Koran Jakarta | July 17 2018
No Comments
Lebaran 2018

Jokowi Puji Kelancaran Arus Mudik dan Balik

Jokowi Puji Kelancaran Arus Mudik dan Balik

Foto : ANTARA/Muhammad Iqbal
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) dan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kedua kanan) meninjau arus balik Lebaran 2018 di Terminal 1 C Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (21/6). Dalam kunjungannya Presiden memastikan bahwa arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 lewat bandara Soetta berjalan lancar dan aman.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengapresiasi jajarannya dalam melaksanakan pengaturan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 H. Menurut Jokowi, arus mudik dan balik tahun 2018 berjalan baik dan lancar. “Pantauan yang saya terima waktu mudik, saya kira sangat bagus,” kata Jokowi kepada wartawan di Tangerang, Banten, Kamis (21/6).

Secara khusus, Jokowi menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kementerian Perhubungan dan Kepolisian yang sudah bekerja keras. Menurut dia, manajemen arus mudik dan balik yang diterapkan berhasil membuat pemudik terhindar dari kemacetan panjang.

“Arus balik, saya kira dengan manajemen yang sudah dilakukan oleh Kemenhub, Polri, dan seluruh jajaran terkait saya kira sudah sangat bagus,” ujar Jokowi. Sementara itu, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, mengatakan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini jauh lebih lancar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena ada dua faktor.

Pertama, yakni karena libur panjang. Kedua karena infrastruktur yang sudah jauh lebih baik. “Jadi tidak ada lagi kemacetan yang parah, macet sedikit, hari biasa pun macet, tidak parah. Sangat jauh lebih baik, apalagi dua tahun lalu ada Brexit,” ujar Kalla.

 

Masih Padat

 

Arus balik lalu lintas kendaraan pemudik mengarah ke Jakarta di Jalan Tol Jakarta– Cikampek pada H+6 Lebaran, Kamis (20/6) malam masih terpantau padat. Padatnya arus balik mengakibatkan kemacetan di sejumlah titik.

Seperti di KM 66 Dawuan dan sejumlah rest area mulai KM 62 hingga KM 42 Karawang Barat. “Lalu lintas masih padat,” kata Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya. Slamet mengatakan kepadatan mulai dari Tol Cipali hingga Karawang Barat selain adanya keluar masuk rest area juga adanya pertemuan arus di KM 66 Dawuan.

“Adanya pertemuan arus dari Cipali dan Purbaleunyi sehingga kendaraan merayap,” kata Slamet. Guna mengantisipasi kemacetan parah serta mengurai antrean, sistem melawan arah atau contra flow dilakukan pihak Kepolisian dan Jasamarga di Kilometer 47 hingga Kilometer 41 sejak petang. Akan tetapi, upaya itu belum maksimal lantaran lalu lintas masih macet dan antrean kendaraan terjadi hingga Cikampek. 

 

mza/Ant/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment