Koran Jakarta | September 16 2019
No Comments

Kesan Elegan dengan Pengaturan Pencahayaan

Kesan Elegan dengan Pengaturan Pencahayaan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Dari berbagai ruangan yang ada di dalam rumah baru, ruang tamu merupakan tempat yang paling tepat untuk mengembangkan kreatifitas dan imajinasi. Kreatifitas akan menentukan tampilan dalam hal mendesain interior rumah.

Tidak hanya menciptakan ruang tamu yang terkesan nyaman dan elegan, pemilik rumah diwajibkan secara detail untuk memperhatikan tata ruang dan jenis aksesori apa yang harus diletakkan untuk menyenangkan mata pengunjung dan anggota keluarga di rumah Anda.

Menurut Architectaria, kantor desain hunian, pemilik rumah dapat memulai langkah paling dasar dalam mendesain interior ruang tamu dengan cara menyingkirkan semua barang-barang yang ada di ruang tamu. Setelah itu, menentukan cat atau warna dasar yang akan digunakan sebagai highlight dalam ruangan.

Yang perlu dilakukan, pertama adalah fokus terlebih dahulu pada bentuk atau tema desain interior ruang tamu. Hal ini dimaksudkan agar desain interior ruang tamu yang diidamkan dapat tercapai.

Mungkin pemilik rumah hanya mempunyai ruang tamu yang berukuran kecil sehingga dibutuhkan ruang berlebih untuk meletakkan banyak barang satu ruangan. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menerapkan teknik built-in di dalam ruang tamu.

Teknik ini sangat tepat digunakan untuk mengeksplorasi ruangan yang berbentuk persegi ataupun persegi panjang sehingga pemilik rumah dapat memaksimalkan ruang yang tersedia untuk mengakomodasi semua furniture dalam satu ruangan.

Selanjutnya, perhatikan juga sistem penataan sofa pada interior ruang tamu.

Penataan tempat duduk atau sofa sangat penting agar Anda dapat menciptakan interior ruang tamu yang nyaman dan elegan. Jika ruang tamu tidak cukup besar. Penataan tempat duduk dengan sistem melingkar sangatlah tepat untuk diterapkan. Tempat duduk melingkar mampu memberi kesan fleksibel sehingga hal ini dapat memaksimalkan mobilitas didalam ruang.

Kemudian harus ditentukan fokus utama dan aksesori apa saja yang dibutuhkan untuk memperindah interior ruang tamu. Menentukan fokus utama pada suatu ruangan sangat disarankan karena hal ini dapat menarik perhatian orang-orang yang datang ke rumah.

Pilihlah area tertentu didalam raung tamu yang mampu menampilkan keindahan interior rumah seperti pada area jendela, tempat duduk atau sofa, bahkan pada sudut ruangan. Setelah menentukan area fokus utama, saatnya menentukan warna dan aksesori yang dibutuhkan.

Untuk memberikan kesan elegan dan ceria, pemilik rumah dapat memilih cat yang berwarna cerah seperti hijau terang, kuning muda, atau warna biru langit. Untuk memberikan nuansa yang lebih hidup, dapat memilih aksesori tembok seperti lukisan artistik ataupun foto keluarga yang mampu mengangkat suasana hati Anda.

Pilihlah pencahayaan yang sesuai dengan desain interior rumah. Pemilihan pencahayaan yang tepat dapat membuat suasana hati semakin baik. Terlebih lagi, pemilihan cahaya yang sesuai dengan interior ruang tamu lebih mampu Memberikan kesan mewah dan elegan.

Pencahayaan tidak hanya bersumber dari lampu utama pada atap saja, tetapi dapat menambahkan lampu tembok atau lampu lantai yang juga dapat berfungsi untuk memperindah ruangan.

Pilihlah sinar lampu yang cukup terang untuk bagian atap dan sinar lampu yang cenderung kalem untuk lampu tembok dan lampu lantai agar nuansa hangat dalam ruangan tetap terasa. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment