Koran Jakarta | December 19 2018
No Comments
VARIA

Gubernur DIY Terpilih Sebagai Tokoh Peduli Museum 2018

Gubernur DIY Terpilih Sebagai Tokoh Peduli Museum 2018

Foto : ISTIMEWA
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X, me­raih penghargaan Purwakalagrha sebagai Tokoh Peduli Museum 2018 atas perannya melalui kebi­jakan museum sebagai salah satu pilar pembelajaran.

“Penghargaan ini jus­tru merupakan tantangan di mana saya harus bisa membuktikan konsistensi saya di dalam upaya un­tuk memberikan kontri­busi kepada anak bangsa, khususnya generasi muda,” kata Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam sambut­annya pada acara Indonesia Museum Awards, di Perpusta­kaan Nasional Jakarta, Minggu (14/10).

Dia mengatakan museum salah satu cermin tentang sis­tem pendidikan di luar sekolah, yang dapat memberikan nilai untuk bisa membentuk karakter dan kualitas anak bangsa.

Oleh karena itu, sebagai Gubernur DIY, Sri Sultan mene­tapkan museum sebagai salah satu sumber belajar, bersama dengan sekolah dan perpustakaan. Ketiganya kemudian di­sebut sebagai Tiga Pilar Pembelajaran di Provinsi DIY.

Dengan mendapatkan penghargaan tersebut, Sri Sultan berharap seluruh museum di Yogyakarta dapat mening­katkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya para pelajar. “Harapan saya, para manajer museum punya kemauan untuk berdialog dengan anak-anak pelajar di mu­seum, untuk bisa berdialog memberikan penjelasan, arti, makna, dan martabat daripada isi yang ada di museum,” ujarnya. eko/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment