Koran Jakarta | July 17 2018
No Comments

Harga Emas Naik Tipis

Harga Emas Naik Tipis

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

CHICAGO- Harga emas berjangka di bursa berjangka New York Mercantile Exchange (Nymex) naik tipis pada akhir perdagangan Senin (18/6) waktu setempat yang dipengaruhi oleh melemahnya bursa saham di Amerika Serikat (AS) akibat ketegangan perdagangan antara negara tersebut dengan negara mitra utamanya Tiongkok.

Kontrak emas untuk pengiriman Agustus naik 1,6 dollar AS atau 0,13 persen dan ditutup pada level 1.280,10 dollar AS per ounce. Ketegangan perdagangan telah memicu penurunan di pasar saham. Indeks Dow Jones Industrial Average turun 165,10 poin atau 0,66 persen, menjadi 24.925,38 poin pada pukul 16.37 GMT. S&P 500 dan Nasdaq mengikuti penurunan Dow.

Ketika ekuitas mencatat kerugian, logam mulia biasanya naik, karena investor mencari aset-aset safe haven seperti emas sebagai investasi lindung nilai. Kendati saham terdepresiasi, kurs dollar AS tetap stabil bahkan cenderung menguat terhadap beberapa mata uang global lainnya. Penguatan itu karena bank sentral AS, Federal Reserve menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate pada Rabu (13/6) pekan lalu sebesar 25 basis poin serta mengindikasikan kenaikan lagi dua kali tahun ini.

Harga logam mulia lainnya seperti perak untuk pengiriman Juli turun empat sen AS atau 0,24 persen ke level 16,44 dollar AS per ounce, sedangkan Platinum untuk penyerahan Juli turun 3,9 dolar AS atau 0,44 persen ke level 883,90 dollar AS per ounce. xinhua/Ant/E-9

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment