Koran Jakarta | December 19 2018
No Comments
Pendidikan Tinggi

ITB Peringkat Satu Perguruan Tinggi Nonvokasi

ITB Peringkat Satu Perguruan Tinggi Nonvokasi

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati peringkat pertama perguruan tinggi nonvokasi dari klaster 1 perguruan tinggi. Sementara Universitas Padjadjaran (Unpad) masuk peringkat 10 besar. Berbeda dengan tahun sebelumnya, penilaian tahun ini terdapat penambahan satu komponen penilaian di komponen utama, yaitu kinerja inovasi.

Lima komponen utama yang digunakan untuk menilai performa perguruan tinggi di Indonesia tahun 2018, yaitu kualitas sumber daya manusia, kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan, kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta kualitas inovasi. Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Patdono Suwignjo, mengatakan klasterisasi ini dilakukan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti guna meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

Adapun perguruan tinggi nonvokasi yang masuk pada klaster 1 terurut sesuai dengan skornya adalah sebagai berikut: Institut Teknologi Bandung (3,57), Universitas Gadjah Mada (3,54), Institut Pertanian Bogor (3,41), Universitas Indonesia (3,28), Universitas Diponegoro (3,12), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (3,10), Universitas Airlangga (3,03), Universitas Hasanuddin (2,99), Universitas Padjadjaran (2,95), dan Universitas Andalas (2,88).

Klasterisasi oleh Kemenristekdikti ini merupakan upaya pemetaan perguruan tinggi nasional di bawah naungan Kemenristekdikti. Pemetaan bertujuan meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi. “Naiknya peringkat Unpad tentunya tidak lepas dari kerja keras dan komitmen seluruh pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal Unpad. Hal ini menunjukkan pengakuan atas capaian kinerja yang dilakukan Unpad selama ini,” ujar Rektor Unpad, Trihanggo Ahmad.

Pengumuman klasterisasi ini bertepatan dengan peringatan HUT ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia. Pada momentum ini pula, Unpad merefleksi berbagai capaian yang telah diperoleh atas kinerjanya dalam setahun terakhir. Senada dengan upaya Kemenristekdikti, Unpad berkomitmen penuh pada penguatan aktivitas riset dan pengabdian kepada masyarakat. Berbagai riset telah dihilirisasikan menjadi produk yang mampu menjawab berbagai tantangan di masyarakat.

Di sisi riset ini pula, Unpad aktif berkontribusi dalam pembangunan wilayah. Dalam beberapa tahun terakhir, Unpad aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. tgh/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment