Koran Jakarta | July 19 2018
No Comments

Kembali Semangat Kerja Setelah Cuti

Kembali Semangat Kerja Setelah Cuti
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya sedang menikmati cuti dengan keluarga. Biasanya setelah cuti perlu waktu lama untuk mengem­balikan semangat kerja. Mohon tips-tipsnya ya Bu.

Jawaban:

Selama ini cuti diyakini da­pat men-charge baterai otak Anda, setelah beberapa lama suntuk bekerja. Makanya banyak karyawan yang tidak menyia-nyiakan mengam­bil jatah cuti. Tapi jangan mentang-mentang keasyikan cuti, anda lupa dengan tugas-tugas di kantor. Jangan lupa, setelah cuti anda harus segera menunaikan tugas-tugas seperti halnya sebelum cuti.

Karena itu begitu masa cuti berakhir, persiapkan diri Anda untuk menyambut hari-hari yang penuh gairah di kantor. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk menyam­but hari pertama setelah cuti:

Temui atasan

Hari pertama di kantor setelah cuti, jangan langsung berkutat dengan komputer dan meja kerja Anda. Temui atasan Anda terlebih dahulu. Sadarilah, bahwa atasan Anda adalah orang yang paling mengharapkan kehadiran Anda untuk segera kembali bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas kantor. Bicarakan dengan atasan apa-apa yang terjadi selama Anda cuti. Tanyakan apa yang harus segera anda lakukan untuk membantunya.

Semangat baru

Jadikan hari pertama Anda kembali ke kantor sebagai awal dari semangat dan komitmen baru. Karena cuti, sebera­papun singkatnya semestinya dapat memperkaya wawasan dan memberi refleksi bagi perkembangan dan potensi diri Anda. Jadikan hal ini sebagai momentum untuk memantapkan komitmen yang lebih baik pada pekerjaan Anda. Anda harus mampu menjadikan saat ini sebagai saat yang paling tepat untuk berubah menjadi lebih baik.

Berbicaralah dengan rekan sekerja

Tanyakan perkembangan kantor selama Anda cuti kepada rekan-rekan sekerja Anda. Kumpulkan infor­masi, data, dan peristiwa yang perlu Anda ketahui selama Anda tidak di kantor. Hal ini penting bagi Anda untuk menyusun jadwal dan prioritas pekerjaan. Namun jangan habiskan seluruh hari pertama Anda dengan asyik bicara dan ngerumpi dengan rekan-rekan sekerja. Kangen boleh saja, tapi ingat Anda harus segera kembali bekerja.

Periksa pesan-pesan yang masuk

Periksa surat-surat, memo, email, yang masuk ke meja kerja Anda. Segera balas pesan-pesan yang penting dan mendesak yang harus Anda tangani sendiri. Sedangkan pesan-pesan yang tidak harus Anda tangani sendiri bisa Anda teruskan pada orang lain. Sadari pula bahwa selama anda cuti mungkin banyak pekerjaan yang terhenti di meja Anda. Tugas Anda adalah memperlancar arus pekerjaan itu dengan menanggapi den­gan segera atau mendelegasi­kan pada staf Anda.

Hubungi kolega dan mitra usaha

Hubungi kolega dan mitra bisnis yang harus mengetahui keberadaan Anda sekarang. Hal ini akan memperlancar kembali proses bisnis yang mungkin sempat terhenti selama Anda cuti. Bila Anda tidak bisa menghubungi secara langsung, tinggalkan pesan lewat email atau lewat sekretarisnya. Ini menunjuk­kan bahwa Anda siap untuk berbisnis kembali.

Evaluasi jadwal kerja Anda

Tugas penting Anda sekembali dari cuti panjang adalah segera menyesuai­kan diri dengan irama kerja kantor. Jangan terhanyut oleh suasana cuti panjang Anda kemarin. Mungkin Anda butuh waktu untuk menyesuaikan diri pada hari pertama. Namun bisnis tidak bisa menunggu. Anda harus segera mengatur pekerjaan dan jadwalkan pertemuan dengan orang-orang penting yang akan membuka peluang bagi majunya bisnis Anda.

Nah, Anda yang saat ini tengah cuti dan masa cuti Anda segera berakhir, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya untuk kembali ke kantor. Jangan sam­pai indahnya masa cuti justru membuat Anda malas kembali ke kantor. Karena sudah semes­tinya cuti dapat meningkatkan gairah dan menambah semangat kerja Anda.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment