Faktor Eksternal Masih Dominan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments
PREDIKSI RUPIAH

Faktor Eksternal Masih Dominan

Faktor Eksternal Masih Dominan

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

 

 

JAKARTA – Pergerakan rupiah, hari ini (1/7), diperkirakan akan dipengaruhi faktor eksternal meskipun adanya rilis data inflasi bulan lalu oleh Bada Pusat Statistik (BPS). Dampak pelemahan dollar AS pasca pengumuman data ekonomi Amerika Serikat (AS) dan dinamika pembicaraan AS dan Tiongkok terkait ketegangan perdagangan antarkeduanya.

Seperti diketahui, kurs dollar AS melemah terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Jumat (28/6) waktu New York, AS atau Sabtu (29/6) pagi WIB, karena belanja konsumen dan pendapatan pribadi AS meningkat pada Mei, menunjuk ke tingkat inflasi yang hangat.

“Pengeluaran konsumsi pribadi AS personal consumption expenditures (PCE), metrik utama pengeluaran rumah tangga, naik 0,4 persen pada basis yang disesuaikan secara musiman pada Mei dari bulan sebelumnya,” kata Departemen Perdagangan, akhir pekan lalu.

Indeks dollar AS turun 0,05 persen menjadi 96,1415 pada akhir perdagangan. Sementara nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, pada akhir pekan ini menguat 14 poin dari sehari sebelumnya menjadi 14.126 rupiah per dollar. 

 

Ant/E-10

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment