Koran Jakarta | October 15 2018
No Comments
Prospek Usaha

Hankook Fokus Produksi 12 Juta Ban per Tahun

Hankook Fokus Produksi 12 Juta Ban per Tahun

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

BEKASI - Produsen ban asal Korea, PT Hankook Tire Indonesia, masih menunggu perkembangan pasar untuk pengembangan pabrik dengan kapasitas produksi 20 juta ban per tahun.

“Kami memang merencanakan pembangunan pabrik hingga fase kelima dengan investasi 1,1 miliar dollar AS. Tapi, untuk realisasinya kami masih menunggu perkembangan pasar. Sekarang ini kami lebih fokus pada pabrik fase 1 dan 2 berkapasitas produksi 12 juta ban per tahun dengan investasi 650 juta dollar AS,” kata Public Relations/Plant Management Team PT Hankook Tire Indonesia, Ade Mahendra, di Cikarang, Bekasi, kemarin.

Ade menjelaskan, Hankook merupakan perusahaan modal asing yang telah mampu menyerap tenaga kerja Indonesia sebanyak 1.852 orang. “Jika seluruh investasi direalisasikan akan mampu menyerap 4.200 tenaga kerja,” jelasnya. Terkait pemasaran, Ade mengatakan sebanyak 92 persen berorientasi ekspor. “Hanya 8 persen dipasarkan di dalam negeri,” ujarnya.

Sementara itu, Senior Manager Corporate Management Team Hankook Tire Indonesia, Hyon Young Seop, menjelaskan pabrik Hankook di Indonesia merupakan salah satu dari delapan pabrik di seluruh dunia. “Bahan baku ban Hankook menggunakan karet lokal Indonesia.

Pabrik Hankook Tire di Indonesia merupakan basis produksi ketujuh dari delapan pabrik Hankook di seluruh dunia, dan memproduksi ban yang diperuntukan untuk mobil penumpang hingga truk dan bus,” katanya. Jenis ban yang diproduksi oleh Hankook di antaranya ban yang didesain khusus untuk mobil penumpang, seperti Kinergy EX yang merupakan kombinasi teknologi dan desain yang menawarkan efisiensi bahan bakar, Ventus yang menawarkan performa serta kendali maksimal hingga Vantra LT yang digunakan pada kendaraan truk ringan.

“Kualitas produk menjadi fokus utama Hankook, sehingga kami melakukan banyak pemeriksaan dan penyortiran dalam proses produksi agar konsumen mendapatkan ban dengan kualitas terbaik,” jelas Hyon Young Seop. Produk ban yang dihasilkan oleh Hankook Tire Indonesia diekspor ke kawasan Timur Tengah, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia Tenggara, dan memenuhi permintaan pasar Indonesia.

Supervisor PT Hankook Tire Indonesia, Theonanta Pardede, menjelaskan pangsa pasar Hankoook di Indonesia masih kecil, yakni sebesar 10 persen. “Ini karena banyaknya pesaing yang menguasai pasar dalam negeri. Selain itu barang pabrikan tidak dapat langsung dijual ke konsumen karena harus melalui distributor, sehingga cukup kesulitan dalam penetrasi pasar,” kata Theonanta. 

 

yok/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment