Event - Festival Film Cannes Tak Akan Digelar Virtual | Koran Jakarta
Koran Jakarta | May 30 2020
No Comments

Event - Festival Film Cannes Tak Akan Digelar Virtual

Event - Festival Film Cannes Tak Akan Digelar Virtual

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Festival Film Cannes tak akan digelar virtual meski jika perhelatan itu tak bisa dilangsungkan secara fisik, direktur festival Thierry Fremaux, Variety. “Cannes adalah jiwa, sejarah dan efisiensi, itu adalah sebuah model yang tak akan bisa jalan (kalau digelar virtual). Apa-apaan festival digital? Kompetisi digital?" kata Fremaux.

Fremaux lantas melanjutkan dengan pertanyaan pengandaian apakah film-film Wes Anderson atau Paul Verhoeven disaksikan di layar komputer. "'Top Gun 2', 'Soul'-nya Pixar... Film-film ini sudah ditunda jadwal tayangnya, mengapa kita harus memutarnya di perangkat digital duluan sih?" Katanya.

Festival Film Cannes semula dijadwalkan digelar Maret lalu ditunda jadi Mei dan berubah lagi jadi akhir Juni atau awal Juli, tanggalnya belum pasti. “Para sutradara didorong oleh gagasan untuk menunjukkan film mereka di layar lebar dan membagikannya dengan orang lain di acara-acara seperti festival, bukan karena karya mereka berakhir di iPhone," kata Fremaux.

"Jika semua festival dibatalkan, kita harus memikirkan cara untuk menampilkan film, untuk menghindari pemborosan setahun, tapi saya tidak berpikir alternatif yang genting dan improvisasi dari Cannes atau Venesia - tidak lebih cepat dilakukan daripada dilupakan - akan menjadi solusinya."

Deklarasi Fremaux menggemakan komentar pimpinan Festival Film Venesia Alberto Barbera yang juga menolak mengadakan festival daring, berbeda dengan Festival Film Internasional Toronto yang lebih cakap digital. Meskipun Prancis terkunci selama tiga minggu akibat pandemi corona, Fremaux berpendapat festival ini tetap bisa berjalan. Ant/S-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment