Koran Jakarta | August 19 2018
No Comments

Jerman Sempurnakan Persiapan ke Russia

Jerman Sempurnakan Persiapan ke Russia

Foto : AFP /Patrik STOLLARZ
A   A   A   Pengaturan Font

BERLIN – Tim nasional Jerman memulai langkah menyempurna­kan persiapan untuk memperta­hankan gelar Piala Dunia dengan laga persahabatan melawan Spa­nyol di Duesseldorf pada Sabtu (24/3) dini hari WIB. Setelah itu tim asuhan pelatih Joachim Loew akan berhadapan dengan Brasil di Berlin, Selasa depan.

Spanyol, juara Piala Dunia 2010, memiliki kesempatan pertama un­tuk mematahkan catatan tak terka­lahkan Jerman dalam 21 pertan­dingan. Catatan itu membentang sejak kekalahan dari Prancis di semifinal Piala Eropa 2016.

Namun, bentrokan empat hari kemudian di Stadion Olimpiade Berlin menawarkan Brasil kesem­patan langka untuk mengalahkan Jerman di kandang mereka sendiri. Itu juga menjadi ajang untuk mem­balas dendam kekalahan telak dan dipermalukan di Belo Horizonte hampir empat tahun lalu.

“Tentu saja, kami bisa mem­bayangkan bahwa itu adalah penghinaan bagi mereka karena kalah pada semifinal Piala Dunia di rumah sendiri,” ujar Mueller, yang mencetak gol pertama dalam per­tandingan saat itu. “Brasil benar-benar negara yang gila sepakbola dan tekanan terhadap mereka san­gat besar. Namun, perjalanan kami belum berakhir dan bagi kami itu hanya selangkah menuju final,” sambungnya.

Pertandingan melawan Spanyol dan Brasil adalah kesempatan tera­khir pelatih Loew untuk menilai pemain pilihannya sebelum meng­umumkan skuad Piala Dunia pada 15 Mei.

“Dua pertandingan kelas atas menanti kami - kami melawan tim-tim hebat. Menyenangkan bersaing dengan yang terbaik,” jelas Mueller, pemain depan Bayern Muenchen.

“Kami bukan hanya memiliki delapan atau 11 pemain bagus, le­bih seperti 20 atau 25. Ini situasi yang bagus untuk pelatih. Tetapi ini adalah kesempatan untuk menun­jukkan apa yang bisa kami lakukan terhadap lawan-lawan besar di pertandingan-pertandingan besar,” tandasnya.

Meski demikian sejumlah nama besar hilang di jajaran tim peraih empat kali juara Piala Dunia. Pe­main Borussia Dortmund Mario Goetze, yang mencetak gol keme­nangan di final 2014 melawan Ar­gentina, dan Marco Reus ditinggal­kan untuk fokus pada klub mereka. Kapten Jerman Manuel Neuer, yang terakhir bermain di laga interna­sional pada Oktober 2016, masih absen karena patah kaki yang dider­itanya pada bulan September.

Loew juga harus memutuskan apakah Sandro Wagner atau Mario Gomez akan pergi ke Russia seba­gai back-up untuk striker pilihan pertama Timo Werner.

Demikian juga, Kevin Trapp dari Paris Saint-Germain dan Bernd Leno dari Bayer Leverkusen. Keduanya bersaing memperebut­kan posisi kiper ketiga di belakang Neuer pilihan pertama dan cadan­gan Marc-Andre ter Stegen. ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment