Koran Jakarta | September 21 2018
No Comments
Kecelakaan Kerja

Kebakaran di Kemenhub, 3 Orang Tewas

Kebakaran di Kemenhub, 3 Orang Tewas

Foto : ANTARA/Dhemas Reviyanto
Terbakar - Asap mengepul saat terjadi kebakaran di gedung Kementerian Perhubungan di Jakarta, Minggu (8/7).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kebakaran terjadi di Gedung Karya lantai 1 Kementerian Perhubungan (Kemenhub), di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (8/7).

Berdasarkan hasil pemeriksaan melalui ruang kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV), api terlihat pertama kali sekitar pukul 04.15 WIB. Musibah itu menyebabkan tiga orang meninggal dunia.

Selain tiga korban tewas, 20 orang berhasil dievakuasi dengan selamat. “Korban meninggal di dalam Gedung Kemenhub karena kehabisan oksigen akibar asap yang sangat tebal,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, Subejo, di Jakarta, Minggu (8/7).

Tiga korban yang meninggal adalah Santoso, Khairul, dan Mochammad Ridwan Efendi.

Santoso dan Khairul adalah dua dari enam pekerja kontraktor yang sedang menyelesaikan renovasi ruangan di lantai 11 gedung tersebut. Para pekerja itu berada di Gedung Kementerian Perhubungan sejak Sabtu lalu.

Mereka bekerja pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Karena pekerjaan belum rampung, mereka memutuskan menginap untuk meneruskan pekerjaan esok hari.

Khairul dan Santoso ditemukan tewas di tangga darurat lantai 12 saat berusaha menyelamatkan diri. Rekan pekerja lain selamat memilih kembali ke ruangan lantaran asap sudah sangat tebal, sedangkan Santoso dan Khairul paling depan tidak sempat kembali.

Sementara itu, jasad pegawai Kemenhub, Mochammad Ridwan Efendi, 29 tahun, ditemukan tewas di lantai 5.

Sementara itu, Sekjen Kemenhub, Djoko Sasono, mengatakan proses evakuasi korban terkendala asap tebal. Petugas pemadam kesulitan mencari korban yang terjebak di gedung tersebut.

“Asapnya terlalu pekat dan menyebar di lorong-lorong sampai lantai atas. “Tim evakuasi juga kesulitan untuk mengakses ruangan lantaran sebagian besar dalam keadaan terkunci karena ini weekend ya,” katanya. mza/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment