Koran Jakarta | November 22 2019
No Comments
VARIA

Global Geopark Jadi Keunggulan Kompetitif Gunungkidul

Global Geopark Jadi Keunggulan Kompetitif Gunungkidul

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA – Status Gunung Purba Nglanggeran di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ditetap­kan sebagai bagian dari Global Geopark dunia UNESCO se­kaligus menjadi keunggulan kompetitif yang harus diman­faatkan untuk pembangunan daerah.

Dalam acara Geopark Night Specta 2019 akhir pekan lalu, Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, mengata­kan peringatan penetapan Gunung Sewu sebagai bagian dari Global Geopark mesti disadari sebagai komponen ung­gulan daerah.

“Dalam kaitannya itu, maka sumber daya manusia, sum­ber daya budaya, menjadi komponen unggulan pemba­ngunan ekonomi di DIY. Untuk itulah, pemerintah DIY akan senantiasa mendukung kreasi kelompok masyrakat dalam kegiatan-kegiatan yang berbasis dengan kebudayaan, kese­nian, dan promosi pariwisata,” kata Paku Alam X.

Paku Alam juga menyampaikan harapannya agar event Geopark Night Specta ini dapat memacu kreativitas masya­rakat, sehingga dapat menumbuh kembangkan pariwisata di DIY.

Bupati Gunungkidul, Badingah, mengatakan Geopark Gunung Sewu ini memiliki konsep pengembangan kawas­an berkelanjutan yang memadukan tiga keragaman, yaitu geologi, biologi, dan budaya. Kawasan ini juga memperha­tikan aspek lain, yaitu pendidikan dan pertumbuhan eko­nomi lokal. YK/E-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment