Koran Jakarta | May 27 2017
No Comments
Monarki Jepang

Kabinet Setujui RUU Turun Takhta Kaisar Akihito

Kabinet Setujui RUU Turun Takhta Kaisar Akihito

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO – Kabinet Jepang pada Jumat (19/5) menyetujui rancangan undang-undang (RUU) yang membolehkan Kaisar Akihito untuk turun takhta. Momentum ini akan pelepasan takhta pertama dalam sistem monarki Jepang dalam kurun waktu dua abad.

Tahun lalu, Kaisar Akihito, yang pernah menjalani operasi jantung dan perawatan bagi kanker prostat, menyatakan kekhawatiran bahwa umurnya akan mengalanginya dalam menjalankan tugasnya.

Akihito, 83 tahun, mewarisi takhta dari ayahandanya, mendiang Kaisar Hirohito, sejak Januari 1989. Ia harus memikul beban cukup berat yaitu harus memulihkan nama baik monarki setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia II, serta mendekatkan keluarga kekaisaran dengan rakyat.

Jika Kaisar Akihito diperbolehkan lengser, maka ia akan digantikan oleh Putra Mahkota Naruhito, 57 tahun.

Setelah disetujui kabinet, RUU yang membolehkan Kaisar Akihito untuk turun takhta, akan diserahkan pada parlemen untuk diloloskan dalam akhir sidang bulan mendatang. “Pemerintah berharap agar (persetujuan) RUU ini dilancarkan,” kata Ketua Kabinet Sekretaris, Yoshihide Suga, dalam keterangan pers.

Sejauh ini belum ada kepastian kapan Kaisar Akihito akan turun takhta, namun sejumlah media menyebut peristiwa itu akan terjadi pada penghujung 2018, menandai 30 tahun masa jabatan Kaisar Akihito.

Ahli Waris

Permintaan turun takhta tak diperbolehkan dalam aturan hukum yang berlaku sekarang dan peristiwa turun takhta kaisar Jepang terakhir kali terjadi pada 1817. RUU yang membolehkan Kaisar Jepang untuk turun takhta kabarnya hanya berlaku bagi Akihito dan tak disebutkan berlaku juga bagi penerusnya.

Saat ini hanya ada empat ahli waris takhta dalam garis suksesi monarki Jepang. Dalam aturan yang berlaku dalam takhta Bunga Seruni, anak perempuan dari kaisar tak diperbolehkan mewarisi takhta kekaisaran.

Adapun para ahli waris takhta Kekaisaran Jepang saat ini adalah dua pangeran anak dari Akihito yaitu Naruhito dan Akishino, adik laki-laki Akihito, Pangeran Masahito, serta cucu laki-laki Akihito dari Pangeran Akishino yang bernama Hisahito dan saat ini baru berusia 10 tahun. Rtr/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment