Koran Jakarta | October 22 2017
No Comments
Politik Tiongkok

Kandidat Kuat Calon Politbiro Bermunculan

Kandidat Kuat Calon Politbiro Bermunculan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Panggung politik Tiongkok mulai menghangat jelang diselenggarakannya kongres Partai Komunis Tiongkok ke-19 pada musim gugur ini. Sejumlah sumber dan diplomat asing menyatakan bahwa Presiden Tiongkok, Xi Jinping, akan menempatkan orang-orang kepercayaannya pada posisi kunci di Politbiro.

“Setidaknya ada 10 anggota Politbiro yang bakal pensiun karena sebuah aturan yang tidak tertulis, yang menyebut politisi yang sudah berusia 68 tahun dan lebih, harus mengundurkan diri atau tidak boleh lagi mencalonkan diri untuk periode 5 tahun ke depan,” demikian ditulis kantor berita Reuters, Kamis (12/10).

Anggota Politbiro termuda, Sun Zhengcai, 53 tahun, bakal terdepak dari posisinya. Dia menjabat sebagai ketua Partai Komunis Tiongkok untuk wilayah Chongqing, namun pada Juli lalu menjalani proses penyidikan karena melanggar disiplin serius, sebuah istilah untuk menyebut korupsi. Nasib salah ketua pengawas lembaga antikorupsi Tiongkok, Wang Qishan, 69 tahun, kemungkinan sudah tidak akan lagi memegang jabatan. Masih belum ada kepastian apakah Wang akan mempertahankan jabatannya sebagai satu dari 7 anggota elit Komite Tetap Politbiro, meskipun umurnya sudah tidak memenuhi syarat.

Saat dikonfirmasi mengenai bongkar-pasang anggota Politbiro, Kantor Dewan Informasi Negara masih belum mau berkomentar, khususnya terkait kandadiat-kandidat anggota Politbiro. Dugaan yang berkembang sekarang ini, para pendatang baru untuk mengisi posisi anggota Politbiro akan berada diantara sekutu-sekutu Xi.

Pendatang Baru

Di antara sekutu-sekutu Xi tersebut adalah Cai Qi, 61 tahun, yang dipertimbangkan menjadi anggota Politbiro setelah n a m a n y a masuk daftar ketua Partai Komunis Tiongkok untuk Beijing pada Mei 2017. Sejak 1987, siapapun yang memegang jabatan Partai Komunis Tiongkok untuk wilayah Beijing akan merangkap jabatan sebagai anggota Politbiro.

Chen Miner, 56 tahun telah lama dipandang memiliki kinerja yang kuat sebagai ketua Partai Komunis Tiongkok Provinsi Guizhou sebelum dicalonkan menjadi ketua partai untuk kota metropolitan Chongqing pada 15 Juli lalu, menggantikan Sun. Chen adalah kuda hitam untuk duduk di Komite Tetap Politbiro.

Pendatang baru lainnya yang juga bersinar adalah Chen Quanguo, 61 tahun. Dia pernah dipromosikan untuk menjadi ketua partai wilayah barat Xinjiang. Saat ditempatkan di Tibet, dia dikenal dengan kebijakan manajemen etnik. Chen tidak pernah bekerja dengan Xi.

Sementara itu, Chen Xi, 61 tahun, wakil menteri, diproyeksikan bakal duduk sebagai anggota Politburo. Chen adalah teman satu asrama Xi, ketika keduanya bersekolah di Universitas Tsinghua pada akhir 1970-an.

Adapun Ding Xuexiang, 55 tahun, tampaknya akan menduduki posisi Direktur Jenderal Komite Pusat. Sekarang ini, Ding menjawab sebagai wakil Direktur Jenderal Komite Pusat. Ding pernah bekerja dengan Xi ketika dia menjabat sebagai ketua Partai Komunis Tiongkok untuk Shanghai.

Muncul pula nama He Lifeng, 62 tahun, ketua kabinet Pembangunan Nasional dan Komisi Reformasi. Dia merupakan kandidat paling kuat untuk menjadi satu dari 5 kandidat lainnya, sebuah jabatan yang satu tingkat di atas menteri, tetapi masih dibawah wakil perdana menteri.

Nama Huang Kunming, 60 tahun, disebut-sebut merupakan kandidat kuat untuk menjadi Menteri Propaganda di Partai Komunis Tiongkok. Huang sekarang ini menjabat sebagai wakil menteri. Dia pernah mengikuti Xi dari Fujian ke Zhejiang.

Nama yang juga mencuat jelang Kongres Partai Komunis Tiongkok adalah Li Qiang, 58 tahun. Sekarang ini dia menjabat sebagai ketua Partai Komunis Tiongkok untuk wilayah timur Provinsi Jiangsu. Li adalah tangan kanan Xi ketika orang nomor satu di Tiongkok tersebut menjabat sebagai ketua partai untuk wilayah Zhejiang. uci/Rtr/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment