Syafruddin mengungkapkan apresiasi masyarakat internasional atas pencapaian anak bangsa dalam mengelola pemerintahan.

Apa saja pencapaian yang telah dilakukan anak bangsa khususnya Kemen PAN-RB? Dan apa yang akan dilakukannya dalam masa kepemimpinannya di Kemen PAN-RB? Berikut wawancara Koran Jakarta dengan PAN-RB Komjen Menteri Pol Syafruddin, usai pelantikan di Gedung Kementerian PAN-RB dan hasil rilis dari Kemen PAN-RB.

Apa saja pencapaian anak bangsa dalam pengelolaan pemerintah yang diapresiasi masyarakat Internasional?

Masyarakat internasional mengapresiasi kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EoDB) yang semakin meningkat. EoDB meningkat dari peringkat 120 pada tahun 2014 menjadi peringkat 72 pada tahun 2017.

Selain itu?

Diplomasi Indonesia juga semakin diakui dunia dengan masuknya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 2019–2020.

Hal ini merupakan kesempatan Indonesia untuk unjuk gigi kepada dunia. Ini merupakan kesempatan Indonesia untuk berkontribusi secara positif pada penciptaan perdamaian dunia sesuai amanat konstitusi.

Inilah “Kerja Kita, Prestasi Bangsa” yang akan memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia.

Bagaimana dengan kualitas pembangunan manusia Indonesia?

Kualitas pembangunan manusia Indonesia juga meningkat yang ditandai dengan indeks pembangunan manusia dari 68,90 pada 2014 meningkat menjadi 70,81 pada tahun 2017, sehingga Indonesia masuk dalam kategori High Human Develpoment Index.

Tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini?

Tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini adalah persaingan global yang semakin sengit. Persaingan itu harus dihadapi dengan birokrasi yang smart, lincah, dan adaptif.

Saat ini, telah banyak capaian yang telah diapresiasi banyak pihak. Misalnya dalam akuntabilitas, penataan kelembagaan, manajemen SDM Aparatur, serta peningkatan pelayanan publik.

Usai dilantik sebagai Menteri PAN-RB, apa saja pesan khusus Presiden RI kepada Anda?

Bapak Presiden menyampaikan semua program yang sudah dilaksanakan dan dikerjakan selama kepemimpinan Pak Asman (Asman Abnur, mantan Menteri PAN-RB), perintahnya, laksanakan dan selesaikan sesuai target waktu. eko nugroho/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment