Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | June 28 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Tenaga Surya Melimpah, RI Malah Impor LNG

Selasa 28/6/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Rencana pemerintah mengimpor Liquefied Natural Gas (LNG) untuk memenuhi proyek listrik 35 ribu megawatt dinilai hanya untuk mengejar target semata. Selain itu, kebergantungan pada impor LNG juga akan menyebabkan keuangan negara menjadi terkuras. Lebih dari itu, upaya untuk mewujudkan kemandirian energi melalui energi baru dan terbarukan menjadi terabaikan.

Pengamat ekonomi dari Universitas Airlangga Surabaya, Suroso Imam Zadjuli, mengatakan kebijakan pemenuhan energi yang dilakukan melalui impor menunjukkan rendahnya niat untuk membangun kemandirian energi. “Seharusnya kita bersyukur dianugerahi sinar matahari yang melimpah, jauh lebih besar dari negaranegara maju yang sudah lebih dulu memanfaatkan solar energy untuk elektrifikasi. Tapi kenyataannya kebijakan energi pemerintah sama saja dengan kebijakan pangan, dipenuhi dengan jalan impor. Impor ini kan sama saja menguntungkan para pemburu rente impor,” katanya saat dihubungi, Senin (27/6).

Suroso menambahkan, keputusan pemerintah yang selalu mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri menandakan pejabat terkait tidak memunyai niat untuk mandiri. “Padahal kita sangat bisa. Memang, biaya instalasi awal tenaga listrik matahari relatif mahal tapi selanjutnya menjadi murah. Artinya, pemanfaatan energi terbarukan lebih menguntungkan karena suplai bahan bakunya dari alam tak perlu diproses lagi dengan biaya besar, tak perlu pengiriman, dan cuma-cuma,” jelasnya.

Suroso menambahkan, salah satu penyebab yang menghambat pengembangan pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia adalah pola pikir pemerintah yang masih menganggap energi terbarukan hanya sebagai cara alternatif.

“Cara pikirnya mesti diubah bahwa penggunaan energi surya ini sebagai bentuk solusi dan keharusan untuk mengatasi krisis listrik nasional, sehingga lebih terpacu untuk menjalankannya, seperti yang banyak dilakukan negara lain. Kalau kita tidak mulai sekarang akan menambah ketertinggalan Indonesia seperti sektor-sektor lain yang sudah lebih dulu tertinggal,” pungkas dia.

“Supplier” Baru

Seperti diketahui, guna mewujudkan megaproyek listrik 35 ribu megawatt, pemerintah melakukan segala upaya termasuk hendak melakukan impor LNG untuk bahan baku pembangkit listrik.

VP External Relations Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas), Taslim Yunus, mengatakan pihaknya akan melakukan impor LNG untuk memenuhi proyek listrik 35 ribu megawatt, karena pasokan LNG dalam negeri tak dapat mencukupi.

Taslim menambahkan, impor gas harus segera dilakukan karena harg gas di sejumlah negara lebih murah dibandingkan harga gas di dalam negeri.

“Sekarang banyak supplier baru, jadi harga lebih kompetitif,” ucapnya.

“Dalam Waktu Dekat Persiapkan Keamanan Lebaran”

Selasa 28/6/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Peserta Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) secara serentak menyatakan persetujuannya ketika Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, selaku pimpinan sidang, menanyakan tentang laporan Komisi III DPR mengenai uji kelayakan Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). … Selengkapnya

“Reshuffle” Lebih Cepat Lebih Baik

Senin 27/6/2016 | 07:06
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta. – Direktur Archipelago Solidarity Foundation Engelina Pattiasina mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk secepatnya melakukan perombakan kabinet atau reshuffle, demi untuk konsolidasi pemerintahan agar sesuai dengan cita-cita dan program Nawacita Presiden Jokowi.

Dalam proses reshuffle, salah satu menteri … Selengkapnya

Dana Relawan Perlu Diatur

Senin 27/6/2016 | 06:54
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Munculnya gerakan relawan merupakan fenomena baru dalam politik elektoral di Indonesia. Sejak Pemilu Presiden 2014, relawan memiliki andil cukup penting dibalik pengawalan suara dan pemenangan kandidat. Bahkan sejumlah pihak menyebut salah satu kunci kemenangan Jokowi-Jusuf Kalla dalam Pemilu … Selengkapnya

mondial

Utusan Tiongkok ke Vietnam Bahas LTS

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

HANOI – Seorang diplomat utama Tiongkok, Yang Jiechi, tiba di Vietnam pada Senin (27/6) untuk melakukan pertemuan bilateral bagi mempererat hubungan diplomatik yang sempat memanas akibat sengketa di Laut Tiongkok Selatan (LTS).

“Kami gembira atas hubungan dua negara yang terus mengarah pada hal yang positif, walau dakui masih ada persoalan yang harus dicarikan jalan keluarnya,” demikian kata Menlu Vietnam sekaligus wakil PM Vietnam, Pham Binh Minh, saat menyambut kedatangan Yang.

Kunjungan Yang jadi sorotan ditengah pemberitaan dari Beijing yang mencela jelang keluarnya putusan Mahkamah Internasional yang menghalangi klaim Tiongkok atas sebagian besar wilayah perairan LTS. Jabatan Yang di Beijing melebihi jabatan menlu dan ia adalah salah satu ketua komite pengarah soal hubungan internasional dan isu sengketa.

Para analis menyebut kunjungan Yang ke Vietnam untuk mendapat dukungan dari Hanoi soal LTS. Beijing sebelumnya mengklaim memperoleh dukungan dari 47 negara soal posisi Tiongkok dalam sengketa LTS. Rtr/I-1

Partai Konservatif Ungguli Unidos Podemos

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 MADRID – Partai Konservatif Spanyol, People’s Party (PP), ternyata memenangkan pemilu parlemen putaran ke-2 yang digelar pada Minggu (26/6) lalu.

Dari total 90 persen raihan suara yang sudah dihitung, PP mendapatkan 136 kursi parlemen, disusul dengan Partai Sosialis 86 kursi. … Selengkapnya

PM Thailand Menolak Mundur

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANGKOK – Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, pada Senin (27/6) mengatakan dirinya tak mau mundur jika warga Thailand menolak rancangan konstitusi yang didukung pihak militer saat mereka mengikuti referendum pada Agustus mendatang.

“Saya tak mau mundur. Saya satu-satunya yang meletakkan … Selengkapnya

Najib Razak “Reshuffle” Kabinet

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 PM Malaysia, Najib Razak, akhirnya melakukan reshuffle pada kabinet yang dipimpinnya. Selain alasan mengisi kekosongan di jajaran kabinet, perombakan juga ditempuh bagi memperkuat kondisi pemerintahan.

 KUALA LUMPUR – Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, akhirnya merombak kabinetnya dengan menempatkan para loyalis … Selengkapnya

ekonomi

Pertamina Akan Akuisisi Blok Migas di Iran

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – PT Pertamina (Persero) segera menandatangani kesepakatan terkait dengan pengelolaan Blok Minyak dan Gas Bumi dengan National Oil Company (NOC) di Iran. Rencananya, penandatanganan memorandum of understanding (MoU) tersebut dilakukan setelah perayaan Idul Fitri mendatang.

Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), IGN Wiratmaja Puja menyampaikan kesepakatan itu kelanjutan dari perjanjian pendahuluan yang ditandatangani kedua belah pihak, yakni pemerintah Indonesia dan Iran atau Government to Government (G-to-G). “Yang akan dilakukan ini ialah kerjasama antara perusahaan dengan perusahaan,” ungkapnya di Jakarta, Senin (27/6)

Seperti diketahui, Pertamina mengincar dua lokasi Blok Migas di Iran dengan jumlah cadangan mencapai 3-4 miliar barel. Pengelolaan Blok Migas di Iran merupakan bagian dari langkah Pertamina menghadapi semakin berkurangnya sumber daya migas dalam negeri. Karenanya, pembelian Blok Migas di luar negeri menjadi satu pilihan strategis. ers/E-10

Penyaluran LPG 3 Kg Akan Diperketat

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kemeterian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memperketat penyaluran liquefied petroleum gas (LPG) 3 kilo gram (kg) atau LPG Melon. Kelompok masyarakat yang akan berhak menikmati LPG Melon harus membawa kartu khusus sebagai tanda yang bersangkutan merupakan … Selengkapnya

Pemerintah Mesti Fokus Kembangkan Koperasi

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Pemerintah dinilai masih setengah hati dalam memanjukan dan mengembangkan koperasi di Tanah Air. Salah satu indikasinya, kecilnya anggaran untuk Kementerian yang membidangi koperasi tersebut.

Tahun ini, anggaran Kementerian Koperasi dan UKM hanya sekitar 1, 2 triliun rupiah, atau … Selengkapnya

Antar Kementerian Belum Bersinergi

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Kemenperin menolak cukai plastik karena mengancam industri makan dan minuman. Namun, Kemenkeu yakin ekstensifikasi cukai dapat meningkatkan penerimaan negara dan mengurangi dampak lingkungan.

 JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan tegas menolak pengenaan tarif cukai untuk plastik. Pengenaan tarif cukai tersebut … Selengkapnya

rona

Andien Sukses Pelopori Aksi Donasi

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lewat program penggalangan dana bantuan bagi para penderita penyakit kanker, Andien menyumbangkan sepatu kesayangannya untuk dilelang. Lewat kampanye #berSHOEkur inilah, Andien mencetuskan ide untuk menggalang sejumlah selebritas Tanah Air mengumpul sepatu untuk dilelang, lalu menjadi dana bagi penderita kanker. “Aku nyumbang sneakers. Yang paling laku itu. Semua sepatunya baru dua-tiga kali pakai. Rata-rata yang lain juga kondisinya masih mulus banget,” kata Andien, baru-baru ini, di bilangan, Jakarta Barat.

Andien bercerita ia memang punya program untuk memberikan donasi bagi penderita kanker. Ternyata, Andien mendapat banyak dukungan. “Aku ajak aja kalau aku punya program donasi. Biasanya sih kalau orang udah diajak sedekah nggak susah. Apalagi bulan Ramadan. Teman-teman punya hati besar, mereka pada oke I’m in. Untuk bilang mau ikut itu gampang, tapi untuk milih sepatu yang mau disumbangkan, itu yang susah,” ujar Andien.

Andien mengaku saat akan memilih sepatu yang akan disumbangkan itulah yang ternyata lumayan sulit. “Karena aku ngerasain sendiri ya, untuk benar-benar bisa ada di depan rak sepatu, milih sepatu yang mana, itu tuh momen yang jarang banget. Ada sepatu baru banget didapat. Aku baru pakai dua kali, dan belum beredar banyak di Indonesia,” sebut Andien.

Pemilik album Let It Be My Way (2014) ini mengaku senang akhirnya tak sedikit kalangan artis yang mau ikut serta menyumbangkan sepatu kesayangannya. “Yang pertama banget nyumbang itu ada Raisa, Vidi Aldiano, Mario Ginanjar, Dira Sugandhi, Krisdayanti, Yuni Shara, Titi DJ, Melly Goeslaw, Dian Sastro, Iwet Ramadhan, saya sendiri, terus juga ada bapak Ahok. Jumlah sepatunya ada sekitar 200an sepatu,” aku Andien.

Istri fotografer Irfan Wahyudi atau Ippe ini mengatakan hasil lelang sepatu-sepatu itu disumbang ke empat rumah singgah para penderita kanker, yakni Yayasan Anyo, Yayasan Onkologi Anak Indonesia, CISC, Rumah Harapan, dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta. Paling tidak, Andien senang, momen Ramadan kali ini ia bisa berbuat kebajikan bersama rekan-rekan sesama selebritas Tanah Air.  yzd/S-1

Sejumlah Musisi Gelar “Tribute For Prince”

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sejumlah musisi dunia tampil di Black Entertainment Awards pada Minggu (26/6) waktu setempat untuk mengenang mendiang Prince. Tribut tersebut datang dari berbagai musisi mulai dari Erykah Badu and The Roots, Stevie Wonder, Dave Chapelle dan Jennifer Hudson yang membawakan salah … Selengkapnya

Menguak Peradaban Kota Kuno

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dengan menggunakan teknologi LIDAR para arkeolog dapat menemukan dengan mudah situs-situs purbakala yang selama ini luput dari pandangan dunia modern.

Melihat manfaat serta keefektifannya, teknologi bernama Light Direction And Ranging (LIDAR) memang terhitung sangat canggih. Para arkeolog pun menyambut baik … Selengkapnya

Pola Perilaku Masyarakat Sepanjang Ramadan

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Selama bulan Ramadan pola perilaku masyarakat mengalami perubahan, setidaknya hal itu bisa Anda lihat terutama pada cara mereka memanfaatkan media sosial, hingga gairah berbelanja yang mungkin sedikit terlihat berlebihan.

Bulan suci Ramadan merupakan momen penuh suka cita. Dalam satu bulan … Selengkapnya

megapolitan

Jaga Stabilitas, DKI akan Fungsikan BUMD

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memfungsikan seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI yang bergerak di bidang pangan seperti Bulog. Ini untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat.

“Jadi seluruh BUMD kita harus benar difungsikan untuk mengendalikan harga pangan di DKI Jakarta,” ujar Kepala Biro Perekonomian Setda DKI Jakarta, Sri Haryati di Jakarta, Senin (27/6).

Dia mengatakan, selain daging sapi stabilisasi harga juga akan dilakukan di daging ayam dan harga cabai. Saat ini pihaknya terus mematangkan konsep untuk pemberlakuan hal tersebut.

Saat ini upaya stabilisasi harga khusus daging sapi masih terus dilakukan. Harga di pasar memang masih cukup tinggi dikarenakan daging sapi beku masih digunakan untuk penerima KJP dan operasi pasar murah. yak untuk menekan harga di pasar,” tandasnya.

Pemprov mulai menjual daging subsidi kepada penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP). Dalam tahap awal hari ini akan dimulai di seluruh kantor kecamatan di Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu. “ Tahap awal memang untuk yang memiliki KJP SD, dilaksanakan mulai 27 Juli hingga 1 Juli mendatang, ujar Sri.

Daging Murah

Secara terpisah, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) DKI Jakarta mengatakan, tahun depan DKI akan mendistribusikan daging bersubsidi daging seharga 39 ribu per kilogram setiap bulan.

“Saat ini baru bisa pemilik KJP saja. Yang lain belum bisa karena kalau seluruh Jakarta, bisa bonyok kita. Kan yang penting penambahan nutrisi. Sekarang mah coba saja satu-dua bulan. Tahun depan baru full, bisa tiap bulan.,” ujar Ahok.

Menurutnya, pendistribusian daging bersubsidi itu berjalan cukup lancar. Dia mengatakan, masyarakat Jakarta tidak mempermasalahkan daging yang diterimanya itu adalah daging sapi beku ataupun segar. “Sejauh ini cukup diterima masyarakat, mau daging beku atau segar itu nggak masalah,” katanya.

Dikatakan Ahok, daging sapi yang didistribusikan kepada pemegang KJP itu merupakan daging impor yang telah dibeli Pemprov DKI melalui PD Dharma Jaya. Namun diakuinya, ada juga bantuan supplai daging dari pemerintah pusat.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan DKI mulai mendistribusikan 102 ton daging sapi dan 55 ton ayam di beberapa kecamatan. “Pembagian subsidi daging ini hanya untuk pemegang KJP Sekolah Dasar (SD),” ujar Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta, Darjamuni. 

Menurutnya, pendisteibusian daging itu akan dilakukan pada tanggal 27 Juni 2016 hingga 1 Juli 2016. Untuk tanggal 27 Juni, akan dilakukan di wilayah Jakarta Timur yang tersebar pada 10 titik kecamatan

Selanjutnya, tanggal 28 Juni akan dilakukan pada 8 titik kecamatan di Jakarta Barat, 29 Juni pada 6 titik kecamatan di Jakarta Utara, 30 Juni pada 10 titik kecamatan di Jakarta Selatan dan 1 Juli pada 8 titik kecamatan di Jakarta Pusat.

Diketahui, Pemprov DKI telah merogoh anggaran hingga 7 miliar rupiah untuk membeli daging subsidi tersebut. Angaran itu diambil dari APBD 2016. pin/pik/nis/Ant/P-5

Mulai H-5 Lebaran, Truk Dilarang Beroperasi

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta akan melarangan truk beroperasi di DKI sejak H-5 lebaran. Hal ini sesuai dengan surat edaran Menteri Perhubungan Nomor 22 Tahun 2016 tentang larangan pengoperasian kendaraan angkutan barang dan penutupan jembatan timbang pada … Selengkapnya

Mediasi Warga Dadap dan Pemkab Tangerang Batal

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Polemik rencana penggusuran yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang terhadap warga Kampung Baru Dadap, Kosambi, Tangerang menemui jalan buntu. Mediasi antara warga Kampung Baru dengan pihak Pemkab Tangerang, Senin (27/6) di Komisi Nasional HAM Jakarta batal diselenggarakan.

Selengkapnya

DKI Gandeng KPK Usut Pembelian Tanah Cengkareng

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 DKI mencurigai adanya oknum pegawai negeri sipil (PNS) yang bermain dalam pembelian lahan di Cengkareng.

 JAKARTA – Gubenur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri untuk mendalami kasus pembelian … Selengkapnya

olahraga

Chile Juara, Messi Pensiun

Selasa 28/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

EAST RUTHERFORD – Sejarah berulang. Chile kembali menaklukkan favorit juara Argentina 4-2 lewat adu penalti pada final Copa America Centenario di Stadion MetLife, Senin (27/6) WIB. Hasil itu menjadi pengulangan final Copa America 2015 lalu ketika Argentina juga harus mengakui keunggulan tuan rumah Chile melalui adu penalti.

Hasil itu menambah panjang kekeringan gelar bagi Argentina menjadi 23 tahun. Bahkan kapten Argentina, Lionel Messi yang gagal mengeksekusi penalti pertama negaranya terlihat sangat frustrasi dan secara mengejutkan memutuskan untuk mundur dari “Albiceleste”. Bintang berusia 29 tahun itu sukses membawa Barcelona menjadi salah satu klub terbaik di dunia dan telah meraih lima gelar ballon d’Or.

Namun berbanding terbalik dengan kariernya di klub, Messi kurang beruntung di level timnas. Dia kini telah empat kali kalah di final saat membela tim nasional Argentina Messi pun mengatakan dia pensiun dari sepak bola internasional menyusul kekalahan dari Chile.

“Ini sangat sulit. Ini momen yang berat untuk dianalisa. Di kamar ganti saya selalu berpikir kalau timnas bukanlah untuk saya. Itulah yang saya rasakan saat ini. Ini kesedihan terbesar yang saya rasakan lagi. Saya yang gagal mengeksekusi penalti. Padahal itu sangat penting,” pungkas Messi.

Jika Messi benar-benar pensiun dari timnas Argentina, maka dia mengakhiri petualangannya yang sudah berlangsung 11 tahun. Sejauh ini dia sudah tampil 112 kali baik di laga resmi atau persahabatan dan menyumbang 55 gol.

Rekannya, Sergio Aguero mengatakan ia tidak pernah melihat Messi terlihat begitu patah hati. Messi gagal mengeksekusi penalti pertama Argentina dalam laga ulangan penentuan tahun lalu melawan lawan yang sama. Itu berarti sudah pada tiga final turnamen besar mereka berakhir dengan kekalahan. Sebelumnya dia sempat gagal saat final Copa America 2007, Copa America 2015, dan Piala Dunia 2014.

“Kami semua sedih, kami mencoba untuk memikirkan hal-hal lain dan melanjutkan ke depan,” ujar striker Manchester City itu. Tapi sulit. Sekali lagi keberuntungan telah melawan kita. Sayangnya, yang paling parah adalah Messi karena penaltinya yang gagal. Ini adalah yang terburuk yang pernah saya lihat dia di ruang ganti setelah pertandingan,” tandasnya.

Di lain pihak, kemenangan itu membuat membuat Chile mempertahankan gelar mereka di kompetisi sepak bola benua tertua di dunia dan memantapkan dominasi mereka di Amerika Selatan. “Kami adalah sebuah tim dengan sejarah dan kami membuktikan lagi hari ini,” ujar striker Chile Eduardo Vargas setelah pertandingan.

Kedua belah pihak menemui jalan buntu 0-0 setelah bermain 90 menit dan juga setelah perpanjangan waktu dalam sebuah pertandingan di mana kedua tim berkurang menjadi 10 pemain di babak pertama.

Pemain pengganti Chili Francisco Silva menempatkan bola rendah ke sisi kanan Sergio Romero untuk mencetak gol penentu setelah Messi dan Lucas Biglia gagal mengeksekusi penalti bagi Argentina dan Arturo Vidal juga gagal untuk Chile.

Cristiano Ronaldo Dukungan Penuh

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemain Portugal Nani telah mendukung rekan setimnya Cristiano Ronaldo untuk menambah koleksi golnya di Piala Eropa 2016 dan membimbing timnya ke tahap terakhir dari kompetisi yang berlangsung di Prancis itu.

Meski tak mencetak gol saat menyingkirkan Kroasia di babak 16 … Selengkapnya

Belgia Dihadang Wales

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Langkah Belgia di Piala Eropa 2016 akan menghadapi ujian sulit saat dihadang Wales pada perempat final.

TOULOUSE – Langkah Belgia menuju gelar juara Piala Eropa 2016 termotivasi oleh kemenangan 4-0 atas Hungaria pada babak 16 besar di Stadium Municipal, Senin … Selengkapnya

Konsistensi Pada Rotasi

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LYON – Didier Deschamps membela tim seleksi terbarunya dan berniat untuk terus membuat rotasi setelah membawa Prancis ke perempat-final Piala Eropa 2016. “Les Bleus” harus berjuang untuk bangkit pada awal laga babak 16 besar di Lyon, Minggu (26/6). Mereka tertinggal … Selengkapnya

kupas

Masyarakat Bisa Layangkan Gugatan “Class Action” pada Pemerintah

Selasa 28/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Terungkapnya peredaran vaksin palsu belakangan ini menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Praktik pemalsuan vaksin ini dinilai merupakan buah dari kelalaian pemerintah dalam melakukan pengawasan, mengingat sudah terjadi sepanjang 13 tahun.

Untuk itu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bersedia memfasilitasi masyarakat untuk melayangkan gugatan class action agar memberi efek jera kepada pemerintah yang seharusnya bertanggungjawab atas peredaran vaksin palsu tersebut. Berikut wawancara dengan Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi :

Bagaimana tanggapan Anda terkait beredarnya vaksin palsu?

Terkuaknya peredaran vaksin palsu itu merupakan hal yang sangat tragis. Mengingat praktik pemalsuan itu sudah sangat lama, 13 tahun. Ini menunjukkan bahwa pengawasan oleh Kemenkes dan POM terhadap industri farmasi secara keseluruhan adalah lemah, bahkan teledor.

Seharusnya Kemenkes dan Badan POM lebih sensitif terhadap fenomena pemalsuan produk farmasi (obat-obatan) di Indonesia, yang juga sering terjadi. Mengapa produk vaksin yang juga merupakan produk farmasi tidak terdeteksi, sehingga bisa berlangsung selama 13 tahun.

Apa yang harus dilakukan pemerintah sekarang ini?

Pemerintah, terutama Kemenkes harus menjamin keamanan masyarakat dengan melakukan audit ulang di rumah sakit atau puskesmas. Harus dipastikan bahwa vaksin yang beredar tidak palsu.

Bahkan Kemenkes dan Badan POM seharusnya melakukan investigasi terhadap kemungkinan oknum rumah sakit/institusi kesehatan lain yang sengaja membiarkan atau bahkan bekerja sama dengan produsen vaksin palsu tersebut.

Siapa saja yang harus mendapat sanksi dalam kasus ini, mengingat pelaku tidak mungkin beraksi sendiri?

Kasus terkuaknya vaksin palsu tidak bisa dianggap main-main. Sebab dampak dari vaksin palsu bisa berjangka panjang dan fatal. Tidak cukup hanya pelakunya yang diberikan sanksi pidana. Namun pemerintah sebagai regulator juga harus bertanggungjawab dan dikenai sanksi.

Mengingat begitu lamanya praktik pemalsuan 13 tahun, dan sudah beredar ke seluruh Indonesia, Kemenkes dan Badan POM bisa dikatakan tidak menjalankan fungsinya, sesuai kapasitas yang dimilikinya.

Apalagi penggunaan vaksin tidak bisa langsung oleh masyarakat, tetapi melalui institusi dan tenaga kesehatan. Jadi jelas, institusi kesehatan mutlak untuk dimintai pertanggungjawaban karena telah memberikan vaksin palsu pada pasiennya.

Ini juga menunjukkan adanya pengadaan barang atau jasa yang tidak beres, tidak melalui proses tender yang benar, dan berpotensi adanya tindakan koruptif oleh pejabat pembuat komitmen di Kemenkes

Apa Langkah YLKI terkait kasus ini?

Terkait hal ini, YLKI mendorong dan mengajak masyarakat untuk melakukan gugatan class action yang ditujukan kepada Kemenkes, Badan POM dan institusi terkait lainnya. Khususnya bagi orang tua yang anaknya dilahirkan pada kisaran tahun 2004 ke atas.

Karena anak dengan kelahiran 2004 dan setelahnya, berpotensi menjadi korban vaksin palsu. YLKI siap memfasilitasi gugatan class action tersebut, guna memberikan pelajaran kepada pemerintah karena lalai tidak melakukan pengawasan, dan masyarakat menjadi korban akibat kelalaiannya itu.

Bnn Tembak di Tempat Pengedar Narkoba Setelah Revisi Uu

Senin 27/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, kejahatan narkoba adalah kejahatan luar biasa. Karenanya, Presiden meminta kepada aparat penegak hukum baik itu Polri, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) bersinergi untuk mengejar, menangkap dan menghajar para bandar narkoba tersebut agar generasi muda Indonesia … Selengkapnya

Pemilu Akan Lebih Efesien Jika Disatukan

Sabtu 25/6/2016 | 02:33
A   A   A   Pengaturan Font

Simplikasi paket Undang-Undang Politik, mendesak dilakukan. Paket UU Politik itu sendiri terdiri dari UU Pemilu Legislatif, UU Pemilihan Presiden, UU Partai Politik dan UU Pemilihan Kepala Daerah dan UU Penyelenggara Pemilu.

Saat ini, kesemua regulasi tentang pemilihan berdiri sendiri. Kerapkali, … Selengkapnya

“Kami Menambah Loket Penjualan dan E-Ticketing”

Jumat 24/6/2016 | 06:18
A   A   A   Pengaturan Font

Penumpukan penumpang yang biasa terjadi menjelang arus mudik dan balik saat pengendara ingin naik kapal penyeberangan diharapkan tidak terjadi lagi pada Lebaran kali ini.

Guna mewujudkan layanan penyeberangan yang aman, lancar, nyaman dan selamat sampai tujuan, PT ASDP Indonesia Ferry … Selengkapnya

berita lain

Tren Konsep Dekorasi Monokrom

Senin 27/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Warna monokromatik sekarang ini sedang banyak diminati oleh para pemilik rumah karena tampilannya yang terlihat simpel dan modern. Berikut ini informasi mengenai pro dan kontra warna monokromatik yang sedang menjadi tren dekorasi di kalangan pemilik rumah.

Kombinasi Warna Senada

Selengkapnya

Operator Gencar Kembangkan Aplikasi IoT

Selasa 28/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Era internet of things (IoT) akan menjadi layanan masa depan bagi operator telekomunikasi. Apa saja layanan dan fitur yang ditawarkan?

IoT menawarkan otomasi bagi segala jenis perangkat baik untuk sektor industri maupun rumah tangga, yang mampu menciptakan keamanan, kenyamanan, hemat … Selengkapnya

Jelang Lebaran ATM Tawarkan Diskon

Rabu 22/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski tidak banyak agen pemegang merek menggunakan masa menjelang Lebaran untuk menarik pembeli dan merebut simpati. Chevrolet misalnya melakukan program promo menarik bagi pembeli, sedangkan Tata menawarkan diskon suku cadang dan pemeriksaan dan penyetelan gratis.

Menyongsong hadirnya Hari Raya Idul … Selengkapnya