Koran Jakarta | June 18 2019
No Comments
JEDA

Irwandi Dituntut 10 Tahun Penjara

Irwandi Dituntut 10 Tahun Penjara

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf ditun­tut 10 tahun penjara oleh jaksa Komisi Pemberantasan Ko­rupsi (KPK). Irwandi juga dituntut membayar denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. “Menuntut supaya majelis hakim menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan korupsi bersama-sama dan berlanjut,” ujar jaksa Ali Fikri saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (25/3/).

Dalam pertimbangan, jaksa menilai perbuatan Irwandi tidak mendukung pemerintah dalam pemberantasan ko­rupsi. Perbuatan Irwandi telah menciderai tatanan birokra­si yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme. Irwandi juga tidak mengakui dan tidak menyesali perbuatan. Namun, jaksa mempertimbangkan peran penting Irwandi dalam perdamaian di Aceh, sebagai hal yang meringankan.

Menurut jaksa, Irwandi Yusuf terbukti menerima suap Rp 1,050 miliar dari Bupati Bener Meriah Ahmadi. Suap tersebut diberikan melalui staf dan orang kepercayaan Ir­wandi, yakni Hendri Yuzal dan Teuku Saiful Bahri.

Menurut jaksa, uang tersebut diduga diberikan agar Irwandi mengarahkan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Provinsi Aceh memberikan persetujuan terkait usulan Bupati Bener Meriah Ahmadi. ola/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment