Koran Jakarta | November 22 2019
No Comments

Gelombang Panas Landa Kota-Kota di AS

Gelombang Panas Landa Kota-Kota di AS

Foto : AFP/Johannes EISELE
Kolam Renang Penuh l Warga dari wilayah Queens di Kota Newa York, Amerika Serikat, memenuhi kolam renang publik Astoria saat terjadi gelombang panas pada Sabtu (20/7). Selai melanda sebagian wilayah di AS, gelombang panas ini pun terasa di wilayah timur Kanada.
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC – Sejumlah kota besar di Amerika Serikat (AS) sepanjang akhir pekan lalu dilanda gelombang panas dengan suhu udara mendekati 100 derajat Fahren­heit (38 derajat Celsius). Adapun wilayah yang dilanda ge­lombang panas membentang mulai dari dataran Midwest­ern hingga pesisir Atlantik.

“Suhu panas yang melanda Kota New York hari ini dan esok hari merupakan yang terpanas dalam beberapa tahun terakhir. Waspadalah,” cuit Wali Kota New York, Bill de Bla­sio, di media sosial, Sabtu (20/7).

Menurut keterangan Dinas Cuaca Nasional AS, gelom­bang panas ini terjadi akibatkan sistem bertekanan tinggi di lepas pantai Atlantik yang mengantarkan udara panas sub­tropis. “Kondisi gelombang panas yang amat berbahaya ini akan berlanjut hingga Minggu (21/7),” ucap Dinas Cuaca Nasional AS sembari menerangkan bahwa wilayah sekitar Washington DC dan Kota Baltimore merupakan kota-kota yang dilalui gelombang panas dengan suhu antara 95 hing­ga 100 derajat Fahrenheit.

Hingga berita ini ditulis, dilaporkan sudah 3 orang me­ninggal dunia di Negara Bagian Maryland dan Arkansas aki­bat serangan panas terik. Selain melanda AS, gelombang panas ini pun terasa di wilayah timur Kanada.  AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment