Koran Jakarta | October 22 2017
No Comments
Pembangunan Dermaga

Gerbang Masuk ke Pulau Seribu Dibangun

Gerbang Masuk ke Pulau Seribu Dibangun

Foto : ilustrasi/istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memulai pembangunan gerbang masuk ke Kepulauan Seribu. Gerbang ini berupa dermaga untuk memudahkan mobilitas masyarakat Kepulauan Seribu menuju daerah-daerah lainnya dan meningkatkan jumlah wisatawan ke Kepulauan Seribu.

“Berbagai potensi pesona wisata yang ada di Kepulauan Seribu harus terus didorong dan ditingkatkan kelengkapan sarana prasarananya demi menunjang berbagai aktivitas para wisatawan,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat saat groundbreaking dermaga Kepulauan Seribu, di Jakarta Utara, Kamis (12/10).

Dalam dermaga ini, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan berbagai fasilitas seperti dermaga kapal, ruang tunggu dan sarana dermaga sebagai kewajiban PT Pelindo II, rumah singgah masyarakat, SPBU, pusat informasi, lapangan parkir, kantor penghubung kabupaten, dan masjid/mushola. Pemprov DKI Jakarta juga sekaligus membangun Venue Cabang Olahraga Layar di Perumahan Metro Marina, Kelurahan Ancol Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

“Semoga, ini bisa meningkatkan kegiatan-kegiatan penyaluran bakat positif untuk anak remaja. Saya juga berharap, dengan dibangunnya sarana dan prasarana layar di Kepulauan Seribu ini mampu menarik arus kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu,” katanya.

Dia mengatakan, rumah singgah yang berada di dermaga ini berfungsi tempat perlindungan dari berbagai bentuk kekerasan yang kerap menimpa anak-anak. Seperti penyimpangan seksual dan bentuk kekerasan lainnya. Selain itu sebagai rehabilitasi untuk mengembalikan dan menanamkan fungsi sosial anak.

“Ini juga bisa menjadi akses terhadap pelayanan, yaitu sebagai persinggahan sementara anak-anak dan sekaligus akses kepada berbagai pelayanan sosial, antara lain pendidikan dan kesehatan,” ucapnya.

Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Irmansyah mengatakan, pembangunan dermaga itu dilakukan untuk mendukung Kepulauan Seribu sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016. Selain itu, pembangunan ini juga harus berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat kepulauan.

“Untuk itulah, kantor perwakilan terpadu satu atap yang juga dibangun ini dilengkapi dengan rumah singgah bagi masyarakat kepulauan. Kalau ada anggota keluarga yang sakit dan harus ditangani di daratan Jakarta, maka warga yang mengurus anggota keluarganya yang sakit itu dapat memanfaatkan rumah singgah tersebut,” katanya.

Sementara, untuk pembangunan venue cabang olah raga Layar juga akan dibangun guna menunjang pelaksanaan Asian Games 2018. Apalagi, pulau-pulau di Kepulauan Seribu memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai basis olahraga air seperti layar, jet ski, banana boat, diving serta snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut dan terumbu karang.

“Meskipun olahraga layar belum berkembang luas di kalangan pecinta olahraga air, namun sarana dan prasarana untuk kegiatan olah raga ini perlu disiapkan,” ucapnya. pin/P-5

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment