Koran Jakarta | June 21 2018
No Comments

Kemenkop Dukung Uji Materi UU Kementerian Negara

Kemenkop Dukung Uji Materi UU Kementerian Negara

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan siap mendukung langkah Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) untuk mengajukan uji materi terhadap Undang-undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Tentu kita akan support. Itu kan hasil Kongres Koperasi III di Makassar. Jadi, ya kita harus dukung,” kata Sekretaris Kemenkop dan UKM, Agus Muharram, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Uji materi terhadap UU Kemeneg menjadi sebuah keharusan untuk memperkuat struktur dan menambah kewenangan kementerian. Karena itu, Kongres Koperasi III di Makassar yang dimotori oleh gerakan koperasi belum lama ini merekomendasikan amendemen UU Kemeneg.

Amendemen itu dilakukan dengan maksud supaya Kemenkop UKM dikembalikan pada fungsi kementerian teknis atau perubahan status dari level tiga ke level dua.

Dekopin sebagai wujud dari gerakan koperasi selain harus mengajukan uji materi, disarankan juga melakukan pendekatan ke berbagai pihak, seperti ke Kemenpan-RB, Kemenko Perekonomian, maupun Presiden Joko Widodo. “Dengan diberikan kewenangan lebih, Kementerian Koperasi dan UKM bisa mempercepat, mengawasi perkembangan sektor-sektor yang dikelola oleh koperasi,” kata Agus.

Deputi bidang Kelembagaan Kemenkop UKM, Meliadi Sembiring mengatakan sebagai komitmen untuk mewujudkan koperasi sebagai pilar negara dipandang perlu perubahan status Kemenkop UKM menjadi kementerian teknis. sdk/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment