Koran Jakarta | October 22 2017
No Comments

Ketua Olimpiade Brasil Mundur Terkait Kasus Suap

Ketua Olimpiade Brasil Mundur Terkait Kasus Suap

Foto : Reuters
A   A   A   Pengaturan Font

RIO DE JANEIRO) - Ke­tua Komite Olimpiade Brasil, Carlos Arthur Nuzman, meng­umumkan pengunduran diri­nya pada Rabu waktu setem­pat atau Kamis (12/10) WIB, menyusul penahanannya pe­kan lalu atas kasus suap dalam pencalonan Kota Rio de Janeiro sebagai tuan rumah Olimpiade 2016.

Nuzman (75), pekan lalu mengatakan bahwa ia mun­dur sementara. Namun dalam suratnya ke komite pada Rabu ia mengatakan bahwa ia perlu mencurahkan perhatian­nya pada urusan hukumnya, dimana ia akan melakukan pembelaan.

“Agar dapat menjalankan secara penuh hak saya untuk membela diri, hak yang saat ini sudah dilanggar, saya men­gundurkan diri dari posisi ke­tua Komite Olimpiade Brasil,” kata Nuzman dalam surat per­nyataannya.

Kejaksaan Federal Brasil mengatakan bahwa Nuzman membayar 2,5 juta dollar AS atau sekitar 26,9 miliar rupiah sebagai uang suap agar Rio de Janeiro mendapat dukungan menjadi tuan rumah. Kota di Brasil itu akhirnya memenangi pemilihan itu pada 2009.

Kepolisian Brasil menahan Nuzman atas tudingan men­gatur pembagian suap Rio De Janeiro sebagai tuan rumah Olimpiade 2016.

Nuzman ditahan bersama Leonardo Gryner, mantan direktur komite Olimpiade nasional.

Bulan lalu, pemerintah Brasil mengatakan Nuzman punya peran penting dalam penyuapan tersebut. Mantan gubernur negara bagian Rio, Sergio Cabral, yang dihukum 14 tahun kurungan penjara atas tuduhan penyuapan dan pencucian uang, diduga men­dalangi skandal pembelian suara ini.  Rtr/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment