Koran Jakarta | June 18 2018
No Comments
Teknologi Otomotif

Fitur Canggih Mobil Edisi 2018

Fitur Canggih Mobil Edisi 2018

Foto : istimewa
Mercedes-Benz GLC SUV
A   A   A   Pengaturan Font

Keberadaan teknologi digital mampu menciptakan mobil menjadi lebih pintar, efisien, aman, dan nyaman. Fitur teknologi apa yang bakal diaplikasikan produsen pada mobil terbaru?

Fitur teknologi parkir otomatis, semi otonom, kursi pijat, ambil alih kemudi, audio berkualitas, televisi streaming,  bluetooth instan, peredam suara, dan lainnya akan menjadi salah satu teknologi otomotif pada 2018. 

Pabrikan komponen otomotif Bosch misalnya memiliki teknologi yang mampu mencari tempat parkir.

Pada Consumer Electronic Show 2016 di Las Vegas. Konsepnya adalah hubungan antara konsep kota pintar (smart cities) dan kendaraan yang terkoneksi dengan hasil akhir berupa parkir mobil yang sepenuhnya otomatis.

Bosch dan Daimler berencana mewujudkan mobil yang bisa parkir sendiri pada 2018. Idenya adalah membuat sistem agar para pengemudi bisa dengan mudah meninggalkan mobilnya di pintu masuk parkir atau garasi. Mobil akan mencari sendiri tempat kosong dan memarkirkannya sendiri.

Saat tiba waktunya untuk pergi, maka kendaraan yang sama akan berkendara sendiri menuju titik penjemputan semula dengan cara yang sama. Dengan ide semacam ini, masa depan yang pernah menjadi angan-angan pada akhirnya bisa terwujud.

“Swakemudi akan menjadi bagian dari hidup kita lebih cepat dari yang kita sadari. Parkir swakemudi yang diperlihatkan secara mengesankan di museum menunjukkan betapa teknologi yang ada saat ini memang sudah sangat canggih,” kata Head of Automated Driving and Active Safety at Mercedes-Benz Dr. Michael Hafner.

“Penggunaan infrastruktur garasi parkir yang pintar dan konektivitasnya dengan kendaraan telah memungkinkan kita membuat parkir swakemudi ini terwujud jauh lebih cepat dari yang direncanakan,” ujar Gerhard Steiger, President of Chassis Systems Control Division Bosch.

BMW juga tidak mau kalah. Pada 2018 pabrikan baka meluncurkan mobil yang ramai dan sempit merupakan hal yang menyulitkan bagi para pemilik mobil. Untuk itu beberapa produsen kendaraan berupaya menciptakan teknologi pencarian parkir yang memudahkan pemilik kendaraan.

BMW menggabungkan teknologi Parkmobile dari dari perusahaan aplikasi yang telah digunakan di 250 kota di AS dan Kanada melalui sistem infotainment iDrive.  Teknologi itu mampu menemukan lokasi parkir yang masih tersedia, baik disekitar jalanan, permukiman, bandara dan di gedung-gedung.

BMW 8 Series

Jika Bosch dan BMW sedang bersiap menciptakan kendaraan yang bisa parkir sendiri, pabrikan mobil AS Cadillac akan memasarkan sedan CT6 pada 2018 ini. Teknologi ini telah memanfaatkan teknologi semi otonom menggunakan sistem yang dinamai Super Cruise.

Mobil akan menjaga jarak aman jarak aman dengan kendaraan di depannya dan memastikan laju mobil tidak melenceng dari jalur dengan kecepatan yang diatur oleh pengemudi. Caranya dengan menerapkan sistem driver-assistance systems yang mencakup cruise control yang adaptif, sistem pemantauan jalur mengemudi dan blind spot serta pengereman otomatis. Dengan bantuan pemindaian dari dari teknologi LiDAR, mobil ini menciptakan teknologi semi otonom.

Mengambil langkah maju menuju mobil otonom sepenuhnya mulai 2018, sedan Lexus LS yang didesain ulang dan SUV crossover Volvo XC60 mampu mengambilalih kemudi dari pengendara jika terjadi situasi bahaya untuk menghindari tabrakan. 

Lexus LS 

LS menawarkan fitur "Deteksi Pedestrian Intuitif" terbaru dengan sistem Active Steering yang akan mengerem dan menghindari pejalan kaki yang berada di jalur, atau berhenti tanpa berpindah jalur jika peristiwa itu terjadi saat lalulintas ramai.

Adapun XC60 menggabungkan teknologi auto-steering dalam sistem kecepatan rendah untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan lain, pejalan kaki, dan atau hewan yang melintasi jalanan.

sementara pabrikan asal Jerman Mercedes-Benz S-Class menawarkan jok yang bisa menyesuiakan dengan suhu sekitar. Adanya kontrol iklim mobil membuat jok bisa dihangarkan atau didinginkan. Bukan hanya itu kursi ini bisa memijat, dan mengatur pencahayaan dan pemrograman sistem audio guna memberikan kenyamanan kepada penumpang.

Mobil asal Korea Hyundai Elantra GT dan Kia Stinger model 2018 bakal mengadopsi sistem audio canggih dengan dengan menawarkan fitur Clari-Fi dari Harman. Teknologi ini dapat meningkatkan kualitas file audio digital yang telah tereduksi menjadi utuh, sehingga suara yang dihasilkan lebih bening, tajam, luas, dan dinamis.

Hyundai Elantra GT

Genesis yang merupakan seri mobil mewah Hyundai akan memberikannya pengalaman digital untuk model 2018. Pemilik kendaraan bisa mengunduh gratis perangkat berbasis iPhone atau Android untuk Genesis Virtual Guide, sebuah video tutorial perawatan kendaraan.

Pemilik kendaraan pun hanya perlu mengarahkan ponsel atau tablet ke lokasi tertentu pada mobil, misalnya mesin, kemudian aplikasi pada ponsel akan menampilkan cara merawat kendaraan melalui video tutorial.

Dengan Wi-Fi hotspot built-in televisi bisa dinikmati saat berada di kendaraan dengan kualitas tinggi. Lincoln Navigator 2018 menyediakan sistem hiburan yang mengakomodasi perangkat media streaming Slingbox sehingga penumpang bisa mengakses saluran televisi secara streaming saat berada di perjalanan.

Pabrikn Jepang Honda berupaya membuat Honda Accord dapat melakukan pairing Bluetooth secara mudah dengan Near Field Communication (NFC), dan untuk sementara masih ada pada sistem operasi Android. Pengemudi hanya cukup menekan logo "N" di dashboard dan sebagian besar ponsel yang menggunakan chip NFC akan terhubung dengan mobil melalui Bluetooth.

Honda Odyssey bakal diluncurkan dengan fitur pengawasan penumpang anak di kabin penumpang dan fitur Cabin Talk. Melalui kamera dan layar video yang ditempelkan pada dashboard,  orang tua bisa melihat bayi dan anak  mereka yang didudukkan di kursi belakang. 

CabinTalk yang memudahkan orangtua berkomunikasi dua arah dengan anak-anak di kursi belakang tanpa harus menengok ke belakang dan berteriak.

teknologi peredam suara bakal diluncurkan oleh Ford Mustang. Mobil sport ini akan menawarkanfitur "Quiet Mode" yang mampu meredam suara sehingga suara mesin terdengar lririh di dalam kabin. Namun pengemudi juga bisa memilih opsi berkendara yang lebih agresif melalui modesport dan track. hay/E-6 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment