Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | June 5 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Penambahan Anggaran Sulit Menahan Lonjakan Kemiskinan

Jumat 5/6/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Penyaluran bantuan sosial dalam praktiknya banyak yang meleset dari sasaran. » Stimulus ekonomi sebagian besar sulit diakses UMKM karena tidak memiliki akses ke...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Penambahan Anggaran Sulit Menahan Lonjakan Kemiskinan

Jumat 5/6/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font

» Penyaluran bantuan sosial dalam praktiknya banyak yang meleset dari sasaran.

» Stimulus ekonomi sebagian besar sulit diakses UMKM karena tidak memiliki akses ke perbankan.

JAKARTA – Kebijakan fiskal pemerin­tah dengan menambah alokasi anggaran untuk dampak sosial dan ekonomi pan­demi Covid-19 dipastikan sulit menahan lonjakan angka kemiskinan dan jumlah pengangguran. Sebab, dengan tambahan 272,1 triliun rupiah, anggaran yang ta­dinya 405,1 triliun rupiah menjadi 677,2 triliun rupiah, dalam penyalurannya te­tap mengacu pada data yang kurang valid sehingga tidak tepat sasaran.

Direktur Eksekutif Institute for Deve­lopment of Economics and Finance (In­def), Tauhid Ahmad, mengatakan mes­kipun pemerintah berani memperbesar defisit APBN 2020, namun efek dari sti­mulus tersebut belum optimal mengak­selerasi perekonomian.

Penambahan anggaran, kata Tauhid, seharusnya tidak hanya menyasar dua sektor yaitu sosial dan ekonomi, tetapi juga kesehatan yang jadi sumber utama masalahnya. “Dari total anggaran tersebut, 89 persen digunakan untuk ekonomi dan hanya 11 persen untuk kesehatan. Porsi anggaran kesehatan itu ditambah, jangan 11 persen karena kita masih kekurangan fasilitas kesehatan,” kata Tauhid kepada Koran Jakarta, Kamis (4/6).

Hingga saat ini, anggaran yang dige­lontorkan pemerintah belum mampu menekan tingginya lonjakan angka ke­miskinan dan pengangguran karena ban­yakya insentif yang tidak tepat sasaran.

Dia merujuk penyaluran bantuan so­sial yang pada 2019 lalu hanya 47 persen yang tepat sasaran, selebihnya meleset. Pada tahun ini pun, masih menggunakan data yang sama yaitu data 2015, sehingga dipastikan lebih melenceng dari sasaran.

“Kalau bansos yang tidak tepat sasar­an cukup tinggi tentu tidak akan mendo­rong konsumsi masyarakat kelas bawah sehingga secara akumulasi konsumsi mereka tidak bisa mendorong pertum­buhan ekonomi,” jelasnya.

Demikian juga, stimulus ke sektor eko­nomi terutama untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan tambahan anggaran 34 triliun rupiah, berpotensi ti­dak tepat sasaran. Sebagian besar UMKM tidak menikmati fasilitas tersebut karena tidak memiliki akses ke perbankan. “Yang mendapatkan fasilitas itu hanya bisa ter­akses oleh layanan perbankan sementara hampir 80 persen berdasarkan data BPS 2018, banyak belum bisa mengakses pin­jaman ke bank,” katanya.

Perlindungan Sosial

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu, dalam diskusi daring di Jakar­ta, Kamis (4/6), mengatakan revisi ke­dua APBN 2020 melalui Peraturan Pre­siden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2020 dimaksudkan untuk menambah ang­garan penanganan dampak Covid-19, terutama di bidang ekonomi dan sosial, khususnya untuk menahan laju kemis­kinan dan pengangguran agar tidak me­rosot terlalu dalam.

“Jangan sampai pertumbuhan negatif atau skenario sangat berat karena dam­pak ke kemiskinan dan pengangguran sangat tinggi,” kata Febrio.

Pemerintah sendiri telah membuat proyeksi skenario pertumbuhan ekonomi tahun ini yaitu skenario berat ekonomi hanya tumbuh 2,3 persen dan skenario sangat berat ekonomi negatif 0,4 persen.

Apabila pengangguran dan kemis­kinan merosot terlalu dalam, jelas Febrio, maka upaya pemulihan pada ta­hun berikutnya juga akan semakin berat. Sebab itu, dalam revisi terbaru, pemerin­tah akan fokus pada perlindungan sosial karena masyarakat Indonesia sebagian besar masih berpendapatan rendah dan lebih dari 50 persen Produk Domestik Bruto (PDB) didorong oleh konsumsi.

Alokasi anggaran untuk perlindungan sosial dalam pemulihan ekonomi nasional mencapai 205,20 triliun rupiah dan biaya untuk membantu dunia usaha sebesar 384,45 triliun rupiah.

Sebagai konsekuensinya, pemerintah melebarkan defisit menjadi 6,34 persen terhadap PDB menjadi 1.039,2 triliun rupiah dari sebelumnya sebesar 5,07 persen atau 852,9 triliun rupiah.

Sebelumnya diberitakan, dengan ske­nario berat, diperkirakan akan ada pe­nambahan angka kemiskinan 1,89 juta orang, sedangkan pengangguran 2,92 juta orang. Untuk skenario sangat berat, angka kemiskinan akan menambah 4,86 juta orang dan angka pengangguran baru bisa bertambah 5,23 juta orang. n ers/uyo/E-9

Tampilkan Semua

Banyak Korporasi Bakal Gagal Bayar

Jumat 5/6/2020 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Akibat terhentinya aktivitas perusahaan sela­ma pandemi Covid-19, diperkirakan bakal banyak korporasi berpotensi gagal bayar (default) kewajibannya yang jatuh tempo pada semester II-2020 karena kesulitan...
Selengkapnya

Presiden: Siapkan Sistem Pendidikan yang Adaptif terhadap Perubahan

Jumat 5/6/2020 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya untuk menyiapkan sistem pendidikan yang adap­tif terhadap perubahan. Jokowi mengharapkan peta jalan pen­didikan (roadmap) Indonesia 2020–2035 dapat lebih...
Selengkapnya

Jokowi Targetkan 20.000 Tes Spesimen PCR Per Hari

Jumat 5/6/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Jokowi meminta agar pelacakan terhadap masyarakat terpapar korona dilakukan lebih agresif untuk menekan penyebaran virus.   JAKARTA – Presiden Joko Widodo menaikkan target tes spesimen dua kali lipat. Se­belumnya, Presiden...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Pemerintahan Trump Larang 4 Maskapai Tiongkok Masuk AS

Jumat 5/6/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) akan melarang empat maskapai Tiongkok masuk ke Amerika Serikat sebagai respons atas larangan serupa yang diterapkan Tiongkok kepada maskapai penerbangan AS. Empat mas­kapai Tiongkok yang akan dilarang masuk AS itu adalah Air China, China Eastern Air­lines Corp, China Southern Airlines, dan Xiamen Airlines.

Rencana ini diumumkan Rabu (3/6) waktu setempat, setelah tidak tercapai kesepakatan antara kedua negara dalam mematuhi perjan­jian penerbangan baru.

Ketegangan hubungan kedua negara ekonomi terbesar di dunia ini semakin mening­kat seiring dengan terjadinya pandemi virus korona. La­rangan ini akan berlaku efek­tif mulai 16 Juni mendatang. “Tanggal tersebut masih bisa berubah,” ujar pejabat De­partemen Perhubungan AS yang tidak ingin disebutkan namanya.

Beijing Melunak

Ancaman pemerintahan Presiden Donald Trump ini dengan cepat langsung dir­espons oleh otoritasTiongkok. Beijing melunak. Kamis (4/6) pagi waktu setempat, Tiongkok mengatakan akan mengizinkan maskapai asing untuk kembali masuk ke negara mereka.

Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC) dalam pernyatannya menyatakan bahwa maskapai asing yang memenuhi persyaratan yang sebelumnya dilarang masuk ke Tiongkok diizinkan mem­buka kembali jadwal pener­bangan sekali dalam sepekan ke kota tujuan mereka mulai 8 Juni mendatang.

Sebelumnya, maskapai Delta Air Lines dan United Air­lines mengajukan izin mem­buka kembali penerbangan ke Tiongkok setelah maskapai Tiongkok membuka kembali penerbangannya ke AS, tetapi tidak direspons oleh pemerintahan Tiongkok karena ta­kut membawa virus Covid-19.

Pada akhir Januari, pemerintahan Trump telah melarang masuk warga negara non-AS yang mempunyai riwayat perjalanan 14 hari di negeri tirai bambu tersebut tanpa melarang masuknya maskapai Tiongkok. Sebulan kemudian, sejumlah mas­kapai besar AS menutup penerbangannya ke Tiongkok sebagai langkah memutus penyebaran mata rantai virus korona. n AFP/eko/P-4

Tampilkan Semua

Hong Kong Akan Hukum Penghina Lagu Kebangsaan Tiongkok

Jumat 5/6/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
HONG KONG – Dewan Legislatif Hong Kong pada Kamis (4/6) mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Lagu Kebangsaan. Beleid itu akan menghukum siapa saja yang menghina lagu kebangsaan Tiongkok. Penge­sahan RUU ini semakin...
Selengkapnya

PM Inggris: Dunia Harus Bersatu dalam Melawan Penyakit

Kamis 4/6/2020 | 23:34
A   A   A   Pengaturan Font
LONDON - Pada Kamis (4/6) Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, akan membuka Global Vaccine Summit (“KTT Gavi”) dalam upaya mendorong negara-negara dalam menggalang dana untuk menyediakan vaksin kepada jutaan penduduk di...
Selengkapnya

Komoditas Pangan Indonesia Melejit di Pasar Mesir

Kamis 4/6/2020 | 18:59
A   A   A   Pengaturan Font
Komoditas Pangan Indonesia Melejit di Pasar Mesir Kairo-Mesir merupakan salah satu mitra dagang non-tradisional bagi Indonesia, mendominasi pangsa pasar Mesir sebesar 1,45 persen dan beberapa produk komoditas pangan Indonesia menjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Wawancara Deddy Corbuzier dengan Siti Fadilah Langgar Prosedur

Selasa 26/5/2020 | 12:05
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) menyatakan wawancara yang dilakukan presenter Deddy Corbuzier dengan Menteri Kesehatan RI periode 2004-2009 Siti Fadilah Supari, pada Rabu (20/5/2020), di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, melanggar prosedur."

Kegiatan liputan dan wawancara Siti Fadilah dan Deddy Corbuzer tidak sesuai dan tidak memenuhi persyaratan yang tercantum pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM Pengelolaan dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi pada Ditjenpas, Kantor Wilayah Kemenkumham dan UPT Pemasyarakatan, Pas No. M..HH-01.IN.04.03, 5 Oktober Tahun 2011," ujar Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas, Rika Aprianti dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Rika menjelaskan, pada Pasal 28 ayat (1) disebutkan bahwa peliputan untuk kepentingan penyediaan informasi dan dokumentasi harus mendapat izin secara tertulis dari Ditjenpas.

Kemudian, Pasal 30 ayat (3) menyatakan bahwa peliputan hanya dapat dilakukan pada hari kerja dan jam kerja yang ditentukan oleh masing-masing unit atau satuan kerja.

Pelaksaanaan peliputan juga harus didampingi oleh pegawai pemasyarakatan dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, sebagaimana tertuang pada Pasal 30 ayat (4).

"Dan pada Pasal 32 ayat (2) menyatakan bahwa wawancara terhadap narapidana hanya dapat dilakukan jika berkaitan dengan pembinaan narapidana," ucap Rika.

Ditjenpas menilai kegiatan peliputan dan wawancara yang dilakukan Deddy Corbuzier dengan Siti Fadilah tidak memenuhi ketentuan-ketentuan tersebut.

Rika kemudian menjelaskan kronologi wawancara yang dilakukan antara Deddy dan Siti Fadilah.

Pada 20 Mei 2020, Siti Fadilah dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta untuk menjalani pemeriksaan terkait penyakit asma yang dia derita. Rujukan tersebut berdasarkan rekomendasi dari dokter Rutan Pondok Bambu dan telah disetujui oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Rutan.

Berdasarkan keterangan dari pihak Rutan Pondok Bambu yang telah melakukan penelusuran baik kepada Siti Fadilah maupun dua orang petugas yang berjaga saat itu, terjadinya wawancara antara Menteri Kesehatan era Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dengan Deddy Corbuzier tersebut diperkirakan terjadi pada Rabu (20/5) malam, di Ruang Paviliun Kartika kamar 206, RSPAD Gatot Subroto, antara pukul 21.30 WIB hingga 23.30 WIB.

Hal tersebut, kata Rika, didasarkan pada informasi bahwa pada pukul 21.30 WIB, terdapat empat orang, terdiri dua laki-laki dan dua perempuan, masuk ke dalam ruang perawatan Siti Fadilah.

"Ada empat orang, dua laki-laki dan dua perempuan, yang masuk ke ruang rawat Siti Fadilah, mengenakan masker dan salah satunya menggunakan penutup kepala dari jaket dan mengenakan ransel. Satu di antaranya adalah Deddy Corbuzier," ujar Rika.

Rika mengatakan, petugas jaga saat itu tidak sempat bertanya keperluan para tamu tersebut, karena pintu ruang rawat telah terlebih dahulu dikunci dari dalam. Bahkan, kata Rika, perawat yang ingin masuk untuk memberi obat-obatan pun tidak diperkenankan masuk ke dalam ruangan.

"Saat ada perawat yang ingin masuk ruang rawat untuk memberi obat-obatan pun dilarang masuk oleh keluarga yang bersangkutan," ucap dia.

Adapun pihak Rutan Pondok Bambu baru mengetahui adanya wawancara tersebut, setelah melihat unggahan video di akun instagram milik Deddy Corbuzier, pada Kamis (21/5).

"Selanjutnya Plt Karutan memerintahkan Plt KPR dan Kasi Pelayanan Tahanan untuk langsung menulusuri tayangan wawancara tersebut," tutur Rika.

Siti Fadilah sendiri sejak Jumat (22/5) telah dikembalikan ke Rutan Pondok Bambu untuk melakukan rawat jalan di Klinik rutan. Terpidana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) pada 2005 itu juga dinyatakan negatif Covid-19. yok/Antara/AR-2

Tampilkan Semua

Musisi Nasional, Ketua MPR, DPR. DPD, Panglima TNI, Kapolri, hingga Presiden, Ramaikan Konser Virtual

Sabtu 16/5/2020 | 13:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak masyarakat menyaksikan konser virtual 'Berbagi Kasih Bersama Bimbo' yang disiarkan secara langsung dari studio TVRI, Minggu 17 Mei 2020, pukul 19.30 - 22.00 WIB. Konser ini akan di-relay...
Selengkapnya

30% Dana Bantuan Negara Diusulkan untuk Perempuan

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk bisa menyiapkan calon pemimpin bangsa yang berintegritas, khususnya dari kalangan perempuan maka partai harus anggarkan dana khusus kederisasi kaum hawa. JAKARTA - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengusulkan 30...
Selengkapnya

Panwas Pilkada Soppeng Dilindungi Asuransi

Jumat 7/2/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR - Panitia pengawas (Panwas) pemilihan ke­pala daerah (Pilkada) Kabupaten Soppeng mendapat per­lindungan asuransi dari Badan Penyelenggara Jaminan So­sial Ketenagakerjaan. Sebanyak 611 pengawas didaftarkan pada dua...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Pelindo I Optimalkan Layanan Digital

Jumat 5/6/2020 | 09:39
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Dalam menyambut tatanan baru atau New Normal,  PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menyiapkan sejumlah skenario, salah satunya optimalisasi layanan digital.

Direktur SDM Pelindo 1, M. Hamied Wijaya mengatakan selama pandemi Covid-19, pihaknya terus melakukan layanan operasional logistik 24 jam dalam 7 hari (24/7) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sejak kapal akan bersandar di pelabuhan. Pelindo I bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani jika telah berstatus bebas karantina.

"Pelindo I telah menerapkan digitalisasi dalam sistem pelayanan jasa kepelabuhanan yang memudahkan para pengguna jasa untuk menggunakannya," kata Hamied dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/6).

Ia menambahkan pengajuan pelayanan di lingkungan Pelindo I bisa menggunakan Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) yang dapat diakses melalui web portal https://igateway.pelindo1.co.id yang bisa digunakan untuk di setiap cabang pelabuhannya dan Container Terminal Operating System (CTOS) yang digunakan di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan baik untuk layanan domestik maupun internasional.

Selain itu, kata Hamied, Pelindo I juga telah menerapkan sistem e-berthing di Pelabuhan Tanjungpinang yang digunakan untuk permintaan pelayanan tambatan kapal secara online yang diajukan oleh perusahaan pelayaran.

“Layanan digital ini sudah kita terapkan di seluruh lingkungan Pelindo I yang didesain khusus bagi para pengguna jasa yang dapat diakses secara mudah, aman, dan di mana saja. Sehingga kami akan mengoptimalkan layanan tersebut saat penerapan skenario the new normal agar layanan kepelabuhanan tetap berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Penyampaian Keluhan

Hamied juga mengatakan bagi para pengguna jasa yang ingin melakukan interaksi seperti penyampaian keluhan, klaim, dan informasi seputar Pelindo 1 dengan mengoptimalkan penggunaan aplikasi digital seperti: aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Pelindo I yang dapat diakses melalui web portal customer https://portals.pelindo1.co.id, layanan call center dengan dapat menghubungi 1500778, email masing-masing cabang pelabuhan, dan komunikasi melalui Whatsapp Group. Apabila diperlukan kebutuhan pertemuan bertatap muka diprioritaskan melalui online meeting.

“Dalam penerapan the new normal ini, Pelindo 1 dalam melakukan interaksi kepada para penyedia barang dan jasa juga lebih banyak memanfaatkan teknologi dengan penggunaan media web portal iProcura Pelindo I https://eproc.pelindo1.co.id," katanya.

Hamied menegaskan penyiapan skenario the new normal di lingkungan Pelindo I yang wilayah kerjanya berada di empat provinsi: Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau ini juga menyesuaikan dengan kondisi dan kebijakan pemerintah daerah setempat. Namun, Pelindo I akan terus memastikan layanan operasional berjalan dengan lancar sebagai wujud komitmennya untuk menjaga kelancaran logistik Indonesia. mza/E-10

Tampilkan Semua

PPRO Bagi Dividen Rp34,2 Miliar

Jumat 5/6/2020 | 09:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pengembang properti, PT PP Properti Tbk (PPRO) akan membagikan dividen kepada para pemegang saham sebesar 10 persen dari perolehan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada entitas induk sebesar 342 miliar rupiah. Hal...
Selengkapnya

Angkasa Pura Logistik Luncurkan Layanan “Air Freight”

Jumat 5/6/2020 | 09:27
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Sebagai upaya memperkuat bisnis perusahaan dan konektivitas logistik di Indonesia, PT Angkasa Pura Logistik meluncurkan layanan air freight. Untuk itu, anak perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero) itu menggandeng Pelita...
Selengkapnya

Terkendala BBM

Jumat 5/6/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

111.000 Kendaraan Menuju Jakarta

Rabu 27/5/2020 | 17:00
A   A   A   Pengaturan Font

 

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sejak H+1 dan H+2 Lebaran 2020 atau 25-26 Mei 2020 terdapat 111.022 kendaraan menuju Jakarta melalui arah timur, arah barat, dan arah selatan.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru menyampaikan volume lalu lintas (lalin) yang menuju Jakarta ini turun 66 persen dibandingkan dengan lalin periode yang sama di Lebaran tahun 2019.

“Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta sebesar 30,6 persen dari arah Timur, 33,4 persen dari arah Barat dan 36,0 persen dari arah Selatan,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Heru merincikan, lalin menuju Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Trans Jawa serta GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dengan rincian distribusi lalin sebagai GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 18.058 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 65 persen dari Lebaran tahun 2019.

GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 15.884 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 86 persen dari Lebaran tahun 2019. Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur, turun sebesar 79 persen dibandingkan dengan lalin Lebaran tahun 2019.

Untuk arah barat, Jasa Marga mencatat jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Cikupa tercatat sebanyak 37.134 kendaraan, turun sebesar 53 persen dari Lebaran tahun 2019.

Untuk arah selatan, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Ciawi 2 tercatat sebesar 39.946 kendaraan, turun sebesar 53 persen dari Lebaran tahun 2019.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan Covid-19, dengan tidak mudik dan tidak piknik di Lebaran Tahun 2020. Selain itu batasi perjalanan dan jaga jarak, keluar rumah hanya untuk keadaan yang mendesak serta wajib mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah. ers/AR-2

Tampilkan Semua

Mewujudkan Bengkulu yang Maju, dan Berdaya Saing

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Gubernur Bengkulu saat ini, Rohidin Mersyah bertekad untuk mewu­judkan Bengkulu yang ma­ju, sejahtera dan bermartabat dan berdaya saing tinggi. Un­tuk mengupas itu lebih lan­jut Koran Jakarta berkesempa­tan...
Selengkapnya

Layanan Kereta Api Cibatu-Garut Gratis di Awal Operasional

Jumat 31/1/2020 | 17:55
A   A   A   Pengaturan Font
GARUT – PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menggratiskan layanan transportasi kereta api Stasiun Cibatu-Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada awal operasional sebagai bentuk pelayanan dan menarik minat masyarakat untuk...
Selengkapnya

Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Jalan Bima Guna Cegah Banjir

Jumat 31/1/2020 | 09:44
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai membangun kolam retensi di Jalan Bima yang dirancang untuk mampu menampung air untuk menahan luapan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citepus. Wali Kota Bandung, Oded M Danial,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

MG Motor Donasi 10.000 APD untuk Tenaga Medis

Kamis 21/5/2020 | 18:50
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Meski baru masuk pasar otomotif Indonesia pada awal tahun ini, namun Morris Garage (MG) Motor Indonesia turut berkontribusi memberikan bantuan langsung kepada warga dan tenaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 melalui program #DrivetoShare.
MG menyerahkan lebih dari 10.000 unit paket alat pelindung diri (APD) meliputi hazmat, surgical mask, pelindung wajah, pelindung sepatu, sarung tangan, dan masker N95 kepada manajemen RS Amanda Cikarang dan RSKD Duren Sawit, Jakarta Timur.
Mereka juga mengirimkan sembako kepada sejumlah masyarakat di wilayah Jatiasih Bekasi, Ps Manggis Setiabudi, Roda Hias Serpong, Tanah Tinggi Tangerang, Cipayung, Ciputat dan Bojong Gede, Bogor pada 20-21 Mei 2020.
"Program ini adalah bentuk dukungan kami kepada Pemerintah Indonesia dalam memutus rantai pandemi Covid-19," kata Managing Director MG Motor Indonesia, Figo Lee secara tertulis di Jakarta, Kamis (21/5).
"Kami ingin berperan aktif untuk dapat menjangkau langsung ke sejumlah lapisan masyarakat dan tenaga medis yang membutuhkan sehingga manfaatnya dapat benar-benar dirasakan. Semoga kegiatan ini dapat meringankan beban saudara-saudari kita dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini," kata dia.
Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin menambahkan penyerahan dilakukan secara langsung agar dapat melihat bagaimana kondisi mereka selama Covid-19.
"Tak kalah pentingnya, kami juga meminta kepada perwakilan tenaga medis dan masyarakat yang kami temui saat penyerahan bantuan agar terus menekankan pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta pembatasan interaksi fisik demi menekan kurva penularan Covid-19,” kata dia.
#DrivetoShare MG Indonesia sejalan inisiatif global MG UK & MG India. MG Indonesia juga menerapkan praktik sanitasi pada mutu standar pelayanan di area gerai penjualan Jabodetabek dan Bandung.
Pengiriman unit mobil MG ZS juga telah melalui inspeksi intensif dan dilengkapi dengan tag penanda bahwa unit tersebut telah lolos proses sanitasi demi kesehatan dan kenyamanan setiap pelanggan. yok/AR-2

Tampilkan Semua

Pembelian Honda secara “Online” Meningkat

Kamis 21/5/2020 | 17:20
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Honda Prospect Motor mencatatkan peningkatan pembelian mobil secara online atau daring sebesar 20 persen dari seluruh total penjualan pada April 2020 atau bertepatan dengan pemberlakuan aturan Pembatasan Sosial...
Selengkapnya

MPV dengan VIP Wall Anti Covid-19

Rabu 13/5/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di tengah wabah virus korona seperti sekarang ini pengguna kendaraan membutuhkan pengaman khusus untuk mengindari penularan Covid-19. Perusahaan modifikasi PT Lombardi Auto Indonesia Mobil melakukan desain ulang sedemikian rupa agar...
Selengkapnya

Mobil Mungil Berkualitas Premium

Rabu 13/5/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mobil kompak Mini lahir pada 1959 akibat krisis minyak yang melanda Inggris kala itu. S aat Mesir menasionalisasi terusan Suez yang berdampak pada turunnya pasokan minyak dari Timur Tengah di Inggris. Akibatnya, mobil masyarakat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

INFINIX Luncurkan Produk Baru dengan Baterai Jumbo

Selasa 2/6/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Sebagai salah satu Global brand yang selalu up to date dalam menyediakan teknologi smartphone muktahir kepada konsumen, INFINIX Indonesia kini sudah berhasil membuka awal tahun 2020 sampai saat ini dengan beragam produk baru yang bahkan hampir tiap bulan di luncurkan. 

Hadir dengan semangat yang luar biasa, kini INFINIX kembali secara resmi meluncurkan produk di kelas entry level-nya dengan baterai jumbo 6000 mAh yang mengusung tema #LupaWaktu untuk mendukung aktifitas seharian pengguna smartphone di pasar Indonesia, yaitu INFINIX HOT 9 PLAY.   

CEO INFINIX Indonesia, Bruno Li menjelaskan INFINIX HOT 9 PLAY hadir untuk menjadi pilihan yang tepat di kalangan anak muda di Indonesia yang penuh semangat dalam beraktifitas sehari-hari apalagi melalui smartphone yang menjadi media mereka untuk mendapatkan hiburan yang berkualitas ataupun melakukan hal-hal kreatif yang mereka inginkan.

Dengan semangat inilah INFINIX HOT 9 PLAY hadir dengan baterai jumbo hingga 6000 mAh, untuk menawarkan hiburan tanpa batas bagi generasi muda di Indonesia. 

"Meluncur dengan harga terbaik di kelasnya, INFINIX HOT 9 PLAY juga mengusung 6.82 Inch Cinematic Display dengan rasio 20.5:9 untuk tampilan yang terasa lebih nyata. Hal itu juga yang membawa INFINIX mengusung hashtag #LupaWaktu pada peluncuran produknya kali ini dimana dengan kapasitas baterai yang besar dan layar yang luas bisa membuat mereka bisa beraktifitas hingga lupa akan waktu," kata Brono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/6). 

Sementara itu, Vice President INFINIX Indonesia, Christian Sudibyo juga mengatakan bahwa sebagian besar konsumen pasti ingin mencari hiburan dari smartphone-nya, karena itu INFINIX HOT 9 PLAY hadir dengan daya baterai besar yang selalu standby tanpa harus kehabisan baterai, dan layar yang lebih luas untuk pengalaman grafis dalam menonton, atau bermain game menjadi lebih menyenangkan. 

"Memiliki peningkatan cukup besar pada layar dan kapasitas daya baterai, INFINIX HOT 9 PLAY juga sudah didukung oleh sistem operasi terbaru yakni Android 10 Go edition dengan XOS 6.0 sehingga konsumen mampu mengoperasikan aplikasi 10% lebih lancar dari sebelumnya," katanya. 

Tampil beda dari smartphone entry level lainnya, INFINIX menjamin sistem keamanan terbaik dengan tetap menyematkan Face Unlonck dan Finger Print yang cukup cepat untuk diakses oleh pengguna. 

“Hadirnya INFINIX HOT 9 PLAY dengan membawa hashtag #LupaWaktu ini, sebenarnya untuk mengajak konsumen, lebih khusus untuk generasi muda dapat melakukan hal yang positif.

Membuat lebih banyak kreasi masa kini dan menjadikan dunia teknologi sebagai tempat terbaik untuk menunjukkan bakat dan eksistensi mereka masing-masing.” papar Christian. 

Christian juga menambahkan bahwa kedepannya, smartphone terbaru INFINIX HOT 9 PLAY ini akan hadir dengan 3 varian storage, yaitu storage versi 2+32, 3+64 dan versi 4+64. 

INFINIX HOT 9 PLAY akan dijual perdana dan secara eksklusif di E-commerce Lazada Indonesia.  Tentunya dengan harga dan penawaran terbaik, untuk varian RAM ROM 2/32GB INFINIX HOT 9 PLAY di banderol dengan harga spesial flash sale hanya Rp.1.299.000. Untuk penjualan di Lazada Indonesia dapat dicek melalui link berikut ini bit.ly/InfinixHot9PlayLZD. mza

Tampilkan Semua

WhatsApp Nantinya Bisa Aktif di Dua Perangkat

Selasa 5/5/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan aplikasi perpesanan itu bisa dijalankan atau aktif bersamaan setidaknya di dua perangkat berbeda. “Sejak tahun lalu, WhatsApp mengembangkan fitur baru yang...
Selengkapnya

Aplikasi Daring untuk Hadapi Pandemi Covid-19

Selasa 5/5/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi digital hadir untuk membantu dalam upaya mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19. Aplikasi-aplikasi perang melawan Covid-19 dikembangkan oleh Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) yang dimulai pada akhir Maret lalu....
Selengkapnya

Pengguna “Live Streaming” Capai 560 Juta di Tiongkok

Minggu 3/5/2020 | 19:35
A   A   A   Pengaturan Font
BEIJING –  Pusat Informasi Jaringan Internet Tiongkok melaporkan jumlah pengguna layanan siaran langsung daring (live streaming) di Tiongkok telah mencapai 560 juta per Maret 2020, mencakup 62 persen dari total pengguna...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut ruang di dalam rumah sebagai ruang kerja. Pindahnya ruang kerja dari kantor ke rumah tidak dipungkiri membawa sejumlah konsekuensi. Para pekerja perlu beradaptasi “di tempat baru” untuk menyelesaikan pekerjaannya yang biasa dilakoni kurang lebih selama delapan jam per hari.

Alhasil, mereka pun membutuhkan ruang kerja yang nyaman untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dilansir dari laman Dezeen, ruang kerja di dalam rumah dapat memanfaatkan bagian rumah yang menghadap ke jendela, sehingga saat bekerja, para pekerja dapat memandang lingkungan di luar ruangan. Konsep ruang kerja semacam ini membuat kerja tidak membosankan, menumbuhkan ide baru serta menciptakan suasana yang tidak terpisah dengan lingkungan sekitar.

Dalam konsep tersebut, penghuni dapat meletakkan tempat tidur di belakang meja kerja yang digunakan untuk melepas lelah saat jeda kerja. Di tempat tersebut juga dapat digunakan untuk membaca buku secara lebih santai. Perlu Sentuhan YLAB Arquitectos, studio arsitek di Bercelona, Spanyol, merekomendasikan ruang kerja dapat dibuat dengan meja yang menempel pada lemari dinding. Meja kerja tersebut terlihat disembunyikan di lemari dinding. Saat akan digunakan, meja yang bergabung dengan lemari dibuka serta dilenngkapi dengan kursi kerja.

Sementara itu, IDIN Architects, studio arsitek di Bangkok, ailand, menggunakan meja kerja yang terdapat dalam tempat tinggal sebagai ruang kerja.

Selain leluasa, meja kerja yang terhubung dengan dapur mampu memberikan kedekatan di antara anggota keluarga. Lantaran ruangan yang ditujukan untuk pasangan muda ini dengan bebas dapat melongok aktivitas pasangannya untuk mempererat hubungan pribadi.Widger Architecture, studio desain interior di London, Inggris, menggunakan bagian loteng at untuk ruang kerja.

Ruang tersebut ditutup dengan kayu lapis warna cerah untuk bagian langit-langit dan dinding. Material serupa digunakan untuk membuat meja build in.

Sebagai padanannya, material dekorasi (seperti lampu, bingkai kursi, dan jendela) menggunakan warna hitam. Padanan warna tersebut menjadikan ruang kerja yang terletak di loteng tidak terasa pengap serta menjadikan ruang terasa lebih hidup. Jendela yang menempel pada dinding loteng memberikan salah satu keuntungan.

Karena loteng yang identik sebagai ruang bukan digunakan untuk beraktivitas mampu memberikan kehidupan untuk penghuninya. Alhasil, dengan sedikit sentuhan desain serta memahami makna ruangan, tempat tinggal pun dapat menjadi ruang kerja yang nyaman terutama selama WFH. din/S-2

Tampilkan Semua

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Desain Pasar Mikro untuk Minimalisir Penyebaran Korona

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pasar saat ini menjadi lokasi yang patut dihindari seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19.  Mengingat pasar merupakan lokasi yang tidak dapat dihindari oleh masyarakat di tengah wabah virus, dipandang perlu...
Selengkapnya

Bangunan untuk “Rumah Sakit Darurat”

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19, banyak bangunan yang berubah fungsi menjadi “rumah sakit dadakan”. Perubahan fungsi ini tentu harus memenuhi standar rumah sakit agar modifikasi yang dilakukan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Gomez Yakini Liverpool Akan Menangi Banyak Trofi

Kamis 4/6/2020 | 20:37
A   A   A   Pengaturan Font

LIVERPOOL – Pemain bertahan Liverpool, Joe Gomez, merasa timnya memiliki formula untuk memenangi banyak trofi. Untuk itu, dia berniat terus menjadi bagian dari momen-momen indah bersama klub di masa yang akan datang.

“Secara kolektif, kami memiliki banyak pemain berpengalaman di sini dan orang-orang yang telah bermain untuk klub-klub besar dan memenangi banyak hal di tempat-tempat yang berbeda. Menurut saya, mungkin campuran kemudaan dan pengalaman yang kami miliki di tim menjadi paduan yang bagus," kata Gomez kepada laman resmi klub.

"Orang-orang seperti Trent (Alexander-Arnold), yang benar-benar terikat dengan kota ini dan memiliki arti tersendiri untuk menjadi pemain Liverpool, kemudian seperti Hendo (Jordan Henderson), yang merupakan pemimpin di sini untuk kurun waktu yang lama."

“Memiliki begitu banyak individu di tim yang bersemangat untuk klub dan benar-benar menikmati menjadi pemain Liverpool mudah-mudahan akan menciptakan formula untuk memenangi lebih banyak trofi dan meraih lebih banyak kesuksesan,"tambahnya.

Gomez didatangkan Liverpool dari Charlton Athletic pada 2015, dan ia kini telah mencatatkan 100 penampilan untuk The Reds dan delapan kali bermain untuk timnas Inggris.

“Mudah-mudahan ini hanya merupakan awal perjalanan, lima tahun merupakan kurun waktu yang cukup lama, namun saya harapan ini hanya babak-babak pembukaan dari tahun-tahun yang lama di sini," kata pemain 23 tahun tersebut.

“Ini tentu saja telah menjadi masa-masa yang istimewa dan saya telah banyak berkembang di sini. Saya menghabiskan banyak waktu bertumbuh di sini, karena saya datang ke sini saat masih berusia 18 tahun. Saya telah belajar banyak tentang klub dan kota ini. Itu merupakan suatu kegembiraan," pungkasnya. (ion/AFP/S-2)

Tampilkan Semua

Inter Bakal Andalkan Eriksen saat Lawan Napoli di Coppa Italia

Kamis 4/6/2020 | 20:32
A   A   A   Pengaturan Font
MILAN - Pemain tengah Inter Milan, Christian Eriksen dilaporkan cukup mengesankan selama latihan sehingga dihadiahi satu tempat dalam starting line-up melawan Napoli pada Coppa Italia. La Gazzetta dello Sport melaporkan bahwa mantan...
Selengkapnya

Higuain Bakal Tinggalkan Juventus Akhir Musim Ini

Kamis 4/6/2020 | 20:29
A   A   A   Pengaturan Font
TURIN - Juventus dikabar sudah memutuskan untuk berpisah dengan striker Gonzalo Higuain, namun pemain asal Argentina itu sudah membuat kesepakatan dengan manajer Maurizio Sarri. La Gazzetta dello Sport melaporkan bahwa pelatih Si Nyonya...
Selengkapnya

Maradona Perpanjang Kontrak dengan Gimnasia La Plata

Kamis 4/6/2020 | 20:25
A   A   A   Pengaturan Font
BUENOS AIRES - Legenda sepakbola asal Argentina, Diego Maradona menandatangani perpanjangan kontrak sebagai pelatih Gimnasia y Esgrima La Plata. Kesepakatan baru itu berlangsung hingga akhir musim 2021. Demikian dimumkan klub tersebut,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Batal Berangkat Haji

Kamis 4/6/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) membatalkan pemberangkatan jemaah haji Indonesia pada 2020. Keputusan diambil berdasarkan perkembangan dan penambahan jumlah kasus positif Covid- 19 yang terjadi di Indonesia dan Arab Saudi. Pemerintah menyadari ibadah sangat mungkin terganggu jika haji diselenggarakan dalam situasi masih bertambahnya kasus positif Covid-19 di Arab Saudi dan Indonesia.

Keputusan ini disampaikan Menteri Agama, Fachrul Razi, Selasa (2/6), setelah melihat kondisi Arab Saudi yang belum membuka akses untuk jemaah haji dari negara mana pun. Pemerintah Indonesia tidak punya cukup waktu mempersiapkan pelayanan dan perlindungan jemaah. Kebijakan ini patut diapresiasi karena sebelum memutuskan pembatalan pemberangkatan jemaah haji, pemerintah telah menyiapkan berbagai skema pemberangkatan haji, seperti pemberangkatan dengan kuota normal maupun pembatasan kuota.

Dari kajian literatur serta menghimpun sejumlah data, didapatkan fakta bahwa penyelenggaraan haji saat wabah menular, mengakibatkan tragedi kemanusiaan di mana puluhan ribu jemaah haji menjadi korban. Pembatalan pemberangkatan haji tahun 2020 ini diatur dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 Tahun 2020. Pembatalan ini berlaku bagi seluruh warga Indonesia, baik jemaah yang menggunakan kuota haji pemerintah reguler dan khusus maupun jemaah haji dengan visa haji atau visa khusus yang diterbitkan pemerintah Arab Saudi.

Pembatalan dilakukan setelah mengkaji secara mendalam dan komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi, Majelis Ulama Indonesia (MUI), maupun Komisi VIII DPR. Pembatalan pemberangkatan jemaah haji tahun 2020/1441 Hijriah bukan yang pertama dilakukan pemerintah Indonesia. Indonesia pernah menutup pada 1946, 1947, dan 1948 karena pertimbangan adanya agresi Belanda.

Pemerintah Saudi Arabia pernah menutup penyelenggaraan haji pada tahun 1814 karena wabah thaun, pada 1837 dan 1858 karena epidemi penyakit, pada 1892 karena wabah kolera, dan 1987 karena wabah meningitis. Atas pembatalan ini, bagi yang sudah melunasi biaya haji bisa mengajukan permohonan pengembalian dana. Permohonan pengembalian setoran pelunasan biaya haji disampaikan tertulis ke Kepala Kantor Kemenag kabupaten/kota tempat pendaftaran.

Permohonan pengembalian dana pelunasan biaya haji, mesti disertai dokumen asli bukti pelunasan setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih), buku tabungan asli yang masih aktif atas nama calon haji beserta fotokopinya, identitas diri beserta fotokopi identitas diri, serta nomor kontak yang dapat dihubungi. Permohonan tersebut akan diveri kasi dan divalidasi. Jika dokumen dinyatakan lengkap dan sah, Kasi Haji akan memproses pembatalan. Proses penanganan permohonan pengembalian dana pelunasan biaya haji berlangsung sembilan hari.

Calon haji yang menarik kembali setoran dana pelunasan biaya haji tahun 2020 tidak akan dikeluarkan dari antrean pelayanan haji. Meski diambil setoran pelunasannya, jemaah tidak kehilangan statusnya sebagai calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 1442 H/ 2021 M. Calon haji hanya akan kehilangan hak antrean pelayanan haji kalau menarik dana setoran awal dan setoran pelunasan biaya haji. Satu hal yang patut diapresiasi yaitu keputusan cepat pemerintah yang tidak menunggu pengumuman resmi pemerintah Arab Saudi.

Pihak kerajaan pengelola dua Tanah Suci sampai Selasa (2/6) siang belum menyampaikan sikap resminya terkait kepastian penyelenggaraan ibadah haji. Hal ini menandakan bahwa pemerintah Indonesia hendak memberikan sinyal kuat di kancah dunia internasional bahwa Indonesia adalah negara yang berdaulat penuh. Indonesia memiliki independensi, bisa berpijak dan mengambil keputusan atas kehendaknya sendiri demi kepentingan dan keselamatan rakyatnya.

Bagi para calon haji yang sudah melakukan pelunasan biaya haji tahun 2020 dan dananya tidak diambil, hendaknya mereka menjadi prioritas keberangkatan pada 2021. Umat Islam hendaknya tetap sabar dan terus meningkatkan ibadahnya. Diharapkan tahun depan sudah ada pemberangkatan jemaah haji. Pemerintah hendaknya terus melakukan sosialisasi atas pembatalan tersebut. Semua ini pasti ada hikmahnya.

Tampilkan Semua

Pengamalan Pancasila

Rabu 3/6/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tahun 2020 ini kita memperingati Hari Kelahiran Pancasila di tengah wabah pandemi Covid-19 yang telah menyerang hampir seluruh negara di dunia. Penyebaran dan dampaknya amat dahsyat dan korban tewas pun mencapai angka yang fantastis....
Selengkapnya

Kematian Floyd, Protes Antirasialisme

Selasa 2/6/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Protes terhadap kematian pria kulit hitam Amerika Serikat (AS), George Floyd (46 tahun), di Minneapolis, merembet menjadi aksi kerusuhan dan semakin meluas. Unjuk rasa yang memasuki hari ketujuh itu belum ada tanda-tanda akan mereda....
Selengkapnya

Dilema Tahun Ajaran Baru

Jumat 29/5/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sejumlah pemerintah daerah pada pekan ini tengah mempersiapkan kalender akademik untuk tahun ajaran 2020/2021. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, salah satunya, telah menetapkan tahun ajaran baru akan mulai pada 13 Juli 2020 mendatang....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Pijat Ringan Bisa Jadi Cara Awal Atasi Sakit Kepala

Kamis 4/6/2020 | 15:33
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Anda yang pernah mengalami sakit kepala, bisa terlebih dulu mencoba memijat bagian yang sakit perlahan, sebelum mengkonsumsi obat pereda nyeri.

"Pijat ringan di daerah kepala, mau dikasih balsem boleh, hanya jangan terlalu kencang (memijatnya). Istirahat dulu, tutup mata, pijat-pijat sedikit di daerah kepala pakai minyak kayu putih, itu boleh," ujar dokter spesialis saraf di Eka Hospital Cibubur, Yonathan Andrian dalam tanya jawab mengenai "Sering Sakit Kepala? Berbahayakah?", Rabu (3/6).

Menurut dia, jika sakit kepala tak tertahankan, Anda bisa meminum obat pereda nyeri yang biasanya dijual di warung atau apotek, karena cukup aman.

Namun, bila sakit kepala terlalu sering dan sangat sakit sebaiknya waspada karena ini bisa menjadi tanda bahaya. Segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi Anda.

"Kalau gejala sakit kepala terlalu sering, seminggu, sebulan tidak sembuh-sembuh, lalu terlalu hebat rasanya mau pingsan, mungkin seperti ini hanya dirasakan pasien, segera ke rumah sakit (atau periksakan ke dokter)," tutur Yonathan.

Di sisi lain, ada tanda-tanda khusus yang biasanya bisa dilihat rekan atau anggota keluarga pasien sakit kepala, semisal sakit kepala disertai kejang-kejang, mata tertutup sebelah atau kelainan lain di wajah. Bisa jadi ada gangguan pada saraf pasien sehingga dia perlu dibawa ke rumah sakit atau dokter terdekat.

"Kami akan tanya gejala, intensitas nyeri. Kami akan periksa fungsi saraf, mungkin pasien tidak sadar sakit kepala lama bibirnya ternyata mencong, sudah ada kerusakan saraf, kami akan lakukan evaluasi," kata Yonathan.

Secara umum pola hidup sehat bisa mencegah seseorang terkena sakit termasuk nyeri kepala. Pola hidup sehat ini mencakup, asupan air putih sesuai kebutuhan tubuh, berolahraga teratur, istirahat cukup dan pola makan bergizi seimbang. Ant/I-1

Tampilkan Semua

3 Cara Periksa Risiko Kena Penyakit Tidak Menular

Kamis 4/6/2020 | 15:31
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Setidaknya ada tiga hal untuk memeriksa risiko Anda terkena berbagai penyakit tidak menular seperti obesitas, stroke, diabetes hingga kanker. Dokter spesialis gizi klinik di RS Pondok Indah, Puri Indah Raissa Edwina Djuanda,...
Selengkapnya

Berolahraga dengan Masker, Ini yang Harus Diperhatikan

Rabu 3/6/2020 | 14:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Memasuki masa normal baru, masker menjadi aksesoris yang wajib dikenakan oleh semua orang yang hendak beraktivitas di luar rumah termasuk berolahraga. Kendati demikian, akhir-akhir ini beredar video yang memberitakan tentang...
Selengkapnya

Tips Hadapi Pasangan yang Sulit Diajak Bicara Saat Ada Masalah

Rabu 3/6/2020 | 13:47
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Mungkin Anda satu dari sekian orang yang memiliki pasangan dengan kencenderungan sulit diajak berbicara saat ada masalah. Apa yang bisa dilakukan menghadapi pasangan seperti ini? Psikolog dari Tiga Generasi, Alfath Hanifah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Pasar Tradisional di Jakarta Timur Terapkan Satu Pintu

Kamis 4/6/2020 | 15:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA  - Wali Kota Jakarta Timur M Anwar memberlakukan akses masuk satu pintu di seluruh pasar tradisional di wilayah setempat agar memudahkan pengawasan.

"Pintu masuk di seluruh pasar hanya satu agar dapat dengan mudah dikontrol orang yang masuk dan tidak terjadi penumpukan di pasar," katanya di Jakarta, Kamis

Ketentuan tersebut merupakan gagasan Anwar dalam rangka menyambut normal baru di Jakarta.

Gagasan itu didasari atas peristiwa 20 pedagang Pasar Perumnas Klender yang dinyatakan tim medis, positif mengidap Covid -19.

"Beberapa hari yang lalu sudah dilakukan tes cepat dan swab di Pasar Perumnas Klender dan ditemukan 20 orang positif," katanya.

Anwar telah memberikan imbauan kepada seluruh kepala pasar di 31 lokasi Jakarta Timur untuk terus melakukan imbauan terkait protokol kesehatan.

"Kepada petugas Puskesmas, kelurahan dan kecamatan untuk melakukan sosialisasi kepada pedagang," katanya.

Secara terpisah Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian mengatakan hasil pengecekan terhadap beberapa pasar tradisional di wilayah hukum setempat terhadap kesiapan normal baru masih perlu ditingkatkan.

"Saya minta, di pasar spanduk sosialisasi protokol kesehatan di seluruh pasar serta pedagang wajib pakai masker, sarung tangan, cuci tangan dan beraktivitas secara higienis," katanya. ant/P-5

Tampilkan Semua

Anak-anak, Ibu Hamil, dan Lanjut Usia Dilarang Berkegiatan Massal

Kamis 4/6/2020 | 15:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - DKI Jakarta melarang anak-anak, ibu hamil dan lanjut usia (lansia) berkegiatan massal selama masa transisi menuju normal baru untuk mencegah penularan Covid -19. "Kegiatan-kegiatan tertentu bagi warga lansia, anak-anak,...
Selengkapnya

MUI DKI Persilakan Masjid Gelar Salat Jumat Kecuali 62 RW

Kamis 4/6/2020 | 15:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta membolehkan salat Jumat di masjid dengan menaati protokol kesehatan COVID-19 kecuali di zona 62 rukun warga yang masuk kawasan tidak aman penularan corona jenis baru...
Selengkapnya

Di Masa Transisi, Kegiatan Ekonomi, Keagamaan, dan Sosial Dibolehkan

Kamis 4/6/2020 | 13:55
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta,  Anies Rasyid Baswedan mengatakan,  di masa transisi aktivitas sosial, ekonomi, dan keagamaan  sudah bisa dilakukan. "Kami di Gugus Tugas Covid DKI kita memutuskan untuk menetapkan status PSBB di DKI...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Dragonfly Hyperscooter yang Lincah

Kamis 4/6/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Satu lagi skuter listrik yang banyak dicari. Selain bentuknya yang ringkas, juga kemampuan jelajahnya yang menakjubkan. Dragonfly Hyperscooter by D-Fly adalah solusi transportasi futuristik untuk konsumen perkotaan yang memberi mereka cara canggih untuk berkeliling kota.

Skuter ini telah dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis di London sebagai pilihan transportasi dengan desain dari bahan serat karbon yang dibangun dengan komponen aluminium kelas-aerospace. Lampu utama LED otomatis meningkatkan sifat skuter yang futuristik, sekaligus memastikan pengendara dapat tetap terlihat di jalanjalan kota.

Dragonfly Hyperscooter oleh D-Fly menawarkan teknologi full-tilt yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman operasional yang mirip dengan sistem kontrol yang ditemukan di dalam mobil balap F1. Skuter ini memberikan kecepatan tertinggi 38mph dan jangkauan 71 kilometer.

Produk ini tiga tahun dalam pembuatan dan telah menerima jutaan pound dari investasi yang didanai sendiri. sekarang tersedia untuk pre-order global dengan peluncuran hyperscooter capung edisi terbatas di musim panas 2020.

Dragonfly adalah gagasan jez williman, pendiri D-fly group ltd dan pengusaha multi-jutawan. Desain modernnya membangkitkan tampilan dan nuansa sedan supercar atau mewah, karena kerangka ramping capung diukir dari serat karbon yang ringan tapi kuat, aluminium kelas aerospace, dan kayu paulownia yang diperkuat serat karbon. Dragonfly menguatkan kembali pengalaman berkendara.

D-fly memperkenalkan cara baru untuk mengarahkan kemudi. Kontrol kemiringan dan putaran tiga dimensi membentuk koneksi yang responsif dan intuitif dengan setiap gerakan pengendara. Throttle kontrol-putarnya memungkinkan akselerasi dan pengereman satu tangan yang mudah, dan sistem suspensi ganda yang independen membuat setiap pengendaraan bisa berjalan dengan sangat halus.

Dalam model roda empat, kemudi empat roda dan suspensi dualwishbone memungkinkan untuk radius belok yang lebih patah dan kontrol yang sangat presisi.

Skuter ini menawarkan kecepatan dan stamina dengan motor ganda yang kuat, menghasilkan 1.800 watt untuk setiap roda, menciptakan torsi yang benar-benar dapat dirasakan pada kecepatan hingga 38 mph. Paket baterai Dragonfy mudah ditukar, ada juga aksesori paket baterai jarak jauh ars

Tampilkan Semua

Desain Skuter Eco yang Futuristik

Kamis 4/6/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skuter listrik sempat banyak diminati masyarakat khususnya anak muda untuk menikmati jalanan di beberapa titik di Jakarta. Ada yang menggunakannya sebagai alat transportasi, ada pula yang sekadar berfoto untuk konten di media...
Selengkapnya

Usaha Sayur Online

Rabu 3/6/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Salah satu bisnis yang tetap tumbuh di masa pandemi virus corona adalah ritel. Terutama, yang melayani kebutuhan sehari-hari seperti produk segar semacam sayur dan buah-buahan lewat online. Kebijakan pembatasan sosial berskala besar...
Selengkapnya

Berbagai Jalur Pelayanan

Rabu 3/6/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Satu di antara yang berbisnis sayuran lewat online adalah perusahan start up Sayurbox. Perusahaan ini sedang berupaya menambah mitra petani untuk memenuhi permintaan seiring meningkatnya jumlah pemesanan di tengah penerapan bekerja dari...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Ubah Perilaku terhadap Lingkungan, Kita Akan Tuntaskan Covid-19 Lebih Cepat

Jumat 5/6/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Setiap tanggal 5 Juni, dunia memperingati Hari Lingkungan Hidup. Peringatan tahun ini sangat relevan mengingat wabah virus korona yang telah menjadi pandemi global, memaksa setiap manusia di seluruh dunia untuk hidup bersih dan menaati semua protokol kesehatan.

 

Untuk membahasa ma­salah ini, Koran Jakarta mewawancarai Dirjen Pengendalian Pence­maran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), RM Karliansyah, Rabu (3/6). Berikut petikannya.

Adakah hubungan yang erat antara lingkungan hidup dengan kesehatan manusia di masa pan­demi Covid-19 ini?

Lingkungan hidup merupakan suatu sistem yang sejatinya berada dalam keseimbangan. Gangguan terhadap satu komponen akan berakibat pada gangguan terhadap keseimbangan lingkungan secara keseluruhan. Contoh sederhana, emisi kendaraan bermotor yang berlebihan akan berakibat pada penurunan kualitas udara perkota­an. Kualitas udara yang tidak sehat berpengaruh pada tingkat imunitas manusia. Tingkat imunitas yang rendah menyebabkan rentannya manusia terpapar penyakit. Jadi, sangat jelas sekali terlihat bahwa ke­sehatan manusia berkorelasi positif dengan kualitas lingkungan hidup.

Apa tantangan terberat ling­kungan hidup terkait pandemi Covid-19 saat ini?

Timbulnya bencana pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa keseimbangan lingkungan hidup kita terganggu. Virus korona adalah zoonosis yang berasal dan ditular­kan dari hewan. WHO mencatat hampir 60 persen kasus penyakit infeksi ke manusia berasal dari hewan. Oleh karenanya, tantangan terberat lingkungan hidup adalah perilaku manusia yang tidak ramah lingkungan.

Para ilmuwan menyatakan bahwa jika kita tidak mengubah perilaku kita terhadap alam/lingkungan, maka kita akan mengha­dapi pandemi Covid-19 yang berkepanjangan (se­makin lama).

Kita akan menjalani kehidupan new normal, aspek lingkungan hidup apa yang perlu diperhatikan?

Konsep new normal jangan diartikan hanya terbatas pada perbaikan sarana sanitasi dan kesehatan di tempat kerja atau fasilitas umum, membudayakan cuci tangan dengan sabun, melak­sanakan social distancing se­lama kerja, tetapi harus lebih luas dari itu. Penyediaan energi terbarukan menggan­tikan bahan bakar fosil harus menjadi pilihan untuk tetap menjaga kualitas udara, penggunaan teknologi yang ramah lingkungan dalam proses produksi dan jasa, sistem transportasi yang menggunakan intensitas energi yang rendah karbon, namun tetap menja­min mobilitas manusia, barang dan jasa, perubahan perilaku dengan pola konsumsi dan produksi yang ramah lingkungan serta penggunaan teknologi untuk kegiatan pendidi­kan, layanan administrasi perkan­toran, perdagangan, telekomunika­si, pola kerja work from home perlu menjadi new normal.

Upaya apa yang dilakukan Ditjen PPKL untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup di Indonesia?

Berbagai upaya sudah dan terus dilakukan untuk perbaikan kualitas lingkungan hidup, antara lain perbaikan regulasi, pembinaan, pengawasan dan bahkan penegakan hukum. Contoh sederhana, untuk perbaikan kualitas udara perkotaan, di samping penetapan baku mutu emisi yang lebih ketat juga dilakukan perbaikan kuali­tas bahan bakar, manajemen lalu lintas, pembangunan dan pengem­bangan hutan dan taman-taman kota, jalur jalan kaki dan sepeda, pengembangan transportasi mas­sal, serta pembangunan jaringan pemantauan kualitas udara kontinu dan real time yang bisa diakses oleh publik dengan harapan publik menuntut haknya bila kualitas udara perkotaannya terganggu.

Bagimana sinergi Ditjen PPKL dengan intansi lain untuk pena­taan lingkungan hidup?

Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup merupakan ke­wajiban setiap warga negara. Oleh karena itu, sinergitas semua pihak untuk mencapai kualitas lingkungan hidup yang lebih baik sudah menjadi suatu keharusan.

Contoh sederhana, terkait pe­nyediaan bahan bakar rendah kar­bon maka Kementerian ESDM ber­tugas menyiapkan spesifikasi bahan bakarnya, Pertamina menyediakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi, Kementerian Perindus­trian bersama asosiasi otomotif menyesuaikan teknologi mesinnya, Kementerian Perhubungan terkait uji emisi produknya dan KLHK (Ditjen PPKL) menyiapkan baku mutu emisinya. n suradi/AR-3

Tampilkan Semua

KPK Harus Kenakan Pasal Pencucian Uang pada Nurhadi

Kamis 4/6/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap dua tersangka buron, yakni mantan Sekretaris Mahkamah Agung, Nurhadi (NHD), bersama menantunya, Rezky Herbiyono (RHE), pada Senin (1/6) malam.   Keduanya merupakan tersangka...
Selengkapnya

Sinergi Jajaran Ditjen Hubla dengan Semua Pihak Mutlak Dilakukan

Rabu 3/6/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah memperpanjang masa berlaku pengendalian transportasi selama masa mudik Idul Fitri 1441 H dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 25 Tahun 2020 menjadi hingga 7 Juni 2020.   Dan...
Selengkapnya

Data Daftar Pemilih Tetap Pemilu di Komisi Pemilihan Umum Aman

Selasa 2/6/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Jutaan data penduduk Indonesia yang terkait dengan data pemilih pada Pemilu 2014 yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU) diduga bocor. Informasi tentang bocornya data ini pertama kali diungkap akun Twitter @underthebreach.   Akun...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Vincent Piket Dorong Pemulihan Sosio-Ekonomi Eropa akibat Korona

Sabtu 30/5/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi korona yang telah mewabah secara global membuat dunia, termasuk negara-negara di kawasan Eropa mengalami berbagai masalah. Persoalan yang dihadapi tak hanya menyangkut masalah jatuhnya korban jiwa, tetapi juga menyangkut berbagai aspek kehidupan.

Pandemi yang belum diketahui ujung berakhirnya itu telah membuat sosio-ekonomi negara-negara Eropa yang tergabung dalam Uni Eropa mengalami keterpurukan. Setelah menyebabkan 130 ribuan jiwa meninggal, kini negara-negara anggota Uni Eropa mulai melakukan pelonggaran pembatasan sosial dengan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan serta peran Uni Eropa dalam menghadapi pandemi korona, wartawan Koran Jakarta, Aloysius Widiatmaka, berkesempatan mewawancarai Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket, baru-baru ini. Berikut petikan wawancara selengkapnya.

Bapak Dubes dapat menggambarkan situasi terakhir Eropa terkait pendemi virus korona?

Negara-negara anggota Uni Eropa sudah mulai melakukan pelonggaran pembatasan sosial, namun secara bertahap dan dengan sikap berhati-hati. Puncak pandemi sudah berlalu berkat tindakan pencegahan yang tegas oleh negara-negara Anggota dan oleh Uni Eropa secara kolektif. Sekarang, jutaan orang akan kembali ke tempat kerja mereka. Pusat perbelanjaan, perusahaan jasa, dan tempat umum lainnya mulai dibuka. Para pelajar juga mulai kembali sekolah. Tetapi, ini semua berlangsung secara bertahap dan berdasarkan protokol medis, higenis, dan jaga jarak.

Kegiatan perjalanan di dalam kawasan Eropa juga perlahan-lahan kembali pulih. Negara-negara Anggota sudah mulai membuka kembali perbatasan mereka dan memulihkan transportasi untuk penumpang. Namun, pembatasan perjalanan ke Uni Eropa bagi warga non-Uni Eropa untuk sementara belum dicabut.

Apa saja dampak pandemi ini terhadap kehidupan masyarakat Eropa?

Pertama-tama, pandemi ini menyebabkan sekitar 130.000 korban jiwa di seluruh Uni Eropa. Ini adalah kerugian yang tak tergantikan. Selain korban manusia, ada dampak sosio-ekonomi yang berat. Kami memperkirakan penurunan ekonomi sebesar 7 persen, sebanyak sembilan juta orang kehilangan pekerjaan dan perusahaan-perusahaan terjerat utang.

Bagi individu, mereka terpaksa mengurung diri di rumah selama berminggu-minggu, tanpa dapat menikmati aktivitas biasanya seperti ke bioskop, olahraga, belanja, dan kumpul-kumpul. Bekerja dan studi secara daring telah menjadi norma bagi banyak perusahaan maupun universitas. Kondisi ini tidak mungkin berubah dalam semalam, untuk sementara waktu inilah new normal (kebiasaan baru).

Apakah pandemi mengganggu hubungan internal Uni Eropa?

Tidak terganggu. Jelas Uni Eropa lengah di awal terjadinya pandemi ini. Kami tidak siap. Pada awalnya terjadi kelangkaan pasokan barang-barang medis penting, seperti pakaian pelindung diri dan alat tes. Masalah akut ini diatasi dengan tiga cara. Pertama, dengan adanya solidaritas dari negara-negara anggota yang sedikit terdampak ke negara-negara yang paling terkena dampak, yaitu dengan menyumbangkan peralatan medis, mengirimkan tim dukungan medis dan dengan merawat pasien dari negara-negara anggota lainnya.

Kedua, Uni Eropa mengambil langkah-langkah kolektif, misalnya pengaturan stok peralatan medis, penciptaan greenlines atau jalur hijau untuk menjaga agar perdagangan di dalam kawasan Uni Eropa tetap berjalan lancar, dan Dana Solidaritas untuk bantuan medis.

Ketiga, Uni Eropa memutuskan menyediakan bantuan finansial besar-besaran untuk menyerap goncangan ekonomi langsung: sejauh ini 940 miliar euro. Secara paralel, negara-negara anggota juga telah mengumpulkan dana untuk ini: 2,4 triliun euro. Jadi, secara keseluruhan kami telah mengumpulkan hampir 3,4 triliun euro. Ini menunjukkan bahwa Uni Eropa bersatu dengan sangat kuat.

Sektor apa saja yang paling terdampak (rata-rata tiap anggota Uni Eropa)?

Tentunya sektor kesehatan yang paling terpukul dan menanggung beban terberat akibat pandemi ini. Untuk masa depan, kami harus memikirkan dengan seksama mengenai bagaimana meningkatkan ketahanan sektor medis untuk krisis seperti saat ini.

Selain itu, sektor jasa sangat terpukul: transportasi, pariwisata dan rekreasi, penerbangan, serta sektor kreatif dan budaya. Sektor otomotif maupun makanan dan minuman juga termasuk yang paling terdampak. Untuk itu, Uni Eropa menyediakan bantuan darurat untuk pertanian, perikanan, dan budi daya perairan atau akuakultur.

Apa peran Uni Eropa dalam penanganan pandemi korona di Eropa?

Berdasarkan hukum Uni Eropa, tanggung jawab utama untuk kesehatan masyatakat berada pada negara-negara anggota. Uni Eropa, dipimpin oleh Komisi Eropa, bertugas untuk mengoordinasi tanggapan bersama Eropa bilamana diperlukan.

Selama pandemi ini, Uni Eropa misalnya telah mengambil tindakan terhadap ekspor ilegal peralatan medis serta telah menyelenggarakan persediaan stok peralatan tersebut. Uni Eropa juga membantu penelitian vaksin dan perawatan medis senilai 474 juta euro. Kami mengalihkan pula anggaran sebesar 20 miliar euro untuk membantu negara-negara anggota yang kurang mampu dalam melaksanakan tanggap Covid, khususnya aspek sosial. Ada 500 miliar euro untuk mendukung perusahaan dan orang-orang yang menganggur selama krisis sampai ekonomi pulih kembali.

Mengenai mobilitas, selain jalur hijau untuk perdagangan lintas batas, Uni Eropa mengeluarkan pula panduan untuk memastikan para pekerja dapat bebas melakukan perjalanan, terutama di sektor perawatan kesehatan dan pangan. Selain itu, berkat dukungan logistik dan konsuler Uni Eropa, sebanyak 500.000 turis Uni Eropa yang terdampar di luar negeri telah kembali ke rumah dengan selamat.

Pemimpin Eropa menyepakati koleksi dana sekitar satu triliun euro atau sekitar 17 ribu triliun rupiah untuk membangkitkan perekonomian akibat pandemi. Apa proposal Uni Eropa seperti yang mereka minta?

Presiden Komisi Eropa akan mengajukan proposal tersebut dalam minggu mendatang. Dana tidak hanya ditujukan untuk menyerap guncangan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi. Ini juga bertujuan untuk memberi dorongan baru bagi strategi ekonomi jangka panjang Uni Eropa. Ada dua sasaran utama: pertama, membuat ekonomi kami lebih tangguh, termasuk dengan melakukan investasi besar di bidang digitalisasi dan konektivitas. Kedua, membuat ekonomi kami lebih hijau dengan maksud agar kami bisa mencapai ekonomi sirkuler dan netralitas karbon pada tahun 2050. Menurut saya, proposal tersebut akan mendapat dukungan kuat dari negara-negara anggota Uni Eropa.

 Sektor mana saja yang menjadi prioritas diperbaiki?

Ekonomi Uni Eropa menghadapi potensi kontraksi sebesar 7,4 persen untuk tahun ini, yang berarti lebih buruk dibanding apa yang kami alami saat krisis finansial 2009. Rencana ambisius untuk pemulihan sedang digodok. Sektor yang menjadi prioritas adalah sektor yang paling terpukul seperti kesehatan, makanan dan minuman, otomotif, pariwisata, transportasi dan penerbangan. Tetapi, Uni Eropa juga akan memprioritaskan ekonomi hijau dan strategi digital. Bila pandemi tetap terkendali dan kita dapat secara bertahap melonggarkan pembatasan sosial, para pakar kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan naik 6 persen pada 2021.

Ketua Panel Sains Uni Eropa, Mauro Ferrari, sampai mundur karena kesal melihat negara-negara Eropa tak bekerja sama atasi pandemi. Sebenarnya bagaimana negara-negara Eropa mengatasi pandemi? Apakah mereka benar sendiri-sendiri/ tak bekerja sama?

Tanggapan Uni Eropa terhadap Covid-19 sangat kuat dan berjangkauan luas, mencakup sisi medis maupun aspek ekonomi, sosial, penelitian, mobilitas dan konsuler. Kami telah menempuh banyak langkah hanya dalam beberapa bulan. Sekarang, kami perlu bertahan dan tidak bersantai: virusnya masih ada, belum ada vaksin dan pembukaan kembali ekonomi dan sosial kita baru saja dimulai. Banyak pekerjaan yang masih ada di depan kami, tetapi setidak-tidaknya kami sekarang telah memiliki dasar yang kuat.

Bagaimana perkembangan peran Uni Eropa terhadap Indonesia?

Hubungan Uni Eropa dengan Indonesia sangat kuat. Walaupun COVID-19 telah mengganggu beberapa kegiatan, berbagai kemajuan tetap tercapai. Pada bulan Februari, kami mengadakan pertemuan Komite Bersama dan kami tetap melaksanakan perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA).

Untuk Uni Eropa, prioritas utama untuk kerja sama masa depan adalah agenda hijau. Alasannya sederhana: sementara kita bergulat dengan krisis Covid-19, jangan sampai hal ini membuat kita mengabaikan kenyataan bahwa krisis perubahan iklim ada di hadapan kita. Di Eropa, kami meluncurkan EU Green Deal atau Kesepakatan Hijau Uni Eropa untuk mencapai ekonomi sirkuler dan netralitas karbon pada tahun 2050. Namun, kami menyadari bahwa upaya ini hanya akan berhasil jika semua pemain global bekerja sama. Uni Eropa melihat Indonesia sebagai mitra yang sangat diperlukan dalam upaya ini. Maka dari itu kami ingin bekerja sama dengan Indonesia dalam menciptakan agenda hijau yang strategis. Bagi kami, itu termasuk upaya menentukan dan menyepakati masukan-masukan untuk pertemuan multilateral tentang keanekaragaman hayati dan iklim yang akan berlangsung akhir tahun ini dan awal tahun berikutnya.

Saya berharap pasca-Covid kita akan lebih sering mengandalkan kerja sama secara virtual untuk melengkapi pertemuan fisik. Pengalaman kami dengan itu selama beberapa minggu terakhir sebenarnya sudah cukup baik. Misalnya, pada 9 Mei kami merayakan Europe Day atau Hari Eropa. Pada tanggal tersebut dan sebelum serta sesudahnya kami mengadakan serangkaian acara daring yang mempromosikan kerja sama ekonomi, budaya dan pendidikan. Dengan adanya acara daring, partisipasi orang bahkan lebih banyak tahun ini dibandingkan tahun lalu. Tentu saja, komunikasi virtual tidak akan dapat menggantikan tatap muka secara langsung. Hal ini tetap diperlukan.

Apa peran Uni Eropa dalam penanganan COVID-19 di Indonesia?

Uni Eropa telah memobilisasi 20 juta euro untuk mendukung respons Indonesia terhadap pandemi ini. Salah satu proyek kami adalah menyalurkan hibah senilai enam juta euro kepada LSM-LSM untuk mendukung kelompok-kelompok rentan yang terkena dampak krisis Covid-19. Hibah lain, senilai 10 juta euro akan diperuntukkan dua rumah sakit universitas yang juga merupakan rumah sakit rujukan Covid-19.

Kami juga sedang mempersiapkan dukungan dana untuk kegiatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Indonesia, serta hibah untuk Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) untuk perlindungan migran berbasis komunitas.

Kami bekerja dalam format "Tim Eropa" yaitu Uni Eropa dan negara-negara anggota Uni Eropa bekerja sama dan memobilisasi dana bersama sejauh memungkinkan. Untuk kawasan Asean secara keseluruhan "Tim Eropa" menyediakan 350 juta euro.

Pandemi ikut menghambat proses perundingan dagang pemerintah dengan sejumlah negara mitra. Salah satunya, perundingan dagang Indonesia-Eropa atau Indonesia European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA). Bagaimana sebenarnya yang terjadi?

Betul. Putaran ke-10 perundingan CEPA antara Uni Eropa dan Indonesia semula dijadwalkan bulan Maret, namun harus ditunda. Sebagai gantinya, kami menyiapkan konferensi video untuk melanjutkan pembahasan bab-bab tertentu selama beberapa bulan mendatang. Kami sepakat untuk mengadakan putaran perundingan secara lengkap yang berikutnya pada kuartal ketiga tahun ini. Momentum kita tetap baik.

Ada kesan Uni Eropa menghalangi pengembangan nikel Indonesia yang bertujuan untuk energi bersih. Benarkah?

Tidak benar. Uni Eropa menghendaki win-win solution, pengembangan industri mobil listrik di Indonesia dan akses layak terhadap nikel bagi industri baja di seluruh dunia. Hal terakhir ini terkendala dengan adanya kebijakan pelarangan ekspor bijih nikel dari pemerintah Indonesia. Itulah sebabnya, Uni Eropa telah mengajukan gugatan ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) terhadap larangan ekspor tersebut.

Bagaimana peran Uni Eropa dalam pengembangan energi tenaga surya di Indonesia?

Sejumlah perusahaan Uni Eropa siap berinvestasi dalam proyek energi tenaga surya di Indonesia. Mereka tengah menantikan kerangka kerja peraturan yang kondusif dan stabil. Kantor Delegasi Uni Eropa di Indonesia dan Kamar Dagang dan Industri Eropa di Indonesia (EuroCham) sedang menyiapkan beberapa rekomendasi untuk Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral agar dapat mendorong investasi dalam industri tenaga surya.

S-2

Tampilkan Semua

Tontowi Ahmad: Memutuskan untuk Pensiun Itu Rasanya Campur Aduk

Jumat 22/5/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tontowi Ahmad resmi  menyatakan pensiun dari bulutangkis.  Menapaki puncak karirnya  saat  berpasangan dengan Liliyana Natsir di sektor ganda campuran, Owi (demikian dia akrab dipanggil) meraih berbagai gelar...
Selengkapnya

Amarulla Octavian : Unhan Harus Jadi “Think Tank” Kemenhan

Sabtu 16/5/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Universitas Pertahanan harus memberikan kontribusi signifikan kepada Kementerian Pertahanan dan Mabes TNI. Selain itu, Unhan juga harus diperkuat sebagai lembaga pemikir (think tank) Kemenhan yang menyelenggarakan short course bagi...
Selengkapnya

Imam Budidarmawan Prasodjo : Masyarakat Banyak Gunakan “Cyber Interaction

Sabtu 9/5/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kebijakan jaga jarak atau physical distancing hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah dilakukan di sejumlah daerah Indonesia guna mencegah menyebaran Covid-19. Sekolah hingga bekerja dilakukan dari rumah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta