Kaum Muda Cari Tokoh Cerdas | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments
Pemimpin Bangsa

Kaum Muda Cari Tokoh Cerdas

Kaum Muda Cari Tokoh Cerdas

Foto : ISTIMEWA
Komisioner Komisi Informasi Pusat, Romanus Ndau.
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA – Komisioner Komisi Informasi Pusat, Romanus Ndau, mengungkapkan, kriteria pemimpin yang cerdas, berani, dan bertanggung jawab menjadi dasar. Kalau soal agama, biarlah itu urusan calon pemimpin dengan Tuhannya.

“Karena itu kami mengajak generasi milenial menggunakan hak pilihnya dalam memilih calon pemimpin yang lebih baik. Menurutnya, ada tiga kriteria yang bisa digunakan dalam memilih calon pemimpin,” kata Romanus dalam dialog interaktif yang bertajuk Generasi Milenial Peduli Pemilu Informatif di ruang Persatuan Fakultas Filsafat UGM Selasa (19/2).

Romanus berharap pemilu kali ini harus lebih baik dibanding dengan pemilu sebelumnya. Untuk itu, masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya. “Kita ingin pemilu sekarang ini lebih baik dari pemilu 2014 lalu, kalau lebih jelek maka itu tragedi kita semua, termasuk tragedi bagi kaum milenial, maka bukalah informasi seluas- luasnya,” katanya.

Dosen Fakultas Filsafat UGM, Drs. Agus Wahyudi, MA mengatakan, pemilu merupakan mekanisme reguler lima tahunan untuk menentukan calon pemimpin yang duduk di pemerintahan. Meski demikian, pemilu tidak selalu menjamin terpilihnya pemerintahan yang demokrastis, sebaliknya memungkinkan adanya pemerintahan otoritarian.

Sedangkan Tenaga Ahli Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kemenkominfo, Hendrasmo menuturkan proses demokratisasi juga bisa melahirkan pemerintahan yang tidak demokratis seperti yang dialami Amerika Serikat.

“Demokrasi bisa mati karena kudeta, tapi bisa mati juga karena salah pilih orang sehingga harus hati-hati dalam memilih,” katanya. YK/AR-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment