Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | September 30 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Zainal, Pemerkosa Yuyun Divonis Hukuman Mati

Jumat 30/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

BENGKULU — Majelis hakim Pengadilan Negeri Kelas II-B Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, menjatuhkan putusan hukuman mati terhadap Zainal, 23 tahun, otak pembunuhan dan pemerkosaan terhadap Yuyun (YY), 14 tahun, siswi SMP Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong.

Empat pelaku dewasa lainnya, Tomi Wijaya, Masbobi, Muhammad Suket, dan Faisal Eldo Syaisah, divonis hukuman penjara selama 20 tahun dan denda 2 miliar rupiah subsider 3 bulan penjara.

“Memberikan hukuman mati pada Zainal, dan penjara 20 tahun untuk empat pelaku dewasa lainnya,” kata Ketua Majelis Hakim Henny Farida dalam putusan sidangnya, Kamis (29/9).

Farida mengatakan kelima terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti melakukan kekerasan dan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya dan orang lain serta melakukan kekerasan sehingga menyebabkan anak mati.

“Keputusan ini diharapkan tidak hanya memenuhi asas keadilan bagi korban, tapi juga bagi masyarakat di Rejang Lebong dan lebih luas lagi Indonesia agar tidak terpancing melakukan tindakan kejahatan serupa,” kata Farida.

Suasana pembacaan keputusan terasa sangat tegang. Ketua Majelis Hakim Heny Faridha menatap tajam para terdakwa, selama hakim anggota lain membacakan amar putusan.

Orang tua korban terlihat menyimak pembacaan putusan. Namun, saat putusan vonis dibacakan, sang ibu mengamuk berusaha mengejar para terdakwa. Mereka tidak terima jika empat pelaku lain hanya dihukum 20 tahun penjara.

Dalam fakta persidangan, ditemukan Yuyun telah diperkosa sebanyak 28 kali oleh 14 pelaku. Sebelum diperkosa, Yuyun dipukul dengan sebatang kayu karet pada bagian kepala hingga pingsan. Dalam keadaan pingsan Yuyun diperkosa.

Usai diperkosa sebanyak 28 kali, Zainal kembali memukul kepala Yuyun sebanyak tiga kali. Jasad Yuyunn dibuang ke dasar jurang. Semua tindakan pemukulan dilakukan oleh Zainal. Sementara pemerkosaan dilakukan atas instruksi Zainal.

Vonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas II-B Curup itu sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Tuntutan itu disampaikan dalam persidangan di Pengadilan Negeri Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Kamis (8/9), dalam sidang tertutup.

Jaksa penuntut umum menuntut Zainal, selaku otak pembunuh dan pemerkosa Yuyun dengan tuntutan hukuman mati. Sementara empat pelaku dewasa lainnya, Tomi Wijaya, Bobi, Suket, dan Faizal Eldo Syasiah, dituntut hukuman 20 tahun.

Kelima terdakwa itu merupakan pelaku dewasa pembunuhan dan pemerkosaan bocah SMP pada Sabtu (2/4). Tujuh pelaku yang masih di bawah umur telah terlebih dahulu divonis dengan hukuman 10 tahun penjara.

“Tangkap Perusak Sungai Cimanuk”

Jumat 30/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA — Presiden Joko Widodo menginstruksikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk menangkap dan memproses warga yang melakukan pengerusakan lingkungan di hulu Sungai Cimanuk, Garut, Jawa Barat.

“Penegakan hukum ini yang paling penting. Karena tanpa itu hutan, vegetasi, dan … Selengkapnya

Dirut Bulog Akui Pernah Ditelepon Ketua DPD

Jumat 30/9/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Dirut Perum Bulog, Djarot Kusumayakti, untuk dimintai keterangan sebagai saksi suap rekomendasi kuota distribusi gula impor yang menjerat Ketua DPD Irman Gusman sebagai tersangka.

Usai diperiksa sejak pukul 09.45 hingga 19.15 … Selengkapnya

Segera Ungkap Pejabat Penerima Suap dari Maxpower

Jumat 30/9/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebaiknya segera mengungkap pejabat yang diduga menerima suap dari perusahaan asing asal Amerika Serikat (AS), Maxpower Group Pte Ltd. Maxpower, yang merupakan anak perusahaan jasa keuangan global Standard Chartered Plc (Stanchart), memberi suap untuk … Selengkapnya

mondial

Tiongkok Akan Bangun Stasiun di Tembok Besar

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SHANGHAI – Pihak Tiongkok akan membangun sebuah stasiun bawah tanah terdalam dan terbesar bagi kereta api cepat mereka di dekat kawasan populer Tembok Besar sebagai persiapan penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2022.

“Stasiun kereta cepat akan dibangun di Badaling, bagian dari Tembok besar yang amat populer, sekitar 80 kilometer sebelah barat laut Beijing,” demikian diwartakan Harian People’s Daily, Kamis (29/9). Harian milik pemerintah Tiongkok juga menerangkan bahwa  Stasiun Badaling akan berada dibawah pegunungan yang pada permukaan kaki gunungnya terdapat Tembok Besar.

Menurut Chen Bin, direktur pelaksana pembangunan megakonstruksi di Tiongkok, Stasiun Badaling dibangun di kedalaman 102 meter dari permukaan tanah dan memiliki luas 36 ribu meter persegi atau setara dengan luas 5 lapangan bola. “Ini merupakan stasiun kereta cepat terdalam dan terluas di seluruh dunia,” kata dia.

Bin juga menjelaskan bahwa Stasiun Badaling ini nantinya akan jadi penghubung jaringan rel kereta cepat antarkota Beijing-Zhangjiakou yang jadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2022. Rtr/I-1

26 Orang Hilang dalam Petaka Longsor di Zhejiang

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Kantor berita Xinhua pada Kamis (29/9) melaporkan bahwa tim SAR telah berhasil menyelamatkan 15 orang korban dari bencana tanah longsor di dua desa di Provinsi Zhejiang, Tiongkok, sementara 26 orang lainnya hingga saat ini masih belum ditemukan.

Tanah … Selengkapnya

Mantan Capres Filipina Wafat

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MANILA – Senator perempuan yang beberapa waktu lalu ikut pencalonan bagi Presiden Filipina,  Miriam Defensor-Santiago, diwartakan wafat pada Kamis (29/9) pagi. “Miriam Santiago telah berpulang dengan damai di usianya yang ke-71 tahun di rumah sakit di Manila. Ia wafat karena … Selengkapnya

Jajak Pendapat: Hillary Menangkan Debat

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK – Sebagian besar masyarakat Amerika Serikat (AS) menyebut Hillary Clinton, dari Partai Demokrat, unggul dalam debat calon Presiden AS pada hari Senin (26/9) lalu melawan capres dari Partai Republik, Donald Trump. Sayangnya, serangan demi serangan yang dilancarkan Hillary … Selengkapnya

ekonomi

Kemenperin-Sucofindo Sertifikasi Gratis SNI IKM

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama PT Sucofindo (Persero) memfasilitasi pelaku industri kecil menengah (IKM) dari berbagai daerah di Indonesia untuk mendapatkan bimbingan teknis mengenai penerbitan sertifikat standar nasional Indonesia (SNI) bagi produk produk mereka. Kegiatan ini sebagai upaya peningkatan daya saing IKM nasional di tengah membanjirnya produk impor.

Kerja sama melalui program corporate social responsibilities (CSR) dari Sucofindo dimaksudkan untuk memberikan bantuan pelatihan bagi IKM dan sertifikasi gratis kepada 20 IKM. Direktur Jenderal IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan bantuan berupa sertifikat SNI yang akan diberikan kepada industri produsen pakaian bayi dan mainan anak, serta sertifikat sistem verifikasi legalitas kayu (SVLK) bagi IKM.

“Para peserta juga mendapatkan pembekalan mengenai sistem manajemen mutu serta regulasi teknis terkait SNI yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas IKM dalam membuat produk sesuai SNI wajib dan tentunya disukai konsumen,” ungkapnya dalam acara Sertifikasi dan Pelatihan Standarisasi Produk IKM Guna Meningkatkan Daya Saing Produk Indonesia di Jakarta, Kamis (29/9).

Penerapan SNI wajib bagi produk, diantaranya untuk melindungi kepentingan konsumen, pelaku usaha, masyarakat dalam aspek kesehatan, keselamatan dan keamanan serta kelestarian lingkungan hidup (K3L). Selanjutnya, implementasi SNI dapat meningkatkan efisiensi pasar dan memperlancar arus perdagangan sehingga dapat memperkuat daya saing industri baik di dalam maupun luar negeri. 

Sertifikasi SNI diharapkan dapat juga mencegah masuknya produk impor berkualitas rendah. “Makanya, SNI wajib untuk IKM harus menjadi prioritas,” tegas Gati.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sucofindo, Bachder Djohan Buddin mengatakan, biaya sertifikasi yang ditanggung oleh perseroan merupakan wujud nyata perusahaan untuk memberikan bantuan kepada IKM di Indonesia. Diharapkan, IKM lebih siap menghadapi persaingan bisnis di dalam maupun luar negeri.

Fasilitasi IKM

Sementara itu, lanjut Gati, Kemenperin juga telah melaksanakan berbagai upaya strategis untuk terus meningkatkan daya saing produk IKM nasional, terutama dalam menghadapi implementasi pasar bebas seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Berdasarkan data Kemenperin, hingga 2014, jumlah unit usaha IKM mencapai 3,5 juta unit dan menyerap tenaga kerja sebanyak 9 juta orang. ers/E-10

Korupsi Perlemah Daya Saing RI

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Peringkat daya saing RI kembali turun empat level dari posisi sebelumnya di posisi ke-37 dari 138 negara yang disurvei World Economic Forum (WEF) untuk periode 2016-2017. Hasil tersebut menindaklanjuti penurunan pada tahun sebelumnya dari posisi ke-34. 

“Perbaikan di … Selengkapnya

Target Sejuta Rumah Sulit Tercapai

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BANDUNG – Program satu juta rumah yang dicanangkan pemerintah masih berat terealisasi. Program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tidak mampu mendongkrak penjualan rumah untuk masyarakat kelas bawah.

Ketua Real Estate Indonesia (REI) Jawa Barat (Jabar) Irfan Frimansyah mengatakan pengembang atau … Selengkapnya

Penetapan Harga BBM Tak Konsisten

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Bahan baku BBM premium dan solar sama, yaitu minyak mentah dan formula ongkos produksinya sama. Jika premium turun, solar juga harus turun, bukan malah naik.

 JAKARTA – Rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar tetapi menurunkan harga … Selengkapnya

rona

Jajanan Manis dari Timika

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Saat berlangsungnya Demo Masak Jajanan Manis Bersama Gulaku yang berlangsung di Kelurahan Rawa Badak Utara, Jakarta Utara, ratusan peserta yang merupakan ibu-ibu anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sangat antusias menyaksikan cara membuat Kue Eurimoo dari Papua, oleh Chef Yeni Ismayani dari Gulaku.

Uniknya, sebagian besar peserta tidak tahu kue tersebut berasal dari mana. Bahkan ada yang mengaku baru mendengarnya saat itu. “Inilah kenapa Gulaku membuat kegiatan Demo Jajanan Manis yang mengangkat kembali kue-kue asli dari berbagai pelosok Nusantara, supaya kue-kue tersebut semakin dikenal masyarakat,” jelas Chef Yeni.

Kalau melihat bentuk Kue Eurimoo sendiri sebenarnya mirip dengan kue Klepon dari Jawa. Hanya saja bahan yang digunakan memakai tepung sagu. Seperti diketahui sagu adalah satu dari empat jenis pohon yang tergambar di relief Palma Kehidupan di Candi Borobudur, disamping aren, lontar dan nyiur. Hal tersebut disampaikan oleh Konsultan Bioteknologi dan Argoteknologi Nadirman Haska.

Dari hasil penelitiannya, sagu adalah tanaman asli Indonesia, dimana Papua tercatat memiliki 1,2 juta pohon sagu yang sebagian besar tumbuh secara liar atau alami. Provinsi ini memang mampu menghasilkan jutaan ton sagu per tahun dari pohon yang tumbuh alami tersebut.

Sagu-sagu yang tumbuh alami itu memiliki kualitas yang baik untuk diolah menjadi berbagai produk pangan dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Begitu melimpahnya, menjadikan sagu dimanfaatkan sebagai makanan pokok dan makanan camilan lainnya, termasuk jajanan manis.

Khas Timika

Salah satu daerah di Papua adalah Timika yang memanfaatkan sagu menjadi makanan yang cukup populer yaitu Kue Eurimoo.

Kue ini banyak dibuat oleh masyarakat setempat bila tengah ada perayaan, acara pernikahan, atau menyambut kedatangan tamu pemerintah. Makanan dengan tampilan sederhana yang rasanya manis tersebut memang disukai masyarakat banyak.

Kue Eurimoo dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti pisang kepok, dimana penduduk setempat percaya bahwa buah pisang mampu menyembuhkan penyakit dan bisa menambah daya tahan tubuh.

Pisang kemudian dicampur dengan bahan lainnya seperti tepung sagu kering, kelapa parut, air matang, garam dan GULAKU Pouch Strawberry. Untuk balutannya digunakan kelapa parut, garam dan daun pandan.

Cara membuatnya, pisang yang sudah dikupas lalu dilumatkan tapi jangan terlalu halus. Kemudian campur pisang dengan tepung sagu, kelapa parut dan Gulaku, uleni sampai kalis hingga dapat dibentuk. Kalau terlalu kering tambahkan air sedikit.

Gunakan sendok untuk membentuk adonan sebesar bola bekel, masak ke dalam air yang sudah mendidih. Biarkan sampai matang dan mengapung lalu angkat.

Saat menyajikan, kue yang sudah matang lalu lapisi dengan kelapa parut, garam dan daun pandan yang sudah dikukus.

Hidangan ini memang paling cocok disantap sambil minum kopi atau teh. Oleh sebab itulah setiap pagi di pasar-pasar tradisional Timika bisa dijumpai penjual Kue Eurimoo. Berkualitas

Selain memberikan pengetahuan tentang kue-kue tradisional yang tetap harus dijaga keberadaannya, tim GULAKU juga menjelaskan bagaimana memilih bahan-bahan yang berkualitas agar kue yang dibuat tetap memiliki rasa lezat dan awet.

Salah satunya adalah penggunaan gula dengan memilih Gulaku Pouch. Gula ini memang diproduksi menjadi salah satu produk unggulan yang memiliki butiran kristal yang lebih halus dan dikemas khusus dalam kemasan pouch yang higienis, kuat serta memiliki tutup ulir untuk menjaga kualitas gula.

Kemasan ini membuat gula lebih gampang dituang ke adonan dan tidak mudah tumpah. Ini tentunya yang menjadikan para pembuat kue lebih nyaman saat bekerja. ars

Mengolah Adonan dari Ubi

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ubi jalar sering dianggap sebagai makanan ndeso, kelas rendahan dan dianggap yang rasanya kurang nikmat. Namun, keberadaan ubi jalar kini tidaklah dipandang sebelah mata. Saat ini, banyak kafe atau restoran bahkan shef terkenal yang mampu mengolah ubi jalar menjadi sebuah … Selengkapnya

Samuel Rizal Dukung Kemajuan Dunia Olah Raga

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kecintaannya pada dunia olah raga boleh dibilang sangat besar. Mengawali kemunculannya di publik sebagai atlet yang merambah ke dunia hiburan, Samuel Rizal mengaku masih tetap mencintai dunia olah raga. Tak heran jika ia selalu mendukung banyak kegiatan positif yang bersinggungan … Selengkapnya

Lereng Anteng Tempat Nongkrong Baru di Punclut

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kota Bandung selalu saja memiliki tempat baru yang menarik dan kemudian menjadi ramai di media sosial. Tempat ini pun kemudian menjadi semakin dikenal dan tentu saja, promosi gratis dari media sosial ini membuatnya semakin ramai dikunjungi.

Punclut atau Puncak Ciumbuleuit, … Selengkapnya

megapolitan

Ratusan Bangunan di Kemang Bakal Dibongkar

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 DKI tidak akan lakukan sosialisasi untuk menggusur pemukiman di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. 

 JAKARTA – Selesai menertibkan pemukiman di kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) segera menggusur pemukiman di bantaran Kali Krukut. Tecatata sebanmua 500 bangun di Kemang, Jakarta Selatan akan dibongkar.

“Kita mau bereskan Kali Krukut nih. Krukut mesti kita kejar. Terus penertiban juga banyak dilakukan di daerah Muara Angke, dan beberapa di Muara Baru, kita juga rapikan, termasuk Cakung Cilincing, Tanjung Priok juga pasti ada yang kena. Karena kan mau bikin tanggul. Nah kita nggak mungkin tunda-tunda,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Korta, Jakarta Pusat.

Menurutnya, penyempitan dan pendangkalan Kali Krukut sudah cukup akut. Ahok menginstruksikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk mendukung normalisasi Kali Krukut. Dia berencana, pemukiman di bantaran Kali Krukut akan dibebaskan sesuai harga appraisal, jika rumah yang terkena program memiliki sertifikat dan dokumen yang sah.

“Kemang kita lagi ukur, ada 500 lebih bangunan yang akan kena. Saya enggak tahu. Makanya kalau kena, sertifikat, enggak sertifikat akan kita sikat semua,” tegas Ahok.

Dia mengatakan, beberapa bangunan di bantaran Kali Krukut sudah menyatakan siap untuk dibebaskan. Seperti Tendean Square yang menyatakan siap dibebaskan dengan ganti rugi sebesar 25 juta rupiah per meter persegi. “Pokonya kita mau bayar semua. Tahun ini, akan kita bereskan karena kejar la nina,” tegasnya.

Ahok yakin, penggusuran pemukiman di kawasan Kemang tersebut tidak perlu disosialisasikan lagi. Pasalnya, penghuni bantaran kali Krukut itu sudah tahu dan sering terkena banjir belakangan ini. Mereka, kata Ahok, telah menduduki kawasan yang dilarang dan berharap segera dibongkar agar mendapatkan ganti rugi.

“Semua bisa jual beli bangunan diatas tanah Negara. Jadi pikirannya gampang, toh nanti di bongkar juga dibayar duit. Begitu dibongkar nggak ada bayar lagi langsung jual beli lahan di pinggir sungai berhenti,” katanya.

Penggusuran pemukiman itu, tegas Ahok, tidak akan berhenti meski tahun 2017 adalah masa pesta demokrasi, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak. Termasuk ketika dirinya yang kembali mencalonkan dan harus cuti, penggusuran itu harus tetap ada selama rusun sebagai tempat relokasi warga siap. 

“Jalan saja terus, semua lebih demen dong. Kalau aku cuti, mereka lebih sering gusur. Jangan-jangan gusurnya lebih kasar dari yang saya minta. Supaya orang benci sama saya kan,” ucapnya.

Sebelum Asian Game

Dalam kesempatan ini, emerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan, penggusuran pemukiman kumuh di bantaran sungai akan terus dilakukan sebelum Asian Games 2018. Pasalnya, Pemprov DKI ingin dilihat bahwa ibu kota negara Indonesia lebih manusiawi dibandingkan sebelumnya.

“Ya minimal, kalau kita kejar 2018 sungai-sungai sudah bersih. Sebetulnya, saya mau supaya pas menyongsong Asian Games itu orang sudah lihat Jakarta lebih manusiawi,” ujar Ahok.

Menurutnya, penataan kawasan bantaran sungai itu tidak terlepas dari millenium development goals. Sebab, dengan merelokasi warga dari kawasan kumuh dan menata kembali kawasan itu menjadi lebih baik, diharapkan bisa mengurangi penyakit tubercolosis (TBC). Dia menduga, penyebaran TBC di kawasan kumuh lebih sulit dikontrol. nis/pin/P-5

Walikota Bekasi Geram dengan Ulah Perusahaan Properti

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Bekasi- Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi merasa geram dengan ulah perusahaan properti yang melarang pemanfaatan lahan fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk pembangunan masjid di Kecamatan Pondokmelati.

“Yang akan dibangun ini rumah ibadah masjid, jadi saya akan murka bila ada … Selengkapnya

Ahok Mengaku Selalu Serahkan LHKPN

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku selalu menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara rutin. 

“Dari dulu, sejak mulai menjadi pejabat negara, yaitu tahun 1999, harta kekayaan saya sudah diperiksa oleh … Selengkapnya

Pasar Tradisional Harus Jadi Inkubator

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan, pihaknya akan merevitalisasi 20 pasar tradisional di Jakarta. Hal ini dilakukan sekaligus dengan pendataan pedagang agar lebih mudah pengontrolannya.

“Saya kira lebih baik pasar ini, dan pedagang pakai debit lebih … Selengkapnya

olahraga

Edinson Cavani Tenggelamkan Ludogorets

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Edinson Cavani mencetak dua gol di babak kedua untuk memberikan Paris St Germain kemenangan 3-1 atas Ludogorets pada laga Liga Champions Grup A. Pertandingan yang berlangsung Kamis (29/9) dini hari WIB itu berlangsug di di tempat PSG membuat debut sepak bola Eropa 34 tahun yang lalu.

PSG meraih kemenangan yang pantas setelah mendominasi seluruh laga. Hasil itu menempatkan PSG di puncak grup dengan empat poin dari dua pertandingan, mereka mengoleksi poin sama dengan Arsenal.

Pemain Ludogorets asal Brasil Natanael membuka skor dengan tendangan bebas yang menakjubkan di menit ke-16. Namun Blaise Matuidi segera menyamakan kedudukan empat menit sebelum jeda.

Cavani yang juga mencetak gol dalam laga imbang 1-1 PSG melawan Arsenal dalam pertandingan pembukaan mereka, menjaringkan bola dua kali dalam waktu empat menit.

Striker Uruguay membuat kedudukan menjadi 2-1 dengan sundulan dan menambahkan satu lagi dari jarak dekat hanya satu menit setelah kiper PSG Alphonse Areola menggagalkan penalti Cosmin Moti.

“Itu sulit pada babak pertama,” ujar Cavani. “Setelah kami menyamakan kedudukan, kami memainkan permainan yang berbeda dan mendapat yang kedua dari tendangan bebas. Kemenangan penting bagi kami karena kami telah bekerja keras,” sambungnya.

“Kami bermain sangat baik sebagai sebuah tim,” ujar pelatih PSG Unai Emery. “Mereka adalah tim yang bagus dan, untungnya, Areola menggagalkan penalti. Itu sangat penting untuk tetap tenang setelah gol Ludogorets. Kami menciptakan banyak peluang dan kami menang,” sambungnya. ben/Rtr/S-1

Menko PMK Pastikan Kesiapan Tafisa ke-6

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Indonesia siap melaksanakan Tafisa World Sport for All 2016 dan seluruh persiapannya sudah rampung. Seluruh venue, penginapan, transportasi dan berbagai fasilitas lainnya siap digunakan. The Association For International Sport For All (Tafisa) adalah organisasi olah raga dunia yang … Selengkapnya

Napoli Lupakan Higuain

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

NAPLES – Gonzalo Higuain hanya menjadi kenangan saat Napoli tampil bagus untuk mengalahkan perempat finalis musim lalu Benfica 4-2 di Liga Champions, Kamis (29/9) dini hari WIB.

Gelandang Marek Hamsik membawa Napoli unggul pada menit ke-21 sebelum mencetak tiga gol … Selengkapnya

PON Papua 2020 Ajang Konsolidasi Nasional

Jumat 30/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gelaran PON Papua pada 2020 akan menjadi ajang konsolidasi olah raga nasional dan hanya akan mempertandingkan 30 cabang olah raga yang dipertandingkan di Olimpiade.

BANDUNG – Setelah Jawa Barat, gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) bakal beralih ke Papua 2020 mendatang. … Selengkapnya

kupas

“Rusun Rawa Bebek Bersih, Murah, dan Fasilitasnya Lengkap”

Jumat 30/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggusur pemukiman di RW 9,10,11, dan 12 Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (28/9). Penggusuran itu dilakukan terhadap rumah liar yang menempati bantaran sungai Ciliwung.

Rencananya, Pemerintah Pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan merampungkan normalisasi sungai Ciliwung tahun ini. Pemprov DKI sendiri akan merelokasi warga terdampak ke rumah susun (Rusun) Rawa Bebek, Jakarta Timur. Hampir 400 kepala keluarga yang terkena program normalisasi tersebut, tapi sebagian besar sudah menempati rusun Rawa Bebek yang disediakan.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kesiapan Rusun, Koran Jakarta mewawancarai Kepala Dinas Perumahan dan Bangunan Gedung DKI, Arifin, di kantornya, Kamis (29/9), di kantornya, berikut petikannya:

Bagaimana kesiapan Rusun untuk relokasi warga yang terkena program normalisasi sungai?

Sudah siap. Untuk warga Bukit Duri saja, kami siapkan 400 unit. Sekarang baru masuk 271 kepala keluarga. Kurang dari 300 unit. Jadi, stoknya masih banyak. Kita sudah siapkan 400 unit kok dan rusunnya bagus banget. Lihat saja ke sana.

Seperti apa fasilitas unit Rusun tersebut?

Unit itu kami siapkan tipe 36, ada dua kamar. Cakep banget. Fasilitasnya lengkap. Air bersih bagus, listriknya bagus, lantai keramik, ada dapur, toilet. Keren banget deh.

Setiap penghuni Rusun mendapat fasilitas apalagi?

Kalau tinggal di Rusun, pagipagi itu mobil feeder busway selalu standby. Feeder itu mengantar sampai ke shelter busway. Mereka yang tinggal di Rusun, dikasih kartu Rusun yang kemudian free naik busway, gratis mau kemana saja keliling Jakarta. Kemudian kalau anaknya yang tinggal, kami siapkan bis sekolah. Mungkin selama ini, selama tinggal di pinggir kali, mereka nggak mengalami itu.

Kartu Rusun itu seperti apa?

Kartu Rusun, e-Rusun. Kita kasih sebuah kartu Rusun, semacam tanda pengenal yang terintegrasi dengan bank DKI. Setiap penghuni Rusun akan mendapatkan itu.

Apakah warga yang direlokasi ke sana dikenakan biaya iuran pemeliharaan lingkungan?

Untuk sementara masuk, kita bebaskan dulu. Karena kan mereka baru masuk. Kita kasih free untuk 3-6 bulan. Kita lihat saja ke depannya, akan kita evaluasi.

Setelah itu, warga akan dipungut IPL?

Setelah itu, kita kenakan IPL. Biaya perawatanlah, untuk pemiliharaan Rusun. Kita kenakan 10 ribu rupiah per hari. Murahlah, di mana tuh tinggal di Rusun yang begitu bersih, bangunan bagus banget. Ada tempat bermainnya. Lihat deh ke sana. Kalau kita sewa kontrak, berapa duit sih sekarang. Kalau 10 ribu rupiah per hari, berarti cuma 300 ribu rupiah per bulan.

Pembangunan rusun lainnya ada yang dihentikan?

Belum. Belum ada yang setop. Kita masih evaluasi. Kalau memang nggak benar, baru kita setop.

Ada berapa unit yang dievaluasi?

Ya yang dibangun tahun ini. Semua kita akan evaluasi. Pembangunannya harus sesuai dengan aturan, speknya, materialnya harus benar, waktunya harus tepat dan sebagainya.

Sebelumnya ada komplain atau bagaimana, kok bisa dievaluasi?

Bukan komplain. Ya kita temukan beberapa pekerjaan yang tidak sesuai. Itu saja.

Ada beberapa yang mau kami hentikan, seperti pembangunan rusun di Cakung Barat, Marunda dan sebagainya. Adakah pembebasan lahan?

Nggak, nggak ada pembebasan lahan. Kita memanfaatkan aset-aset Pemda yang ada untuk dibangun rusun.

Bukannya ditargetkan membangun 50 ribu unit?

Belum, belum. Harapan kita sih memang segitu.

Targetnya tahun ini berapa unit?

Tahun ini, kita targetkan sesuai rencana kita membangun 2359 unit yang harus selesai tahun ini. Itu tersebar pada 8 lokasi, seperti di Semper, KS Tubun, Marunda, Rawa Bebek, Lokbin dan lainnya.

“Saya Akan Ambil Sikap Tegas Terhadap Jaksa yang Nakal”

Kamis 29/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Korps kejaksaan kerap diterpa persoalan internal, khususnya perilaku para jaksa yang tak sesuai harapan alias para jaksa yang nakal. Para jaksa nakal berusaha memanfaatkan pengaruh dan jabatannya untuk kepentingan pribadi.

Para jaksa nakal yang terungkap, lalu ditangkap, masih juga belum … Selengkapnya

“Kami Menyayangkan Tindakan Anarkis, Harusnya Diupayakan Musyawarah”

Rabu 28/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pelomik tentang klaim siapa yang sah mengaku sebagai hak waris kerajaan Gowa, berujung rusuh. Wakil dari keluarga kerajaan Gowa, memprotes keras kebijakan yang ditempuh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, yang mengeluarkan Perda tentang Lembaga Adat Daerah. Apalagi dalam … Selengkapnya

Ketersediaan Blanko “e-KTP” Tergantung pada Anggaran

Selasa 27/9/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, mengeluhkan ‘ditahannya’ anggaran sebesar 300 miliar rupiah lebih oleh Kementerian Keuangan. Anggaran sebesar itu tadinya akan dialokasikan untuk pengadaan blanko dan perawatan peralatan.

Soal blanko e-KTP sendiri, sempat … Selengkapnya

berita lain

Menuju Kota Pintar Berbasis Digital

Senin 26/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BSD City akhir akhir ini kerap menjadi tuan rumah sejumlah event di bidang IT (Information Technology) bertaraf national dan internasional. Ini menunjukkan komitmen kuat Sinar Mas Land mengembangkan hunian berkonsep smart city.

Perubahan pola kehidupan penghuni BSD City kian mengarah … Selengkapnya

Adu Kuat Ponsel Menengah Anti “Lowbatt”

Kamis 29/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lenovo Vibe 1 Turbo, Oppo R7 Plus, dan Huawei P8max yang memiliki kekuatan pada baterai sebentar lagi akan memiliki pesaing baru. LG telah mengumumkan bakal hadirnya LG X Power ke pasar Tanah Air bulan Oktober nanti.

Dengan terai sebesar 4,100 … Selengkapnya

Menjaga Eksistensi “City Car”

Rabu 28/9/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Segmen city car yang terus tergusur mencoba bertahan dengan sejumlah strategi. Beberapa pabrikan melakukan perubahan minor. Bahkan ada yang memperkuat eksistensinya sebagai mobil khusus untuk perempuan.

Sejak hadirnya varian yang LCGC (low cost green car), pasar city car seperti terjun … Selengkapnya