Koran Jakarta | August 21 2019
No Comments

Hamilton Rajai GP Inggris

Hamilton Rajai GP Inggris

Foto : AFP/ANDREJ ISAKOVIC
A   A   A   Pengaturan Font

SILVERSTONE - Pebalap asal Inggris, Lewis Hamilton dari tim Mercedes menjua­rai balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (14/7), untuk me­raih kemenangan keenam­nya di tanah kelahirannya tersebut.

Hamilton, yang mengawali balapan dari start kedua, menyentuh garis finis 24,928 detik lebih cepat dari rival terdekatnya, Valt­teri Bottas, rekan satu timnya di Mercedes.Charles Leclerc dari tim Ferrari melengkapi podium di peringkat tiga setelah meredam perlawanan pebalap Red Bull Pierre Gasly dan diuntungkan insiden tubrukan antara Sebastian Vettel dan Max Verstappen.

Drama terjadi di lap ke-37 ketika Verstap­pen menyalip Vettel. Namun ketika sang pebalap Red Bull berada di depan pebalap Ferrari itu, Vettel menabrak Verstappen dari belakang ketika memasuki zona pengera­man. Vettel mengalami kerusakan di sayap depan dan harus menggantinya di pit, se­mentara Verstappen melanjutkan balapan hingga finis di posisi 5 di belakang Charles Leclerc dan Pierre Gasly. Di akhir balapan Vettel dikenakan penalti tambahan 10 detik hingga merosot ke posis 16.

Dengan kemenangan itu Hamilton men­cetak sejarah sebagai pebalap yang paling banyak memenangi GP Inggris dengan rekor enam kali juara, mengungguli rekor mantan pebalap tuan rumah lainnya, Jim Clark dan pebalap Prancis Alain Prost den­gan lima kemenangan. “Aku harap kalian menikmati hari kalian. Aku tak akan bisa melakukannya tanpa timku. Aku sangat se­nang menjadi bagian dari ini,” kata Hamil­ton usai lomba.

Hamilton, yang juga meraih satu poin tambahan setelah mencetak waktu putaran tercepat, kini kokoh di puncak klasemen pe­balap dengan 223 poin, selisih 39 poin dari Bottas di peringkat dua. Kemenangan itu juga merupakan kali ketujuh bagi Hamilton menjuarai balapan di 10 balapan yang telah berlangsung musim ini, sekaligus keme­nangan ke-80 selama kariernya. Ant/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment