Koran Jakarta | November 22 2019
No Comments
VARIA

Gaji Guru Honorer Minimal Setara UMR

Gaji Guru Honorer Minimal Setara UMR

Foto : ISTIMEWA
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengatakan gaji guru honorer ke depan minimal setara dengan Upah Minimum Regional (UMR). Ini akan teralisasi jika nantinya skema pendanaan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) disetujui.

“Kami terus memperjuangkan gaji guru honorer, agar nantinya gaji guru tidak ada yang 150.000 rupiah atau 500.000 rupiah per bulan. Paling tidak setara dengan UMR untuk yang nol tahun, nanti kami juga akan menghitung variabel lama pengabdiannya,” ujar Mendikbud saat kon­ferensi pers, di Jakarta, Kamis (17/10).

Mendikbud sudah meminta agar Dirjen Guru dan Te­naga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Supriano, un­tuk membentuk tim dalam menyusun tata kelola guru. “Sangat kompleks, karena kita mengurusi sebanyak tiga juga guru. Tidak mudah dan ini harus menggunakan ren­cana kerja,” kata dia.

Menurut dia, seharusnya tidak ada guru honorer, karena begitu guru pensiun maka harus diangkat. Guru honorer yang diangkat sekolah, ti­dak bisa disalahkan sepenuhnya karena mengganti guru yang pensiun.

“Makanya, saya minta yang pensiun ini ditunda dulu lah, sambil menunggu pengganti­nya. Kemendikbud tidak punya kekuasaan 100 persen, karena guru punya daerah,” ujarnya. ruf/E-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment