Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | 14 February 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Revisi UU KPK Bisa Tak Jadi

Sabtu 13/2/2016 | 08:06
A   A   A   Pengaturan Font

Peta fraksi di DPR RI mulai berubah terkait rencana revisi UU KPK. Dukungan untuk revisi semakin berkurang dan sebaliknya fraksi yang menolak bertambah.

Jakarta – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR menyusul sikap dua fraksi sebelumnya yang menyatakan menolak revisi Undang Undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pembrantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK). Penolakan dari pegiat antikorupsi juga makin menguat. Melihat perubahan sikap ini bisa saja revisi UU KPK ini tidak jadi alias batal dilakukan.

Sikap penolkan FPKS dikemukakan Ketua Fraksi PKS di DPR,

Jazuli Juwaini, Jumat (12/2) di Jakarta. Dia menegaskan fraksinya menolak melanjutkan pembahasan revisi Undang-Undang nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang saat ini sedang dibahas di Badan Legislasi DPR. ”Hasil keputusan rapat pleno Fraksi PKS pada Kamis (11/2) adalah menolak melanjutkan pembahasan revisi UU KPK,” katanya. Jazuli mengungkapkan, PKS setuju revisi UU KPK, apabila untuk menguatkan institusi pemberantasan korupsi ini sehingga lebih berani menindak kasus-kasus besar.Dengan penguatan KPK diharapkan institusi itu tidak menangani kasus-kasus tindak pidana korupsi skala kecil. ”Kami setuju revisi untuk menguatkan KPK agar bisa mengungkap kasuskasus besar,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Jazuli, FPKS setuju revisi apabila pemerintah kompak dan konsisten membahasnya bersamasama dengan DPR.

”Jangan sampai terkesan centang perenang antara Menkumham dengan Istana seakan ada ketidakkompakkan antara mereka,” katanya.

Sebelumnya Fraksi Partai Gerindra dan Fraksi Partai Demokrat di DPR menolak isi draf revisi UU KPK terbaru hasil harmonisasi di Baleg karena dinilai melemahkan KPK.

Sikap kedua fraksi itu membuat beberapa fraksi lainnya berpikir ulang sehingga pengesahan draf revisi UU KPK menjadi RUU inisiatif DPR yang direncanakan dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR ditunda hingga Kamis pekan depan.

Dari Yogyakarta, Peneliti Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Hifdzil Alim, menyayangkan perilaku partai politik di Indonesia yang dinilainya tak patut. Sebab, sejumlah partai politik seperti menunjukkan sikap berbeda ketika menyangkut KPK.

Hifdzil mencatat, pada 2013, PDI Perjuangan menjadi yang terdepan menolak revisi UU KPK. Saat itu, posisi PDIP menjadi oposisi. Sementara Gerindra mendukung revisi. Tapi, sekarang PDI P memenangi Pemilu 2014 dan kemudian berada di pemerintahan. Tahun lalu, PDIP berubah menjadi mendukung revisi UU KPK, sedangkan Gerindra yang berada di luar pemerintahan menolak.

Sedangkan Direktur Pukat UGM, Zainal Arifin Mochtar, mengharap gelembung penolakan pembentukan Panitia Kerja (Panja) pembahasan revisi RUU KPK terus bertambah. Namun, kalau Panja tetap jadi, ia yakin gelombang penolakan revisi UU KPK akan terus bertambah. “Revisi (UU KPK) bukan penguatan hukum, tapi pembodohan. Kami berharap presiden menolak menandatangani (pembentukan Panja),” ujarnya.

Tidak Masalah

Dengan perubahan situasi ini, bagaimana sikap Pemerintah? Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat, mengatakan, Pemerintah tidak mempersoalkan penolakan sejumlah fraksi parlemen terhadap revisi UU KPK. “Kalau enggak mau, ya sudah, kami enggak apa-apa,” katanya.

Meski demikian, Menkopolhukam meminta agar partai yang menyatakan penolakan tak lantas menuding pemerintahan Jokowi/Kalla hendak melemahkan KPK melalui revisi UU itu. Luhut mengatakan, terdapat empat substansi revisi UU KPK yang sudah disepakati. – fan/eko/Ant/AR-3

DPR Minta Pemerintah Antisipasi PHK Massal

Sabtu 13/2/2016 | 06:15
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Pemerintah harus mengantisipasi dampak berkalanjutan dari pemutusan hubungan kerja atau PHK yang terus terjadi di sejumlah industri kecil dan besar. Jika terlambat mengantisipasi, bukan tidak mungkin menimbulkan gejolak sosial yang akibatnya bisa lebih parah dari PHK itu sendiri.

Selengkapnya

Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Anak Gratis

Sabtu 13/2/2016 | 06:06
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Pembuatan Kartu Tanda Penduduk untuk anak atau biasa disebut dengan Kartu Identitas Anak (KIA) atau KTP Anak sudah bisa dilakukan.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan, pengurusan pembuatan KTP Anak tak dipungut bayaran alias gratis. Menteri Tjahjo, mengatakan … Selengkapnya

Peneliti Pelajari Efek Gerhana Matahari Total

Sabtu 13/2/2016 | 03:16
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 adalah fenomena alam dan merupakan kejadian yang sangat langka. Kejadian ini baru akan terjadi lagi di daerah yang sama pada 350 tahun mendatang.

“Ini menjadi kesempatan bagus … Selengkapnya

mondial

Ilmuwan Temukan Eksistensi Gelombang Gravitasi Einstein

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON – Para Ilmuwan untuk pertama kalinya berhasil mendeteksi gelombang gravitasi, riak dalam dimensi ruang dan waktu, yang pernah dihipotesiskan oleh fisikawan Albert Einstein sekitar 1 abad lalu. Menurut mereka penemuan ini yang diumumkan pada Kamis (11/2) waktu Amerika Serikat (AS), merupakan sebuah terobosan keilmuan yang amat bersejarah dan membuka khazanah baru bagi ilmu pengetahuan tentang kosmos.

Dalam pernyataannya, para ilmuwan itu telah mengidentifikasi gelobang gravitasi yang berasal dari Lubang Hitam (sebuah obyek yang luar biasa padat yang keberadaannya juga telah diramalkan oleh Einstein), yang terpaut amat berjauhan dan mengorbit satu sama lain, memilin ke dalam dan menghancurkan secara bersama-sama dengan kecepatan tinggi untuk membentuk Lubang Hitam tunggal yang lebih besar.

“Tubrukan” antar Lubang Hitam tersebut, menurut para ahli telah menimbulkan gelombang yang salah satu gelombangnya memiliki tinggi sebanyak 29 kali massa Matahari dan yang lainnya memiliki tinggi 36 kali massa Matahari, berlokasi sekitar 1,3 milyar tahun cahaya dari Bumi.

“Para hadirin, kami telah mendeteksi gelombang gravitasi. Kami berhasil,” kata fisikawan asal California Institute of Technology (Caltech), David Reitze, saat konferensi pers di Washington. “Penemuan ini butuh waktu lama, dan ini baru merupakan sebuah awal dan era baru dari astronomi,” imbuh fisikawan lainnya asal Louisiana State University yang juga ikut serta dalam konferensi pers, Gabriela Gonzalez.

Penemuan ini bisa terjadi berkat bantuan sepasang detektor laser raksasa yang ada di Louisiana dan Washington, AS. Sebelumnya para ilmuwan telah selama beberapa dekade berupaya mencari gelombang gravitasi itu.

“Tubrukan Lubang Hitam menciptakan gelombang gravitasi itu dan gelombang itu bisa membuat  badai besar dalam struktur ruang dan waktu. Badai tersebut bisa menimbulkan percepatan dan memperlambat waktu, serta bisa membengkokkan waktu ke arah manapun,” ucap fisikawan Caltech lainnya, Kip Thorne.

Sebenarnya para ilmuwan tersebut berhasil mendeteksi adanya gelombang gravitasi pada 14 September lalu lewat sebuah instrumen yang saling berkesinambungan yang diberi nama Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO). Instrumen ini bisa mendeteksi gelombang sekecil apapun yang menerpa Bumi.

Para ilmuwan itu lalu mengubah sinyal gelombang menjadi gelombang suara hingga dapat didengarkan suara saat Lubang Hitam saling bersatu dan hal tersebut diperdengarkan saat konferensi pers dan terdengar seperti dentuman yang diselingi decitan.

Para Ilmuwan juga mengatakan penemuan ini akan membuka cakrawala baru dalam pengamatan alam semesta dimana gelombang gravitasi ini bisa membantu mereka mendapatkan informasi terkait fenomena Lubang Hitam atau bintang neutron yang hingga saat ini masih misterius, bahkan akan secara lebih mendalam lagi memahami awal mula terciptanya alam semesta.

Terobosan Baru

Sejauh ini, pengetahuan kita tentang kosmos hanya berdasar pada gelombang elektromagnetik seperti gelombang radio, cahaya, inframerah, sinar X dan sinar Gamma. Sayangnya semua itu mendapat gangguan (interferensi) saat melaju di alam semesta hingga hanya menyisakan secuil informasi tentang alam semesta.

Berbeda dengan gelombang gravitasi yang sama sekali tak mengalami hambatan dan ini akan memberi kita informasi yang amat banyak. Obyek seperti Lubang Hitam yang tidak memedarkan cahaya dan gelombang radio, bisa dipelajari lewat gelombang gravitasi ini.

Einstein pada 1916 telah menuliskan eksistensi gelombang gravitasi ini sebagai pengembangan dari teori umum relativitasnya yang digambarkan bahwa gravitasi sebagai distorsi ruang dan waktu dipicu oleh kehadiran materi. Sebelumnya para ilmuwan hanya menemukan bukti tidak langsung atas keberadaan gelombang gravitasi yang mulai diselidiki pada tahun 1970-an. uci/Rtr/I-1

Seorang Menteri di Kabinet Turnbull Mundur

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

CANBERRA – Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, pada Jumat (12/2) menerima surat pengunduran dari seorang menteri yang ada di kabinet yang dipimpinnya. Pengunduran diri menteri ini terjadi setelah ia mengakui hadir dalam acara penandatanganan kontrak antara sebuah perusahaan Tiongkok bernama … Selengkapnya

Isu Palestina dan Al-Quds Jadi Fokus KTT OKI

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pada 7 Maret mendatang, Indonesia akan jadi tuan rumah penyelenggaraan KTT Luar Biasa OKI ke-5. Pertemuan ini untuk pertama kalinya membahas isu Palestina dan Al-Quds Al-Syarif.

​JAKARTA – Atas permintaan Palestina, pemerintah Indonesia telah menyampaikan kesiapan untuk menjadi tuan rumah … Selengkapnya

Perjuangan Suku Kelana Laut Thailand Demi Menuntut Hak dan Keadilan

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Digusur rupanya bukan hanya dialami oleh masyarakat yang tinggal di darat, tetapi mereka yang tinggal di laut juga bisa tergusur. Inilah yang dialami oleh masyarakat suku laut atau masyarakat Thailand menyebutnya “Chao Lay”. Saat ini, mereka mendesak pemerintah Negara Gajah … Selengkapnya

ekonomi

Layanan Tol Tangerang-Merak Ditingkatkan

Sabtu 13/2/2016 | 23:19
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Marga Mandalasakti (MMS) sebagai pengelola tol Tangerang-Merak berencana menambah 10 Gardu Tol Otomatis (GTO) dan 2 jembatan timbang (weight in motion/WiM) untuk meningkatkan layanan terhadap pengguna jalan tol.

Direktur Utama PT MMS, Wiwiek D Santoso mengatakan, penambahan 10 unit GTO tersebut dilakukan di Cikupa Off Ramp, Balaraja Barat, Serang Timur, Cilegon Timur, Cilegon Barat dan Merak. “GTO ini sebagian merupakan GTO entrance dan sebagian lagi GTO exit. GTO exit ini khusus untuk pemakai e-Toll Card,” kata Wiwiek, dalam keteranganya dalam kegiatan Meet & Greet Journalist 2016, kemarin.

Penambahan GTO tahap I, lanjut Wiwiek, dimulai sejak 2014 dengan penambahan 7 GTO di Gerbang Cikupa 5 unit, Cilegon Timur 1 unit dan di Serang Timur 1 unit. Sedangkan, penambahan 10 GTO merupakan tahapan antara sebelum keseluruhan diterapkan free flow system.

“Sistem yang menyangkut pengguna jalan perlu disosialisasikan dulu karena menyangkut perubahan kebiasaan pengguna jalan.”

Selain GTO, menurut Wiwiek, MMS juga berencana menambah Weight in Motion (WiM) atau alat pengukur berat kendaraan, seperti yang dipasang di Cilegon Barat pada 2014.Dengan Wim, dapat diketahui berat total kendaraan dan muatannya secara otomatis serta mudah mengidentifikasi kendaraan yang kelebihan muatan atau overload.

“Jika ada kendaraan yang kelebihan muatan maka secara otomatis akan mendapat ticket overload dan harus keluar di gerbang terdekat,” katanya.

Terkait penegakan kendaraan berbeban lebih ini, Wiwiek menegaskan, menjadi perhatian MMS. Sebab kendaraan- kendaraan ini umumnya tidak mampu menempuh kecepatan minimum di jalan tol sehingga menghambat dan membahayakan pengguna jalan lainnya. “Kedua WiM yang akan dipasang tersebut akan berada di gerbang tol Balaraja Barat dan Serang Timur.”

Percepat Transaksi
Menurut Wiwiek, setiap tahun MMS menyelenggarakan konvensi inovasi yang terbuka untuk seluruh karyawan. Tahun 2015 salah satu inovasinya yaitu GTO multiclass dengan automatic vehicle classification berdasarkan sensor tradle, yang meraih Rebi (Rekor Bisnis) Award.

Salah satu alasan yang mendorong inovasi adalah blue print sistem pengumpulan tol yang dibuat untuk sistem transaksi di jalan tol Tangerang-Merak. Pada ruas tol ini secara bertahap akan diperkenalkan sistem transaksi otomatis, sehingga suatu saat nanti dapat diterapkan free flow system atau sistem transaksi tanpa kendaraan harus berhenti.

ers/

AirNav Bantah Insiden Udara

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Holding merupakan hal lazim terjadi, bisa disebabkan oleh cuaca buruk atau banyaknya pesawat yang ingin mendarat di sebuah bandara.

JAKARTA – Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia membantah hampir terjadi tabrakan antara pesawat Garuda … Selengkapnya

KUR Ditambah 3 Triliun Rupiah

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah akan menambah alokasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun ini menjadi 103,02 triliun rupiah dari sebelumnya 100 triliun rupiah. Penambahan itu karena jumlah bank peserta KUR bertambah menjadi 19 bank.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan … Selengkapnya

Percaya Kerja Keras

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Strategi perang jenderal Sun Tzu menjadi pegangannya mengambil tantangan.

Pria kelahiran Manado, 55 tahun lalu ini percaya jika kerja keras bisa merubah nasib seseorang. Posisi yang sekarang dijabat diraihnya dengan proses panjang.

“Orang bilang kesempatan adalah hal yang penting. Tapi … Selengkapnya

rona

Manusia adalah Mesin Penghasil Energi

Sabtu 13/2/2016 | 06:50
A   A   A   Pengaturan Font

Tom Krupenkin dan J Ashley Taylor telah memulai penelitian terkait teknologi penyimpan energi ini sejak beberapa tahun lalu. Idenya terinspirasi dari keterbatasan “parah” penggunaan teknologi baterai pada perangkat-perangkat mobile elektronik.

Menurut para Krupenkin dan Taylor, manusia adalah mesin penghasil energi yang sangat kuat. “Manusia, secara umum, adalah mesin penghasil energi yang sangat kuat,” kata Krupenkin.

“Sementara berlari, seseorang dapat menghasilkan daya sebanyak kilowatt,” tambahnya. Sementara Taylor mengatakan teknologi pemanenan energi yang ada saat ini, lebih pada aplikasi daya tinggi seperti angin atau tenaga surya, atau sebaliknya aplikasi daya sangat rendah seperti kalkulator, jam tangan atau sensor. “Apa yang telah hilang ? adalah kekuatan di kisaran watt. Itu kisaran daya yang dibutuhkan untuk elektronik portabel.” Kata Taylor.

Pengembangan sepatu dengan teknologi pemanenan energi yang tertanam dalam sol sepatu ini sendiri merupakan riset yang telah keduanya lakukan sejak 2011 lalu dan didanai oleh National Science Foundation Small Business Innovation Research.

Tidak seperti baterai tradisional, sebagai energi baru, teknologi pemanen energi ini tidak perlu diisi ulang, selama proses berjalan normal.

Meskipun teknologi pemananan energi ini tidak mungkin dapat sepenuhnya menggantikan baterai pada sebagain besar aplikasi mobile, namun para peneliti percaya teknologi ini dapat memainkan peran kunci dalam mengurangi biaya, polusi dan masalah lain yang terkait dengan penggunaan baterai. – nik/berbagai sumber/E-6

“Electrowetting” untuk Sepatu Penampung Energi

Sabtu 13/2/2016 | 06:39
A   A   A   Pengaturan Font

Para penelit dari University of Wisconsin-Madison mengembangkan sol sepatu berteknologi mutakhir. Sol sepatu ini memungkinkan berfungsi sebagai cadangan energi dengan memanfaatkan energi gerak saat seseorang berjalan.

Dengan teknologi yang dibenamkan di sol septau ini, memungkinkan penggunanya memanfaatkan simpanan energi untuk … Selengkapnya

Melihat Dokumentasi Sejarah Karya Srihadi Soedarsono

Sabtu 13/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Sejumlah pengunjung mengamati dengan seksama beberapa karya maestro lukis Srihadi Soedarsono, yang sedang dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia (Galnas), Jakarta, Kamis (11/2) malam.

Para pengunjung ini tampak terpana saat mendengarkan penjelasan dari kurator Rikrik Kusmara bagaimana Srihadi harus dengan cepat … Selengkapnya

Kahitna Konser 30th Years Anniversary Love Festival

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Grup musik Kahitna akan menggelar konser bertajuk Kahitna 30th Years Anniversary Love Festival, yang rencananya digelar 13 Februari ini di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Vokalis Kahitna, Hedi Yunus menyebut Kahitna akan berkolaborasi dengan beberapa penyanyi, seperti Raisa Andriana dan … Selengkapnya

megapolitan

Amankan Kekayaan, Pemprov DKI Bentuk Tim Aset

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membentuk Tim Aset untuk melakukan pendataan serta pengamanan terhadap keseluruhan aset yang dimiliki oleh DKI Jakarta.

 “Masalah aset di DKI Jakarta menjadi catatan yang sangat penting bagi Pemprov DKI. Terlebih, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sudah menyarankan sejak dua tahun lalu agar Pemprov DKI membentuk Tim Aset,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (12/2).

Menurut dia, saat ini pihaknya tengah melakkukan pendataan ulang aset-aset DKI Jakarta. Pendataan itu dilakukan dengan cara meminta lurah agar memasukkan data-data terkait aset Pemprov DKI yang ada di wilayahnya masing-masing

 “Sebenarnya, melalui anggaran 2013 lalu kami sudah melakukan sensus aset. Namun, hasilnya tidak maksimal. Maka dari itu, sekarang kami lakukan pendataan ulang. Sehingga nanti kami bisa memperbarui data aset kami,” ujar Saefullah.

Dia menuturkan dengan dibentuknya tim aset, maka manajemen aset di lingkungan Pemprov DKI Jakarta menjadi lebih rapi dan tertib. Setiap aset milik DKI Jakarta pun dapat diketahui dengan jelas dan lebih mudah dilakukan pengawasan.

Ia menjelaskan nantinya pendataan ulang aset dilakukan dengan meminta lurah memasukkan data-data terkait aset Pemprov DKI di wilayahnya masing-masing. Lantaran, Saefullah menuturkan hingga saat ini belum ada data terbaru dari BPKAD terkait aset yang dimiliki DKI.  “Memang data aset tersebut belum di update lagi oleh BPKAD,” tuturnya.

Saefullah memaparkan dengan terselesaikannya sistem perencanaan pembangunan, seperti e-musrenbang dan e-budgetting, maka hampir 50 persen permasalahan kota Jakarta sudah selesai. Sehingga, Ia melanjutkan, Satuan Kerja Perangkat Daerah, Badan Usaha Milik Daerah, lurah, camat serta walikota bersama tim aset yang dibentuk bisa lebih berkonsentrasi untuk membenahi dan menertibkan berbagai aset milik DKI.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengakui penguasaan terhadap aset tanah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih lemah. Bahkan banyak yang belum bersertifikat. Sehingga, banyak pula yang berpotensi hilang

“Banyak aset DKI berpotensi hilang, karena enggak disertifikat, ketika digugat orang, kita lemah data asetnya,” kata  Ahok

Untuk itu dia memerintahkan Kepala Biro Hukum DKI memperbaiki masalah tersebut. “Kalau sudah diperbaiki kami juga mulai mensertifikatkan,” ujarnya.  Nis/P-5

Lift Monas Tidak Beroperasi Hingga 21 Februari 2016

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Lift  Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat yang biasa membawa pengunjung ke puncak Monas  rusak dan hingga 21 Februari tidak beroperasi

Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas, Rini Hariani mengatakan, terakhir kali lift digunakan pada  1 Februari oleh petugas … Selengkapnya

Puluhan Velbed Cadangan Disiapkan

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Data Dinas Kesehatan DKI Jakarta Cengkareng di Jakarta Barat memiliki kasud BDB tertinggi  dengan 84 kasus

JAKARTA-Beberapa rumah sakit di DKI Jakarta menambah tempat tidur (velbed)  untuk mengatisipasi  bertambahknya penderita Deman Berdarah Denge (DBD). Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, … Selengkapnya

Polres Jakarta Barat Buka Layanan Pengaduan Berbasis Android

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Polres Metro Jakarta Barat meluncurkan sistem layanan aduan berbasis aplikasi android bernama Wistle Blower System (WBS). Aplikasi tersebut diluncurkan untuk membantu masyarakat yang ingin melaporkan tindak kejahatan, penyalahgunaan narkoba hingga kenakalan oknum petugas polisi.

Kapolres Metro Jakarta Barat, … Selengkapnya

olahraga

Oscar Ingin Chelsea Lebih Baik

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Chelsea masih berjuang untuk mencapai performa terbaik mereka menjelang pertandingan Liga Inggris melawan Newcastle United, Minggu (14/2). Hal tersebut diungkap gelandang “The Blues asal Brasil, Oscar.

Juara bertahan telah lama terlihat kehilangan mahkota mereka setelah awal mengerikan musim ini di bawah Jose Mourinho. Tapi pada pertemuan dengan Newcastle sebelumnya, gol Ramires dan Willian menyelamatkan hasil imbang 2-2 di St James ‘Park pada September menandai capaian yang relatif baik selama periode penuh gejolak.

Chelsea tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan liga sejak Mourinho berpisah dengan klub, meskipun enam laga berakhir imbang di bawah pelatih saat ini Guus Hiddink. Hasil itu membuat Chelsea hanya enam poin di atas Newcastle di posisi ke-13.

“Kami memulai musim ini dengan tidak melakukan hal yang bagus. Tahun lalu kami akan bermain dengan baik dan menang, tahun ini kami bermain baik dan tidak menang. Hasil adalah segalanya,” ujar Oscar dalam sebuah wawancara dengan majalah Sport.

“Sulit untuk menjawab (apa yang telah berubah sejak Mourinho pergi). Ini tentang memberi kepercayaan kepada pemain untuk menunjukkan sepak bola terbaik, membantu Chelsea kembali ke permainan dan menang,” sambungnya.

“Lebih baik sekarang karena kami sudah mulai memenangkan pertandingan lagi. Kami kembali bermain dengan baik lagi. Tapi ketika kami kalah, mood buruk. Ketika kami menang, suasana hati membaik. Ini sama di mana saja,” tandasnya.  ben/ Rtr/S-1

Misi Sulit Bilbao

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MADRID – Athletic Bilbao akan menghadapi laga sulit untuk mengatasi catatan buruk mereka di Santiago Bernabeu ketika menghadapi Real Madrid, Sabtu (13/2).

Madrid menatap laga itu dengan empat poin terpaut dari pemimpin klasemen Barcelona. Sementara Athletic menempati urutan keenam setelah … Selengkapnya

Berebut Posisi Puncak

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TURIN – Striker andalan Napoli Gonzalo Higuain menegaskan dia dapat menangani tekanan jelang laga perebutan posisi puncak kontra Juventus, Sabtu (13/2). Tim asuhan Maurizio Sarri akan melawat ke Juventus Stadium dengan memegang keunggulan dua poin di puncak klasemen. Kedua tim,

Selengkapnya

Misi Jakarta Pertamina Kawinkan Gelar Proliga

Sabtu 13/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dihuni pemain-pemain baru serta didukung dua pemain asing baik di tim putra dan putri, Jakarta Pertamina Energi menargetkan untuk mengawinkan gelar Pertamina Proliga 2016.

JAKARTA – Tim bola voli Jakarta Pertamina Energi mematok target tinggi di kancah Pertamina Proliga 2016. … Selengkapnya

kupas

Deponering Kasus Mantan Pimpinan KPK Itu untuk Kepentingan Umum

Sabtu 13/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Jaksa Agung Muhammad Prasetyo berencana melakukan deponering atau pengesampingan perkara bagi mantan pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham S amad dan Bambang Widjojanto.

Merujuk pada Undang- Undang Jaksa Agung, hak memberikan deponering atau melakukan penyampingan perkara sepenuhnya milik Jaksa Agung. Tetapi Jaksa Agung tetap meminta pertimbangan sejumlah lembaga terkait.

Di antaranya DPR, Kapolri dan Mahkamah Agung. Komisi III DPR telah menyatakan sikapnya yakni menolak usulan deponering untuk dua mantan pimpinan KPK itu. Saat ini Jaksa Agung menanti sikap dari Kapolri dan Mahkamah Agung.

Abraham Samad dijerat kasus pemalsuan data kependudukan di Sulawesi Selatan. Sedangkan Bambang Widjojanto dijerat dengan kasus dugaan mempengaruhi saksi dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi terkait dengan sengketa kepala daerah Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Apa yang menjadi pertimbangan Jaksa Agung melakukan deponering bagi mantan pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad dan Bambang Widjojanto? Berikut petikan wawancaranya.

Apakah sudah ada pertimbangan atau pendapat dari Mabes Polri dan MA terkait dengan penyelesaian Kasus Samad dan Bambang? Apa yang menjadi pertimbangan Bapak untuk mengajukan deponering?

Rekomendasi dari Mabes Polri dan MA belum kami terima. Saya ingin jelaskan di sini bahwa pemberantasan korupsi itu adalah kepentingan umum.

Kita tahu bagaimana akibat yang ditimbulkan pidana korupsi. Bukan hanya merampas hak hidup ekonomi tapi juga sosial dan politik. Korbannya masyarakat.

Saya katakan bahwa pemberantasan tindak pidana korupsi adalah kepentingan umum. Nah ketika ada penggiat antikorupsi yang kemudian dipidanakan atau terkena kasus pidana, ya tentunya masih harus dipelajari seperti apa.

Tentunya kita khawatir nanti itu akan melanggar kepentingan umum itu. Yang pasti bisa menurunkan semangat pemberantasan korupsi.

Bagaimana hasil rekomendasi dari DPR melalui Komisi Hukum (III)?

Mungkin kamu lebih tahu jawabannya dari saya. Saya belum menerima jawabannya.

Apakah penerbitan deponering itu hanya pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad dan Bambang Widjojanto atau juga untuk penyidik Novel Baswedan?

Yang kita mintakan pertimbangannya untuk deponering hanya untuk 2 orang yakni Abraham Samad dan Bambang Widjojanto.

penyidik KPK Novel Baswedan?

Treatment-nya berbeda ya, setiap kasus tidak bisa digeneralisir. Pertimbangannya berbeda-beda. Oleh karena itu tidak bisa sama. Saya sih katakan dua yang kita minta pertimbangan. Gak usah dikejar lagi.

Teknis deponering-nya seperti ini?

Ya teknisnya dikesampingkan. Itu kewenangan Jaksa Agung. Kan saya sudah bilang, itu kepentingan umum. Ketika itu diperkirakan akan terusik terganggu oleh kasus ini. Kita lihat kepentingan umumnya di sana.

Kan Abraham Samad dan Bambang Widjojanto sudah tidak menjabat di KPK, terus kepentingan umumnya dimana?

Ya tidak harus pejabat dong. Kalau kamu tidak jadi wartawan lagi gimana?

Opsi buat Novel itu deponering juga?

Kan sudah saya bilang itu treatmentnya berbeda-beda. Kamu gimana sih. Saya sudah katakan tidak bisa digeneralisir. Pertimbangannya berbeda-beda. Yang kita minta pertimbangan dua. Kan sudah cukup.

Pertimbangan dari instansi terkait sudah diterima?

Pertimbangan kita bukan hanya pada pihak-pihak itu. Kita juga pertimbangkan aspirasi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat seperti apa. Kalian sendiri kan sudah menjaring aspirasi mereka seperti apa. Saya juga baca surat-surat kabar kalian yang isinya obyektif dan benar.Kalau tidak benar nggak akan saya baca itu.

Kapan keputusan deponering itu diumumkan?

Kita lihat dulu. Kita masih minta pertimbangan. Pertimbangan belum kita terima secara resmi. Saya baru mendengar kabar burung dari kalian. Kita harus tunggu dulu. Kita hormati apapun bunyi pertimbangannya. Deponering adalah hak prerogatif Jaksa Agung.

Pada titik itu bisa juga tidak mengeluarkan deponeering?

 Ho.. ho.. ho.. ya kita gak usah jawab lah soal itu.

Kenapa yang dipilih deponering bukan Surat Ketetapan Penghentian Perkara (SKP2)?

Ya itu pertimbangan kita dong. Itu artinya subjektivitas Jaksa Agung berdasarkan fakta dan pertimbangan yang ada. 

Kami Minta Tak Ada Impor Beras dan Jagung

Jumat 12/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Nusa Tenggara Barat atau NTB, jadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional 2016. Di Kawasan khusus pariwisata Mandalika, puncak acara HPN 2016 dilangsungkan Selasa (9/2). Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta beberapa menteri kabinet, hadir langsung.

Wartawan Koran Jakarta, berkesempatan mewawancarai … Selengkapnya

Serapan Tenaga Kerja Baru Lebih Banyak Ketimbang PHK

Kamis 11/2/2016 | 02:02
A   A   A   Pengaturan Font

Baru- baru ini merebak isu tutupnya perusahaan elektronik multinasional seperti Panasonic, dan Toshiba. Dari dua perusahaan besar tersebut, dikabarkan setidaknya ada sekitar 2.500 pekerja menjadi korban PHK. Rinciannya 1.500 dari Panasonic, sementara sisanya 1.000 pekerja dari Toshiba.

Untuk memperjelas kebenaran … Selengkapnya

Kejagung Akan Lakukan Sita Aset Yayasan Supersemar

Rabu 10/2/2016 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mahakamah Agung (MA) telah mengabulkan gugatan Kejaksaan Agung (Kejagung) terhadap Yayasan Supersemar, dalam kasus dugaan penyelewengan dana beasiswa yang disalurkan Yayasan Supersemar.

Dalam putusannya, MA mengharuskan Yayasan Supersemar dan ahli waris mantan Presiden RI HM Soeharto untuk membayar 315 juta … Selengkapnya

berita lain

Menata Furnitur di Ruang Kelas

Jumat 12/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Desain interior sebuah ruang kelas tidak sekedar tempat duduk dan menulis. Yang tidak kalah penting, tata letaknya perlu mengakomodir pembelajaran siswa selama di dalam kelas.

Meja, kursi, lemari maupun papan tulis merupakan furnitur yang biasa dijumpai di dalam kelas. Umumnya, … Selengkapnya

Suara Lebih Jernih Berkat VoLTE

Kamis 11/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Teknologi komunikasi data berbasis 4G LTE membuat komunikasi suara semakin murah. Bahkan, suara yang dihasilkan juga lebih jernih.

Sebelum era 4G LTE (Long term evolution), komunikasi suara yang mengandalkan Voice over Internet Protocol (VoiP) masih banyak kekurangan.

Komunikasi VioP lewat … Selengkapnya

All New Pajero Sport Laris

Rabu 10/2/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah diluncurkan secara resmi pada 29 Januari 2016 lalu di Fairmont Hotel – Senayan, Jakarta, nampaknya The All New Pajero Sport sukses membuat membuat penasaran para konsumen setia SUV di Indonesia.

Acara peluncuran yang dihadiri langsung President & Chief Operating … Selengkapnya