Koran Jakarta | April 19 2019
No Comments

Honda Akan Berikan Motor Berbeda untuk Lorenzo

Honda Akan Berikan Motor Berbeda untuk Lorenzo

Foto : AFP/JOSE JORDAN
A   A   A   Pengaturan Font

BARCELONA - Mantan juara dunia Mo­toGP, Casey Stoner, mengungkapkan Honda akan membuat motor RC123V khusus bagi Jorge Lorenzo. Motor tersebut kemungkinan besar bakal berbeda dengan tunggangan Marc Marquez.

Seperti diketahui, Lorenzo resmi mem­perkuat Honda untuk musim depan setelah hengkang dari Ducati. Hal itu seperti yang dilakukan Stoner. Pembalap asal Australia itu bergabung dengan Honda dari Ducati pada MotoGP 2011.

Di pabrikan asal Jepang itu, dia membu­kukan 10 kemenangan dan meraih gelar juara dunia pada musim pertama. Jorge Lorenzo juga hijrah ke Honda setelah dua tahun mem­perkuat Ducati.

“Saya rasa akan mudah bagi Jorge ketika pindah dari Ducati ke Honda. Honda adalah motor yang jauh lebih normal,” kata Stoner, seperti dilansir Speedweek, Selasa (11/12) kemarin. “Jorge telah membuktikan bisa me­nang di Ducati. Pindah ke Honda akan memo­tivasinya. Saya tak ragu dia dapat melakukan­nya (memang di Honda). Saya sangat tertarik untuk melihat apa yang terjadi,” sambung Stoner.

Menurut Stoner bukan hal mustahil bagi Honda memberikan motor dengan spesifika­si berbeda bagi Lorenzo dan Marc Marquez. Namun, memberikan motor yang cocok bagi Lorenzo bakal menjadi tantangan tersendiri bagi Direktur Teknik, Takeo Yokoyama. “Sep­ertinya spesifikasi mesin dan hal-hal seperti rem, roda, dan ban, di motor Jorge dan Marc bakal sama,” kata Stoner.

“Namun, Honda bisa memiliki sasis ber­beda, bahkan sayap dan geometri yang ber­beda. Ketika berada di Honda, Dani Pedrosa dan saya kerap membuat keputusan ber­beda. Saya tahu Marc selalu memilih frame dan setelan ber­beda dibanding Dani. Jadi bu­kan tak mung­kin bagi Jorge Lorenzo dan Marc Marquez memilih elec­tonics mapping yang ber­beda,” imbuh Stoner. AFP/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment