Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | May 2 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Panglima: Pembebasan 10 WNI Adalah Hasil Operasi Intelijen

Senin 2/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Proses pembebasan sendiri berlangsung sangat dinamis serta lancar, karena Yayasan Sukma menggunakan pendekatan pendidikan.

JAKARTA. – Sepuluh pelaut Indonesia yang diculik kelompok militan Abu Sayyaf dan disandera selama lima pekan akhirnya dibebaskan, Minggu (1/5).

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, keberhasilan pembebasan 10 warga negara Indonesia dari penyanderaan kelompok Abu Sayyaf ini tidak lepas dari operasi intelijen.

“Operasi total, baik formal maupun informal, di dalamnya ada TNI. Maka, TNI melakukan operasi-operasi juga koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, yaitu operasi intelijen,” ujar Gatot di Istana Bogor, Minggu.

Gatot berharap metode yang sama dapat membebaskan empat warga negara Indonesia yang masih disandera kelompok bersenjata.

“Saya mohon doa agar yang empat (WNI) bisa kita bebaskan dengan selamat. Kembali lagi, melakukan diplomasi total,” ujar Gatot.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan, keberhasilan membebaskan 10 WNI itu merupakan hasil dari diplomasi total, baik antarpemerintah, maupun diplomasi jaringan informal yang tidak bisa diungkapkan ke publik.

“Dari awal kami sampaikan semua komunikasi dan semua jaringan kami buka. Semua opsi juga kami buka, dengan satu tujuan, yaitu mengutamakan keselamatan 10 WNI dan syukur alhamdulilah, upaya ini berhasil,” ujar Retno.

Jadi Negosiator

Berbagai pihak mengaku ikut menjadi negosiator dalam pembebasan 10 WNI itu. Salah satunya adalah Yayasan Sukma.

Menurut Deputi Chairman Media Group Rerie L. Moerdijat, pembebasan 10 sandera WNI yang ditahan sejak 23 Maret lalu itu dilakukan sekitar pukul 12.15 waktu setempat, di Pantai Parang, Sulu, Mindano Selatan, Filipina.

Pembebasan sandera ini, kata Reirie, dilakukan atas kerja tim kemanusiaan Surya Paloh yang merupakan sinergi gabungan jaringan pendidikan Yayasan Sukma (Sekolah Sukma Bangsa di Aceh) dibawah Ahmad Baidowi, M.Ed dan DR.Samsul Rizall Panggabean, kelompok Media Group, Partai NasDem di bawah Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR Victor B. Laiskodat serta anggota DPR Fraksi Partai NasDem Mayjen (Purn) Supiadin.

“Usaha dan proses pembebasan dilakukan oleh tim kemanusiaan Surya Paloh sejak tanggal 23 April 2016. Negosiasi pembebasan sandera dilakukan jaringan Yayasan Sukma dengan melakukan dialog langsung dengan pihak tokoh masyarakat, LSM, lembaga kemanusian daerah Sulu yang memiliki akses langsung ke pihak Abu Sayyaf di bawah koordinasi langsung pemerintah Republik Indonesia,” tegas Rerie dalam rilisnya yang diterima Koran Jakarta, Minggu.

Proses pembebasan sendiri berlangsung sangat dinamis serta lancar, karena Yayasan Sukma menggunakan pendekatan pendidikan.

Jauh sebelumnya, Yayasan Sukma sudah menjalin kerja sama pendidikan dengan pemerintah otonomi Moro Selatan.

Berdasarkan keterangan reporter Metro TV Desi Fitriani yang mengikuti pembebasan sandera secara langsung, setelah sandera diserahkan kepada tim kemanusiaan Surya Paloh di Pantai Parang, setelah menunggu 4 jam, para sandera itu dibawa ke rumah Gubernur Zulu selama satu setengah jam, untuk proses verifikasi, makan serta ramah tamah.

Setelah itu, mereka langsung diterbangkan dari Zulu menuju Zambonga menggunakan dua helikopter jenis UH 1 H.

Kemudian pemerintah Filipina menyerahkan secara resmi para sandera itu kepada pihak Kedubes Indonesia di Malaysia dan perwakilan Partai Nasdem Victor b. Laiskodat.

Dari Zambong, 10 sandera itu dipulangkan ke Tanah Air, menggunakan pesawat khusus tim kemanusiaan Surya Palloh di bawah pimpinan Victor B Laiskodat, didampingi oleh pihak Kedutaan Besar Indonesia di Filipina minister conseler Edi Mulya, untuk kemudian diserahkan kepada pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri/Kementerian Luar Negeri di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Menurut rilis Yayasan Sukma itu, penculikan terhadap 10 sandera terjadi tanggal 27 April. Penculik dibawah pimpinan Tawing Umair ingin menculik bisnismen di Pulau Tawi Tawi, Filipina Selatan, namun gagal karena bisnismen tersebut mendapatkan pengawalan ketat.

Dalam perjalanan pulang dari Tawi Tawi ke arah utara berpapasan dengan kapal Indonesia Brahma 12. Akhirnya kapal berbendera Indonesia itu jadi sasaran kelompok ini.

“ABK yang disandera kemudiian dititipkan di tempat aman dibawah pimpinan Al Habsy, namun pemilik sanderanya tetap Tawing Umair. Tim kemanusian Surya paloh sejak awal sudah melakukan komunikasi intensif dengan tim Tawing dibawah koordinasi pemerintah Repubik Indonesia,” tegas Rerie.  fdl/ro/P-4

Abu Sayyaf Bebaskan 10 Awak Kapal Indonesia

Senin 2/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

MANILA. – Sepuluh pelaut Indonesia yang diculik kelompok militan Abu Sayyaf dan disandera selama lima pekan akhirnya dibebaskan, Minggu (1/5).

Kepala kepolisian Sulu, Inspektur Wilfredo Cayat, mengatakan 10 WNI itu dibebaskan pada siang hari.

“Beberapa orang tak dikenal mengantar ke-10 … Selengkapnya

DPR Bakal Bentuk Panja Menara BCA

Senin 2/5/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan membentuk panitia kerja (Panja) penyalahgunaan kontrak Superblok Grand Indonesia (BI), yakni pembangunan Menara BCA dan Apartemen Kempinski, yang diduga merugikan keuangan negara sekitar 1,29 triliun rupiah.

Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, mengatakan … Selengkapnya

Pengawasan Pemilu Diperkuat

Sabtu 30/4/2016 | 06:06
A   A   A   Pengaturan Font

Selama ini Badan Pengawas Pemilu tidak punya kewenangan dalam menangani sengketa administrasi Pemilu, karena itu upaya memperkuat badan ini disambut gembira.

Jakarta – Penggiat pemilu, mendukung usulan pemerintah dan DPR yang akan menambah kewenangan Badan Pengawas Pemilu. Usulan tersebut masuk … Selengkapnya

mondial

Pentingnya Pelatihan Jurnalisme Investigasi Bagi Awak Media

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

AMSTERDAM – Sebanyak 10 peserta dari berbagai negara mengikuti pelatihan investigasi jurnalistik yang diselenggarakan oleh RNTC, sebuah media training centre yang bermarkas di Kota Hilversum, Belanda. Pelatihan investigasi jurnalistik yang diselenggarakan pada 11 April hingga 22 April 2016 ini merupakan yang pertama diselenggarakan lembaga itu, menyusul semakin berkurangnya laporan-laporan investigasi dalam beberapa tahun terakhir.

“Jumlah wartawan yang melakukan pelaporan investigasi jumlahnya semakin berkurang,” kata Jonathan Groubert, salah satu pengajar untuk kelas investigative journalism, storytelling dan multi-media broadcasting RNTC, saat menutup program pelatihan, Jumat (22/4) di Hotel Llyod, Amsterdam, Belanda. “Inilah yang kemudian mendorong kami membuka kelas pelatihan baru, yakni jurnalisme investigasi,” imbuh dia.

Ke-10 peserta yang mengikuti pelatihan intensif ini berasal dari Indonesia, Somalia, Nigeria, India, Kenya dan Peru, dimana praktik-praktik korupsi dan kongkalikong di negara-negara tersebut cukup tinggi.

Pada bagian akhir dari pelatihan investigasi jurnalistik yang diselenggarakan oleh RNTC, diharapkan masing-masing peserta diminta untuk menyusun secara matang rencana laporan investigasi yang akan dieksekusi setibanya di tanah air masing-masing.

Pembekalan dan Praktik

Ternyata gagasan laporan investigasi yang muncul dari para peserta cukup beragam dan sesuai dengan kondisi negara masing-masing, mulai dari praktik korupsi di kalangan politisi, persengkongkolan jahat di sektor ekonomi hingga bidang kemanusiaan, termasuk perdagangan manusia. 

Sebelumnya, dua wartawan senior yang fokus menulis laporan-laporan investigasi dihadirkan untuk memberikan pembekalan kepada para peserta dan berbagi pengalaman dalam membuat laporan investigasi yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Pertama adalah Robert Chesal, yang merupakan mantan wartawan RNW di Belanda.

Salah satu laporan investigasi yang dibuat oleh Chesal adalah kasus pelecehan seksual anak-anak di Belanda. Keberanian dan ketekunannya ini membuatnya dianugerahi wartawan terbaik se-Belanda pada 2012.

Kedua, Mark Lee Hunter, wartawan investigasi yang telah menelusuri dan menulis lebih dari 100 laporan investigasi, termasuk kasus pembunuhan.

Selain mempelajari mendalam teknik-teknik jurnalisme investigasi, juga dihadirkan Mark Kramer, profesor Clinical Practice dalam Narrative Journalism dan dosen di jurusan jurnalistik Boston University. Kramer sangat piawai dalam membuat tulisan naratif (feature), dimana tulisan-tulisan jenis ini sering memenangkan penghargaan Pulitzer.

Pelatihan jurnalistik yang diberikan RNCT sudah berlangsung selama 45 tahun. Groubert menekankan, melalui pelatihan jurnalisme investigasi ini pihaknya berharap peserta bisa melakukan investigasi skandal-skandal terselubung dan mempublikasikan laporannya sekembalinya peserta ke negara masing-masing. Tentu saja, laporan tersebut harus berdasarkan data yang akurat dan sesuai dengan kode etik jurnalistik. Suci Sekar/I-1   

AS Diminta Tak Tempatkan Misil Penangkis di Korsel

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ketegangan di Semenanjung Korea semakin pelik setelah Washington dan Seoul membahas kemungkinan penempatan sistem misil penangkis terbaru di Korsel.

BEIJING – Pihak Tiongkok dan Russia meminta Amerika Serikat (AS) agar tak menempatkan sistem misil penangkis di Korea Selatan (Korut), setelah … Selengkapnya

Jalan Panjang Arab Saudi untuk Menggapai Reformasi

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah gebrakan bakal dilakukan oleh Wakil Putera Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. Pangeran muda ini menjanjikan terjadinya sebuah reformasi dalam tradisi-tradisi Kerajaan Saudi Arabia, menyusul anjloknya harga minyak.

Perubahan yang hendak dilakukan Pangeran Mohammed bukan hanya berdampak pada … Selengkapnya

Kapal Selam Nuklir Russia Dilalap Api

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MOSKWA – Sebuah kapal selam nuklir Russia yang telah dipensiunkan dan tengah ditambatkan di galangan militer milik Angkatan Laut (AL) Russia di Vilyuchinsk, Semenanjung Kamchatka, pada Jumat (29/4) dilaporkan telah dilalap api.

“Kebakaran terjadi di bagian buritan kapal selam Krasnoyarsk … Selengkapnya

ekonomi

Kemudahan Berbisnis Mesti Diimbangi Kepastian Hukum

Senin 2/5/2016 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font

Paket kemudahan berbisnis terbaru dinilai relevan dan konkret.
Selain mempermudah perizinan, daya saing produk RI juga perlu ditingkatkan.

JAKARTA. – Sejumlah kalangan menilai Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XII relevan dengan kebutuhan untuk memperbaiki performa ekonomi nasional.

Selain itu, dalam paket kebijakan yang antara lain bertujuan memperbaiki peringkat kemudahan berbisnis (ease of doing business/EoDB) Indonesia tersebut juga dipandang lebih konkret karena secara langsung merekapitulasi berbagai perubahan yang fokus untuk memperbaiki peringkat EoDB Indonesia dari posisi 109 menjadi posisi 40.

Ekonom Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Achmad Akbar Susamto, mengatakan problem utama sistem kenegaraan RI saat ini adalah tidak tersambungnya rencana dengan praktik, UU dengan pelaksanaan, dan kebijakan dengan implementasi birokrasi.

Hampir semua konsep di atas kertas bagus, implementasinya ternyata sangat buruk bahkan dikorupsi.

“Kebijakan ekonomi XII itu bagus karena memotong banyak aturan sebelumnya, yang dibuat justru untuk memperumit situasi agar memunculkan potensi suap,” papar dia saat dihubungi, Minggu (1/5).

Menurut Achmad, peringkat kemudahan bisnis sangat penting bagi keyakinan investor untuk menanamkan modal. Kemudahan bisnis bukanlah kemudahan di atas kertas namun kemudahan dalam praktik di lapangan.

Untuk itu, dia menyayangkan masih banyaknya kongkalikong hukum, padahal kepastian hukum adalah landasan utama dari kemudahan bisnis.

Tanpa kepastian hukum, kemudahan dalam membuat bisnis baru hanya akan menyisakan masalah di kemudian hari yang justru menjadi jebakan besar dalam upaya tinggal landas ekonomi.

“Jadi hukum dan birokrasi harus diperbaiki berbarengan. Tidak bisa hanya salah satu yang diperbaiki,” tukas Achmad.

Pekan lalu, Presiden Joko Widodo mengumumkan Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XII. Setidaknya terdapat 10 poin dalam paket kebijakan tersebut yang fokus untuk memperbaiki peringkat kemudahan berbisnis EoDB Indonesia, yang saat ini berada di peringkat 109.

Jokowi mengatakan pemerintah menargetkan bisa memperbaiki peringkat kemudahan berbisnis di Indonesia dari peringkat 109 menjadi peringkat 40. Paket kebijakan ini diharapkan dapat memberi dampak positif bagi kemudahan berbisnis di Tanah Air.

“Kami harapkan memberi dampak signifikan bagi perbaikan kemudahan berusaha. Yang akan diterapkan di seluruh pemerintah pusat dan daerah,” kata Presiden, Kamis (28/4).

Dari 10 poin itu dapat disimpulkan prosedur yang harus dilakukan untuk membuka usaha dari sebelumnya 94 prosedur menjadi 49 prosedur. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pendirian usaha dari 1.566 hari menjadi 132 hari. Adapun izin yang sebelumnya sembilan izin, kini hanya enam izin.

Iklim Usaha

Sementara itu, pengamat ekonomi dari Universitas Brawijaya Malang, Candra Fajri Ananda, mengatakan paket kebijakan kemudahan berbisnis terbaru itu dapat mendorong dan memperbaiki iklim usaha di Indonesia.

“Paket terakhir dari Presiden Jokowi sebenarnya lebih menitik beratkan pada semangat membangun sektor riil,” jelas dia.

Candra menambahkan pembenahan sektor moneter, investasi, dan perizinan menunjukkan Presiden yakin arus modal masuk atau capital inflow akan meningkat seiring dengan implementasi kebijakan tax amnesty dan upaya menurunkan tingkat bunga terutama bunga kredit hingga menjadi single digit akhir tahun ini.“Saya yakin, ini memang kebijakan yang diperlukan Indonesia.

Selain itu, juga perlu diikuti oleh kebijakan pemerintah daerah untuk membuat kebijakan yang senafas dengan pemerintah pusat,” ujar dia.

Sedangkan Ekonom Unpad, Ina Primiana, berpendapat selain persoalan perizinan yang mesti diperbaiki, terpenting lagi adalah daya saing produk Indonesia masih kalah jauh.

Hal ini bisa mengakibatkan Indonesia hanya menjadi negara tujuan ekspor dari negara lain. “Terkait dengan supply chain kita yang relatif kecil, hanya bisa mencapai 0,8 persen, jadi daya saing kita sangat rendah,” kata Ina. YK/SB/ers/WP

Calon Pengantin Padati Wedding Expo 2016

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Calon pengantin dan keluarga memadati acara Pengantin Expo International & Traditional Wedding Market Festival 2016 di Main Lobby, Assembly dan Plenary Hall Jakarta Convention Center, Jakarta. Pameran yang berlangsung sejak 29 April hingga 1 Mei 2016 ini menjadi … Selengkapnya

Tindak Tegas Bank yang Abaikan Peran Intermediasi

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Sejumlah bank belum merealisasikan fungsi intermediasi, terutama untuk membiayai berbagai sektor prioritas pemerintah dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi.

 JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menengarai ada sejumlah bank yang tidak menjalankan fungsi utamanya, yakni intermediasi atau menyalurkan pembiayaan kembali ke … Selengkapnya

KAI Siapkan Kereta Tambahan Mudik 2016

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah perjalanan kereta api (KA) khusus untuk angkutan Lebaran 2016. Tambahan tiket Lebaran itu bisa dipesan tanggal 30 April 2016 mulai pukul 00.00 WIB.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Zunerfin mengatakan … Selengkapnya

rona

Perpanjang Usia dengan Kurangi Durasi Duduk

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Duduk terlalu lama – dalam durasi tertentu – ternyata sangat berbahaya bagi tubuh. Jadi, memperbanyak berdiri memungkinkan tubuh bergerak sehingga kalori banyak yang terbakar.

Meluangkan waktu untuk istirahat secara teratur di tempat kerja tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga baik untuk produktivitas. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa mengurangi durasi duduk di tempat kerja selama 71 menit per hari ternyata memiliki efek positif dalam jangka panjang, yang dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Ini dikarenakan, studi tersebut menemukan bahwa meluangkan waktu istirahat dengan cara mengurangi waktu duduk di tempat kerja dapat membantu Anda memangkas lemak tubuh, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes dan kematian dini.

Hasil studi yang ditindaklanjuti selama tiga bulan menunjukkan penurunan dari 0,61 persen lemak tubuh pada peserta studi.

Penurunan lemak tubuh ini, kata para peneliti, sebagai akibat dari durasi duduk yang dikurangi 71 menit selama jam kerja setelah satu bulan.

Kesimpulan ini didapat setelah para peneliti dari Pusat Penelitian Nasional untuk Pencegahan dan Kesehatan, University of Southern Denmark dan University of Sydney melakukan intervensi berbasis kerja multi-komponen untuk mengurangi durasi duduk.

Tim ini menganalisa 317 pekerja kantor di 19 kantor di seluruh Denmark dan Greenland secara acak dimasukkan ke dalam intervensi atau kelompok kontrol.

Intervensi termasuk perubahan lingkungan kantor, kuliah, dan lokakarya, di mana pekerja didorong untuk menggunakan meja tanpa kursi.

Setelah tiga bulan, peneliti menemukan bahwa peserta dalam kelompok intervensi yang mengurangi durasi duduk, lemak tubuhnya berkurang hingga setengah dari sebelumnya ketimbang kelompok yang tidak mengurangi durasi duduk.

Kondisi tersebut menunjukkan bahwa semakin banyak orang berdiri, maka kemungkinan untuk bergerak pun semakin banyak. Dengan begitu kalori yang terbakar pun semakin banyak pula. Studi ini telah dipublikasikan dalam International Journal of Epidemiology. Rtr/R-1

o-OFFICE-WORKOUT-facebook (1)

Tingkatkan Aktivitas Fisik

Duduk merupakan kegiatan rutin yang sering dilakukan oleh semua orang di semua lapisan umur. Banyak waktu telah dihabiskan pada kegiatan yang satu ini. Berbagai faktor yang menjadi penyebabnya.

Bagi pekerja kantoran, banyak pekerjaan yang harus mereka selesaikan dengan hanya duduk di ruang kerja. Begitupun bagi yang hobi berinternet, duduk selama berjam-jam pun tidak akan pernah mereka sadari.

Padahal, ada fakta mengejutkan bahwa terlalu lama duduk pada aktivitas harian akan membahayakan kesehatan tubuh dan mengundang berbagai penyakit mematikan.

Menurut the Diabetes Group at the University of Leicester, terkuak fakta bahwa seseorang yang banyak menghabiskan waktunya dengan duduk terlalu lama akan memiliki risiko besar terserang penyakit diabetes, jantung dan memperpendek usia.

Para peneliti tersebut menyarankan untuk meningkatkan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan untuk mengurangi atau menghilangkan berbagai efek buruk dari terlalu lama duduk tersebut.

Menurut Prof Stuart Biddle dari Loughborough University, mereka yang pergi ke tempat gym setelah seharian duduk memiliki kesehatan tubuh yang lebih baik daripada mereka yang langsung menonton televisi setelah seharian duduk dalam pekerjaannya.

Kehidupan yang serba mudah di era digital memang berdampak positif dalam hal mempercepat semua pekerjaan seseorang. Namun, tidak berdampak positif pada peningkatan kualitas kesehatan pada tubuh. Ini dikarenakan, rutinitas yang kita lakukan banyak dilakukan di depan komputer maupun laptop yang mengharuskan seseorang untuk duduk dalam waktu yang relatif lama.

Berbagai solusi dapat kita lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan berbagai dampak buruk akibat terlalu lama duduk tersebut.

o-OFFICE-WORKOUT-facebook1. Rutin berolahraga pagi selama 30 menit merupakan tips untuk menyehatkan seluruh anggota tubuh dan persendian anda. Anda dapat memulainya dengan berjalan santai, berlari pelan, bersepeda atau bahkan berenang.

2. Bagi pekerja kantoran, usahakan untuk memberikan jeda beberapa menit saat beraktivitas selama kurang lebih setengah jam. Dengan melakukan aktivitas jalan di tempat atau berjalan-jalan sebentar keluar ruangan kerja Anda.

3. Bagi peselancar dunia maya atau yang hobi berinternet, maka berikan istirahat pada organ mata dan berjalanlah keluar ruangan selama beberapa menit setelah duduk selama 30 menit di depan layar komputer atau laptop.

4. Terlalu lama menonton televisi akan memaksa seseorang untuk duduk dalam durasi waktu lama. Oleh karena itu, segera matikan televisi saat jam tidur malam telah tiba, atau batasi untuk menonton acara televisi untuk hidup yang lebih sehat. Rtr/R-1

Pengaruhi Harapan Hidup

Sebuah studi mengungkapkan bahwa duduk kurang dari tiga jam setiap hari dapat meningkatkan harapan hidup dua tahun lebih panjang. Duduk dianggap sebagai indikator minimnya gerak atau aktivitas tubuh yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan jangka panjang.

Dikutip ABC News, studi tersebut bahkan menyebut membiarkan bokong melekat di tempat duduk terlalu lama setiap hari akan mengurangi harapan hidup. Tak peduli dengan intensitas dan rutinitas olahraga, serta banyaknya sayuran yang Anda konsumsi.

Peter T Katzmarzyk, penulis studi dari Pennington Biomedical Research Center, di Louisiana, mengatakan bahwa kebiasaan duduk dalam jangka waktu lama setiap hari sama bahayanya dengan merokok.

Menurut Katzmarzyk, hasil analisis menunjukkan bahwa duduk terlalu lama membuat sejumlah otot tidak aktif. Sementara itu, aktivitas berdiri mampu mengaktifkan otot-otot, yang dapat membantu tubuh mengelola gula darah dan metabolisme kolesterol.

“Pada akhirnya, mengurangi durasi duduk menjadi salah upaya untuk mengurangi risiko penyakit jantung,”

Katzmarzyk menambahkan, seperti dilansir Times of India. Katzmarzyk memberi sejumlah solusi untuk mengurangi durasi duduk. Jika Anda seorang pekerja kantor yang menghabiskan banyak waktu dibelakang meja, usahakan lebih sering berjalan. Entah itu ke toilet, pantry, atau mengambil dokumen. Saat menonton televisi di rumah, juga sebaiknya terbiasa meninggalkan sofa sebentar saat iklan muncul.

Analisisnya juga menemukan bahwa membatasi waktu duduk di sofa kurang dari dua jam saat menonton televisi dapat memperpanjang harapan hidup 1,4 tahun.  Rtr/R-1

Exercise-Busy-Professionals

Dua Mantu Sby Kompak Gelar Kegiatan Amal

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dua menantu Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Annisa Agus Harimurti Yudhoyono dan Aliya Baskoro Yudhoyono menunjukan kekompakannya. Keduanya mengadakan acara amal untuk membantu pendidikan anak-anak yang kurang mampu.

Melalui Yayasan Tungga Dewi, baik Annisa dan Aliya menggelar Charity … Selengkapnya

Ungu: Single Baru Tanpa Pasha

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Akhirnya grup band Ungu memutuskan tetap berjalan tanpa kehadiran Pasha, sang vokalis. Salah satu pentolan Ungu, Enda secara tegas menyatakan Ungu akan berkarier tanpa Pasha. Momen melepaskan Pasha itu pun sudah pula diumumkan langsung saat live di SCTV Awards 2016, … Selengkapnya

Reza Rahadian Masuk Nominasi Aktor Utama Terbaik IMA 2016

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Reza Rahadian masuk sangat dalam jajaran nominasi Aktor Terbaik. Tak hanya satu kategori, di ajang Indonesian Actors Movie Awards (IMA Award) 2016, lewat film Guru Bangsa: HOS Tjokroaminoto, Reza menempatkan dirinya dalam dua nominasi kategori, yakni Pemeran … Selengkapnya

megapolitan

Angkot Mogok, Kota Bogor Kerahkan Bus Angkut Warga

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat mengerahkan sejumlah unit bus dan truk untuk membantu warga yang tidak terlayani angkutan umum karena adanya angkot yang mogok beroperasi.

“Jumat pagi sejumlah trayek angkot tidak beroperasi. Pemkot kerahkan semua unit bus Transpakuan dan truk Satpol PP untuk membantu penumpang,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, melalui pesan singkatnya, Jumat (29/4).

Bima mengatakan, bantuan unit bus dan truk juga melibatkan kendaraan operasional dari Polres Bogor, Kodim 0606 dan Yonif 315 serta bantuan armada pengangkutan lainnya. “InshaaAllah Muspida terus berkoordinasi untuk keamanan dan kenyamanan warga,” kata Bima.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Bogor, Encep Ali Alhamidi menyebutkan ada sekitar 20 unit bus Transpakuan yang dikerahkan untuk mengakomodir warga yang tidak terlayani akibat adanya mogok supir angkot. “Untuk armada lainnya masih kami data berapa unit yang dikerahkan, kami masih menunggu koordinasi,” kata Encep. Ant/P-5

Jelang Puasa, Harga Daging Sapi Diprediksi Rp140 Ribu

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Bulan Ramadhan yang jatuh pada Juni mendatang, harga daging sapi di Jakarta dan sekitarnya diprediksi melonjak. Kebutuhan meningkat, pasokan yang terbatas membuat harga daging sapi melambung tinggi.

Ketua Komite Daging Sapi Jakarta Raya, Sarman Simanjorang mengatakan pasokan sapi … Selengkapnya

DKI Lantik 151 Pejabat

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)  melantik 151 pejabat eselon 3 dan eselon 4, serta Kepala Kantor Regional V Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Pada kesempatan ini juga ada 24 pejabat yang didemosi atau turun dicopot dari jabatannya.

Selengkapnya

PNS Fiktif Diminta Kembalikan Gaji

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta gaji yang telah diterima pegawai negeri sipil (PNS) fiktif segera dikembalikan. PNS fiktif ini ditemukan setelah adanya penyesuaian sistem dimana setiap PNS harus mendaftar dan melakukan pemutakhiran data secara elektronik … Selengkapnya

olahraga

Rio Mulai Fokus di Seri Eropa

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Di Sirkuit Sochi, Rio pernah menempati posisi runner up kala masih tampil di GP2 musim lalu.

SOCHI – Pebalap Manor Racing Rio Haryanto selalu menyempatkan diri pulang ke Indonesia usai melakoni balapannya di tiga seri Formula 1 2016 karena alasan iklim yang bagus untuk mengasah kemampuannya menunggangi MRT05. Tapi, usai Grand Prix Rusia, Rio bakal lebih banyak tinggal di Spanyol yang jadi rumah kedua baginya.

Dijelaskan Rio, balapan-balapan di Asia membuat perjalanan untuk pulang ke Indonesia menjadi cukup mudah. Tapi, memasuki seri Eropa yang dimulai di Sirkuit Sochi, Rusia 1 Mei mendatang dirinya akan mengurangi perjalanan pulangnya ke Indonesia.

“Di bagian awal musim, saya memiliki jadwal yang sibuk dari penampilan dengan sponsor dan acara bersama penggemar, di mana saya merasa senang. Saya menunggu lama untuk momen ini jadi setidaknya yang bisa saya lakukan adalah membalas kembali dukungan dari negara asal, yang sangat luar biasa,” kata Rio dalam rilisnya.

“Iklimnya pun sangat bagus untuk latihan. Panas dan kelembaban berarti saya mendorong diri saya hingga batas tertinggi, lebih dari sebelumnya. Setelah Rusia, saya akan sedikit lebih banyak tinggal di Spanyol, yang terasa seperti rumah kedua bagi saya dan pelatih saya juga dari Spanyol,” imbuhnya.

Di Sirkuit Sochi, Rio pernah menempati posisi runner up kala masih tampil di GP2 musim lalu. Praktis, hasil tersebut membuat pebalap 23 tahun asal Solo itu kian optimistis untuk meraih hasil positif pada penampilannya kali ini di Formula 1.

Bahkan, seharusnya Rio meraih kemenangan keempatnya di GP2 musim lalu usai mengambil alih pemimpin balapan pada putaran terakhir. Namun, dirinya dinilai menyalip dalam kondisi safety car yang membahayakan pebalap lainnya.

Saat ini, Rio mengaku masih terus mempelajari strategi balapannya untuk mendapatkan hasil terbaik, termasuk cara untuk bisa mendapatkan pit stop terbaiknya. Itu perlu dilakukan mengingat dirinya adalah rookie di arena balap “jet darat” itu.

Race Director Manor Racing, Dave Ryan mengatakan, dimulainya seri Eropa di Sochi membuat tuntutan logistik tim jadi semakin mudah. Tingkat degradasi ban di trek ini pun dianggap Ryan tidak separah tiga sirkuit sebelumnya, yakni Melbourne, Bahrain dan Tiongkok.

Ryan juga menyebut timnya telah memiliki banyak data dari dua kesempatan tim ikut tampil di Sirkuit Sochi yang berjarak 5,848 km dan memiliki 19 tikungan itu. Tempratur udara yang lebih rendah ditambah kemungkinan hujan yang mewarnai balapan diprediksi bakal membuat jalannya balapan bakal berbeda.

“Sirkuit ini sangat menarik, mengalir cepat, trek medium-high downforce yang merupakan kombinasi dari jalan raya dan sirkuit permanen. Cukup menantang secara teknis, dengan beberapa karakteristik yang patut diperhatikan, khususnya tikungan krtiga, ke kanan dengan apex lebih dari satu dan sejumlah tikungan off-camber. Kami tidak sabar untuk segera menghadapinya,” jelas Ryan.

Rosberg Tercepat

Sementara itu, pada sesi latihan bebas pertama di Sochi Autodrom, Rusia, pebalap Mercedes Nico Rosberg menjadi yang tercepat di lap usai membukukkan waktu satu menit 38,127 detik. Rekan satu timnya, Lewis Hamilton menempati posisi kedua lewat 1 menit 38.849 detik dan Sebastian Vettel di urutan ketiga dengan catatan waktu 1 menit 39.175 detik.

Sedangkan Rio hanya mencicipi latihan pertamanya di Sochi dalam waktu 10 menit. Dia menempati urutan ke-21 dengan catatan waktu tercepat di lap satu menit 42,687 detik, di mana Pascal Wehrlein, rekan satu timnya mencatatkan waktu 1 menit 42,483 detik untuk berada di urutan 20.

Rio memang tak mampu memaksimalkan latihan perdananya di Sochi musim ini karena ada masalah di steering rack mobil MRT05 yang ditungganginya. Hal itu membuat dirinya kehilangan banyak waktu untuk latihan.

Untungnya, perbaikan itu selesai sebelum waktu latihan habis. Rio pun turun ke lintasan dalam sekitar 10 menit terakhir dan melahap delapan lap. Catatan waktu terbaik Rio adalah 1 menit 42,687 detik dan menempatkannya di posisi ke-21. Rekan setimnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein, berada di posisi 20 dengan catatan waktu 1 menit 42,483 detik.  baz/S-1

Samator Menangi Laga Pertama di 4 Besar

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Tim raksasa voli asal Surabaya, Samator menang pada laga perdananya di babak final four Pertamina Proliga 2016. Tim besutan Ibarsjah Danu itu unggul 3-2 (29-27, 18-25, 22-25, 25-21, 15-12) atas tim Ibukota, Jakarta BNI Taplus di GOR C-Tra … Selengkapnya

Liverpool Kalah

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Pemain Villarreal Adrian Lopez menyarangkan gol penentu kemenangan pada fase akhir pertandingan untuk membawa timnya menang 1-0 atas tamunya Liverpool, sekaligus mendekatkan mereka ke final Eropa pertamanya dalam pertandingan leg pertama empat besar Liga Europa, di Stadion El … Selengkapnya

Tontowi/Liliyana ke Semifinal

Sabtu 30/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

WUHAN – Sukses menjejakkan kaki ke semifinal Badminton Asia Championships 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mengaku semakin percaya diri untuk menghadapi lawan berikutnya. Adalah pasangan Korea, Shin Baek Cheol/Chae Yoo Jung, yang akan mereka hadapi di empat besar, Minggu (30/4).

Ini … Selengkapnya

kupas

Izin Kerja Ada Tapi Disalahgunakan

Sabtu 30/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lima Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok ditangkap karena melakukan pengeboran tanah untuk proyek kereta cepat tanpa izin di wilayah Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara.

Pemeriksaan terkait izin kerja lima TKA pekerja kereta cepat tersebut kemudian dilakukan. Hasilnya, ternyata empat dari lima TKA yang melakukan kegiatan ilegal tersebut sebenarnya memiliki IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing). Hanya saja, IMTA yang mereka kantongi telah disalahgunakan. Selain itu, keberadaan mereka di Tanah Air juga tanpa koordinasi dengan pihak terkait Berikut wawancara Koran Jakart dengan Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, tentang penanangan TKA asal Tiongkok tersebut.

Apa saja temuan dari hasil pemeriksaan terhadap ke-5 TKA asal Tiongkok yang ditangkap aparat TNI AU di Halim Perdanakusuma? Setelah dicek di data Direktorat Pengendalian dan Penggunaan Tenaga Kerja Asing (PPTKA) Kemnaker dan setelah di-cross check dengan data perlintasan di Direktorat Imigrasi Kemenkumham ditemukan fakta bahwa dari lima orang pekerja asing asal Tiongkok itu hanya satu yang tidak memiliki Izin kerja IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing).

Berarti, dari sisi kepemilikan izin kerja, hanya satu orang jelas-jelas melanggar karena bekerja tanpa izin kerja. Namun, dari empat orang pekerja asing yang memegang izin kerja itu pun hanya memiliki izin kerja jangka pendek (6 bulan) dengan jabatan dua orang technical engineer, satu orang finance manager, dan satu orang lainnya sebagai research and development manager. Dalam hal jabatan ini tidak masalah karena memenuhi ketentuan yang ada.

Apakah IMTA mereka sesuai dengan pelaksanaannya? Setelah dikroscek antara fakta di lapangan dan hasil pemeriksaan pihak Imigrasi Jakarta Timur, ditemukan bahwa empat orang tersebut memiliki IMTA atas nama PT Teka Mining Resources (TMR).

Artinya, PT TMR itulah pengguna sah dari keempat pekerja asing tersebut. Ternyata dari hasil pemeriksaan Imigrasi, keempat orang tersebut di lapangan bekerja atas nama PT. GCM (Geo Central Mining). Dalam hal ini berarti ada pelanggaran dalam pelaksanaan IMTA terkait dengan perubahan perusahaan pengguna. Ini merupakan penyalahgunaan izin kerja (IMTA).

Selain ketidaksesuaian nama perusahaan, ada temuan pelanggaran apa lagi? Setelah dikroscek data jabatan di izin kerja (IMTA) dengan aktivitas pekerjaan di lapangan sesuai hasil pemeriksaan Imigrasi dan Otoritas Pangkalan Udara Halim, ternyata berbeda juga. Menurut izin kerjanya, keempat pekerja asing tersebut berposisi 2 orang sebagai, satu orang manajer keuangan dan satu orang sebagai research and development manager.

Tetapi di lapangan mereka melakukan aktivitas pekerjaan yang berbeda. Ini berarti ada penyalahgunaan izin kerja terkait jabatan atau pekerjaan juga. Khusus terkait dengan aktivitas ilegal mereka di kawasan Halim Perdanakusuma tentunya menjadi ranah dari otoritas yang bandara.

Sanksi terhadap perusahaan yang mempekerjakan mereka apa? Dengan temuan-temuan tersebut, maka Kemnaker mengambil beberapa langkah. Pertama, PT TMR dan PT GCM diblokir sementara dari sistem pelayanan TKA online di Direktorat PPTKA Kemnaker. Kedua, PT TMR dan PT GCM dipanggil untuk klarifikasi.

Kami juga akan menurunkan pengawas ketenagakerjaan ke lapangan untuk berkoordinasi dengan Imigrasi, otoritas Pangkalan Udara Halim, dan instansi terkait guna pemeriksaan kasus. Kemudian melakukan pendalaman pemeriksaan kepada para pekerja asing yang melanggar, lalu penegakan hukum sesuai ketentuan yang ada.

Sanksi yang dijatuhkan terhadap para TKA ilegal tersebut? Jika mereka melakukan pelanggaran ya harus ditindak sesuai ketentuan yang ada, termasuk pencabutan IMTA dan memudikkan pekerja asing yang melanggar ke kampung asalnya.

Warga negara asing sebenarnya boleh bekerja di Indonesia sepanjang memenuhi syarat, baik terkait izin tinggal dari Imigrasi, izin kerja, syarat kompetensi, jabatan yang diduduki dan lain-lain termasuk membayar levy (retribusi) melalui bank dan langsung ke kas negara. Selama orang asing bekerja di Indonesia mengantongi izin dan di lapangan bekerja sesuai dengan izin tinggal maupun izin kerja yang diterbitkan. citra larasati/AR-2

“Feedloter” dengan Sengaja Menahan Stok

Kamis 28/4/2016 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah menjatuhkan sanksi senilai 106 miliar rupiah kepada 32 perusahaan penggemukan sapi atau feedloter.

Hukuman itu diberikan karena feedloter tersebut menahan pasokan yang memicu terjadinya kenakan harga daging sapi di wilayah Jabodetabek. Akibatnya, daya beli … Selengkapnya

AKP Ichwan Lubis Diancam Pasal Pencucian Uang

Rabu 27/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ichwan Lubis (IL) ditangkap anggota BNN (Badan Narkotika Nasional) dengan dugaan menerima dana hasil kejahatan narkoba sebesar 2,3 miliar rupiah dari bandar narkoba.

Uang hasil kejahatan narkoba itu diduga diberikan agar bandar narkoba yang saat itu … Selengkapnya

Perbanyak Bendung Kecil Agar Tercipta Ekosistem Air Baru

Selasa 26/4/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang cenderung memilih reklamasi Teluk Jakarta sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat luapan laut atau rob dinilai kurang tepat.

Jakarta, yang selama ini berada di daerah rendah, seharusnya mengembangkan wilayah terbuka hijau dan daerah … Selengkapnya

berita lain

Desain Dapur Minimalis

Senin 25/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah dapur minimimalis sekarang ini menjadi salah satu desain favorit bagi keluarga kecil yang sangat menyukai sesuatu yang sederhana. Bagaiamana mendesain dapur berkonsep minimalis?

Dapur minimalis sangat cocok untuk rumah yang tidak terlalu besar dan hanya memiliki ruangan yang terbatas. … Selengkapnya

Layanan Video “Streaming” Banting Harga

Kamis 28/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Banyak hadirnya penyedia konten video berbayar cukup menguntungkan bagi pelanggan. Kompetisi yang sengit diantara mereka membuat pelanggan mendapatkan harga murah, dengan beragam kualitas.

Setelah konten video berbayar Netflix sempat tampil, belakangan ini muncul Tribe, Hooq, dan juga Iflix. Tribe misalnya … Selengkapnya

Beijing Auto Show 2016 Memburu Pasar Raksasa

Rabu 27/4/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tiongkok saat ini menjadi salah satu kiblat industri otomotif di Asia setelah Jepang. Pada 2014 misalnya sebanyak 23,48 juta mobil terjual di Tiongkok. Kini pameran mobil Beijing Auto Show 2016 menjadi yang paling ditunggu. Produk apa saja yang diluncurkan?

Sebagai … Selengkapnya