Koran Jakarta | September 19 2019
No Comments

Kaya Rasa Resep Nasi Goreng

Kaya Rasa Resep Nasi Goreng

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Nasi goreng Indonesia termasuk dalam makanan popular di dunia.

Nasi goreng sangat terkenal di Indonesia. Namun, tidak hanya di Indonesia. Nasi goreng atau nasgor sudah sangat populer di dunia. Di beberapa negara di Asia bahkan di beberapa bagian dunia lain yang juga memiliki nasi goreng dengan ciri khas masing-masing.

Untuk orang Indonesia, nasi goreng sepertinya menjadi makanan utama. Biasanya untuk sarapan atau makan malam. Nasi yang diberi aneka bumbu dan toping ini, kemudian digoreng tersebut memang sangat lezat. Karena kelezatannya ini, nasi goreng Indonesia termasuk dalam makanan popular di dunia.

Berdasarkan sejarahnya, nasi goreng ini berasal dari China. Negara Tiongkok ini, sangat mempengaruhi ragam masakan di kawasan Asia termasuk Indonesia. Konon, nasi goreng sudah ada sejak 4.000 sebelum masehi (SM) yang dibawa pedagang atau perantau-perantau Tionghoa yang menyebar ke Asia Tenggara.

Masyarakat Tiongkok memang sudah akrab dengan nasi. Terciptanya nasi goreng berasal dari kecenderungan masyarakat Tiongkok yang sayang membuang nasi sisa.

Untuk mengakali agar tidak mubazir, mereka memilih menggoreng kembali nasi yang sisa. Agar tetap enak, nasi sisa digoreng lagi dan ditambahi bumbu, juga isian seperti sayur dan ayam. Jadilah nasi goreng.

Lantas, bagaimana bisa sampai di Indonesia? Pada abad ke-10, masyarakat Tionghoa mulai masuk ke Indonesia. saat itu mereka tersebar di berbagai pulau.

Di tempat yang mereka diami, dibuatlah nasi goreng. Namun yang berbeda, nasi goreng tersebut disesuaikan dengan bahan yang terdapat ditempat tersebut. Makanya ada nasi goreng seafood untuk orang daerah pantai dan nasi goreng sayur untuk masyarakat pegunungan.

Karena itu, tak heran bila nasi goreng ini disebut sebagai makanan sejuta umat. Selain sangat mudah mendapatkannya, karena banyak dijual oleh pedagang-pedagang keliling, ada juga yang dijual di restoran dan kaki lima.

Namun kini, nasi goreng pun sudah sangat popular di dunia. Di beberapa negara di Asia bahkan di beberapa bagian dunia lain yang juga memiliki nasi goreng dengan ciri khas masing-masing.

Misalnya, nasi goreng nanas asal Thailand. Salah satu ciri khasnya adalah potongan nanas yang menjadi pelengkap serta daging seafood yang digunakan. Sensasi rasa asam dan gurih membuat nasi goreng satu ini sangat menyegarkan.

Di Korea juga ada nasi goreng Kimchi. Nasi goreng Kimchi adalah nasi goreng dengan tambahan Kimchi yang berasal dari Korea Selatan. Warnanya yang merah sudah bisa menunjukkan bahwa nasi goreng ini memiliki cita rasa pedas dan sedikit asam dari Kimchi yang ada didalamnya.

Kemudian di Jepang dikenal pula dengan Omurice. Ciri nasi goreng Jepang ini, telur tidak diorek di wajan tetapi justru didadar dan dipakai untuk membungkus nasi goreng yang lezat.

Filipina pun ternyata memiliki jenis nasi goreng, yang popular sebagai Nasi Goreng Bawang Putih. Nasi goreng ini ditumis dengan bawang putih dan beberapa beberapa bumbu lain tanpa kecap sehingga penampilannya jauh lebih pucat. Namun rasanya nggak kalah enak dari nasi goreng pada umumnya.

Di Amerika Latin pun ternyata ada. Tepatnya di negara Peru yang memiliki Cahufa. Nasi goreng ini dimasak dengan potongan dadu telur dadar dan daging Ham serta dibumbui rempah-rempah khas Peru. Rasa dari nasi goreng ini sangat kaya dan gurih.

Di negeri asalnya China, terkenal dengan nasi goreng Hokkian. Nasi goreng satu ini digoreng dengan bumbu yang tidak banyak dan menggunakan mentega sehingga warnanya pucat. Namun penyajiannya dilengkapi dengan siraman sayuran seafood yang dimasak dengan bumbu oriental.

Olahan Lokal

Dan Indonesia, nasi goreng paling popular adalah nasi goreng gila. Nasi goreng satu ini merupakan nasi goreng kampung yang disiram dengan sayur gila (tumisan telur, sosis, dan bahan lainnya) yang akan menambah sedapnya kuliner tersebut.

Kepopuleran nasi goreng Indonesia sudah mendunia. Makanan yang dikenal dengan sebutan nasgor ini, dinobatkan sebagai makanan paling enak nomor 2 di dunia.

Ada banyak jenis nasi goreng di Indonesia, dengan berbagai varian resep dan isian didalamnya. Ada nasi goreng ayam, nasi goreng seafood, nasi goreng kambing, nasi goreng telur dan lain-lain. Semuanya dengan kelezatannya dan sensasi rasa yang berbeda-beda.

Begitu pun dengan bumbu yang menyertainya. Sekarang disesuaikan dengan daerah di Nusantara. Ada nasi goreng Aceh, karena memakai bumbu-bumbu khas Aceh, nasi goreng Padang, nasi goreng Jawa dan lainnya. Yang membedakan nasi goreng itu hanyalah bumbu, bahan pelengkap, daerah asal, dan lain sebagainya. yun/E-6

Tips Nasi Goreng Asia

Gunakan nasi yang benar-benar pulen, tak terlalu keras juga lembek. Caranya dengan memasak nasi menggunakan air secukupnya, biasanya setinggi ruas jari telunjuk paling ujung.

Masukan nasi ketika bumbunya benar-benar sudah matang, biarkan bawang agak sedikit gosong yang menimbulkan aroma yang sedap.

Jangan menambahkan bahan yang terlalu banyak air pada saat menggoreng, karena hasilnya akan buruk dan nasi akan bercampur dan tidak terpisah.

Tambahkan kecap ikan, kecap Inggris lokal, merica bubuk, garam, dan juga angciu. Aduk hingga semua bumbu benar-benar meresap.

Tiriskan dan nasi goreng Hong Kong siap untuk disajikan kepada keluarga.

Mudah bukan cara membuat nasi goreng Hong Kong di atas? Anda juga bisa mencoba menu lain seperti nasi goreng Aceh, nasi goreng Jawa, atau nasi goreng Magelangan setelah Anda mencoba resep nasi goreng Hong Kong di atas. yun/berbagai sumber/E-6

Nasi Goreng Oriental

Membuat nasi goreng ini sangat mudah. Anda pun bisa melakukan dan membuat sendiri di rumah. Salah satunya adalah nasi goreng Hong Kong. Sesuai namanya, resep nasi goreng ini berasal dari Hong Kong atau khas Asia.

Sebenarnya hampir sama seperti resep nasi goreng biasa, rasanya pun mirip dengan nasi goreng oriental. Hanya beberapa bahan masakannya yang membedakannya. Jika diamati, perbedaan yang paling mendasar antara nasi goreng Hong Kong ini dengan nasi goreng dari Indonesia adalah penggunaan kecap asin di dalamnya.

Di Indonesia, nasi goreng biasanya ditambahkan dengan kecap manis, jika nasi goreng Hong Kong ini sebaliknya. Anda pun bisa mengganti kecap asin menggunakan kecap Inggris.

Tertarik untuk mencoba membuat nasi goreng Hong Kong yang berbeda ini? Bahan yang diperlukan adalah :

Bahan Utama:

- 450 gram nasi putih dingin

- 3 siung bawang putih, cincang

- 2 buah cabai merah, diiris

- 100 gram ayam fillet, potong kota-kotak

- 150 gram udang kupas

- 2 butir telur, kocok lepas dengan ¼ sendok teh garam

- 6 butir bakso ikan, potong menjadi dua bagian

- 50 gram kacang polong

- 2 ruas daun bawang, diiris

- ½ sendok makan kecap ikan

- 1 sendok teh kecap Inggris lokal

- ½ sendok teh merica bubuk

- 1 ¼ sendok teh garam

- 1 sendok makan angciu.

Cara Membuat :

- Setelah bahan-bahan utama di atas Anda siapkan, maka Anda telah siap untuk membuat nasi goreng Hong Kong yang kini tengah populer di dunia kuliner Indonesia.

- Siapkan wajan, panaskan minyak goreng.

- Setelah panas, tumis bawang putih dan cabai hingga harum.

- Masukkan daging ayam juga udang kupas, aduk hingga benar-benar berubah warna

- Masukkan daun bawang yang telah diiris, aduk hingga layu.

- Masukan telur yang sudah dikocok lepas agar menjadi telur orak-arik dan bakso ikan secara bersamaan. Aduk hingga berbutir.

- Masukkan nasi, lalu aduk hingga rata. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment