Koran Jakarta | October 18 2019
No Comments

Jaga Kesehatan Kulit dengan Ramuan Tradisional

Jaga Kesehatan Kulit dengan Ramuan Tradisional
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : The Natural Beauty Solution

Penulis : Ade Aprilia

Penerbit : Gramedia, Jakarta

Cetakan : Pertama, 2019

Tebal : 140 Halaman

ISBN : 9786020621371

Menjaga dan merawat kese­hatan kulit banyak dilakukan pria maupun wanita agar bisa tampil percaya diri. Di rumah selalu tersedia aneka macam kosmetik, seperti sabun wajah, produk spa, dan lainnya. Merawat kulit sangat dianjurkan agar tak mudah terkena penyakit. Namun, banyak kosmetik yang dipakai sehari-hari mengandung bahan-bahan kimia yang kurang baik bagi kulit?

Buku The Natural Beauty Solution memuat lebih dari 75 tips dan resep untuk perawatan kulit dan rambut dari bahan-bahan alami, sehingga jauh dari bahan kimia yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kulit dan infertilitas. Kulit adalah organ yang melapisi tubuh manusia, terletak di bagian paling luar tubuh. Kulit mampu memperbaiki diri sendiri ketika terluka. Tidak berlebihan jika kulit disebut-sebut sebagai cermin kesehatan seseorang.

Maka, menjaga kesehatan kulit de­ngan mengenali jenis-jenisnya. Jenis kulit manusia dipengaruhi kandungan kadar minyak yang diproduksi kulit. Pola diet, konsumsi obat, stres, ling­kungan, dan rutinitas perawatan wajah dapat memengaruhi produksi minyak pada kulit.

Setidaknya ada lima macam jenis kulit manusia yang harus dikenali agar bisa merawatnya dengan baik. Jenis kulit tersebut antara lain oily skin (kulit berminyak), normal skin, combination skin, dry skin (kulit kering), dan sensi­tive skin. Dengan mengenal jenis-jenis kulit, seseorang bisa memilih alat-alat kosmetik untuk perawatan sehari-hari. Ada yang branded dan berbahan-bahan alami (hlm 10).

Sebelum memakai sebuah produk kosmetik, penting sekali mengenal bahan-bahan yang biasa digunakan dan membaca komposisinya agar terhindar alergi. Selain itu, harus dicari produk yang telah melewati uji klinis kedoteran agar terjamin keamanannya. Perhatikan izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk ke­amanan dan tanggal kedaluwarsa untuk menghindari bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi (hlm 21).

Jika seseorang tidak terlalu paham kandungan suatu produk, dianjurkan membuat produk kosmetik sendiri dari bahan-bahan alami. Ada banyak bahan alami yang biasa digunakan da­lam produk kosmetik, seperti ekstrak lemon, licorine, peptide, hydroquinone, vitamin A, dan vitamin B. Ada juga niacinamide, vitamin C, D, E, K dan algae. Bisa pula menggunakan ekstrak rumput laut yang berfungsi untuk me­ngelupas kulit mati dan mempertahan­kan kelembapan kulit (hlm 27).

Seseorang harus yakin bahwa home­made products jauh lebih sehat sebagai alternatif gaya hidup. Dia harus cerdas menggunakan dan menyimpan produk-produk tersebut. Dengan kosmetik buatan sendiri, seseorang tidak perlu lagi menyimpan berbotol-botol produk kecantikan di dalam kamar mandi, atau bahkan lemari es. Kita dapat membuat ramuan kecantikan sendiri secukup­nya seperti untuk pemakaian sepekan. Jangan lupa menambahkan pengawet alami agar produk aman.

Buku ini aplikatif dan menuntun membuat sendiri produk kecantikan dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Menggunakan perawatan alami tidak hanya membantu mengontrol dana pengeluaran bulanan, namun bisa juga tidak lagi membutuhkan rak khusus kamar mandi untuk produk kosmetik. Diresensi Untung Wahyudi, lulusan Sunan Ampel, Surabaya

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment