Koran Jakarta | October 22 2017
No Comments
Survei Tokoh

Elektabilitas Jokowi Masih Sangat Tinggi

Elektabilitas Jokowi Masih Sangat Tinggi

Foto : Koran Jakarta
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Lembaga survei politik Indikator, kembali mempublikasikan hasil survei terbarunya. Lewat survei terbarunya, Indokator coba memotret peta persaingan dalam bursa kandidat calon presiden. Hasilnya, jika pemilu presiden digelar hari ini, petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan jadi pemenangnya. Elektabilitas Jokowi sangat tinggi mengungguli kandidat lainnya.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei lembaganya di kantornya, di Jakarta, Rabu (11/10). Menurut Burhanuddin, pada 17-24 September 2017, lembaganya menggelar survei. Salah satu isu yang ditanyakan kepada para responden, adalah tentang pilihan calon presiden jika pemilihan digelar hari ini. Namun kepada responden sama sekali tak disodorkan nama.

Artinya, responden menjawab sesuai dengan yang pertama kali muncul di kepalanya. Hasilnya, nama Jokowi paling banyak dipilih responden. “Sebanyak 34,2 persen responden memilih Jokowi melanjutkan pemerintahannya untuk periode kedua,” kata Burhanuddin.

Diurutan dua, lanjut Burhanuddin, muncul nama Prabowo Subianto, rival Jokowi di Pilpres 2014. Responden yang memilih Prabowo, sebanyak 11,5 persen. Artinya, jauh di bawah Jokowi. Menariknya, kata dia, nama mantan Presiden SBY masih muncul dibenak para responden. Tercatat ada 2,1 persen yang memilih SBY.

Sementara nama Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, yang santer disebut sebagai calon presiden potensial, kilaunya belum mengkilap. Sebab hanya ada 0,7 persen yang memilih Gatot. Bahkan kilau Gatot masih kalah oleh Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dimana konglomerat media ini, dipilih oleh 1 persen responden. “Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo hanya dipilih oleh 0,7 persen responden,” ujar Burhanuddin.

Nama lain yang muncul jadi pilihan responden kata Burhanuddin, adalah Agus Harimurti Yudhoyono. Nama Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok juga muncul. Tapi yang memilih ketiganya masih sangat kecil. Hanya 0,5 persen responden yang memilih Agus, Anies dan Ahok.

“Tokoh lainnya hanya mendapatkan angka 0,1 persen. Sementara responden yang tidak memberikan jawaban sebanyak 47,4 persen. Responden yang tidak menjawab memang cukup besar karena kita tidak memberikan pilihan nama,” tutur Burhanuddin.

Selain bertanya tanpa memberi pilihan nama, kata Burhanuddin, dalam survei, juga ditanyakan pada responden, lengkap dengan beberapa nama sebagai pilihan. Ada delapan nama yang di sodorkan kepada responden yakni Jokowi, Prabowo, Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, Gatot Nurmantyo, Tito Karnavian, Sri Mulyani, dan Soekarwo. Hasilnya, nama Jokowi tetap yang paling unggul. Presiden RI sekarang ini mendapat angka 54,6 persen dukungan. n ags/AR-3

 

 

 

 

 

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment