Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | February 25 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Alihkan Cicilan Utang untuk Stimulus Sektor Riil

Selasa 25/2/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
Seandainya anggaran negara tidak habis untuk membayar utang, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan jauh lebih tinggi. Seandainya anggaran negara tidak habis untuk membayar utang, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan jauh lebih tinggi.   JAKARTA – Beban biaya pembayaran pokok dan bunga...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Pembahasan RUU KUHP

Selasa 25/2/2020 | 09:30
A   A   A   Pengaturan Font

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (tengah) mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (24/2). Rapat tersebut membahas tentang rencana kerja tahun 2020, pelaksanaan revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan dan tindak lanjut pembahasan RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan.

Tampilkan Semua

Fungsi Pengurus DPC dan DPAC Harus Ditingkatkan

Selasa 25/2/2020 | 09:30
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk mendorong pendidikan politik di Tanah Air, semua pihak harus mendorong dilakukannya peningkatan fungsi para pengurus partai di daerah.   JAKARTA - Fungsi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) pada...
Selengkapnya

MKD Dituntut Susun Kebijakan Berkebudayaan

Selasa 25/2/2020 | 09:28
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dituntut menyusun langkah dan arah baru kebijakan yang dapat menghadirkan lembaga perwakilan yang berkeadaban dan berkebudayaan. Tuntutan tersebut ada karena MKD mendapatkan penambahan fungsi dan...
Selengkapnya

Pilkada Serentak Harus Dilakukan Partisipatif

Selasa 25/2/2020 | 09:26
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Demokrasi yang baik mensyaratkan partisipasi publik. Untuk itu dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 harus bisa menarik banyak warga ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi tersebut, baik sebagai pemilih,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

30% Dana Bantuan Negara Diusulkan untuk Perempuan

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk bisa menyiapkan calon pemimpin bangsa yang berintegritas, khususnya dari kalangan perempuan maka partai harus anggarkan dana khusus kederisasi kaum hawa.

JAKARTA - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengusulkan 30 persen dana negara untuk par­tai politik dialokasikan untuk kaderisasi perempuan. Hal itu disampaikan karena selama ini partai mengeluh kesulitan mencari kader perempuan un­tuk dicalonkan dalam pemilih­an legislatif.

“Ada ketentuan pencalonan 30 persen dalam pemilu legis­latif (Pileg). Maka dari itu, sa­lah satu caranya adalah men­dorong alokasi 30 persen dari dana negara digunakan untuk kaderisasi perempuan,” kata peneliti Perludem, Khairunni­sa Nur Agustyati kepada Koran Jakarta, Minggu (23/2).

Untuk itu, tambah Khairun­nisa, partai pun bisa memak­simalkan sayap partai perem­puan sebagai sarana kaderisasi perempuan. Dengan begitu ke depan akan banyak muncul ca­lon pemimpim yang berintegri­tas dari jajaran internal Parpol.

Syarat Jadi Caleg

Secara khusus Khairunnisa menggarisbawahi perlunya diwujudkan demokratisasi di internal partai. Hal ini sebagai bagian dari membentuk sistem integritas partai. Dia mencon­tohkan soal syarat menjadi ca­lon anggota legislatif (Caleg). Misalnya yang mau dicalonkan sebagai Caleg, haruslah orang yang sudah menjadi kader minimal dua tahun sebelum Pemilu.

Perludem, tambah Khai­runnisa, juga mendorong sya­rat pembentukan partai politik dipermudah. Saat ini syarat pembentukan partai politik di­nilai sulit. Hal itu disebabkan biaya yang dikeluarkan mahal, Maka yang dapat mendirikan partai adalah para pemodal.

Khairunnisa menjelaskan lebih rinci. Dalam mendirikan partai harus memiliki kantor di seluruh wilayah Indonesia yaitu 100 persen di seluruh provinsi, 75 persen di kabupa­ten/kota, dan 50 persen di ke­camatan. Maka dari itu, partai tidak bisa muncul dari bawah.

“Kami mendorong agar sya­ratnya dipermudah, misalnya dengan menunjukkan dukung­an sejumlah harga satu kursi di wilayah tersebut. Kalau dia bisa menunjukkan hal tersebut maka bisa mendirikan partai, dan partai bisa muncul dari lo­kal,” jelas Khairunnisa.

Usulan lainnya, sambung Khairunnisa, yaitu terkait dis­intensif kepada partai politik. Jadi, jika Parpol yang sudah mendapatkan dana negara, te­tapi tidak dapat melaporkan­nya secara transparan maka akan dikenai disintensif.

“Disintensifnya adalah de­ngan mengurangi dana negara untuk partai tersebut di tahun berikutnya atau bahkan tidak mendapatkan dana negara sama sekali,” tukas Khairunnisa.

Sebelumnya, pengamat po­litik dari Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi mengatakan bantuan dana negara untuk Parpol harus diaudit dengan baik. Hal itu menjadi kon­sekuensi Parpol sebagai pene­rima Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) se­hingga penggunaannya harus terikat dengan prinsip penggu­naan keuangan negara.

“Dengan demikian soal Par­pol menerima sumber dana dari APBN itu bisa dipertang­gungjawabkan,” kata Ade.

n dis/N-3

Tampilkan Semua

Panwas Pilkada Soppeng Dilindungi Asuransi

Jumat 7/2/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR - Panitia pengawas (Panwas) pemilihan ke­pala daerah (Pilkada) Kabupaten Soppeng mendapat per­lindungan asuransi dari Badan Penyelenggara Jaminan So­sial Ketenagakerjaan. Sebanyak 611 pengawas didaftarkan pada dua...
Selengkapnya

HUT Partai Gerindra

Jumat 7/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Efek Korona

Jumat 7/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Thailand Bantah Bantu Tutupi Skandal 1MDB

Selasa 25/2/2020 | 06:36
A   A   A   Pengaturan Font

BANGKOK – Pemerintah Thailand pada Senin (24/2) mengancam akan menem­puh upaya hukum terhadap partai oposisi yang dilarang, atas pernyataan dari partai itu yang menyebut bahwa Perdana Menteri Prayut Chan-Ocha tu­rut membantu menutupi skan­dal korupsi di lembaga ke­uangan Malaysia, 1Malaysia Development Berhad (1MDB), dengan menampung seorang buronan pengelola keuangan.

Tudingan itu disampaikan partai antimiliter, Future For­ward Party, yang jumlah ang­gotanya di parlemen berada di posisi ke-3. Partai ini telah dibubarkan oleh pengadilan pada Jumat (21/2) pekan la­lu dan para anggota utamanya dilarang berpolitik selama satu dekade.

Pada Minggu (23/2) lalu, ju­ru bicara Partai Future Forward yang bernama Pannika Wan­ich menggelar konferensi pers dan menuding PM Prayut telah membolehkan buronan pen­gelola keuangan dalam skan­dal 1MDB yang bernama Low Taek Jho alias Jho Low beserta mitra-mitranya masuk ke Thai­land. Saat ini Low dicari oleh sejumlah negara atas perannya sebagai dalang utama penile­pan uang miliaran dollar AS yang dimiliki 1MDB.

“Tudingan yang dilontarkan Pannika tidak benar,” demikian ucap juru bicara pemerintah Thailand yang bernama Naru­mon Pinyosinwat. “Tudingan itu menyesatkan publik, oleh karenanya sejumlah kemente­rian terkait sedang memper­timbangkan untuk menempuh upaya hukum dan akan men­gajukan tuntutan hukum se­cara resmi,” imbuh dia.

Saat dimintai keterangan oleh awak media soal tudin­gan Pannika pada Senin pa­gi, PM Prayut menyatakan tak khawatir. “Sejumlah pihak ke­menterian akan melakukan penelusuran dan jika tudin­gan itu tidak benar maka mer­eka akan mengajutan tuntut­an,” imbuh dia.

“Red Notice”

Sejak 2916, sebuah peng­umuman untuk mencari dan menahan dari Interpol (red notice) dengan tujuan mem­persempit ruang gerak Jho Low, telah dikeluarkan atas permint­aan dari Singapura.

Setiap negara yang mener­ima kedatangan individu bu­ronan diwajibkan untuk me­laporkan keberadaannya pada negara yang mencari buronan itu, menahannya serta melaku­kan langkah proses ekstradisi.

Berdasarkan klaim yang di­lontarkan Pannika menyata­kan bahwa berdasarkan cata­tan dari pihak keimigrasian Thailand memperlihatkan bah­wa Low telah 5 kali singgah ke Negeri Gajah Putih itu sepan­jang tahun 2016 hingga 2018.

Dalam pernyataannya, Pan­nika menyebut dua mitra Low yang bernama Tang Keng Chee dan Jasmine Loo, juga tercatat beberapa kali singgah di Thai­land, sehingga Pannika menud­ing pemerintahan pimpinan PM Prayut telah melanggar sistem peradilan internasional.

PM Prayut adalah dalang dalam kudeta melawan pemer­intahan berkuasa di Thailand pada 2014 dan sempat jadi ket­ua rezim junta hingga 2019. Ia terpilih sebagai PM sipil da­lam pemilu tahun lalu dibawah konstitusi baru yang dirancang militer.

Partai Future Forward telah jadi duri dalam daging kare­na dalam pemilu lalu berhasil meraih 6,3 juta dukungan dari rakyat. Agenda partai yang am­at antimiliter telah menyedot perhatian kaum milenial ser­ta warga yang sudah muak de­ngan peran sentral militer da­lam tatanan politik di Thailand.

Sayangnya partai ini kemu­dian terlilit masalah karena ada pinjaman senilai 6 juta dollar dari salah satu pendirinya yang merupakan seorang miliard­er. Dana pinjaman itu diper­masalahkan karena menyala­hi aturan donasi partai yang datang dari satu individu seh­ingga pengadilan memutuskan untuk membubarkan partai itu pada akhir pekan lalu.  SB/AFP/I-1

Tampilkan Semua

Tingkat Partisipasi Pemilu Iran Terendah

Selasa 25/2/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
TEHERAN – Menteri Dalam Negeri Iran, Abdolreza Rah­mani Fazli, pada Minggu (23/2) mengatakan bahwa tingkat partisipasi dalam pemilu legislatif merupakan yang teren­dah. Dalam pernyataannya, Menteri Fazli menyebut hanya 42,6...
Selengkapnya

Pengganti Merkel Diumumkan 25 April

Selasa 25/2/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
BERLIN – Partai Christian Democratic Union (CDU) Jer­man akan memilih pemimpin baru dalam sebuah kongres is­timewa yang akan digelar pada 25 April. Informasi itu disampai­kan seorang narasumber dari CDU pada Senin...
Selengkapnya

Al- Qaeda Konfirmasi Kematian Pemimpin

Selasa 25/2/2020 | 06:28
A   A   A   Pengaturan Font
DUBAI – Kelompok Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) mengkonfirmasi kematian pemimpinnya yang bernama Qassim al-Rimi beberapa pekan setelah Amer­ika Serikat (AS) membunuh ketua kelompok militan itu dalam sebuah operasi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Produksi Mencukupi

Selasa 25/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pekerja memberikan pakan ternak ayam potong di Kawasan Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Senin (24/2). Peternak setempat menyatakan dalam sebulan bisa memproduksi 10- 12 ton ayam potong untuk kebutuhan perusahan dan pasar dengan harga jual 18.000 rupiah hingga 23.000 rupiah per kilogram.

Tampilkan Semua

statistik

Selasa 25/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Usaha Kerajinan

Selasa 25/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perajin menyelesaikan pesanan kostum robot di Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, Senin (24/02). Kerajinan kostum robot tersebut banyak dipesan kolektor dan pembeli melalui sistem daring dengan harga 2 - 8 juta rupiah tergantung ukuran dan...
Selengkapnya

Pengusaha Resah Zero ODOL Ditunda

Selasa 25/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Rencana penerapan zero ODOL seharusnya sudah tidak ada kompromi karena hal itu sangat membebani infrastruktur jalan dan menganggu keselamatan.   JAKARTA – Pemerintah menunda penerapan aturan pelarangan operasi truk...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Mewujudkan Bengkulu yang Maju, dan Berdaya Saing

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gubernur Bengkulu saat ini, Rohidin Mersyah bertekad untuk mewu­judkan Bengkulu yang ma­ju, sejahtera dan bermartabat dan berdaya saing tinggi. Un­tuk mengupas itu lebih lan­jut Koran Jakarta berkesempa­tan mewawancarai Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Berikut petikan wawancaranya.

Anda bertekad mewujud­kan Bengkulu yang maju. Bi­sa dijelaskan maknanya?

Bengkulu maju itu men­gandung makna masyara­kat Bengkulu yang berpenge­tahuan dan sadar akan kebu­tuhan secara individual atau kelompok. Masyarakat yang mampu menyesuaikan den­gan perkembangan dan ke­butuhan regional, nasional dan global tapi dengan tetap mempertahankan ciri dan identitas masyarakat Bengku­lu yang beragam serta bijak­sana dalam menghargai adat dan kearifan-kearifan lokal.

Jadi dalam lima tahun kepemimpinan saya, saya in­gin membangun Bengku­lu sehingga provinsi ini me­miliki keunggulan kompara­tif dan keunggulan kompetitif dibandingkan dengan dae­rah lain dalam segala aspek pembangunan. Bengkulu ber­daya saing tinggi yang in­gin kami wujudkan yang ter­cermin dalam pelayanan pub­lik, iklim usaha dan investasi, profesionalisme aparatur, per­aturan-peraturan yang di­hasilkan, dan sebagainya.

Apa saja infrastruktur strategis yang bisa men­dukung visi misi Anda membuat Bengkulu ber­daya saing tinggi?

Ya, meningkatkan kapasitas infrastruktur strategis dan berdaya sa­ing adalah salah satu yang masuk dalam visi misi ka­mi. Salah satunya, adalah meningkatkan kapasitas pelabuhan. Kami punya Pelabu­han Pulau Baai. Ini yang akan diting­katkan kapasitasnya, mengin­gat potensi peran pelabuhan Pulau Baai dalam pembangu­nan ekonomi Bengkulu san­gat besar dan penting.

Apa saja terobosan yang diperlukan untuk mening­katkan kapasitas pelabuhan Pulau Baai ini?

Ya diperlukan adanya tero­bosan kebijakan untuk opti­malisasi kapasitas pelabuhan melalui peningkatan kapasi­tas sarana dan prasarananya, maupun tata ke­lolanya, pem­bangunan dan pemban­gunan beber­apa terminal pelabuhan seperti peti kemas, benda cair, karantina hewan, termi­nal pen­gantongan semen curah. Ju­ga diperlukan pengembangan kerjasama dengan multi pihak untuk menjadikan pelabu­han Pulau Baai sebagai pusat koneksi pelabuhan samu­dera di Indonesia Bagian Barat. Peningkatan kapasitas pelabuhan ini harus mencer­minkan adanya keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif dibandingkan den­gan pelabuhan sejenis yang ada di provinsi lain.

Infrastruktur strategis lainnya yang perlu diting­katkan kapasitasnya?

Bandara udara Fatmawa­ti. Bandara ini memerlukan perluasan dari sisi kapasitas bandara sebagai sarana trans­portasi orang dan barang. Ke­mudian pembangunan sa­rana dan prasarana kargo sesuai dengan standar inter­nasional. Kami ingin menja­dikan bandara Fatmawati se­bagai pusat kegiatan lalu in­tas arus barang dan orang, paling tidak di wilayah Suma­tera bagian Selatan. Tapi per­luasan kapasitan bandara ini juga harus mampu mencer­minkan keunggulan kompara­tif dan keunggulan kompeti­tif dibandingkan dengan ban­dara lain.

Infrastruktur strategis lainnya?

Infrastrukur kelistrikan. Sekarang yang mendesak di­lakukan adalah pembangu­nan jaringan internal provinsi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan indus­tri. Kemudian pembangu­nan pembangkit listrik tena­ga batu bara (padat dan cair). Pembangunan transmisi yang menjangkau provins-provin­si tetangga. Dan re-orientasi bisnis kelistrikan Bengkulu se­bagai pemasok tenaga listrik provinsi-provinsi di wilayah Sumatera bagian Selatan.

Peningkatan akses lintas provinsi juga sangat penting. Ini untuk membuka keter­isolasian dan atau kelancaran arus barang dan orang dari dan ke provinsi Bengkulu.

agus supriyatna/AR-3

Tampilkan Semua

Layanan Kereta Api Cibatu-Garut Gratis di Awal Operasional

Jumat 31/1/2020 | 17:55
A   A   A   Pengaturan Font
GARUT – PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menggratiskan layanan transportasi kereta api Stasiun Cibatu-Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada awal operasional sebagai bentuk pelayanan dan menarik minat masyarakat untuk...
Selengkapnya

Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Jalan Bima Guna Cegah Banjir

Jumat 31/1/2020 | 09:44
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai membangun kolam retensi di Jalan Bima yang dirancang untuk mampu menampung air untuk menahan luapan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citepus. Wali Kota Bandung, Oded M Danial,...
Selengkapnya

Dua Unit "Solar Tree" Dipasang di Alun-alun Bandung

Kamis 30/1/2020 | 12:22
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Dua unit solar tree atau pohon panel surya dipasang di area Taman Alun-alun Bandung, Jawa Barat. Solar tree merupakan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berbentuk seperti pohon yang energi listriknya dapat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Honda Jazz Miliki Varian Hibrida

Rabu 19/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Di Jepang, mulai 14 Februari 2020, Honda memasarkan All New Honda Fit yang di Indonesia dinamai dengan Honda Jazz. Hatchback ini dilengkapi dengan fitur canggih berupa Honda Sensing untuk bantuan pengemudi dan teknologi komunikasi on board Honda Connect.

All New Fit yang diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019 di Jepang, juga menawarkan versi tenaga penggara hibrida e:HEV. Teknologi ini berupa sistem dua motor untuk menggerakkan kendaraan demi mencapai efisiensi bahan bakar.

Seperti pendahulnya, Fit masih menawarkan kabin luas dengan pengaturan kursi serbaguna dan bahan bakar yang ekonomis. Tim R&D Honda berusaha untuk melengkapi All New Fit dengan kursi yang nyaman bagi pengguna. Tersedia kursi penstabil tubuh yang mendukung panggul dan tulang belakang pengguna dengan keset resin diadopsi pada kursi depan untuk pertama kalinya di antara semua model Honda.

All New Fit hadir dalam lima varian yang berbeda di mana pelanggan dapat memilih model yang tepat sesuai dengan gaya hidupnya, yaitu Basic, Home, Ness, Crosstar, dan Luxe. Basic berupa mobil yang sederhana dan berfokus pada kualitas individu pelanggan.

Varian Home menampilkan desain yang cocok secara alami dengan kehidupan sehari-hari dan kenyamanan yang maksimal, Ness dirancang untuk pelanggan yang memiliki gaya hidup aktif, Crosstar bagi pelanggan yang suka pergi berakhir pekan, sedangkan Luxe menawarkan gaya dan kecanggihan dan kualitas tinggi. Pada tipe e:HEV BASIC terdapat kursi penumpang yang dapat berputar.

Bentuk tepi depan bantal kursi dibuat halus untuk memudahkan penggunuanya masuk dan keluar mobil. Selain itu, ruang kaki yang luas diwujudkan melalui optimalisasi posisi kursi dan porosnya yang berputar.

Namun sayangnya Honda Fit 2020 terbaru sepertinya tidak akan dipasarkan di Indonesia. Menurut Direktur Inovasi Penjualan dan Pemasaran PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, menilai mobil ini kurang sesuai dengan karakter pengendara di Indonesia.

“Jazz Fit itu dibuat untuk pasar Jepang. Kami sedang mencari mana yang sesuai dengan pasar Indonesia,” kata dia.

Yusak menambahkan, Honda Fit 2020 sangat lembut, sesuai dengan karakter pengemudi di negara matahari terbit itu. Berdasarkan survei HPM karakter ini kurang sesuai dengan preferensi pengendara di Indonesia, yang lebih menyukai gaya yang sporti.  hay/S-2

Tampilkan Semua

Mobil Ikonik Bertenaga Super

Rabu 19/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mini Cooper hadir dengan dua varian baru yang tetap nyaman digunakan untuk keseharian. Varian ini dibekali dengan kekuatan 306 tenaga kuda dan akselerasi yang fantastis. Di pasar Tanah Air, MINI meluncurkan dua kendaraan terbaru yaitu...
Selengkapnya

Solusi Pintar untuk Mobilitas Terhubung

Rabu 19/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi komunikasi akan membuat kendaraan semakin terkoneksi dan juga terotomastisasi. Pada ajang ConnectedWorld 2020 antara 19–20 Februari di Berlin, Bosch menghadirkan ragam kemutakhiran yang membuat kendaraan semakin...
Selengkapnya

Tampilan Sporti Model Hatchback

Rabu 12/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Model sedan hatchback terbaru menawarkan desain yang kompak dengan tampilan sporti yang menggoda. Di pasar Tanah Air, kendaraan hatchback atau sedan buntung lebih disukai ketimbang sedan. Padahal sedan yang lebih panjang memiliki...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
TELKO

Mengejar Ketertinggalan dengan “Edutech”

Selasa 25/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk mengejar ketertinggalan SDM dan kualitas hidup, Indonesia membutuhkan teknologi pendidikan (edutech). Dengan edutech, tingkat pendidikan bakal meningkat serta akan diikuti peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Edutech merupakan proses belajar mengajak dengan memanfaatkan teknologi dan infrastruktur pendidikan sebagai pilar utama, berbasis komputasi awan (cloud computing), data besar (big data), aplikasi super (super apps), IoT, dan kecerdasan buatan (AI).

Menurut hasil penelitian Quality of Live and Education Ranking 2020 yang dilakukan Usnews.com bekerja sama dengan BAV Group dan Wharton school University of Pennsylvania, Kanada, saat ini berada di urutan teratas kualitas hidup terbaik dari 73 negara yang diteliti. Indonesia sendiri untuk pendidikan ada di ranking 55, dengan ranking quality of live di peringkat 32.

“Untuk menaikkan ranking kualitas hidup perlu dihadirkan solusi pendidikan baik yang terkait langsung dengan siswa, guru, maupun sekolah, hingga solusi yang sifatnya administratif, harus disesuaikan dengan plaform smartphone,” ujar Pendiri Platform Kelas Pintar, Fernando Uffie, dalam seminar “Tren Edutech 2020: Menuju Indonesia Maju”, di Jakarta, Kamis (20/2).

Sementara itu, Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan, Waras Kamdi, mengatakan, “Edutech bisa menghadirkan terobosan dan lompatan-lompatan dalam dunia pendidikan sebagai bagian dari upaya membentuk SDM maju,” tuturnya.

Waras menguraikan, generasi pelajar saat ini hidup dan belajar dengan cara berbeda dibanding generasi-generasi sebelumnya. Dalam belajar mereka membutuhkan kekuatan infrastruktur teknologi. Jika sektor finansial bisa maju karena teknologi finansial (tekfin), maka kata Waras, edutech bisa memajukan ekosistem pendidikan seperti siswa, guru, sekolah, dan orang tua.

Solusi-solusi edutech bisa mengintegrasikan dan menguatkan ekosistem tersebut. Dengan perangkat ponsel pintar telah menjadi akses utama internet maka solusi pendidikan baik yang bersifat administratif, maupun pengajaran harus disesuaikan dengan platform ponsel pintar. Selain itu, edutech juga membutuhkan platform kolaboratif, di mana semua model interaksi antara pemangku kepentingan harus bisa terakomodasi oleh platform dimaksud.

“Nantinya, orang tua tidak lagi bertanya tentang nilai anaknya, tapi mereka bertanya tentang analisa data dari siswa. Hal ini bisa memprediksi, mengantisipasi, siswa dari kegagalan,” ujar dia.

Menurut Dirjen Aptika Kominfo Semuel, Abrijani Pangerapan, pendidikan harus berbasis pada internet dengan perangkat berupa ponsel pintar. Mengacu pada riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dari sekitar 250 penduduk, 171 juta merupakan pengguna internet, sebanyak 130 juta di antaranya mengakses dari ponsel pintar.

“Jadi, sekarang masyarakat sudah menjadikan digital sebagai bagian dari realitas,” ujar dia. Samuel mengatakan teknologi dapat menciptakan bakat digital (digital talent), dengan membekali pelajar untuk membuat perusahaan rintisan (start up), guna menciptakan unicorn baru di masa depan.

“Mari kita mewujudkan mimpi membangun negeri dengan 1.000 mimpi, 1.000 inovasi, 1.000 karya, 1.000 solusi untuk satu Indonesia Raya,” ujar dia. Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekom), Gogot Suharwoto, mengungkapkan pada era revolusi industri 4.0, perlu mengoptimalkan semua teknologi seperti komputasi awan, big data, super apps, IoT, AI, dan 5G. Komputasi awan telah dipakai untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), erapor.

AI telah dipakai menciptakan pembelajaran berbasis personalisasi, sementara IoT mendukung pembelajaran yang kolaboratif dan kreatif di kelas. Terdapat beberapa program transformasi digital yang digagas Kemendikbud, termasuk akses (BOS Afirmasi, BOS Kinerja, BOS Reguler, bantuan TIK sekolah), mutu dan relevansi (PembaTIK, MembaTIK), dan tata kelola (Dapodik, e-rapor).

Perusahaan edutech Rumah Belajar, misalnya, menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi serta interaksi antarkomunitas.  Portal ini bukan saja ditujukan untuk guru dan tenaga kependidikan, rumah belajar juga ditujukan untuk siswa dan masyarakat luas.

“Rumah Belajar dapat diakses secara online maupun offline, baik melalui PC, laptop, maupun smartphone (Android). Konten-konten yang disajikan dalam Rumah Belajar beragam, mulai dari video, audio, quiz, cong, hingga kolaborasi,” ujar Gatot.

Ketua YPI Al-Azhar Indonesia, Sobirin HD, salah satu masalah pendidikan saat ini adalah rendahnya SDM untuk penerapan teknologi pendidikan. “Oleh karena itu, guru melek dengan edutech perlu diberi banyak pelatihan. Teknologi harus masuk ke dunia pendidikan,” ujar dia. hay/S-2

Tampilkan Semua

Ponsel Lipat nan Kompak

Selasa 25/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Layar ponsel Android ternyata mengalami revolusi menjadi semakin besar. Sejak 2010, misalnya bentang layarnya merangkak naik, dari ukuran 3,2 inci, 3,3 inci, 4,4 inci, 4,7 inci, 5,0 inci, 5,1 inci, 5,3 inci, 5,5 inci hingga, 6 inci pada...
Selengkapnya

Jejak Digital BTN di Kalangan Milenial

Selasa 25/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Saat ini, generasi milenial yang juga dikenal sebagai generasi Y atau generasi langgas menjadi bidikan dalam berbagai produk investasi termasuk properti. Untuk menarik minat milenial para pihak penyalur kredit pun turut menciptakan...
Selengkapnya

Serahkan Donasi

Kamis 20/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Chief Public Policy and Government Relations Gojek, Shinto Nugroho (kedua dari kiri) bersama Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah (ketiga dari kanan) usai melakukan penandatanganan nota kesepahaman...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Olahraga

Gol Perdana

Selasa 25/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Atletico Madrid menindaklanjuti kemenangan mengejutkan mereka atas Liverpool dengan mengalahkan Villarreal di La Liga, Senin (24/2) dini hari WIB. Dalam pertandingan itu, Joao Felix menandai kembalinya dia bermain usai pulih cedera dengan gol liga pertama sejak September. Felix datang dari bangku cadangan di Wanda Metropolitano setelah hampir sebulan absen karena masalah pergelangan kaki.

Pemain berusia 20 tahun itu tampak segar saat dia mencetal gol ketiga Atletico dalam kemenangan 3-1 yang mengesankan. Kieran Trippier juga kembali setelah pulih dari cedera pangkal paha dan dia terlibat dalam gol kedua Atletico yang dicetak Koke.

Angel Correa sebelumnya membatalkan gol pembuka Paco Alcacer untuk Villarreal. Ketidakkonsistenan Atletico musim ini membuat mereka keluar dari perburuan gelar, terpaut 12 poin dari pemimpin klasemen Barcelona, yang mengalahkan Eibar 5-0 pada Sabtu.  Tetapi momentum yang mereka dapatkan akan tepat waktu ketika Atletico berupaya untuk mengkonsolidasikan tempat mereka di posisi empat besar.

Tim asuhan Diego Simeone itu juga akan percaya diri setelah menang 1-0 atas Liverpool di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Atletico naik ke urutan ketiga di klasemen La Liga, mengoleksi poin sama dengan Sevilla, yang sebelumnya mencetak kemenangan 3-0 tandang atas sesama rival empat besar Getafe.

Liverpool diperkirakan akan membalikkan situasi di Anfield tetapi sepertinya Simeone akan bisa menurunkan kekuatan penuh di leg kedua. Diego Costa turun dari bangku cadangan pada tengah pekan lalu, meskipun kemudian dia terlibat saat melawan Villarreal. Sementara Felix, Trippier dan Morata semuanya fit dan siap diturunkan.  ben/AFP/S-1

Tampilkan Semua

Lazio Tempel Juventus

Selasa 25/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
ROMA – Lazio tetap berada dalam persaingan ketat untuk gelar Serie A pertama mereka dalam 20 tahun. Klub asal ibu kota Italia itu tetap satu poin di belakang pemimpin klasemen Juventus setelah menang 3-2 atas Genoa, Senin (24/2)...
Selengkapnya

Misi Sulit Lampard

Selasa 25/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Olivier Giroud kembali bermain bagus. Dia mencetak gol pembuka melawan Tottenham pada akhir pekan lalu. LONDON – Pelatih Chelsea Frank Lampard melakoni misi sulit saat menjamu Bayern Munich pada laga leg pertama babak 16 besar...
Selengkapnya

KONI Minta PSSI Didukung Penuh

Selasa 25/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman meminta semua pihak mendukung kepengurusan baru Pengurus Pusat Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PP PSSI). Hal itu dikatakan Marciano usai secara...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Tips Menjaga Profesionalitas

Senin 24/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, berkali-kali atasan saya mengingatkan untuk bersikap profesional dan saya juga sangat ingin menjadi staf yang profesional. Mohon advis Bu Rossa apa saja yang harus kita hindari agar profesionalitas tetap terjaga.

Jawaban:

Sikap profesional memang harus dimiliki oleh setiap karyawan atau pekerja di bidang apa pun. Tanpa sikap yang satu ini sulit bagi kita untuk bekerja maksimal. Demi profesionalisme pula, setiap saat kita berangkat ke kantor, harus menanggalkan emosiemosi di rumah dan berusaha tampil seprofesional mungkin di kantor.

Bapak/Ibu yang habis bertengkar dengan pasangan di rumah, harus segera memasang wajah ceria. Kalau baru saja menangis harus segera mengganti wajah sedih dengan penuh semangat. Yang tadinya tampil kusut di rumah harus segera mengubah penampilan menjadi lebih rapi dan good looking. Pendek kata begitu Bapak/Ibu berangkat dari rumah ke kantor, harus tampil seprofesional mungkin. Tapi patut waspadai, ada beberapa sikap yang dapat merusak profesionalitas. Sikap inilah yang harus dihindari sebisa mungkin.

Simak beberapa sikap yang menjadi bisa merusak profesionalitas. Malas Sikap malas memang merupakan masalah semua orang. Hampir semua orang pernah dihinggapi rasa malas. Mengulur-ulur waktu makan siang sampai 2 jam atau berpura-pura sakit selama 2-3 hari, adalah contoh sikap malas. Perlu disadari bahwa kemalasan akan menyakiti diri bahkan menyakiti perusahaan. Maka, jangan manjakan diri dengan sikap malas.

Ketika dalam puncak kemalasan cobalah untuk menarik diri kembali ke masa-masa di mana Bapak/ Ibu perlu belajar dan bekerja keras, menghabiskan banyak energi untuk menyelesaikan tugas. Jangan tunda-tunda lagi untuk melakukannya. Iri hati Walaupun tak ada yang mengakui secara langsung, hampir semua orang pernah mengalami iri hati. Iri melihat rekan yang mendapat promosi jabatan sementara Bapak/Ibu tidak. Iri karena gaji teman lebih besar, dll. Jika Bapak/Ibu merasa iri hati jangan biarkan ini berlarutlarut harus memacu diri sendiri agar sebaik rekan kerja yang dianggap lebih “baik.”

Selanjutnya jadikan cita-cita sebagai penunjuk jalan untuk mendapatkan hal-hal yang benar-benar diinginkan. Manfaatkanlah semangat kompetisi sebagai salah satu cara untuk meraih prestasi kerja. Rakus Rakus di sini bukan berarti terhadap makanan, melainkan pada hal-hal yang semestinya bukan hak Bapak/ Ibu. Misalnya, mengambil pekerjaan yang melebihi kemampuan, yang seharusnya dilakukan oleh rekan, dengan maksud ‘menjilat’ bos.

Yang pasti, sikap rakus ini menjadikan pribadi yang tidak disukai. Sikap rakus membuat tidak bisa membedakan mana yang hak dan mana yang bukan. Yang paling parah, Bapak/Ibu tidak akan diterima lingkungan karena rakus. Nah mulai sekarang, jaga dan bersihkan hati dari sifat rakus ini. Cobalah untuk lebih menghargai orang lain dan belajarlah untuk berbagi.

Bangga Diri Sendiri Bangga terhadap kemampuan diri sendiri itu manusiawi. Tetapi jika berlebihan akan membuat Bapak/Ibu sombong dan besar kepala. Bapak/Ibu harus jujur terhadap apa yang telah dicapai jangan menambah atau menguranginya. Jangan sembunyikan prestasi tetapi jangan mengobralnya setiap bertemu dengan rekan kerja.

Bersyukurlah jika sudah mendapat penghargaan atas apa yang telah dilakukan. Tetapi penghargaan itu tidak perlu diumbar dan mengotori pikiran. Marah Sangat mudah menemukan kemarahan di lingkungan kerja, berteriak pada teman kerja, berdiam diri dan merasa tidak diperhatikan bos, dsb. Marah bisa merusak hubungan kerja yang stabil dan membuat terlihat sebagai orang yang sangat emosional.

Orang-orang yang mudah ‘meledak’ tidak memiliki kepandaian mengelola emosi. Marah-marah, mengumpat, atau mengomel sendiri sangat merusak profesionalisme. Jadi, kendalikan dan kelola emosi. Tampillah sebagai pribadi yang lebih ‘soft’ yang mampu mengendalikan emosi diri. 

Tampilkan Semua

Gebrakan KPK, Hentikan Perkara

Sabtu 22/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan akan menghentikan penyelidikan 36 perkara yang ditanganinya. Keputusan ini dilakukan KPK dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Alasan lain, karena ke-36 perkara itu selama proses...
Selengkapnya

Polemik RUU Ketahanan Keluarga

Kamis 20/2/2020 | 07:53
A   A   A   Pengaturan Font
Rancangan Undang-Undang (RUU) Ketahanan Keluarga sedang menjadi polemik. RUU merupakan usul inisiatif DPR oleh lima anggota DPR dari empat fraksi. Mereka adalah anggota Fraksi PKS Ledia Hanifa dan Netty Prasetiyani, anggota Fraksi Golkar...
Selengkapnya

Tips Memilih Iklan Lowongan Kerja

Senin 17/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pertanyaan: Bu Rossa, saya fresh graduate dan sedang mencari pekerjaan. Bagaimana cara meniliti iklan lowongan kerja yang begitu banyak agar tidak terjebak dan sesuai dengan potensi saya? Jawaban: Belakangan, mencari iklan lowongan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Kayu Transparan, Kayu Masa Depan

Selasa 25/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kayu transparan ini tidak hanya menjadi bahan yang trendi di masa depan, tetapi juga ramah lingkungan karena mampu menyerap dan melepaskan panas sehingga bisa menghemat biaya untuk pemanas atau pun pendingin ruangan.

Kayu mungkin tampaknya jauh dari kesan arsitektur modern, tetapi jenis kayu yang diperlakukan secara khusus bisa menjadi bahan bangunan yang trendi di masa depan.

Saat ini, para ilmuwan di Amerika Serikat melaporkan jenis kayu baru yang transparan yang tidak hanya mentransmisikan cahaya, tetapi juga menyerap dan melepaskan panas, yang berpotensi menghemat biaya atau pengeluaran untuk energi. Bahan yang dikembangkan para ilmuan ini juga dapat menanggung beban berat dan dapat terurai secara hayati.

Dengan berbagai keuntungan yang ada, teknologi ini membuka jalan yang pada akhirnya bahan ini bisa digunakan untuk membangun rumah ramah lingkungan dan bangunan lainnya. Penelitian ini dipresentasikan pada Pertemuan & Eksposisi Nasional American Chemical Society (ACS) tahun lalu.

“Kembali pada tahun 2016, kami menunjukkan bahwa kayu transparan memiliki sifat isolasi termal yang sangat baik dibandingkan dengan kaca, dikombinasikan dengan transmisi optik yang tinggi,” kata Céline Montanari PhD, yang terlibat dalam riset ini.

“Dalam pekerjaan ini, kami mencoba mengurangi konsumsi energi bangunan lebih banyak lagi dengan memasukkan bahan yang dapat menyerap, menyimpan, dan melepaskan panas,” kata Montanari menambahkan.

Ketika ekonomi terus berkembang dan berlangsung di seluruh dunia, konsumsi energi telah melonjak. Sebagian besar energi ini digunakan untuk menyalakan, memanaskan, dan mendinginkan rumah, kantor, dan bangunan lainnya.

Jendela kaca dapat mentransmisikan cahaya, membantu pencahayaan di rumah dan memanaskan rumah, tetapi mereka tidak menyimpan energi untuk digunakan saat matahari terbenam.

Tiga tahun lalu, ketua peneliti Lars Berglund PhD dan rekan-rekannya di KTH Royal Institute of Technology di Stockholm, Swedia, melaporkan kayu yang transparan secara optik dalam jurnal ACS Biomacromolecules. Para peneliti membuat bahan dengan menghapus komponen penyerap cahaya yang disebut lignin dari dinding sel kayu balsa.

Untuk mengurangi hamburan cahaya, mereka memasukkan akrilik ke dalam perancah kayu berpori. Tim bisa melihat melalui materi, namun tetap cukup “kabur” untuk memberikan sisi privasi jika digunakan sebagai bahan bangunan utama.

Kayu transparan juga memiliki sifat mekanik yang menguntungkan, memungkinkannya menanggung beban berat. Mengembangkan pekerjaan ini, Montanari dan Berglund menambahkan polimer yang disebut polietilen glikol (PEG) ke kayu de-lignifikasi.

“Kami memilih PEG karena kemampuannya menyimpan panas, tetapi juga karena afinitasnya yang tinggi terhadap kayu” kata Montanari. “Di Stockholm, ada kapal yang benar-benar tua bernama Vasa, dan para ilmuwan menggunakan PEG untuk menstabilkan kayu. Jadi, kami tahu bahwa PEG bisa masuk sangat jauh ke dalam sel-sel kayu,” tambah Montanari.

Dikenal sebagai “bahan perubahan fase”, PEG adalah padatan yang meleleh pada suhu 80 F, menyimpan energi dalam proses. Suhu leleh dapat disesuaikan dengan menggunakan berbagai jenis PEG.

“Selama hari yang cerah, bahan akan menyerap panas sebelum mencapai ruang dalam ruangan, dan di dalam ruangan akan lebih dingin daripada di luar,” jelas Montanari. “Dan pada malam hari, terjadi sebaliknya - PEG menjadi padat dan melepaskan panas di dalam ruangan sehingga Anda dapat mempertahankan suhu konstan di rumah,” sambung Montanari.

Tim mengumpulkan PEG dalam perancah kayu de-lignifikasi yang bertujuan untuk mencegah kebocoran polimer selama fase transisi. Mereka juga memasukkan akrilik ke dalam bahan untuk melindunginya dari kelembaban.

Seperti versi sebelumnya, kayu yang dimodifikasi itu transparan, meskipun agak kabur, dan kuat, tetapi memiliki bonus tambahan untuk menyimpan panas.

Para peneliti menunjukkan bahwa kayu transparan memiliki potensi untuk menjadi bahan yang lebih ramah lingkungan daripada bahan bangunan lainnya seperti plastik, beton dan kaca. Selain kemampuan penyimpanan termalnya, kayu transparan dapat lebih mudah dibuang setelah memenuhi tujuannya. “PEG dan kayu keduanya berbasis bio dan biodegradable,” catat Berglund.

“Satu-satunya bagian yang tidak terurai secara hayati adalah akrilik, tetapi ini bisa diganti dengan polimer berbasis bio lainnya,” kata Montanari.

Sekarang, fokus berubah untuk meningkatkan proses produksi agar layak secara industri. Para peneliti memperkirakan bahwa kayu transparan dapat tersedia untuk aplikasi niche dalam desain interior hanya dalam waktu lima tahun ke depan. Mereka juga berusaha meningkatkan kapasitas penyimpanan material agar lebih hemat energi.

Inovasi Baru Beton dari Kayu

Para ilmuan sedang mencoba menggabungkan struktur hibrid yakni dengan menggabungkan unsur dari kayu dan beton dalam sebuah bangungan. Teknologi ini diharapkan bisa populer dalam arsitektur kontemporer nantinya.

Para peneliti dari Swiss kini telah mengembangkan pendekatan yang bisa dibilang cukup radikal, yakni dengan menggabungkan kayu dan beton, dimana material baru yang mereka kembangkan ini diharapkan bisa menjadi teknologi beton yang mampu menahan beban. Lebih radikal lagi, hampir sebagian besar dari struktur ini terdiri dari kayu.

Dalam banyak kombinasi yang dilakukan, fraksi volume kayu akan lebih dari 50 persen. Produk kayu berikat semen telah ada selama lebih dari seratus tahun.

Namun, sebelumnya mereka hanya digunakan untuk tujuan non-beban, seperti isolasi. Daia Zwicky, dari Institute for Building and Environmental Technologies di School of Engineering and Architecture, Fribourg, berfikir apakah ini bukan waktunya untuk penggunaan beton berbasis kayu yang lebih ambisius. Yakni beton berbasis kayu yang mampu juga untuk menahan beban.

Beton mengapung Bersama dengan timnya, Zwicky bereksperimen dengan bahan kayu serta sejumlah bahan adiktif lainnya yang kemudian masing-masing dilakukan pencampuran materil untuk kemudian dilakukan proses pengujian yang ketat. Perbedaan utama dari beton klasik adalah bahwa kandungan kerikil dan pasir, kini diganti dengan kayu yang dihancurkan hingga halus.

Dengan kata lain, beton ini merupakan beton serbuk kayu, bukannya batu-batu kecil dicampur dengan semen. Berkat kandungan kayu yang tinggi, bahan bangunan baru ini menunjukkan tingkat retardance api yang baik dan bertindak sebagai isolasi termal.

“Beratnya paling banyak setengah dari berat beton normal - bahkan yang paling ringan pun mengapung!” kata Zwicky.

Selain itu, karena bahan-bahannya sebagian besar didasarkan pada sumber daya terbarukan, maka setelah bangunan dibongkar maka bahan atau meterial ini kemudian dapat digunakan kembali sebagai sumber panas dan listrik. 

Kandungan kayu dapat dibakar dalam pembakaran limbah, meskipun untuk penggunaan sehari-hari memenuhi standar perlindungan kebakaran. Uji tegangan awal yang dilakukan menunjukkan bahwa beton berbahan dasar kayu juga cocok untuk elemen pelat dan dinding yang mampu menyediakan fungsi menahan beban dalam konstruksi.

Proses ini juga cocok untuk unit prefabrikasi. Dalam konteks ini, khususnya, kelompok Fribourg ingin memperdalam keahlian mereka melalui serangkaian tes yang lebih luas. Para peneliti ingin mengetahui komposit kayu-beton mana yang terbaik untuk diberabgai aplikasi, dan bagaimana komposit ini dapat diproduksi secara efisien.

“Butuh beberapa tahun sebelum kita melihat bangunan pertama di mana beton ringan yang mengandung kayu memainkan peran integral dalam konstruksi,” kata Zwicky. “Tingkat pengetahuan yang diperlukan untuk aplikasi luas masih terlalu terbatas,” tambah Zwicky.  nik/dariberbagaisumber/S-2

Tampilkan Semua

Mewaspadai Serangan Jantung pada Kelompok Usia Muda

Selasa 25/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Serangan jantung yang berakhir pada kematian dewasa ini sudah menjalari orang-orang yang berusia muda. Seperti yang terjadi baru-baru ini, selebriti sekaligus suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, meninggal karena serangan jantung...
Selengkapnya

Menyoal Eksplorasi Minyak dan Gas Terhadap Lingkungan

Selasa 25/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Penggunaan bahan bakar dalam kehidupan sehari-hari seperti gas, bensin, solar dan lain-lain, merupakan hal yang lazim. Sebagian dari kita tidak tahu bahkan tidak peduli bagaimana energi tersebut diperoleh, dan bagaimana pula dampaknya...
Selengkapnya

PLAY AROUND COFFEE & KITCHEN, mengusung konsep play cafe untuk anak muda dan keluarga, kini hadir di Bintaro

Senin 24/2/2020 | 14:00
A   A   A   Pengaturan Font
Beberapa tahun terakhir, trend eating out dan coffee shop menjamur baik di kalangan anak muda maupun keluarga. Namun rasanya cukup sulit mencari cafe ataupun coffee shop yang tidak hanya nyaman untuk menghabiskan waktu dan bersosialisasi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Hapus Tato Gratis

Senin 24/2/2020 | 06:52
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Pembangunan Terowongan

Senin 24/2/2020 | 06:46
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Kampung Literasi

Senin 24/2/2020 | 06:40
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Kampanye Anti Narkoba Digelar di Bundaran HI

Senin 24/2/2020 | 06:39
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Polda Metro Jaya menggelar kampanye anti narkoba di depan warga saat Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Kampanye Anti Narkoba untuk menciptakan Jakarta zero narkoba “Setop Narkoba dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Banyak Alat Medis Belum Bisa Digunakan

Selasa 25/2/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Intensitas curah hujan yang tinggi di Jakarta pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari lalu mengakibatkan Rumah Sakti Cipto Mangunkusumo ikut kebanjiran dan sejumlah peralatan medis rusak.

 

Bagaimana pelayanan rumah sakit tertua di Ibu Kota ini pascabanjir kemarin, Ko­ran Jakarta mewawancarai Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Lies Dina Liastuti, di ruang kerja, Senin (24/2). Berikut petikannya.

Departemen atau bagian mana yang terdampak banjir?

Lokasi yang terkena dampak yakni radio terapi dan radiologi.

Total berapa yang mengalami rusak?

Radiologi dan radioterapi, karena banyak yang terendam berada di lantai 1, mengingat lokasi tersebut berada di bagian rendah.

Bisa dijelaskan peralatan yang terdampak banjir?

Pada pusat radiologi yang terendam berisi sejumlah mesin terapi, sep­erti tomografi, CT scan, dan MRI atau magnetic resonance imaging. Radioterapi dengan mesin tomografi adalah terapi paling ujung untuk seorang pasien kanker, di samping ada obat, kemoterapi, dan operasi. Tomografi adalah teknik radiografi untuk memperlihat­kan gambaran lapisan-lapisan tubuh tertentu dengan cara mengaburkan lapisan atas dan bawahnya. Jika seorang pasien terdeteksi ada benjolan maka harus dilakukan planning, seperti foto, pemetaan, dan lain-lain.

Apakah sudah dilakukan pemeriksaan alat-alat tersebut, bagaimana hasilnya?

Banjir itu ada yang menyebabkan kabel-kabel terendam, persoalan awalnya adalah saat banjir masuk alat-alat itu kami matikan mesinnya. Kita menunggu semua bisa kering, jadi kita melakukan proses pengeringan dengan blower dan hydrair untuk memastikan kabel-kabel itu kering sehingga kita lakukan uji fungsi.

Lalu, untuk mengujinya bagaimana?

Selain itu, uji fung­si dilakukan oleh dari tim internal kami, Menkes, dan juga Balai Pengamanan Fasilitas Kese­hatan (BPFK), dan para vendor untuk memas­tikan alatnya cukup baik. Persoalannya adalah kita menunggu keringnya tidak sama ada alat kering dan ada yang belum, sehingga belum bisa dinyal­akan serta belum bisa diuji. Sedangkan yang sudah kering bisa dinyalakan dan sudah bisa melayani masyarakat.

Lalu, alat kemoterapis satu-satu di Indonesia, apakah sudah dilakukan pengecekan bisa disampaikan?

Alat radio terapis, seperti diketahui alat radioterapis salah satu fasilitas un­tuk menangani pasien kami. Jadi tidak hanya kemoterapi, jadi kami punya be­berapa mesin lainnya. Ada empat mesin salah satunya alat kemoterapis memang memerlukan proses pengeringan cukup lama, dan kita memerlukan waktu beda dengan mesin yang lain, sehingga kita melakukan dengan mesin-mesin yang lain dan juga berusaha menjalankan bersama dengan rumah sakit lain untuk menangani pasien kami.

Berarti belum dipastikan kapan alat tersebut bisa digunakan?

Belum, karena mesin masih mati ditambah kabel basah, dan ada beberapa bagian alat yang masih basah. Sebelum alat itu kering kami belum bisa memastikan alat tersebut rusak atau tidak karena alatnya masih basah jadi tidak bisa kami nyalakan alat tersebut.

Karena banyak peralatan medis ru­sak, penanganan pasien bagaimana?

Ini bukan perawatan, tapi ini me­nyangkut radiostik. Kita mencoba untuk mengalihkan ke beberapa lokasi RSCM, di RSCM radiologi ada di pusat, di ruangan IGD, di Paviliun Kencana serta Paviliun Kiara. Kita alihkan ke rumah sakit lain bila pasien terlalu banyak. john abimanyu/AR-3

Tampilkan Semua

Meski Hubei Diisolasi, WNI Difasilitasi Psikolog oleh Kementerian Luar Negeri RI

Senin 24/2/2020 | 06:29
A   A   A   Pengaturan Font
Diketahui, pada awal Februari, pemerintah Indonesia mengevakuasi 237 WNI dan satu WNA suami WNI dari Provinsi Hubei, Tiongkok. Sedangkan jumlah total WNI yang berada di pusat penyebaran virus Covid-19 itu adalah 245 orang.   Saat...
Selengkapnya

“Kita Ingin Transparan, Kok Malah Ribut dan Ramai”

Sabtu 22/2/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi mengonfirmasi adanya penghentian terhadap 36 perkara di tahap penyelidikan pada Kamis (20/2). Penghentian penyelidikan 36 perkara ini bertujuan untuk akuntabilitas dan kepastian hukum. ...
Selengkapnya

Satu Miliar Rupiah Itu Tabungan, bukan Dana Pensiun PNS

Kamis 20/2/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Berita tentang usulan Menpan RB Tjahjo Kumolo untuk memberikan dana pensiun sebesar 1 miliar rupiah kepada PNS memicu polemik. Ternyata masalah sesungguhnya bukan pada pemberian dana pensiun tersebut.   Menurut mantan Menteri Dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Zulkifli Zaini : PLN Terus Tingkatkan Efisiensi

Sabtu 22/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Tohir, menunjuk Zulkifli Zaini sebagai orang nomor satu di PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero). Pria yang lebih dari 20 tahun menghabiskan hidupnya di lembaga perbankan ini ditunjuk melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar 22 Desember 2019 lalu.

Dalam menjalankan roda bisnis perusahaan, bankir ini akan meningkatkan efisiensi di perusahaan tersebut. Tak terbantahkan memang BUMN kelistrikan itu terbebani utang. Tentu tak ada jalan lain untuk mengatasinya yaitu dengan mendorong penghematan di semua lini perusahaan serta meningkatkan pendapatan.

Untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan jajaran pimpinan PLN ke depan dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan, wartawan Koran Jakarta, Fredrikus W Sabini, berkesempatan mewawancarai Direktur Utama PT PLN, Zulkifli Zaini, dalam beberapa kesempatan di Jakarta, baru-baru ini. Berikut kutipan selengkapnya.

Apa saja program prioritas Anda yang segera dijalankan di PT PLN?

Di bawah jajaran direksi dan komisaris yang baru, kami akan memfokuskan pada tiga aspek. Ketiga aspek tersebut adalah penurunan biaya operasi perusahaan, peningkatan keandalan dan pelayanan, serta peningkatan pendapatan usaha. Melalui tiga langkah ini, kami optimistis kontribusi PLN terhadap keuangan negara akan meningkat secara signifikan.

Bagaimana Anda memulai kerja di PT PLN?

Saya sampaikan kepada seluruh tim di perusahaan, kapal besar bernama PLN harus kita dayung bersama menuju arah yang sama. Jangan sampai ada yang melubangi dinding kapal, karena satu orang berbuat, seluruh orang di dalam kapal akan terkena imbasnya.

Apalagi, PLN mengemban tanggung jawab sebagai satu-satunya perusahaan yang diberikan kewenangan dan tanggung jawab oleh negara untuk menyediakan pelayanan ketenagalistrikan. Tanpa adanya visi, misi, dan spirit yang sama maka tanggung jawab itu akan menjadi beban, sehingga masyarakat yang akan menjadi korban.

 

Apa saja sebenarnya tanggung jawab PT PLN?

Kami memiliki tanggung jawab untuk menyediakan listrik 24/7 dengan kualitas yang baik, tidak padam, sehingga security of supply menjadi kunci utama dalam pelayanan. Sementara untuk bergerak maju, PLN juga bertanggung jawab untuk mewujudkan rasio elektrifikasi hingga 100 persen di seluruh wilayah Indonesia dan meningkatkan konsumsi listrik per kapita.

Untuk itu, kami menggunakan empat pedoman pokok yang harus dijalankan tanpa syarat oleh setiap insan di PLN. Pedoman tersebut, di antaranya menjalankan perusahaan dengan prinsip good corporate governance. Hanya dengan cara itu korporasi seperti PT PLN dengan tanggung jawab yang sedemikian tinggi, dapat menjalankan operasi dengan sebaik-baiknya.

Prinsip berikutnya ialah menempatkan pengguna listrik sebagai konsumen yang harus dilayani sebaik-baiknya. Dengan demikian, PLN sebagai penyedia kelistrikan harus menempatkan diri sebagai pelayan, dan bukan yang ingin dilayani.

Untuk bisa mewujudkan semua itu, konkretnya apa yang harus dilakukan oleh semua karyawan?

Untuk dapat menjalankan dua prinsip utama tersebut, seluruh pegawai PLN, termasuk direksi dan komisaris, mesti bekerja dengan penuh tanggung jawab, akuntabilitas tinggi, ownership terhadap tugas dan target, diiringi kemampuan eksekusi yang prima. Harus berkomitmen merealisasikan rencana yang sudah dibuat tanpa banyak alasan.

Seluruh jajaran di PLN harus memiliki kemampuan untuk membiayai mandat yang telah diberikan pemerintah kepada perusahaan ini. Untuk itu, kami mesti memiliki rasio keuangan yang baik, memiliki cashflow yang baik dan sustain, memiliki Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization/EBITDA atau pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi yang sehat dan meningkat, serta mampu menjadi perusahaan yang lebih efisien.

Apa target PLN ke depannya?

Hingga Januari 2020, kapasitas pembangkit yang dioperasikan oleh PLN mencapai 62.833 megawatt (MW) dengan daya tersambung ke pelanggan sebesar 138.077 MVA. Sampai saat ini, jumlah pelanggan PLN mencapai 75,70 juta orang di seluruh Indonesia, dengan panjang transmisi mencapai 58.959 kilometer sirkuit (KMs).

Jika dihitung kira-kira berapa total aset PT PLN saat ini?

Total aset mencapai 1.549 triliun rupiah berdasarkan laporan keuangan triwulan III tahun 2019. Pada triwulan III 2019, pajak dan dividen yang disumbangkan PT PLN kepada pemerintah adalah sebesar 21,7 triliun rupiah. Dalam triwulan yang sama, penjualan tenaga listrik meningkat sebesar 4,5 persen dibandingkan triwulan III 2018 atau sebesar 202,7 triliun rupiah.

Pendapatan usaha PLN dalam kurun waktu hingga triwulan III 2019 juga meningkat dengan persentase yang sama yakni 4,5 persen. Besarannya mencapai 209,3 triliun rupiah. Sepanjang lima tahun terakhir, kecenderungan kinerja PT PLN juga meningkat. Dari sisi jumlah pelanggan terakhir sebesar 75,70 juta, angka ini naik dari 61,168 juta pelanggan pada tahun 2015. Sementara pertumbuhan daya tersambung meningkat dari 106.582 megavolt ampere (MVA) menjadi 138.077 MVA.

Bagaimana dengan upaya penghematan?

Pemerintah telah menginstruksikan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada pembangkit kami. Faktanya dalam lima tahun terakhir, persentase konsumsi BBM untuk pembangkit kami menurun dari 8,3 persen pada tahun 2015 menjadi hanya 3,61 persen pada tahun 2019.

Angka ini terus kami turunkan, baik melalui penggunaan B20 dan B30, maupun dengan mengembangkan penelitian penggunaan crude palm oil (CPO) pada pembangkit-pembangkit kami. Dengan melakukan adaptasi dengan pemanfaatan B20 dan B30, kami dapat terus meningkatkan efisiensi untuk mencapai suistainability growth.

Bagaimana dengan penggunaan B20 dan B30?

Terkait dengan B20 dan B30, kami telah menjalankan penugasan dari pemerintah. Nyatanya ada peningkatan 1,3 kali penggunaan B20-B30 selama 2019 dibanding tahun 2018.

Lantas bagaimana dengan rencana B100 ke depannya?

Ini beda lagi. Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) akan mengalami kendala ketika mengonsumsi Fatty Acid Methyl Ester (FAME) atau Bahan Bakar Nabati (BBN) murni tanpa campuran solar atau B100.

Kami telah menerapkan campuran FAME yang berbahan baku minyak sawit dengan solar, baik dengan kandungan 20 persen (B20) dan 30 persen (B30), yang digunakan sebagai bahan bakar PLTD. Dampaknya membuat emisi pembakaran meningkat dan berpotensi menimbulkan kerusakan komponen mesin PLTD.

Kerusakan seperti apa?

Kami menemukan penggunaan tersebut menghasilkan emisi lebih besar 1,5 sampai dua kali lipat. Selain itu, penggunaan CPO 100 persen akan menimbulkan kerak pada mesin dan berpotensi merusak komponen dari mesin PLTD.

Dari dampak penggunaan FAME tanpa campuran pada mesin PLTD tersebut maka implementasi program B100 lebih cocok diterapkan pada mesin pembangkit yang didesain menyerap BBN murni. Sebaiknya rencana penggunaan CPO ini diterapkan pada mesin diesel yang memang didesain untuk menggunakan BBN.

Seperti apa prospek gasifikasi dalam kelistrikan sesuai dengan keputusan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM)?

Dengan adanya perubahan konsumsi BBM menjadi Bahan Bakar Gas (BBG) pada 52 PLTD diperkirakan bisa menghemat 4 triliun rupiah. Kami telah mengidentifikasi untuk memetakan perencanaan konstruksi pembangkit guna merealisasikan rencana pengoperasian PLTD yang diubah bahan bakarnya dari BBM menjadi gas.

Langkah ini diambil sebagai bentuk implementasi Keputusan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020 mengenai gasifikasi. Dari identifikasi tersebut, dibagi jadi lima wilayah. Dengan diterapkannya program penggantian konsumsi BBM menjadi gas, akan menurunkan konsumsi BBM pada sektor kelistrikan.

Pada tahun lalu realisasi konsumsi BBM PLTD sebanyak 2,6 juta juta KL, dengan digantinya bahan bakar 52 PLTD menjadi BBG maka potensi konsumsi BBM yang dapat dikurangi sebanyak 1,6 juta KL sehingga PLN dapat menghemat biaya sebesar empat triliun rupiah.

Saat ditunjuk sebagai Dirut, Anda katakan akan fokus mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT). Seperti apa rencananya?

Saat ini, daya pembangkit EBT terpasang 7.800 MW. Ada tambahan daya dari PLTA Hasang berkapasitas 39 MW di Sumatera Utara yang baru saja mendapatkan sertifikat laik operasi. Kapasitas terbesar yang dimiliki PLN untuk sektor EBT yakni PLTA sebanyak 4.750 MW atau 60 persen dari total seluruh EBT. Pada tahun 2020, PLN berencana menambah pembangkit dari sektor EBT sebanyak 1.492 MW.

Ada banyak tempat yang belum menikmati listrik, lantas bagaimana upaya PLN dalam mendorong ketersediaan listrik di desa-desa?

Kami memiliki program desa berlistrik yang mampu menerangi 70.391 desa pada tahun 2015 menjadi 81.085 desa dan kelurahan di seluruh Indonesia. Sebagian besar penambahan desa berlistrik dilakukan di daerah-daerah yang sulit dijangkau, sehingga memerlukan pekerjaan yang lebih kompleks. Program ini diharapkan bisa mendorong produktivitas di desa dan kelurahan.

N-3

Tampilkan Semua

Polimer untuk Beton Tahan terhadap Api

Sabtu 22/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Self-compacting high-performance concrete (SCHPC) atau beton pemadatan mandiri berperforma tinggi hingga saat ini masih memiliki satu kelemahan, yakni menjadi serpihan dan terbelah saat terkena api sehingga mengurangi kapasitas daya...
Selengkapnya

Mesin Roket Sederhana Hemat Bahan Bakar

Sabtu 22/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dengan teknologi detonasi mesin berputar memungkinkan pesawat ruang angkasa yang lebih murah dan lebih ringan. Para peneliti telah mengembangkan model matematika yang menggambarkan cara kerja detonasi mesin berputar (rotating detonation...
Selengkapnya

Jelajah Etosha National Park

Sabtu 22/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ini adalah sebuah pilihan setelah berkunjung ke Afrika Selatan. Mendatangi Namibia yang bertetangga dengan Afrika Selatan bisa menambah pengalaman unik. Republik Namibia adalah sebuah negara di Afrika bagian barat daya tepatnya di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta