Gairah di Bernabeu | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 23 2017
No Comments

Gairah di Bernabeu

Gairah di Bernabeu

Foto : Reuters / Sergio Perez
Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo dan rekan-rekannya bertekad merebut gelar La Liga untuk pertamakalinya dalam lima tahun, dengan merebut poin penuh saat dijamu Malaga, Senin (22/5) dini hari WIB.
A   A   A   Pengaturan Font

Ini akan menjadi gelar La Liga pertama bagi Madrid dalam lima tahun terakhir.

MADRID – Kegairahan tengah menyelimuti Santiago Bernabeu. Sejak Jose Mourinho membawa Real Madrid mengangkat trofi La Liga pada 2012 lalu, musim ini menjadi kesempatan sempurna “Los Blancos” kembali merebut gelar bergengsi persepakbolaan Spanyol tersebut.

Pertandingan pekan terakhir La Liga musim ini terasa begitu istimewa bagi publik sepakbola Spanyol ketika persaingan dua raksasa, Madrid dan Barcelona berlangsung hingga laga pamungkas.

Dibanding seteru tradisional mereka, Madrid kali ini memegang kendali penuh. Dengan keunggulan tiga poin, hasil imbang di kandang Malaga, Senin (22/5) WIB, sudah cukup bagi “Los Blancos” mengangkat trofi La Liga untuk pertamakalinya dalam lima tahun terakhir.

Namun sebaliknya, kegagalan Madrid meraih poin di La Rosaleda nanti akan menjadi kesempatan bagi Barcelona, yang di saat bersamaan menjamu Eibar di Camp Nou, untuk merebut gelar La Liga ketigakalinya secara beruntun.

Para pemain Madrid pun paham, kesalahan sekecil apapun saat dijamu Malaga akan menghukum mereka. Pasukan Zinedine Zidane tak menginginkan hasil imbang. Mereka akan mengincar kemenangan, terlebih gelar La Liga musim ini akan menjadi sensasi istimewa bagi sebagian  besar skuad .

Faktanya, 16 pemain inti yang menjadi andalan Zidane musim ini, belum pernah merasakan kejayaan La Liga. Bagi Toni Kroos, Dani Carvajal, Isco, Marco Asensio, Luka Modric, Gareth Bale, Keylor Navas, Nacho, James Rodriguez, Casemiro, Mateo Kovacic, Lucas Vazquez, Danilo, Kiko Casilla, Mariano dan Ruben Yanez, itu akan menjadi yang pertama bagi mereka.

Hanya Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Sergio Ramos, Pepe dan Marcelo yang masih berada di tim sejak musim 2011-12, serta Alvaro Morata yang kembali ke Bernabeu.

Ronaldo pun menegaskan, mereka sangat fokus untuk pertandingan menghadapi Malaga. “Kami tidak mencari hasil imbang, kami harus menang. Kami tahu Malaga kuat di kandangnya," kata Ronaldo dalam laman ESPN.

"Tetapi kami harus memikirkan diri kami sendiri dan percaya pada diri kami bahwa kami bisa memenangkan pertandingan itu. Kami akan ke sana untuk memenangkan pertandingan tersebut, itu selalu menjadi tujuan tim ini. Kami adalah Real Madrid dan kami harus menunjukkan bahwa kami adalah tim terbaik dan tim juara, " tandas penyerang Portugal yang telah memecahkan rekor pencipta gol terbanyak di lima liga terbesar di Eropa.

Ronaldo genap menciptakan 367 gol, satu gol lebih banyak dari pemegang rekor sebelumnya mantan pemain Tottenham, AC Milan dan Chelsea, Jimmy Greaves. Pemain terbaik dunia empat kali itu sudah mencetak 284 gol pada 264 pertandingan liga bersama Real, ditambah 84 gol dari 196 penampilannya untuk Manchester United.

Lima liga kompetisi sepakbola utama Eropa adalah La Liga, Serie A, Bundesliga, Ligue 1 dan Liga Premeir Inggris. Ronaldo pernah bermain untuk Sporting Lisbon yang menjualnya kepada Manchester United seharga 19 juta euro pada musim panas 2003, sebelum akhirnya berlabuh di Real Madrid.

Tetap Yakin

Sementara peluang Barcelona untuk mempertahankan gelar La Liga musim ini tergantung dari diri mereka sendiri dan Madrid. Pasukan Luis Enrique itu harus menang dari Eibar dan berharap Madrid kalah di pertandingan terakhir mereka.

 Dengan skenario tersebut, kedua tim akan sama-sama memiliki nilai 90, namun Barcelona memiliki keunggulan lewat head to head dengan Madrid. Ini akan menjadi gelar ketiga secara beruntun bagi Barcelona setelah pada 2015 dan 2016 raksasa Catalan itu merebut gelar tersebut, atau akan menjadi yang keempat dalam lima tahun terakhir.

Enrique merasa timnya tidak memiliki beban apa pun. "Saya optimistis kalau Barcelona akan menang atas Eibar. Laga tersebut akan menjadi kunci bagi kami dan menjaga kesempatan untuk menjadi juara La Liga.Barcelona tidak mengalami masalah kelelahan pada laga-laga terakhir musim ini. Kondisi tim berada dalam kondisi yang sempurna. Kami siap menjalani laga pekan terakhir di La Liga," ujar Enrique.

Selain La Liga, Barcelona juga berpeluang mengamankan gelar Copa del Rey. Pada laga final, “Blaugrana” akan berhadapan dengan Deportivo Alaves. Rtr/drb/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment